√ Kunci Jawaban Halaman 185, 186, 187, 188, 189, 190 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 185, 186, 187, 188, 189, 190 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Kelas 5 halaman 185, 186, 187, 188, 189, 190 subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan pembelajaran 4 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi dibawah ini kami sediakan sebagai alternatif jawaban yang bisa adik-adik manfaatkan untuk mengisi dan menjawab soal-soal latihan yang ada pada buku pelajaran siswa yang menjadi tugas sekolah adik-adik. Kami menyadari kalau sebagai soal-soal latihan pada buku tematik kurikulum 2013 memang cukup sulit untuk dijawab, bahkan ada soal-soal yang jawabannya tidak ada pada buku siswa, dan harus mencari jawabannya di luar buku pelajaran.

Kunci Jawaban Halaman 185, 186, 187, 188, 189, 190 Tema 7 Kelas 5

Mengetahui hal tersebut, kami disini berupaya menyediakan alternatif jawaban yang memang sangat diperlukan oleh adik-adik sekalian. Kenapa kami katakana sangat diperlukan, karena memang kenyataannya sekarang ini, alternatif jawaban menjadi hal yang cukup banyak dicari oleh para siswa. Dan tak hanya siswa saja, tak sedikit juga dari para orang tua yang terlibat dalam membantu anaknya mengerjakan tugas sekolah, banyak mencari alternatif jawaban ini. Maka dari itu kami berusaha menyediakan jawaban terbaik, yang dapat membantu adik-adik menyelesaikan tugas sekolah.

Pada postingan kami sebelumnya, kami juga sudah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 yang masih bisa adik-adik cari dan lihat jawabannya serta manfaatkan untuk menyelesaikan tugas yang masih belum selesai sampai saat ini. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 176, 177, 179, 180, 181, 182  yang baru-baru ini juga sudah kami sediakan pada blog Pojok Edukasi ini, dan wajib adik-adik lihat, karena jawaban tersebut merupakan jawaban untuk tugas pada kegiatan belajar sebelum ini.

Memang dengan adanya alternatif jawaban ini, adik-adik akan sangat dimudahkan dalam mengerjakan tugas sekolah. Akan tetapi, kami selalu menyarankan agar adik-adik dapat berusaha sendiri sebelum memanfaatkan jawaban ini. Adik-adik bisa mencari jawabannya pada buku pelajaran, karena kami tahu sebagian jawabannya ada pada buku pelajaran. Dan kalaupun memang masih ada soal yang belum ditemukan jawabannya, maka silahkan saja manfaatkan alternatif jawaban seperti ini untuk menyelesaikan tugas sekolah tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 185, 186, 187, 188, 189, 190 Tema 7 Kelas 5

Tugas sekolah memang menjadi hal yang tak bisa dipisahkan dalam kegiatan pembelajaran. Apalagi dalam situasi saat ini, bagi sekolah yang masih menerapkan kegiatan belajar secara online tentu akan siswanya akan lebih banyak diberikan tugas. Hal inilah yang kami lihat, bahwa tak sedikit juga siswa yang mengeluhkan banyaknya tugas yang harus mereka kerjakan.

Apalagi kita tahu kalau materi pelajaran kurikulum 2013 ini sangat menuntut siswanya aktif dan bisa bernalar atau berpendapat sendiri. Dan tak terkecuali dalam hal menjawab soal-soal latihannya. Sebagaian besar soal-soal yang ada pada buku tematik kurikulum 2013, mengharuskan siswa menjawab dengan pendapat dan sendiri, jawabannya tidak ada pada buku dan harus mencari dari sumber lainnya.

Maka tidak heran jika alternatif jawaban banyak dimanfaatkan oleh siswa dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Namun kami juga ingin ingatkan kepada adik-adik, jangan terlalu berharap sepenuhnya kepada alternatif jawaban, karena kami takutnya malah akan membuat adik-adik malas dalam belajar. Manfaatkan alternatif jawaban sebijak mungkin.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 185

Ayo Berlatih

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut!

Kunci Jawaban Halaman 185, 186, 187, 188, 189, 190 Tema 7 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 186

Ayo Mencoba

Pada saat merencanakan sebuah acara seperti pentas seni, biasanya kamu juga membuat daftar pihak-pihak yang perlu diundang untuk menghadirinya. Oleh karena itu, kamu perlu membuat surat undangan. Dengan menggunakan tempat yang tersedia di bawah ini, buatlah sebuah surat undangan resmi untuk menghadiri kegiatan pentas seni yang diadakan di sekolahmu.

Kunci Jawaban Halaman 185, 186, 187, 188, 189, 190 Tema 7 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 187

Ayo Mengamati

Bersama dengan teman sebangkumu, jawablah pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang lengkap dan jelas.

Semboyan bangsa kita adalah Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda, tetapi tetap satu jua. Berikan contoh yang mencerminkan kebhinnekatunggalikaan di daerah tempat tinggalmu!

Contoh yang mencerminkan kebhinnekatunggalika:

  • Kegiatan gotong royong membangun tempat ibadah yang dihadiri oleh warga yang berlainan agama.
  • Kegiatan musyawarah pelaksanaan lomba memperingati hari kemerdekaan.

Keanekaragaman terbukti tidak menjadi penghalang terwujudnya persatuan dan kesatuan. Bagaimanakah caramu turut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa?

Cara untuk menjaga persatuan:

  1. Rajin belajar guna menguasai ilmu pengetahuan dari berbagai disiplin untuk diabdikan kepada negara. 
  2. Menyelenggarakan kerja sama antar daerah.
  3. Menjalin pergaulan antarsuku bangsa.
  4. Memberi bantuan tanpa membedakan suku bangsa atau asal daerah.
  5. Mempelajari berbagai kesenian dari daerah lain.
  6. Memperluas pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.
  7. Mengerti dan merasakan kesedihan dan penderitaan orang lain.
  8. Tidak mudah marah atau menyimpan dendam.
  9. Menerima teman tanpa mempertimbangkan perbedaan suku, agama, maupun bahasa dan kebudayaan 
  10. Mempelajari kesenian dan kebudayaan daerah lain

Perbedaan merupakan hal yang biasa yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itulah, kita harus menerima keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat. Tuliskan tiga contoh perilaku yang dapat kamu lakukan untuk menerima keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat!

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 188-189

Ayo Berlatih

Kamu telah mempelajari keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Kamu tentu menyadari bahwa keragaman merupakan kenyataan yang tidak bisa dihindari. Contohnya setiap temanmu memiliki latar belakang yang berbeda denganmu. Meskipun memiliki sejumlah perbedaan, persahabatan dengan teman tetap bisa terjalin, bukan? Dalam pergaulan, sudah selayaknya kita mengedepankan sikap saling menghormati dan toleransi.

Lalu, bagaimanakah caramu menyikapi perbedaan dan keragaman yang ada di sekitar tempat tinggalmu? Kamu tentu pernah mengamalkan sikap dan perilaku yang mencerminkan keragaman di bawah ini. Namun, jika belum pernah mengamalkan, kamu bisa segera mengamalkannya.

Kunci Jawaban Halaman 185, 186, 187, 188, 189, 190 Tema 7 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 190

Ayo Renungkan 

Saya Berikrar 

  1. Sebagai makhluk sosial, manusia bergantung kepada manusia lain. Karena itu, saya berjanji saling mengasihi dan menyayangi. Dengan demikian, saya dapat bekerja sama dengan orang lain. 
  2. Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa dan budaya. Saya berjanji untuk menghargai suku bangsa dan budaya lain dengan cara mempelajarinya. 
  3. Prinsip keadilan sosial dan kerja keras perlu dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, saya berjanji bersikap adil dan bekerja keras dengan cara giat belajar untuk mengisi kemerdekaan.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Mintalah orang tuamu bercerita tentang kesenian daerah yang sering mereka saksikan pada waktu kecil. Kemudian, bandingkan dengan kesenian daerah yang sering kamu saksikan sekarang. Apakah masih ada kesenian daerah pada waktu orang tuamu masih kecil hingga sekarang?

Untuk tugas ini, silahkan adik-adik lakukan sesuai petunjuk yang ada. Catat hal-hal penting yang disampaikan oleh orang tua adik-adik.

Nah adik-adik, itulah ulasan kami terkait dengan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 185, 186, 187, 188, 189, 190. Kami berharap jawaban ini bisa menjadi solusi bagi adik-adik dalam menyelesaikan semua tugas sekolah yang masih belum selesai sampai saat ini. Dan yang lebih penting lagi semoga saja jawaban ini bisa mengantarkan adik-adik meraih nilai terbaik untuk tugas kali ini dan tugas-tugas berikutnya. Dengan begitu, nilai yang adik-adik peroleh bisa membantu meningkatkan nilai akhir raport semester.

Selain mengerjakan tugas sekolah, adik-adik juga harus selalu semangat dalam belajar, bahkan lebih memperbanyak belajar, mengulang dan mempelajari kembali materi yang sudah pernah dipelajari untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan lainnya, seperti ulangan harian dan ulangan akhir semester. Dengan adanya persiapan, kami yakin adik-adik bisa mengerjakan dan menyelesaikan soal-soal pada kegiatan tersebut, dan bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Bisa mendapatkan nilai yang bagus tentu menjadi hal yang sangat baik sekali. Apalagi adik-adik tahu kalau saat ini sudah memasuki semester genap, dan pada semester ini nilai-nilai yang adik-adik peroleh akan sangat menentukan sekali, apakah nantinya adik-adik bisa naik kelas, atau sebaliknya. Dan tentunya kami berharap adik-adik bisa naik ke kelas 6 dengan nilai terbaik.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 185, 186, 187, 188, 189, 190 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik"