√ Kunci Jawaban Halaman 51, 52, 53, 55, 56 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Tematik - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 51, 52, 53, 55, 56 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas 4 halaman 51, 52, 53, 55, 56 subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku pembelajaran 1 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami bagikan untuk memudahkan adik-adik dalam mengisi dan menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang kini menjadi tugas utama adik-adik.

Kunci Jawaban Halaman 51, 52, 53, 55, 56 Tema 7 Kelas 4

Kami berupaya untuk selalu memberikan jawaban-jawaban yang tepat dari untuk soal-soal tersebut. Sebelum membuat jawaban, tentunya kami sudah terlebih dahulu membaca materi pada buku, baru kemudian menjawab dengan jawaban yang tepat menurut kami.

Karen kami tahu betapa pentingnya alternatif jawaban ini buat adik-adik dan juga para orang tua yang kini terlibat juga membantu anaknya mencari dan menyelesaikan tugas sekolah. Maka dari itu, kami benar-benar serius dalam mencari jawaban terbaik. Namun tentunya kami disini hanya berusaha semampu dan sepemahaman kami. Kami tentunya tidak bisa menjamin semua jawaban yang kami buat ini akan benar semuanya.

Semua itu tergantung pada guru kelas saat mengoreksi tugas ini nantinya. Maka jikapun masih ada adik-adik temukan jawaban yang kurang tepat, silahkan adik-adik perbaiki dan gantikan dengan jawaban yang benar menurut adik-adik. Atau sampaikan pada kami, agar kami bisa melihat dan memperbaikinya jika memang jawaban tersebut perlu diperbaiki.

Pada postingan kami sebelum ini, kamipun sebenarnya sudah cukup banyak memposting Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 yang dapat adik-adik cari pada blog ini dan manfaatkan jawabannya untuk menyelesaikan tugas yang masih belum selesai. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 42, 47, 48 yang baru-baru ini kami bagikan juga pada blog ini. Semoga saja semua jawaban yang kami buat ini dapat membantu adik-adik menyelesaikan tugas sekolah yang sudah harus dikumpulkan kepada guru kelas.

Kunci Jawaban Halaman 51, 52, 53, 55, 56 Tema 7 Kelas 4

Tugas yang sekarang ini adik-adik kerjakan adalah tugas yang terdapat pada buku siswa tema 7 kelas 5 subtema 1 pembelajaran 1. Dan adik-adik tentu tahu jika sekarang ini sudah memasuki kegiatan belajar semester genap. Dan saat inipun adik-adik telah mempelajari materi pada buku siswa tema 7, setelah sebelumnya sudah menyelesaikan materi pada buku siswa tema 6.

Tugas-tugas yang dikerjakan pada pembelajaran kali inipun sama dengan tugas-tugas sebelumnya. Adik-adik akan mengerjkan beberapa tugas, seperti soal-soal latihan, tugas diskusi, percobaan, tugas bersama orang tua. Dan kamipun sudah berusaha menyediakan semua jawaban yang adik-adik perlukan.

Kami berharap sekali, tugas yang kami buat dan sediakan ini dapat menjadi solusi buat adik-adik yang kesulitan dalam mencari dan menjawab soal-soal pada buku siswa. Serta diharapkan dengan jawaban ini, adik-adik bisa meningkatkan nilai tugas harian dan memperbaiki nilai pada raport semester.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 51-52

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks ”Urang Kanekes, Si Suku Baduy”.

1. Adakah kesamaan cara hidup suku bangsa Baduy dengan suku bangsamu? Jika ada, dalam hal apa? Jika berbeda, apa perbedaannya?

Tidak ada kesamaan, perbedaannya yaitu suku baduy dalam memegang tradisi nenek moyang yang cenderung tertutup sedangkan Kesamaan terletak pada suku baduy luar yang telah mengenal tekhnologi dan pengetahuan yang sama dengan suku bangsa pada umumnya.

2. Adakah kata sulit yang kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada, tuliskan lalu carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.

Kunci Jawaban Halaman 51, 52, 53, 55, 56 Tema 7 Kelas 4

3. Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks “Urang Kanekes, Si Suku Baduy”.

Pokok pikiran paragraf 1:

  • Banten merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa bagian barat

Pokok pikiran paragraf 2:

  • Masyarakat Kanekes dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tangtu dan panamping

Pokok pikiran paragraf 3:

  • Masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi

Pokok pikiran paragraf 4:

  • Kelompok panamping sedikit berbeda dari masyarakat Kanekes Dalam

Ceritakan hasil diskusi kelompokmu. Bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain. Apakah ada perbedaan?

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 53

Ayo Mencoba

Lakukan kegiatan ini di dalam kelas.

  1. Tutuplah pintu dan jendela ruang kelas serta gorden jika ada.
  2. Nyalakan lampu di kelas dengan menekan saklar. Bagaimana kondisi ruang kelas?
  3. Padamkan lampu dengan menekan saklar. Bagaimana keadaan di dalam ruang kelas?
  4. Catatlah hasil pengamatan kalian.

Hasil pengamatan:

Apabila menekan saklar kondisi ruang kelasakan terang dan padamkan lampu dengan menekan saklar akan terang.

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan kegiatan tersebut, diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman-teman sekelasmu.

1. Apa yang menyebabkan lampu menyala?

Karena adanya aliran listrik dari baterai sehingga lanpu tersebut menyala.

2. Apa yang menyebabkan lampu tidak menyala?

Karena aliran listrik yang terputus / tidak tersambung melalui kabel menuju lampu.

Lampu dapat menyala karena ada aliran listrik. Arus listrik mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif. Saat arus listrik mengalir melewati lampu, lampu akan menyala.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 55-56

Tugas

1. Kamu telah membaca teks “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”. Pengetahuan apa yang kamu dapat dari teks tersebut? Tuliskan dengan bahasamu sendiri.

Listrik statis adalah kumpulan muatan listrik dalam jumlah tertentu yang tetap (statis), ketidakseimbangan muatan listrik di dalam atau permukaan benda.

Listrik dinamis adalah listrik yang berubah-ubah atau bisa bergerak dan sering disebut dengan arus listrik.

2. Carilah contoh lain yang menunjukkan gejala listrik statis.

Contoh Gejala Listrik Statis terjadinya petir, cahay kilat yang tampak ketika terjadi petir merupakan loncatan muatan dari awan kepermukaan bumi. Hal ini terjadi karena awan banyak mengandung muatan listrik.

Pada Pembelajaran 2, bacakan hasil tugasmu di depan Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari pada hari ini?

Yang saya pelajari pada hari ini adalah tentang suku budaya Baduy, listrik statis dan dinamis.

Mengapa budaya satu suku bangsa dapat berbeda dari suku bangsa lain?

Karena budaya bangsa berbeda-beda sesuai dengan adat istiadat, kepercayaan agama dan lingkungan yang berbeda yang menyebabkan perbedaan satu suku dengan lainnya.

Apa yang dimaksud dengan gaya listrik?

Gaya listrik adalah gaya yang dialami oleh objek bermuatan yang berada dalam medan listrik.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Tanyakan kepada ayah dan ibumu, budaya khas dari suku bangsa mereka masing-masing.

Suku bangsa ayahku: Jawa (contoh)

Budaya khas suku bangsa:  Tari tradisional (contoh)

Bahasa daerah asal ayahku: Jawa (contoh)

Lagu dari daerah asal ayahku: Sue ora jamu (contoh)

Diatas hanya contoh untuk menjawab tugas kerja sama dengan orang tua. Silahkan adik-adik tanyakan kepada orang tua masing-masing untuk menjawab tugas kali ini.

Sekian postingan kami kali ini yang membahas tentang Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 51, 52, 53, 55, 56. Kami berharap dengan kami sediakan jawaban ini, tugas-tugas yang saat ini sedang adik-adik kerjakan bisa terselesaikan dengan cepat dan tak terlambat dalam mengumpulkannya kepada guru kelas. Dan dari tugas ini adik-adik bisa mendapatkan nilai yang maksimal dan bagus, sehingga akan berpengaruh baik untuk nilai raport adik-adik.

Salah satu hal yang bisa adik-adik usahakan untuk bisa mendapatkan nilai raport yang bagus ialah dengan memaksimalkan nilai dari tugas-tugas harian seperti ini. Selain itu ada juga kegiatan lainnya yang juga tidak boleh adik-adik lupakan, dan harus ada persiapan yang bagus, yaitu kegiatan ulangan harian. Nilai dari kegiatan ulangan harianpun menjadi hal yang sangat penting, karena nilai-nilai yang diperoleh, nantinya akan dicatat dan dimasukan pada nilai akhir di raport.

Kami selalu menghimbau dan mengajak adik-adik, untuk selalu mengikuti blog Pojok Edukasi dan melihat kelanjutan jawaban yang kami buat dan sediakan ini untuk tugas berikutnya. Serta kami juga mengajak adik-adik untuk berbagi jawaban ini kepada teman lainnya yang juga memerlukan jawaban seperti ini. Dan jika ada kesulitan atau pertanyaan, silahkan sampaikan pada kolom komentar, terima kasih.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 51, 52, 53, 55, 56 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Tematik"