√ Kunci Jawaban Halaman 176, 177, 179, 180, 181, 182 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 176, 177, 179, 180, 181, 182 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Kelas 5 halaman 176, 177, 179, 180, 181, 182 subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan pembelajaran 3 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini dapat adik-adik manfaatkan untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran. Kami tahu kalau adik-adik saat ini sedang kesulitan dalam menjawab beberapa soal-soal pada buku siswa, yang menjadi tugas sekolah. Atau memang jawabannya tidak ada pada buku pelajaran sehingga adik-adik harus mencari jawabannya diluar buku pelajaran. Kami disini berupaya menyediakan jawaban-jawaban untuk semua jenis tugas yang ada pada buku siswa.

Kunci Jawaban Halaman 176, 177, 179, 180, 181, 182 Tema 7 Kelas 5

Dengan kami sediakan alternatif jawaban ini, semoga saja adik-adik bisa segera menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Dan yang lebih pentingnya lagi, semoga dengan jawaban ini adik-adik bisa meraih nilai terbaik. Karena kami cukup yakin kalau jawaban ini bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar ketika guru adik-adik mengoreksi tugas ini nantinya. Karena memang kami membuat jawabannya berdasarkan pemahaman kami terkait materi dan soal-soal yang ada.

Namun kami tetap menyarankan kepada adik-adik, untuk selalu teliti dalam mengerjakan tugas sekolah, teliti kembali jawaban yang kami sediakan, untuk memastikan jawaban sudah sesuai dengan soalnya. Baru kemudian adik-adik menyalinnya pada buku tugas. Dengan demikian, kami sangat yakin adik-adik bisa meraih nilai tertinggi dari teman-teman yang lain.

Sebelumnya, kami juga telah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 yang mungkin juga sudah pernah adik-adik lihat dan pergunakan jawabannya untuk mengisi atau menjawab soal-soal latihan pada kegiatan belajar yang lalu. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 164, 165, 166, 168, 172, 173 yang juga telah kami bagikan pada artikel kami sebelumnya, adik-adik perlu melihatnya, karena jawaban tersebut merupakan jawaban untuk tugas pada kegiatan belajar sebelum ini.

Kunci Jawaban Halaman 176, 177, 179, 180, 181, 182 Tema 7 Kelas 5

Buku siswa tema 7 kelas 5 merupakan buku materi pelajaran yang adik-adik pelajari pada semester genap, lanjutan dari buku siswa tema 6 yang sudah adik-adik selesaikan sebelumnya. Pada buku siswa tema 7 ini juga terdapat 3 subtema pembelajaran dan ditambah dengan kegiatan literasi. Tugas-tugas yang ada pada buku pelajaran tak semuanya soal-soal latihan, ada juga jenis tugas lainnya seperti tugas kesenian, bernyanyi, senam, melakukan pengamatan, membuat laporan hasil pengamatan dan lainnya.

Dari semua jenis tugas yang menjadi tugas adik-adik, kami berusaha menyediakan alternatif jawabannya, baik itu jawaban langsung, atau hanya sekedar contoh saja, sebagai acuan bagi adik-adik untuk membuat jawbaan dari tugas tersebut, misalnya contoh poster dan lainnya. Dan kami harap bisa membantu adik-adik dalam menyelesaikan dan membuat jawabannya.

Adik-adik harus memaksimal nilai pada semester ini, raih nilai terbaik dari setiap kegiatan yang diadakan oleh guru dan sekolah, baik itu tugas harian, ulangan semester, tugas praktek, dan ulangan akhir semester. Karena nilai yang adik-adik peroleh akan sangat menentukan, apakah adik-adik bisa naik kelas dengan nilai bagus, atau malah sebaliknya.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 176-177

Ayo Menulis

Bacalah dengan saksama bacaan yang berjudul “Peristiwa Lahirnya Pancasila”. Setelah itu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Siapa sajakah tokoh yang mengusulkan calon rumusan dasar negara Indonesia?

Moh. Yamin, Dr. Soepomo, Ir. Soekarno

2. Sejak kapan istilah Pancasila dikenal? Uraikan secara singkat!

Istilah Pancasila telah dikenal sejak zaman Majapahit, yaitu terdapat pada kitab Negarakertagama karangan Mpu Prapanca dan Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular. Dalam kitab Sutasoma, Pancasila berarti berbatu sendi yang lima atau pelaksanaan kesusilaan yang lima.

3. Dari bahasa apakah istilah Pancasila? Apakah artinya?

Istilah pancasila berasal dari bahasa sansekerta yang berarti berbatu sendi yang lima atau pelaksanaan kesusilaan yang lima.

4. Apa yang dibahas dalam Sidang Pertama BPUPKI?

Pembentukan dasar negara

5. Apakah isi pidato Ir. Soekarno pada Sidang Pertama BPUPKI?

Berpidato tanpa teks menyampaikan usulan dasar negara pada hari terakhir sidang.

6. Kapan dan pada peristiwa apa rumusan Pancasila disahkan?

Pada tanggal 18 Agustus 1945 disahkan Undang-Undang Dasar 19 Dasar 1945 pada sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Termasuk Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 termuat isi rumusan Lima Prinsip Dasar Negara yang disebut Pancasila, tepatnya di Alinea ke IV.

Berdasarkan jawabanmu tersebut, buatlah cerita lahirnya Pancasila. Bacakan hasilnya di depan guru dan teman-temanmu!

Istilah Pancasila berasal dari bahasa sansekerta yang berarti berbatu sendi yang lima atau pelaksanaan kesusilaan yang lima. Istilah Pancasila telah dikenal sejak zaman Majapahit, yaitu terdapat pada kitab Negarakertagama karangan Mpu Prapanca dan Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular.

Dalam Sidang Pertama BPUPKI dibahas mengenai pembentukan dasar negara. Tiga orang tokoh yaitu Moh. Yamin, Dr. Soepomo, Ir. Soekarno menyampaikan usul dasar negara. Ir. Soekarno pada Sidang Pertama BPUPKI berpidato tanpa teks menyampaikan usulan dasar negara.

Pada tanggal 18 Agustus 1945 disahkan Undang-Undang Dasar 19 Dasar 1945 pada sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Termasuk Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 termuat isi rumusan Lima Prinsip Dasar Negara yang disebut Pancasila, tepatnya di Alinea ke IV.

Sekarang, kamu telah memahami sejarah lahirnya Pancasila. Lalu, apa makna Pancasila bagi kehidupan bangsa Indonesia yang sangat beragam ini? Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 179

Ayo Berlatih

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut!

Kunci Jawaban Halaman 176, 177, 179, 180, 181, 182 Tema 7 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 180

Ayo Berdiskusi

Dengan menggunakan gambar di atas sebagai bantuan dan informasi lain berbagai sumber, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Apa saja manfaat gotong royong?

Manfaat gotong royong antara lain : meringankan beban pekerjaan yang harus ditanggung, menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesame anggota masyarakat, menjalin dan membina hubungan baik antarwarga masyarakat, serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional

2. Bagaimana ciri masyarakat Indonesia ditunjukkan melalui kebiasaan gotong royong tersebut?

Gotong royong dilakukan dengan rasa yang ikhlas dan sukarela untuk saling membantu satu sama lain dan lebih mengutamakan kepentingan bersama.

3. Nilai-nilai Pancasila apa sajakah yang nyata dalam gotong royong tersebut?

Persatuan dan kesatuan Indonesia

4. Berikanlah paling sedikit tiga contoh yang menunjukkan peran Pancasila dalam membina keutuhan bangsa Indonesia yang memiliki keragaman budaya.

Contoh peran Pancasila:

  • Pertama: Pancasila adalah alat pemersatu bangsa. Pancasila memperkuat persatuan bangsa Indonesi karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk.
  • Kedua: Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia : Artinya, Pancasila diamalkan dalam hidup sehari-hari.
  • Ketiga: Pancasila sebagai Keperibadian Bangsa Indonesia: Segala tingkah laku dan amal perbuatan bangsa Indonesia harus sesuai Pancasila.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 181-182

Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Apakah menurutmu sikap Kepala Desa mencerminkan sikap mengutamakan musyawarah dan mufakat? Mengapa?

Kepala desa telah menunjukan sikap mengutamakan musyawarah mufakat dengan mengadakan rapat untuk menentukan jenis bantuan yang akan diberikan kepada warga.

2. Bagaimana pendapatmu tentang sikap Pak Doni dan Pak Badu?

Pak Doni dan Pak Badu seharusnya tidak boleh memaksakan pendapatnya dan harus menghargai orang lain.

3. Bagaimana pendapatmu tentang sikap Pak Ali?

Pak Ali sudah menyampaikan pendapatnya dengan baik. Pak Ali memberikan penjelasan yang lengkap beserta alasan-alasan mengapa dia menyampaikan pendapat seperti itu.

4. Tuliskan paling sedikit dua cara yang dapat kamu lakukan untuk menghargai orang lain!

Untuk menghargai orang lain dapat dilakukan dengan : Pertama tidak memotong pembicaraan orang yang sedang menyampaikan pendapat. Kedua tidak memaksakan pendapat kita. Ketiga adalah menghrgai pendapat orang lain dan tidak boleh menganggap pendapat sendiri adalah pendapat terbaik.

Ayo Renungkan

Kamu telah mengetahui peran Pancasila dalam keragaman budaya bangsa. Kamu juga telah mengetahui contoh-contoh tindakan yang mencerminkan pengamalan dan peran nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat yang beragam. Nah, sekarang renungkan tindakan-tindakan apa yang telah kamu biasakan dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan penerapan dan peran nilai-nilai Pancasila dalam keragaman budaya.

Beberapa penerapan dan peran Pancasila dalam keragaman budaya antara lain:

  1. Beribadah sesuai agama masing-masing dan tidak memaksakan agama kepada prang lain
  2. Menolong orang yang sedang kesusahan
  3. Menghargai teman/orang yang beda suku, agama, ras dan golongan.
  4. Bermusyawarah dalam menyelesaikan suatu masalah

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan peristiwa lahirnya Pancasila kepada orang tua dan anggota keluargamu yang lain. Mintalah pendapat dan saran dari orang tuamu tentang isi dan caramu bercerita!

Pancasila dirumuskan oleh 3 orang, yaitu:

  1. Mr.Dr.Soepomo
  2. M.Yamin
  3. Ir.Soekarno

Ketiganya mengusulkan 5 dasar pancasila pada tanggal 29 Mei, 30 Mei, dan 1 Juni. Kemudian, yang disetujui adalah usulan dari Ir.Soekarno yang diusulkan pada 1 Juni. Sehingga hari pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Demikian postingan kami tentang Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 176, 177, 179, 180, 181, 182 ini. Dengan memanfaatkan alternatif jawaban ini, kami cukup yakin kalau nilai yang nantinya akan adik-adik peroleh bakal maksimal dan bagus. Secara kami memang membuat jawaban ini dengan sebaik mungkin, setelah kami mempelajari dan memahami materi, baru kemudian kami jawaban soalnya dengan jawaban yang tepat dan benar.

Pada setiap postingan kami, kami tak henti mengingatkan adik-adik untuk mulai giat belajar dan persiapkan diri untuk mengikuti kegiatan lainnya, seperti ulangan harian dan ulangan semester. Adik-adik mungkin akan sangat terbantu dan tidak perlu bersudah payah dalam mencari jawaban untuk mengerjakan tugas sekolah, akan tetapi untuk kegiatan ulangan harian dan ulangan semester, adik-adik harus punya persiapan. Adik-adik harus memahami materi, untuk bisa menjawab soal-soalnya.

Maka dari itu, mulai saat ini giatlah dalam belajar, pelajari kembali materi yang sudah pernah dipelajari agar lebih memahami materi tersebut. Karena saat ini adik-adik sudah memasuki semester genap, dan akan sangat menentukan sekali, apakah bisa naik ke kelas 6 atau malah akan tinggal kelas. Tentu harapan kami dan juga juga adik-adik, agar bisa naik kelas 6 dengan nilai terbaik.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 176, 177, 179, 180, 181, 182 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik"