√ Kunci Jawaban Halaman 141, 142, 144, 147, 148 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 141, 142, 144, 147, 148 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Kelas 5 halaman 141, 142, 144, 147, 148 subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan pembelajaran 6 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami sediakan ini, dibuat dengan terlebih membaca, mempelajari dan memahami materi dan soal-soal pada buku pelajaran. Tentunya kami tidaklah asal dalam membuat jawaban ini, maka dari itu adik-adik bisa memanfaatkan alternatif jawaban ini dengan sebaik mungkin. Dan diharapkan dengan jawaban ini, adik-adik bisa mendapatkan nilai terbaik pada tugas kali ini.

Kunci Jawaban Halaman 141, 142, 144, 147, 148 Tema 7 Kelas 5

Kami tahu kalau alternatif jawaban saat ini menjadi hal yang banyak dicari oleh pada siswa, tak hanya siswa SD saja, namun disemua tingkat pendidikan, alternatif jawaban menjadi hal yang banyak dicari. Melihat halk tersebut, kami rasa kami perlu turut andil dalam menyajikan jawaban yang terbaik buat adik-adik sekalian. Kami sangat yakin sekali dengan jawaban yang kami sediakan ini, namun meskipun begitu, kami juga selalu mengingatkan, agar adik-adik selalu teliti dalam  mengerjakan soal-soalnya, periksa kembali jawaban yang ada pastikan jawaban sudah sesuai dengan soalnya, baru kemudian adik-adik bisa menyalinnya ke buku tugas.

Pada postingan kami yang lalu, kami juga telah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 yang kami rasa, adik-adik juga sudah pernah memanfaatkannya. Semoga saja nilai yang adik-adik dapatkan dari tugas sebelumnya bisa maksimal dan bagus. Serta lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 127, 133, 134, 136, 137, 138 yang belum lama ini juga sudah kami sediakan pada blog ini, dan kami sarankan adik-adik melihat dan memanfaatkan jawaban tersebut, karena jawaban tersebut merupakan jawaban untuk tugas pada kegaitan belajar 5.

Kami menyadari kalau siswa banyak memanfaatkan alternatif untuk membantu menyelesaikan tugas sekolah. Dan pastinya akan sangat dimudahkan, karena jawaban telah disediakan, akan tetapi kami selalu berpesan dan menyarankan kepada adik-adik semua, untuk selalu berusaha terlebih dahulu untuk mencari jawabannya pada buku siswa. Dan kalaupun masih ada jawaban yang belum terjawab, maka barulah alternatif jawaban seperti ini dimanfaatkan.

Kunci Jawaban Halaman 141, 142, 144, 147, 148 Tema 7 Kelas 5

Tugas yang saat ini adik-adik kerjakan adalah tugas dari kegiatan belajar 6, buku siswa tema 7 kelas 5 subtema 2. Dan seperti yang adik-adik ketahui kalau tugas-tugas yang ada pada buku siswa tak hanya soal-soal latihan saja, namun ada juga jenis tugas lainnya seperti tugas kesenian, membuat poster, melakukan pengamatan, tugas diskusi kelompok, membuat laporan hasil percobaan dan lainnya.

Dari semua jenis tugas tersebut, kami telah menyiapkan alternatif jawabannya untuk adik-adik semua, yang bisa dimanfaatkan untuk menjawab soal-soal pada buku siswa yang menjadi tugas adik-adik saat ini. Kami berharap nilai yang nantinya adik-adik dapatkan dari tugas kali ini bisa lebih bagus dari nilai sebelumnya.

Karena adik-adik tahu kalau nilai yang bagus akan sangat membantu sekali, apalagi saat ini sudah memasuki semester genap. Dimana semester ini akan sangat mementukan sekali, apakah adik-adik bisa naik kelas atau malah sebaliknya. Dan tentu kami berharap jawaban ini bisa menjadi salah satu penyebab adik-adik bisa naik kelas dengan nilai bagus.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 141

Ayo Menulis

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut dengan menggunakan prinsip: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana!

Kunci Jawaban Halaman 141, 142, 144, 147, 148 Tema 7 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 142

Ayo Berlatih

Bersama teman-temanmu, carilah informasi mengenai permasalahan berikut.

Salah satu hasil dari KMB adalah Belanda akan menyerahkan sepenuhnya kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat pada akhir Desember 1949.

Apakah Republik Indonesia Serikat itu (RIS)? Carilah informasi mengenai RIS.

Informasi dapat kamu peroleh dengan melakukan kegiatan-kegiatan berikut.

  1. Studi pustaka: mencari informasi melalui buku, surat kabar, majalah, atau artikel di internet.
  2. Diskusi: dilakukan dalam diskusi kelompok kecil maupun diskusi kelas.
  3. Wawancara: melakukan wawancara kepada orang yang memiliki pengetahuan seperti kepada Guru atau sejarahwan.

Setelah informasi kamu dapatkan, tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Republik Indonesia Serikat (RIS) adalah suatu negara federasi yang berdiri pada tanggal 27 Desember 1949 sebagai hasil kesepakatan tiga pihak dalam Konferensi Meja Bundar: Republik Indonesia, Bijeenkomst voor Federaal Overleg (BFO), dan Belanda.

Republik Indonesia Serikat memiliki konstitusi yaitu Konstitusi RIS. Piagam Konstitusi RIS ditandatangani oleh para Pimpinan Negara/Daerah dari 16 Negara/Daerah Bagian RIS, yaitu:

  1. Mr. Susanto Tirtoprodjo dari Negara Republik Indonesia menurut perjanjian Renville.
  2. Sultan Hamid II dari Daerah Istimewa Kalimantan Barat
  3. Ide Anak Agoeng Gde Agoeng dari Negara Indonesia Timur
  4. R. A. A. Tjakraningrat dari Negara Madura
  5. Mohammad Hanafiah dari Daerah Banjar
  6. Mohammad Jusuf Rasidi dari Bangka
  7. K.A. Mohammad Jusuf dari Belitung
  8. Muhran bin Haji Ali dari Dayak Besar
  9. Dr. R.V. Sudjito dari Jawa Tengah
  10. Raden Soedarmo dari Negara Jawa Timur
  11. Jamani dari Kalimantan Tenggara
  12. A.P. Sosronegoro dari Kalimantan Timur
  13. Mr. Djoemhana Wiriatmadja dari Negara Pasundan
  14. Radja Mohammad dari Riau
  15. Abdul Malik dari Negara Sumatera Selatan
  16. 1Radja Kaliamsyah Sinaga dari Negara Sumatera Timur

Negara Republik Indonesia Serikat dibubarkan pada 17 Agustus 1950 saat Mr. Assaat melepaskan jabatan kepada Soekarno dan berdiri Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan adanya peristiwa KMB dan pengakuan kedaulatan Indonesia, bangsa Indonesia telah terlepas dari penjajahan. Bangsa Indonesia telah benar-benar menjadi negara merdeka dan berdaulat. Oleh karena itu, Indonesia berhak menentukan nasib bangsanya sendiri tanpa campur tangan dan tanpa penindasan dari negara lain. Hal inilah yang patut kita syukuri.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 144

Ayo Berdiskusi

Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut. Diskusikan bersama teman-teman sekelompokmu (4-5 orang). Tuliskan hasil diskusi kalian, lalu diskusikan bersama kelompok lain. Tuliskan hasil diskusi kalian dalam kotak berikut.

1. Nilai yang sesuai dengan jiwa dan sikap pahlawan pada lagu “Syukur” adalah :

Nilai-nilai tersebut yaitu:

  • Rela Berkorban artinya bersedia dengan ikhlas memberikan waktu, tenaga, pikiran, hingga harta untuk kepentingan bangsa dan negara.
  • Cinta Tanah Air. Rasa ini timbul dari dalam hati setiap orang. Panggilan untuk mengabdi, membela, memelihara, dan melindungi Tanah Air dari ancaman ini disebut juga patriotisme. 

2. Sebagai generasi sekarang, apa yang harus kita lakukan untuk mewujudkan rasa syukur sebagai bentuk cinta tanah air?

Yang harus kita lakukan yaitu:

  • Merasa bangga terhadap tanah air Indonesia. rasa bangga itu tentu saja tidak akan muncul tanpa adanya rasa memiliki. 
  • Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
  • Tidak akan melakukan perbuatan dan tindakan yang rnerugikan tanah air;
  • Setia dan taat kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Belajar dengan giat dan sungguh-sungguh untuk menggapai cita-cita.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 147

Ayo Berlatih

Ayo, belajar dari masalah yang terjadi di sekitar kita dalam kehidupan seharihari!

1. Ali, Amin, Rudi, dan Heri membentuk kelompok belajar. Seminggu dua kali mereka belajar di rumah masing-masing secara bergiliran. Kali ini, mereka belajar di rumah Ali.

Ketika sedang mengerjakan soal, Ali dan Amin meminta izin untuk melaksanakan ibadah karena waktunya telah tiba. Walaupun Rudi dan Heri berbeda agama, mereka mempersilakan Ali dan Amin melaksanakan ibadah. Rudi dan

Heri menunggu dengan tenang sampai Ali dan Amin selesai melaksanakan ibadah.

a. Bagaimana pendapatmu tentang sikap Rudi dan Heri?

Sikap yang ditunjukan oleh Rudi dan Heri menunjukan sikap menghargai perbedaan agama dengan cara memberikan kesempatan teman-teman berbeda agama melakukan ibadah.

b. Apakah manfaat saling menghargai antarteman yang berbeda agama dalam pergaulan?

Manfaat yang diperoleh dngn menghargai teman berbeda agama dengn kita salah satunya adalah kerukunan dapat terjaga selalu.

2. Nirma anak orang kaya. Ayahnya pengusaha yang sukses. Semua permintaan Nirma selalu dipenuhi orang tuanya. Hal ini membuat dia sombong. Dalam pergaulannya, dia selalu memilih-milih teman. Dia tidak mau bergaul dengan anak-anak lain yang berasal dari keluarga miskin.

a. Menurut pendapatmu, benarkah tindakan Nirma?

Menurut saya tindakan Nirma kurang tepat karena memilih-milih teman yang kaya saja. Seharusnya Nirma berteman dengan siapa pun, dengan latar belakang sosial yang berbeda sekalipun.

b. Apakah seorang anak seperti Nirma memiliki banyak teman? Mengapa demikian?

Seorang anak seperti Nirma kemungkinan hanya akan memiliki sedikit teman karena hanya berteman dengan yang kaya saja.

3. Rina siswa baru di kelas 5. Rina duduk bersebelahan dengan Irma. Rina berasal dari daerah yang berbeda dengan daerah asal Rina. Bagaimana sebaiknya sikap Rina? 

Sebaiknya Rina tetap berteman dengan Irma walaupun berbeda asal daerah. Rina  sebaiknya mengajak Irma untuk bercerita dan bermain bersama.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 148

Ayo Renungkan

Betapa kaya dan beragamnya bangsa Indonesia. Sungguh suatu keajaiban di mana sebuah bangsa yang sangat besar dan beragam ini bisa utuh dan bersatu. Lalu, apakah keragaman budaya tersebut bisa kekal dan persatuan tersebut bisa terjaga terus? Itu menjadi tanggung jawabmu sebagai generasi penerus bangsa. Di pundakmu ada tugas besar untuk melestarikan dan mengembangkan unsur-unsur budaya tersebut tetap lestari di bumi Indonesia. Lalu, bagaimana caramu melakukannya?

Cara melakukan yaitu:

  1. Menerima Keberagaman Suku, Bangsa, dan Budaya. 
  2. Menyadari perbedaan dan bersifat terbuka. 
  3. Mempelajari Kesenian Daerah Lain. 
  4. Mengembangkan Budaya Daerah Sendiri.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan keragaman yang ada di kelasmu kepada orang tua dan anggota keluargamu yang lain. Bagaimana pendapat mereka tentang keberagaman di kelasmu? Tuliskan pada kotak berikut.

Dengan adanya keberagaman, kita harus bisa saling menghargai, tidak membeda bedakan, dan harus saling toleransi.

Cukup sekian artikel kami kali ini yang mengulas tentang Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 141, 142, 144, 147, 148. Dengan memanfaatkan jawaban ini, kami cukup yakin adik-adik bisa memperbaiki nilai dari tugas harian, yang mungkin sebelumnya kurang bagus dan maksimal. Kami yakin, karena memang jawaban ini kami buat berdasarkan pemahaman kami terhadap materi dan soal-soal yang ada. Serta beberapa jawaban juga kami ambil dari beberapa sumber.

Selain mengerjakan tugas-tugas harian, adik-adikpun harus sudah mulai giat dalam belajar dan mengulang kembali materi-materi yang sudah pernah dipelajari untuk memperdalam pemahaman tersebut. Hal ini kami sarankan kepada adik-adik, tentunya agar adik-adik punya persiapan untuk mengikuti kegiatan ulangan harian dan ulangan semester. Karena dalam menjawab soal-soal tersebut harus memiliki pemahaman sendiri. Adik-adik harus paham dengan materi yang menjadi soal tersebut.

Apalagi saat ini sudah semester genap, dimana nilai-nilai yang adik-adik peroleh, baik dari tugas harian, nilai praktek, nilai ulangan harian ataupun ulangan akhir semester sangat menentukan sekali, apakah nanti adik-adi bisa lulus KKM dan naik ke kelas 6. Atau malah sebaliknya, adik-adik tidak tuntas dalam nilai dan akan tinggal kelas. Namun kami yakin jika adik-adik bersungguh-sungguh dalam belajar, pasti adik-adik akan naik kelas dengan nilai yang bagus.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 141, 142, 144, 147, 148 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik"