√ Kunci Jawaban Halaman 197, 198, 199, 200, 202 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 197, 198, 199, 200, 202 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Kelas 5 halaman 197, 198, 199, 200, 202 subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan pembelajaran 6 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami sediakan dibawah ini dapat adik-adik pergunakan sebagai alternatif jawaban untuk menjawab soal-soal latihan pada buku siswa yang mana soal-soal inilah yang menjadi tugas adik-adik saat ini. Kami tahu jika adik-adik saat ini tengah sibuk mengerjakan soal-soal pada buku pelajaran, yang mana tugas ini harus segera dikumpulkan kepada guru kelas dan harus dikoreksi segera.

Kunci Jawaban Halaman 197, 198, 199, 200, 202 Tema 7 Kelas 5

Melihat hal ini, kami selalu berupaya memberikan jawaban-jawaban terbaik yang tepat dan benar menurut kami. Sebelum menjawab soal-soalnya, kami terlebih dahulu membaca, mempelajari dan memahami materi dan soalnya. Baru kemudian kami mencari jawaban yang tepat untuk menjawab soal-soal tersebut. Jawaban kami cari dari beberap sumber, baik dari buku pelajaran, maupun sumber lainnya seperti internet, dan juga tentunya pemahaman kami sendiri. Maka dari itu kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini.

Namun meskipun begitu, kami disini hanya berusaha semaksimal mungkin, sesuai pemahaman kami. Kami tentunya tidak bisa memberikan jaminan kepada adik-adik sekalian, bahwa jawaban ini semuanya pasti benar dan tepat, ketika guru mengoreksi tugas ini nantinya. Semua itu kembali kepada guru masing-masing. Maka dari itu, kami selalu mengingatkan untuk selalu teliti dalam mengerjakan soal-soal yang menjadi tugas adik-adik, pastikan jawaban yang kami sediakan ini sudah sesuai dengan soalnya, baru kemudian adik-adik salin pada buku tugas.

Dan sebenarnya, pada postingan kami yang lalu, kami telah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 yang mungkin juga sudah pernah adik-adik lihat dan manfaatkan sebagai jawaban untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 191, 192, 193, 194, 195 yang beberapa waktu lalu juga sudah kami sediakan pada blog ini. Dan semoga semua jawaban yang kami buat ini bisa mengantarkan adik-adik untuk mendapatkan nilai terbaik. Sehingga akan berdampak baik pula untuk prestasi adik-adik di sekolah.

Kunci Jawaban Halaman 197, 198, 199, 200, 202 Tema 7 Kelas 5

Tugas sekolah yang pada postingan ini kami sediakan untuk adik-adik, merupakan tugas dari kegaitan pembelajaran 6 dari buku siswa tema 7 kelas 5 subtema 3. Artinya ini merupakan tugas terkahir dari subtema 3 yang adik-adik kerjakan. Setelah ini masih ada beberapa tugas dari kegaitan literasi yang juga sudah kami sediakan jawabannya, setelah itu adik-adik akan menuntaskan kegiatan belajar mengajar untuk buku siswa tema 7.

Kami berharap dari semua tugas yang adik-adik kerjakan pada buku siswa tema 7 ini, bisa mendapatkan nilai yang maksimal, sehingga bisa memperbaiki dan meningkatkan nilai akhir di raport semester nantinya. Dan kami juga mengingatkan agar adik-adik mulai giat dalam belajarnya. Karena saat ini sudah memasuki semester genap, dimana semester ini sangat menentukan sekali, apakah adik-adik bisa naik ke kelas 6 atau malah sebaliknya.

Kami tentu berharap jawaban yang kami sediakan ini bisa menjadi penyebab adik-adik mendapatkan nilai terbaik dan bisa naik kelas dengan nilai yang bagus. Atau bahkan bisa juara kelas pada semester ini. Namun tentu adik-adik harus berjuang dengan rajin belajar dan mengulang materi pelajaran sebelumnya.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 197-198

Ayo Berlatih

Pahamilah bacaan di atas! Kemudian, tuliskan cara menghargai jasa para pahlawan bangsa!

Kunci Jawaban Halaman 197, 198, 199, 200, 202 Tema 7 Kelas 5

Cara menghargai jasa Pahlawan:

  1. Belajar dengan tekun agar perjuangan para pahlawan kita tidak sia-sia dan kita bisa mencapai masa depan yang cerah.
  2. Saling menghormati dan menghargai satu sama lain; menghormati pahlawan bukan hanya dengan mengheningkan cipta untuk mereka saat upacara bendera, tapi juga menghidupi semangat cinta Tanah Air dan kebhinnekaan yang telah mereka perjuangkan.
  3. Tidak melupakan mereka; jangan karena para pahlawan tidak lagi berjuang, kita melupakan mereka. Sebagai rasa cinta dan penghargaan kita kepada mereka, teruskanlah kisah tentang perjuangan mereka kepada setiap orang yang kita temui.
  4. Lebih mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi, peduli kepada orang lain, mengisi kemerdekaan dengan belajar dan bekerja sungguh-sungguh, mengembangkan sikap rela berkorban.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 199-200

Ayo Berlatih

Ayo Belajar dari Masalah

1. Bel tanda masuk berbunyi. Semua siswa masuk kelas. Ketika akan masuk kelas, tidak sengaja Bambang menginjak kaki Heru. Bambang minta maaf kepada Heru. Tetapi, Heru justru memarahi Bambang. Heru menganggap Bambang sengaja menginjak kakinya. Persoalan sepele tersebut menjadi besar.

Jika kamu menjadi Heru, tindakan apakah yang akan kamu lakukan kepada Bambang?

Jika menjadi Heru sebaiknya memaafkan apa yang telah dilakukan Bambang, hal ini dikarenakan Bambang tidak sengaja dan tidak ada niat sengaja menginjak kaki Heru.

Jika kamu menjadi Bambang, tindakan apakah yang akan kamu lakukan kepada Heru?

Jika menjadi Bambang pasti akan meminta maaf kepada Heru, serta menjelaskan apa yang telah dilakukannya adalah tidak sengaja dan berjanji akan lebih berhati-hati lagi.

2. Di kelasmu sering diadakan ulangan harian. Pernakah kamu mendapat nilai yang kamu harapkan dan nilai yang tidak kamu harapkan?

Bagaimana sikapmu ketika mendapat nilai yang kamu harapkan?

Kita patut bersyukur, dan nilai yang baik tersebut bisa dijadikan penyemangat, serta kembali belajar lebih giat karena mempertahankan nilai bagus lebih sulit dari merebut nilai bagus.

Bagaimana sikapmu ketika mendapat nilai yang tidak kamu harapkan?

Bisa dijadikan pelajaran dan dijadikan cambuk bagi diri sendiri untuk lebih giat lagi belajar

3. Di kelasmu, akan diadakan ulangan. Kamu ingin mendapat nilai bagus. Karena itu, kamu pun belajar dengan tekun.

Bagaimaan sikapmu saat menghadapi ulangan? Apa alasannya?

Pikiran harus tenang dan fokus serta tidak gugup. Tidak lupa berdoa. Belajar tetap digiatkan agar hasil yang diperoleh sesuai harapan. Dalam mengerjakan soal ulangan juga harus dipenuhi ketelitian dan kesabaran

Jika ada temanmu yang meminta jawabanmu, apakah kamu rela memberikannya? Mengapa demikian?

Sebaiknya ditolak, karena melanggar peraturan. Tidak dianjurkan bekerja sama dalam kejelekan.

4. Setiap berangkat ke sekolah, Andi dan Agus selalu bersama-sama. Mereka berjalan kaki. Saat berjalan kaki, tiba-tiba seorang nenek jatuh persis di hadapan mereka. Agus dan Andi terus berjalan karena takut terlambat masuk sekolah. Padahal, nenek itu membutuhkan pertolongan mereka untuk bisa berdiri

Apakah sikap Andi dan Agus mencerminkan sikap rela berkorban? Mengapa?

Sikap yang dilakukan Andi dan Agus tidak menunjukkan sikap rela berkorban. Mereka tidak rela berkorban datang terlambat dan dapat sangsi/hukuman demi perbuatan yang lebih mulia yaitu menolong seorang nenek yang sedang membutuhkan pertolongan.

Jika kamu menjadi Agus atau Andi, tindakan apa yang akan kamu lakukan?

Sebaiknya kita menolong nenek tersebut dan rela datang terlambat ke sekolah. Kita siap menerima hukuman karena menolong nenek tersebut nilainya lebih besar daripada datang tidak terlambat ke Sekolah.

5. Saat pak Guru sedang menjelaskan di depan kelas, ada dua orang temanmu yang asyik berbicara sendiri. Mereka tidak memperhatikan penjelasan pak Guru.

Bagaimana sikapmu terhadap dua temanmu itu? Mengapa demikian?

Dengan menegurnya dengan halus, karena mereka tidak menghargai Pak Guru yang sedang menjelaskan pelajaran, selain itu juga mengganggu teman-teman yang lain yang serius mendengarkan, serta tidak ikut-ikutan berbicara dengan mereka.

Bagaimana sikap yang seharusnya dilakukan oleh kedua temanmu saat Pak Guru sedang mengajar? Mengapa demikian?

Sebaiknya mereka mendengarkan apa yang disampaikan Pak Guru, karena menghargai tindakan yang dilakukan Pak Guru, serta dengan mendengarkan pelajaran Pak Guru juga memberi manfaat pada diri kita sendiri, yaitu bertambahnya wawasan dan ilmu pengetahuan.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 202

Ayo Renungkan

Kamu telah mempelajari materi yang dapat mengantarkanmu menjadi seorang pahlawan, baik bagi dirimu sendiri, orang lain, keluarga, maupun bangsa dan negara. Selanjutnya, kamu tentu akan berusaha membiasakan perilaku-perilaku yang dapat mendukungmu menjadi pahlawan. Bagaimana wujud perilaku yang akan kamu lakukan? Apakah perilaku tersebut sudah kamu biasakan mulai dari sekarang? Isilah tabel berikut ini dengan perilaku-perilaku yang dimiliki oleh pahlawan. Catatlah apakah kamu sudah membiasakan untuk melaksanakannya atau belum.

Kunci Jawaban Halaman 197, 198, 199, 200, 202 Tema 7 Kelas 5

Kerja Sama dengan Orang Tua

Buatlah cerita tentang pengorbanan orang tua terhadapmu sebagai perwujudan sikap rela berkorban!

Alternatif Jawaban:

Pada suatu hari anak yang bernama Andi, ia adalah anak yang nakal, ia di besar kan di keluarga yang pas-pasan, meskipun guru membencinya orang tuanya tetap menyayangi dan memanjakannya,pada suatu hari Andi meminta HP yang baru keluar, orang tuanya pun mengiyakan, hari demi hari telah berlalu, tetapi HP barunya belum juga dibelikan, karena tidak sabar Andi pun menanyakannya kepada orang tua nya, orang tuanya pun menjelaskan bahwa ia masih perlu waktu, lantaran tidak sabar dan tersulut emosi Andi pun membentak orang tuanya dan langsung pergi meninggalkan kan rumah menuju ke tempat tongkronganya, bertapa mengejutkan ketika ia melihat bapaknya bekerja sangat keras demi mewujudkan keinginan anaknya, karena tidak tega Andi pun membantu ayahnya, meminta maaf dan memeluk ayahnya.

Nah adik-adik, itulah ulasan kami terkait dengan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 197, 198, 199, 200, 202 ini. Perbanyak belajar di rumah, dan pelajari kembali pelajaran yang sebelumnya sudah pernah dipelajari. Karena bukan hanya tugas-tugas sekolah saja yang perlu adik-adik persiapkan, ada juga kegiatan lainnya yang sangat penting juga adik-adik raih nilai terbaiknya, yaitu kegiatan ulangan harian dan ulangan semester.

Kami tentunya berharap, semoga saja jawaban yang kami buat dan sediakan untuk adik-adik ini bisa membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Dan bukan hanya itu saja, yang lebih penting lagi semoga saja nilai yang nantinya adik-adik peroleh akan maksimal dan bagus. Karena nilai dari tugas harian juga akan sangat penting dan membantu sekali dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester.

Dan selalu ikuti blog Pojok Edukasi, karena kami akan terus berbagi alternatif jawaban untuk adik-adik semua. Serta lihat terus kelanjutan alternatif jawaban untuk tugas pada kegiatan belajar berikutnya. Dan jangan lupa untuk berbagi kunci jawaban ini kepada teman lainnya, share postingan kami ini ke mereka, dengan begitu mereka juga bisa merasakan manfaat dari alternatif jawaban ini.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 197, 198, 199, 200, 202 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik"