√ Kunci Jawaban Halaman 153, 154, 155, 156, 158, 159, 161, 162 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 153, 154, 155, 156, 158, 159, 161, 162 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Kelas 5 halaman 153, 154, 155, 156, 158, 159, 161, 162 subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan pembelajaran 1 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami sediakan pada kesempatan ini bertujuan untuk memudahkan para siswa dalam menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah. Kami tahu kalau saat ini adik-adik tengah disibukkan dengan tugas-tugas sekolah, yang mana tugas sekolah ini harus segera diselesaikan dan dikumpulkan kepada guru kelas untuk dikoreksi dan diberi nilai sesuai dengan jumlah benar dan salah dari tugas adik-adik tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 153, 154, 155, 156, 158, 159, 161, 162 Tema 7 Kelas 5

Memang pada kenyataannya, kalau alternatif jawaban seperti ini tengah banyak dicari oleh para siswa maupun orang tua yang juga ikut membantu anaknya mencari jawaban dari berbagai referensi. Dengan memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini, tentu adik-adik akan sangat dimudahkan dalam mengisi dan menyelesaikan tugas sekolah. Kami memahami hal tersebut, kenapa adik-adik lebih memilih alternatif jawaban seperti ini.

Ya, harus diakui kalau sebagian soal-soal pada buku siswa, cukup sulit untuk dijawab, bahkan jawabannyapun harus mencari dari referensi lain, diluar buku pelajaran. Jadi tak heran jika masih ada siswa yang belum bisa menjawab sendiri soal-soal tersebut dan lebih memilih alternatif jawaban seperti ini. Dan kamipun tentunya disini berusaha semaksimal mungkin menyediakan jawaban-jawaban terbaik untuk adik-adik sekalian. 

Dan sebenarnya, pada artikel kami yang lalu, kami juga sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5, yang sebelumnya kami telah memposting lengkap kunci jawaban untuk tugas pada kegiatan belajar di subtema 1 dan subtema 2. Kami harap tentunya, jawaban yang kami sediakan sebelumnya dapat membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 141, 142, 144, 147, 148 yang belum lama ini juga sudah kami sediakan pada blog ini.

Kami tahu kalau adika-dik sangat bergantung pada alternatif jawaban seperti ini, bahkan tak sedikit dari adik-adik yang memanfaatkan semua jawaban ini untuk menyelesaikan soal-soal yang ada, tanpa mencari jawaban pada buku pelajaran terlebih dahulu. Kami sebenarnya selalu menyarankan kepada adik-adik, agar terlebih dahulu adik-adik bisa berusaha mencari jawabannya pada buku pelajaran, jikapun nantinya masih ada soal-soal yang sulit dan belum ditemukan jawabannya, maka barulah memanfaatkan alternatif jawaban ini.

Kunci Jawaban Halaman 153, 154, 155, 156, 158, 159, 161, 162 Tema 7 Kelas 5

Tugas yang saat ini adik-adik kerjakan merupakan tugas pada kegiatan belajar 1 di buku siswa tema 7 kelas 5 subtema 3. Adik-adik akan mengerjakan soal-soal latihan dan melakukan percobaan dan menuliskan hasilnya. Kami telah menyediakan jawaban terbaik yang kami anggap jawaban ini sudah tepat dan benar, yang bisa adik-adik pergunakan.

Seperti yang sering kami sampaikan kepada adik-adik, bahwa memang kami disini menyediakan jawaban terbaik, yang kami buat berdasarkan pemahaman kami, dan kami cukup yakin dengan jawaban ini. Namun meskipun begitu, kami tetap menyarankan kepada adik-adik, agar selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Teliti kembali jawaban yang kami sediakan untuk memastikan jawaban sudah sesuai dengan soalnya, baru kemudian adik-adik menyalinnya pada buku tugas.

Nilai yang adik-adik peroleh dari tugas sekolah, ulangan harian, tugas praktek dan ulangan semester akan sangat menentukan sekali, apakah nantinya adik-adik bisa lulus standar nilai atau KKM pada raport semester atau malah sebaliknya. Maka dari itu, maksimalkan dalam mengerjakan tugas, dan perbanyak belajar di rumah agar punya persiapan untuk kegiatan ulangan harian dan ujian akhir semester.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 153-154

Ayo Mengamati

Perhatikan kembali surat undangan yang diterima ayah Beni. Menurutmu, termasuk jenis surat undangan yang manakah surat tersebut? Jelaskan.

Surat undangan yang diterima ayah Beni termasuk jenis surat undangan resmi. Termasuk undangan resmi karena yang mengundang ayah Beni mengatasnamakan organisasi, yaitu Kelurahan Senja Kecamatan Lembayung.

Kamu telah mengatahui jenis-jenis surat. Setiap jenis surat memuat bagianbagian surat. Secara umum, inilah gambaran bagian-bagian yang ada dalam suatu surat.

Kunci Jawaban Halaman 153, 154, 155, 156, 158, 159, 161, 162 Tema 7 Kelas 5

Penjelasan:

1. Kop Surat

Kop surat berisikan identitas lembaga yang menulis surat tersebut. Biasanya disertai dengan logo lembaga, alamat dan nomor telepon dari lembaga resmi tersebut. Bahkan ada juga lembaga yang menyertakan dengan alamat email dari lembaga.

2. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Tempat dan tanggal pembuatan surat pada surat undangan resmi akan diertakan tempat dan tanggal pembuatan surat tersebut. Format penulisan tanggal pada surat resmi yang benar, misalnya Jakarta, 07 September 2017.

3. Nomor surat

Nomor surat adalah sebuah tanda berupa angka atau gabungan angka huruf yang dicantumkan pada surat dari suatu organisasi, instansi, atau badan usaha, sesuai dengan nomor berkas atau buku agenda surat keluar yang bertalian dengan surat tertentu. Biasanya meliputi nomor urut penulisan surat, kode surat, tanggal, bulan dan tahun penulisan surat. Misalnya sebagai berikut : A.001/Pan-Pel/AKB/I/2018

4. Hal Surat

Hal surat disebut pula perihal surat atau pokok surat.

5. Alamat surat

Nama dan alamat yang akan dikirimi surat tertuang pada bagian ini.

6. Salam pembuka

Salam pembuka pada surat undangan resmi selalu ditulis pada bagian kiri. Huruf pertama salam pembuka menggunakan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda koma.

7. Isi surat

Pada bagian surat undangan resmi ini berisikan waktu, tempat, serta acara undangan tersebut.

8. Penutup

Pada bagian putup surat undangan resmi berisikan ucapan terimakasih.

9. Salam penutup

Salam penutup pada surat undangan resmi biasanya dibuat pada bagian bawah sebelah kiri. Salam penutup ini pada awal kata ditulis dengan huruf kapital.

10. Nama pengirim surat

Nama pengirim surat undangan resmi ini tertulis dibagian bawah kiri. Bisanya surat undangan resmi dilengkapi dengan tanda tangan dan disertai dengan cap atau stempel lembaga.

Pernahkah kamu melihat surat undangan yang diterima ayah atau ibumu? Dapatkah kamu menentukan bagian-bagian di dalamnya? Perhatikan beberapa contoh surat undangan berikut, lalu lakukanlah petunjuk kegiatannya.

  1. Tandai dengan warna merah untuk contoh undangan resmi.
  2. Tandai dengan warna kuning untuk contoh undangan setengah resmi.
  3. Tandai dengan warna biru untuk contoh tidak undangan resmi.

Kunci Jawaban Halaman 153, 154, 155, 156, 158, 159, 161, 162 Tema 7 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 155

Ayo Berdiskusi

Bersama temanmu, diskusikan persamaan dan perbedaan antara undangan resmi, setengah resmi, dan tidak resmi dengan menggunakan tabel di bawah ini!

Kunci Jawaban Halaman 153, 154, 155, 156, 158, 159, 161, 162 Tema 7 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 156

Untuk menunjukkan proses penyubliman, lakukan percobaan berikut.

PERCOBAAN

A. Tujuan

Mengamati perubahan wujud benda

B. Alat dan Bahan

  1. 4 buah batu bata untuk membuat tungku sederhana
  2. 1 buah lilin
  3. 1 buah kaleng bekas susu
  4. 5 butir kapur barus ukuran kecil
  5. 1/5 bagian kaleng pasir kering
  6. Piring aluminium
  7. Es batu

C. Cara Kerja

  1. Tumpuk batu bata menjadi dua tingkat untuk dijadikan tungku sederhana.
  2. Letakkan lilin di tengah tungku, lalu nyalakan lilin.
  3. Isi kaleng bekas susu dengan pasir, lalu masukkan kapur barus.
  4. Letakkan kaleng bekas susu tersebut di atas tungku.
  5. Letakkan piring aluminium di atas kaleng susu, lalu letakkan beberapa butir es batu.
  6. Diamkan selama sepuluh menit.

D. Hasil Pengamatan

Amatilah perubahan yang terjadi pada kapur barus setelah sepuluh menit. Angkatlah piring alumunium dari atas kaleng. Lalu, perhatikanlah apa yang terjadi pada dasar piring.

Kunci Jawaban Halaman 153, 154, 155, 156, 158, 159, 161, 162 Tema 7 Kelas 5

E. Kesimpulan

Setelah melakukan pengamatan pada kegiatan di atas, dapatkah kamu menjelaskan kesimpulanmu?

Kesimpulanku:

Percobaan yang telah dilakukan menunjukkan tentang salah satu contoh peristiwa menyublim, yaitu suatu peristiwa perubahan wujud dari zat padat menjadi gas. Kapur Barus yang dalam percobaan dipanaskan mengalami proses penyubliman (berubah menjadi zat gas) dan pada saat zat gas menyentuh piring yang dingin, maka zat gas tersebut berubah menjadi kristal-kristal yang berada di dasar piring dan dinding kaleng.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 158

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, temukan kosakata baku dan tidak baku. Kemudian, carilah arti katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada Guru, atau berdiskusi dengan teman lainnya. Perhatikan cara-cara menggunakan kamus

  1. Pilihlah sebuah kata dari daftar kosakata barumu. Misalnya pembangunan.
  2. Bukalah kamusmu, carilah daftar kata-kata yang dimulai dengan huruf awal “p”. Ingat, setiap kata pada kamus selalu diurutkan berdasarkan urutan abjad.
  3. Dalam daftar kata yang berhuruf awal “p” itu, carilah daftar kata yang dimulai dengan “pe”.
  4. Carilah daftar kata yang dimulai dengan “pem”. Kata tebal akan kamu temukan di antara kata-kata itu. Selamat mencari.

Kunci Jawaban Halaman 153, 154, 155, 156, 158, 159, 161, 162 Tema 7 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 159

Ayo Menulis

Pahamilah bacaan di atas! Kemudian, kemukakan pendapatmu tentang sumbangsih atau kegiatan yang dapat kamu lakukan dalam rangka mengisi kemerdekaan RI! Tuliskanlah pendapatmu pada peta pikiran di bawah ini. Lalu, diskusikanlah pendapatmu di dalam kelompok kecil.

Kunci Jawaban Halaman 153, 154, 155, 156, 158, 159, 161, 162 Tema 7 Kelas 5

Sumbangsih/kegiatan yang dapat dilakukan dalam mengisi kemerdekaan:

  1. Mencintai dan bangga menjadi bangsa Indonesia
  2. Mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila
  3. Mengunjungi dan mengenal cara hidup & nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah
  4. Belajar dengan sungguh-sungguh
  5. Turut menyukseskan program pemerintah
  6. Menjaga/memelihara fasilitas umum
  7. Berprestasi dalam bidang-bidang positif
  8. Terlibat aktif dalam kegiatan sosial/kemasyarakatan
  9. Saling menghormati dan menghargai antar sesama
  10. Mengembangkan potensi diri
  11. Mencintai produk-produk dalam negeri
  12. Menjaga dan melestarikan serta mengembangkan budaya-budaya Indonesia

Kesimpulan :

Kita dapat mengisi kemerdekaan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Sebagai seorang siswa  kita dapat mengisi kemerdekaan dengan belajar dengan tekun.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 161

Ayo Berlatih

Pernahkah kamu melihat kegiatan pembangunan yang ada di lingkungan sekolah dan tempat tinggalmu? Apakah yang kamu rasakan? Bagaimana masyarakat sekitarmu menanggapi pembangunan tersebut?

Di masyarakat, terdapat kegiatan-kegiatan yang mendukung pembangunan nasional. Ada juga, kegiatan yang tidak mendukung kegiatan pembangunan nasional, baik pembangunan fisik maupun nonfisik. Bersama teman-temanmu, carilah informasi mengenai permasalahan berikut.

  • Faktor pendukung pembangunan nasional.
  • Faktor penghambat pembangunan nasional.

Informasi dapat kamu peroleh dengan melakukan kegiatan-kegiatan berikut.

  1. Studi pustaka: mencari informasi melalui buku, surat kabar, majalah, atau artikel di internet.
  2. Diskusi: bisa dilakukan dalam diskusi kelompok kecil maupun diskusi kelas.
  3. Wawancara: melakukan wawancara kepada orang yang memiliki pengetahuan seperti guru atau sejarawan.

Setelah informasi kamu dapatkan, tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Faktor Pendukung Pembangun Indonesia:

  1. Sumber Daya Alam. Indonesia mempunyai sumber daya alam yang besar di luar Jawa, termasuk minyak mentah, gas alam, timah, tembaga, dan emas.
  2. Sumber Daya Manusia. Penduduk yang besar pada satu sisi dapat memdorong pembangunan karena,pertama,perkembangan itu memungkinkan pertambahan tenaga kerja dari masa kemasa.

Faktor Penghambat Pembangunan Indonesia:

  1. Sumber daya manusia. SDM yang berkualitas rendah dan juga keahlian dan kewirausahaan yang rendah menghambat pembangunan.
  2. Sumber Daya Modal (investasi). Investasi di Indonesia masih rendah padahal modal sangat dibutuhkan manusia untuk mengolah bahan mentah tersebut.
  3. Teknologi mang masih rendah. Penggunaan teknologi yang rendah menyebabkan ketidakefesien dan produktifitas yang rendah.
  4. Perkembangan Penduduk. Jumlah penduduk yang besar tapi tidak berkualitas karena tidak disertai pendidikan terjadilah masyarakat yang tidak produktif dapat menjadi beban bagi pembanguan.
  5. Birokrasi Buruk. Indonesia masih menghadapi masalah besar dalam bidang kemiskinan yang sebagian besar disebabkan oleh korupsi yang merajalela dalam pemerintahan.

Presentasikan hasil pencarianmu bersama teman sekelompokmu di depan kelas dengan percaya diri. Tuliskanlah kesimpulanmu dari kegiatan tersebut di tempat yang disediakan di bawah ini.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 162

Ayo Renungkan

Undangan adalah surat ajakan dari seseorang untuk menghadiri suatu acara. Jadi, kehadiran orang-orang yang mendapat undangan sangatlah diharapkan oleh pihak yang mengundang.

Apa yang kamu lakukan seandainya kamu mendapat undangan? Kamu abaikan isi undangan tersebut ataukah kamu baca isi undangan tersebut? Kamu akan datang tepat waktu sesuai waktu yang dicantumkan dalam undangan, terlambat, ataukah justru tidak datang?

Ketika saya mendapatkan undangan sebisa mungkin menghadiri undangan tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada pengundang.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Mintalah bantuan kepada orang tuamu atau dengan anggota keluarga lain yang sudah dewasa. Lakukan percobaan untuk membuktikan peristiwa menyublim. Tentukan sendiri jenis percobaannya dan laporkan hasilnya.

Beberapa contoh peristiwa menyublim yaitu:

  1. Kapur barus yang ditempatkan di dalam kamar mandi lama kelamaan akan habis, karena k[ur barus menguap menjadi gas
  2. Kempers yang disimpan di ruangan akan habis
  3. Lubang knalpot yang hitam akibat pembakaran CO2
  4. Pembuangan es kring pada gas CO2
  5. Es kring pada ruangan terbuka akan menjadi gas
  6. Salju yang mencair kemudian menjadi uap
  7. Es yang dikeluarkan dari dalam kulkas akan mengeluarkan uap air, itu bukan hanya mengembun tapi juga menyublim
  8. Arsenik yang bebentuk padat akan menyublim jika dipanaskan
  9. Padatan iodine jika dipanaskan akan meyublim menjadi warna ungu
  10. Pengharum mobil lama kelamaan akan habis krn menjadi gas (ini juga peristiwa menyublim)

Nah adik-adik, itulah ulasan kami terkait dengan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 153, 154, 155, 156, 158, 159, 161, 162. Kami berharap, jawaban-jawaban yang kami buat dan sediakan ini dapat membantu para siswa dan juga orang tua yang terlibat dalam membantu anaknya mengerjakan tugas sekolah. Dan yang lebih penting lagi tentunya, semoga dengan jawaban ini adik-adik bisa memperbaiki nilai-nilai tugas yang sebelumnya mungkin mendapatkan nilai yang kurang bagus.

Memasuki semester genap, adik-adik tentunya harus lebih giat lagi dalam belajar dan mempersiapkan diri untuk kegiatan-kegiatan yang akan diadakan oleh guru dan sekolah. Mengerjakan tugas-tugas harian seperti ini tentu sangat penting, namun adik-adik juga harus mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar untuk mengikuti kegiatan lainnya, seperti ulangan harian dan ulangan semester.

Nilai-nilai yang adik-adik peroleh dari semua kegiatan yang diadakan oleh guru dan sekolah menjadi hal yang sangat penting. Adik-adik tahu kalau saat ini sudah memasuki semester genap. Semester ini sangat menentukan sekali, apakah adik-adik bisa naik kelas atau malah akan tinggal kelas. Dan kami berharap nilai-nilai yang adik-adik peroleh bisa maksimal, sehingga bisa membantu meningkatkan nilai akhir pada raport semester.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 153, 154, 155, 156, 158, 159, 161, 162 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik"