√ Kunci Jawaban Halaman 64, 65, 67, 68, 69 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Tematik - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 64, 65, 67, 68, 69 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas 4 halaman 64, 65, 67, 68, 69 subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku pembelajaran 3 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini sediakan untuk para siswa, sebagai alternatif jawaban dalam mengisi soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah. Kami tahu bahwa sekarang ini adik-adik tengah sibuk-sibuknya mengerjakan tugas-tugas sekolah, bahkan para orang tuapun tak sedikit juga yang terlebibat, membantu anaknya mencari jawaban untuk menjawab soal-soal tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 64, 65, 67, 68, 69 Tema 7 Kelas 4

Dan kamipun terus berusaha menyediakan jawaban-jawaban terbaik yang bisa adik-adik manfaatkan sebagai jawaban untuk menyelesaikan tugas sekolah. Kami membuat jawaban ini tentu berdasarkan pemahaman kami, setelah mempelajari dan memahami semua materi pada pembelajaran kali ini. Baru kemudian mencari jawaban dari beberapa sumber, baik dari buku pelajaran, internet ataupun dari pemahaman kami sendiri.

Pada postingan kami yang lalu, kami juga telah memposting Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 yang tentunya masih bisa adik-adik lihat kembali dan cari jawaban yang masih diperlukan untuk mengerjakan tugas saat ini. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 57, 59, 60, 61, 62 yang belum lama ini juga sudah kami sediakan pada blog Pojok Edukasi. Harapan kami dengan jawaban ini, adik-adik bisa segera menyelesaikan tugas sekolah dan tak telat dalam mengumpulkannya.

Seperti yang sering kami sampaikan pada setiap artikel kami, bahwa kami selalu menyarankan kepada adik-adik ataupun para orang tua yang juga turut memantau anaknya mengerjakan tugas sekolah. Agar sebelum memanfaatkan jawaban ini, hendaknya adik-adik bisa berusaha terlebih dahulu mencari jawabannya pada buku siswa. Hal ini kami maksudkan agar adik-adik juga dapat belajar dan tidak selalu bergantung dengan jawaban yang kami sediakan ini.

Kunci Jawaban Halaman 64, 65, 67, 68, 69 Tema 7 Kelas 4

Kami berharap adik-adik jangan menganggap sepele tugas-tugas harian seperti ini, sehingga tidak maksimal dalam mengerjakan tugasnya. Karena nilai-nilai yang didapatkan dari tugas seperti ini akan sangat berguna sekali. Nilai-nilai yang didapatkan bisa meningkatkan nilai akhir pada raport semester. Apalagi saat ini adik-adik sudah memasuki semester genap atau semester akhir, maka sudah menjadi hal yang wajib untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Selain mengejar nilai terbaik dari tugas-tugas harian seperti ini, adik-adik juga harus mempersiapkan diri dengan lebih banyak belajar, karena bukan hanya dari tugas harian saja adik-adik bisa mendapatkan nilai, namun dari kegiatan lainnya juga bisa, seperti ulangan harian, tugas praktek, diskusi kelompok, tugas pengamatan, dan lainnya.

Maka dari itu, mulai saat ini perbanyaklah belajar dan mengulang kembali materi yang pernah dipelajari. Karena untuk tugas-tugas harian seperti ini mungkin adik-adik terbantu karena ada alternatif jawaban. Namun untuk kegiatan ulangan harian, adik-adik harus punya persiapan sendiri.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 64

Tugas

Berdasarkan teks “Rumah Adat Suku Manggarai” di atas, tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan. Lakukan tugas ini bersama teman sebangkumu, lalu bacakan di depan teman-temanmu. Kumpulkan tulisanmu kepada Bapak/ Ibu guru.

Rumah adat gendang yang disebut Mbaru Niang yang memiliki bentuk kerucut memiliki ketinggian 15 meter, Mbaru Niang terdiri atas lima lantai, setiap lantai rumah Mbaru Niang memiliki ruangan dengan fungsi yang berbeda-beda. Setiap bagian rumah direkatkan dengan menggunakan rotan dan tanpa paku sama sekali.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 65

Ayo Berdiskusi

Bersama teman sekelompokmu, diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut.

  1. Apa nama rumah adat di daerahmu?
  2. Bagaimana bentuk rumah adat itu?
  3. Apa bahan pembuatnya?
  4. Apa keunikannya?

Ceritakan hasil diskusimu di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

Alternatif Jawaban:

Berikut ini hanyalah contoh saja dalam menjawab tugas diskusi diatas, adik-adik dapat menjadikan jawaban berikut ini sebagai acuan dalam menjawab tugas kali ini.

1. Rumah adat didaerahku bernama Rumah Gadang.

2. Berikut ini bentuk Rumah Gadang:

Kunci Jawaban Halaman 64, 65, 67, 68, 69 Tema 7 Kelas 4

3. Pada bagian dinding Rumah Gadang di buat dari bahan papan, sedangkan bagian belakang dari bahan bambu. Batang pohon yang ditebang biasanya adalah pohon juha yang sudah tua dan lurus dengan diameter antara 40 cm hingga 60 cm. atapnya menggunakan bahan ijuk.

4. Rumah Gadang memiliki ciri khas berupa bentuk atapnya yang menyerupai tanduk kerbau. Bukan dibuat tanpa makna, bentuk tanduk runcing dari atap Rumah Gadang ternyata punya arti historis tersendiri.

Rumah adat ini memiliki keunikan bentuk arsitektur dengan bentuk puncak atapnya runcing yang menyerupai tanduk kerbau dan dahulunya dibuat dari bahan ijuk yang dapat tahan sampai puluhan tahun, namun belakangan atap rumah ini banyak berganti dengan atap seng.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 67-68

Tugas

  1. Perhatikan beberapa gambar rumah adat di Indonesia berikut.
  2. Tuliskan nama provinsi asal setiap gambar rumah adat.
  3. Tuliskan keunikan yang terlihat pada setiap rumah adat.
  4. Ceritakan hasil tugasmu kepada Bapak/ibu guru dan teman-temanmu.

Kunci Jawaban Halaman 64, 65, 67, 68, 69 Tema 7 Kelas 4

Alternatif Jawaban:

Gambar 1 Rumah Adat Baileo

  • Nama Provinsi : Provinsi Maluku Utara dan Provinsi Maluku
  • Keunikan : Memiliki ukuran rumah yang besar, tidak bersekat dan tidak berdinding,memilikiukiran dan ornamen yang unik,memiliki struktur rumah panggung dan pembuatan rumah murni menggunakan kayu dan tidak menggunakan paku

Gambar 2 Rumah Adat Tambi

  • Nama Provinsi : Provinsi sulawesi Tengah
  • Keunikan : Memiliki ukuran rumah kecil dikarenakan untuktempat tinggal masyarakat umum, berbentuk prisma segitiga, memiliki atap dari daun ijuk yang sangat panjang, dan anak tanggabagi penghuni rakyat biasa berjumlah ganjil sedangkan untuk tetua adat berjumlah genap.

Gambar 3 Rumah Adat Honai

  • Nama Provinsi : Provinsi Papua
  • Keunikan : Bentuk rumah bulat memiliki atap berbentuk kerucut yang terbuat dari ilalang atau jerami.

Gambar 4 Rumah Adat Tongkonan

  • Nama Provinsi : Provinsi Sulawesi Selatan
  • Keunikan : Bagian atap miripperahu, bagian badan rumah dihiasi ukiran khas toraja, bagian depan dihiasi dengan tanduk kerbau, pintu dan jendela kecil tujuannya adalah untuk menghalau udara dingin agar rumah lebih hangat, dan letak posisi yang harus menghadap utara membelakangi selatan

Gambar 5 Rumah Adat Baileo

  • Nama Provinsi : Provinsi Maluku Utara dan Provinsi Maluku
  • Keunikan : Rumah adat Baileo dipergunakan masyarakat untuk tempat penyimpanan benda-benda suci serta tempat berkumpulnya para warga pada berbagai acara, rumah ini memiliki ukuran yang besar , tidakmemiliki sekat dan dinding dalam pembangunannya, pembuatan rumah ini hanya menggunakan kayu dan tidak menggunakan paku

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 69

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari pada hari ini?

Yang saya pelajari hari ini yaitu tentang keragaman Rumah Adat di Indonesia

Apa nama rumah adat di daerahmu?

Nama Rumah adar di daerah saya adalah Rumah Gadang

Kerja Sama dengan Orang Tua

Tuliskan nama rumah adat yang kamu ketahui dan keunikannya.

Nama rumah adat yang saya ketahui: Rumah Adat limas

Keunikannya: Terletak pada atapnya yang berbentuk limas dan memiliki tiang atau rumah panggung. Rumah Limas merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Sumatera Selatan. Atap dan tiang rumah Limasmemiliki makna tertentu. Keunikan rumah Limas lainnya yaitu bentuknya yang bertingkat-tingkat (kijing).

Sekian postingan kami kali ini yang mengulas tentang Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 64, 65, 67, 68, 69. Semoga jawaban-jawaban yang kami sediakan ini bisa bermanfaat untuk adik-adik dan menjadi solusi dalam menjawab soal-soal yang sulit yang belum dapat adik-adik jawab sendiri. Serta dengan jawaban ini semoga saja nilai yang nantinya adik-adik peroleh akan lebih baik lagi dari tugas-tugas sebelumnya.

Meskipun tugas-tugas ini penting untuk adik-adik selesaikan dan raih nilai terbaiknya. Namun kami juga mengingatkan, agar adik-adik juga mempersiapkan diri dengan rajin belajar dan mengulang kembali materi pelajaran yang lalu. Hal ini kami maksudkan agar adik-adik punya persiapan untuk kegiatan lainnya, yaitu ulangan harian, bahkan untuk kegaitan akhir semester yaitu penilaian akhir semester nantinya.

Saat ini adik-adik sudah memasuki semester genap, dan semester ini sangat menentukan sekali. Kami berharap dengan jawaban ini adik-adik juga bisa memanfaatkan bahan untuk menjadi bahan belajar di rumah dan memaksimal segala tugas yang diberikan guru agar nilai akhir pada raport semester dapat ditingkatkan lagi.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 64, 65, 67, 68, 69 Tema 7 Kelas 4 Buku Siswa Tematik"