√ Kunci Jawaban Halaman 212, 213 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 212, 213 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Kelas 5 halaman 212, 213 Kegiatan Literasi dan Kegiatan Proyek pembelajaran 5 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami sediakan dibawah ini bisa adik-adik pergunakan sebagai jawaban untuk menyelesaikan tugas yang saat ini tengah adik-adik kerjakan. Kami mengerti kalau alternatif jawaban seperti ini menjadi banyak pilihan siswa dalam mengerjakan tugas sekolah. Ya, pada kenyataannya memang soal-soal pada buku tematik kurikulum 2013 cukup sulit untuk dijawab sendiri oleh siswa, bahkan tak sedikit jawaban untuk menjawab soal-soal tersebut tidak ditemukan pada buku pelajaran.

Kunci Jawaban Halaman 212, 213 Tema 7 Kelas 5

Sebagian besar jawaban harus dicari diluar buku pelajaran, dan ada sebagian soal harus dijawab dengan pendapat sendiri. Jadi tak heran jika siswa lebih memilih menggunakan alternatif jawaban untuk menyelesaikan tugasnya. Untuk kami hadir menyediakan apa yang saat ini tengah siswa perlukan. Jawaban yang kami sediakan ini tentunya merupakan jawaban yang terbaik, yang kami buat berdasarkan pemahaman kami.

Dan ada beberapa jawaban juga yang kami ambil dari beberapa sumber lainnya, serta beberapa soal kami jawab dengan pemahaman kami. Maka dari itu, kami sangat yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini bisa membantu adik-adik menyelesaikan tugas sekolah dan bisa mendapatkan nilai yang bagus dari tugas kali ini. Akan tetapi meskipun kami sudah yakin dengan jawaban ini, tetap saja kami selalu menyarankan kepada adik-adik sekalian, agar teliti dalam mengerjakan tugas sekolah. Pastikan kembali jawaban yang kami sediakan ini memang sudah sesuai dengan soalnya, baru kemudian adik-adik salin pada buku tugas.

Dan sebelumnya, kami juga sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 pada blog ini. Adik-adik dapat mencari kembali dan menggunakan jawaban tersebut untuk menyelesaikan tugas yang ada. Lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 207, 208 yang beberapa waktu yang lalu juga sudah kami sediakan pada blog ini. Adik-adik dapat melihatnya dan menggunakan jawaban tersebut untuk menyelesaikan tugas pada kegiatan belajar sebelum ini.

Kunci Jawaban Halaman 212, 213 Tema 7 Kelas 5

Untuk tugas kali ini, adik-adik akan melakukan percobaan langsung dan mencatat hasil dari percobaan tersebut. Kami berusaha semaksimal mungkin menyediakan jawaban terbaik untuk adik-adik, yang sudah kami lakukan percobaan tersebut sebelumnya dan ada juga jawabannya kami ambil dari beberapa referensi lainnya.

Adik-adik dapat menggunakan jawaban yang telah kami sediakan dibahwa ini, atau adik-adik bisa mempertimbangkannya lagi, jikapun adik-adik rasa, jawabannya masih kurang atau belum sesuai dengan penjelasan yang guru sampaikan, maka silahkan saja diperbaiki dan sesuaikan seperti yang dijelaskan oleh guru adik-adik.

Dan kami ingatkan lagi, supaya adik-adik giat dalam belajarnya, manfaatkan alternatif jawaban yang kami bagikan pada blog ini sebagai bahan belajar mandiri di rumah dan persiapkan diri untuk kegiatan lainnya seperti ulangan harian dan ulangan semester.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 212

Dari manakah datangnya embun?

Untuk mengetahuinya, lakukan percobaan-percobaan berikut!

Kegiatan 1

Pergilah ke dapur saat ibumu memasak air. Bawalah piring yang cukup besar dan dekatkanlah pada lubang cerek yang sedang mengeluarkan uap air. Setelah beberapa saat, lihat apakah yang tampak pada piring tersebut? Hati-hatilah dengan semburan uap air ini karena panas.

Terdapat gumpalan-gumpalan kecil air yang melekat pada piring/ terdapat tetes-tetes embun yang melekat pada piring.

Kegiatan 2

Berkacalah di depan cermin. Bukalah mulutmu dekat-dekat dengan cermin itu dan kemudian keluarkan napas dengan kuat lewat mulut berkali-kali. Apakah yang tampak pada kaca? Usapkan jari tanganmu pada cermin. Apakah yang kamu rasakan?

Tampak kaca menjadi buram. Ketika diusap dengan tangan, maka cermin terasa basah.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 213

Kegiatan 3

Sediakan sebuah gelas kering. Masukkan sepotong es ke dalam gelas itu. Tunggu beberapa saat. Lihatlah bagian luar gelas! Apa yang kamu lihat?

Pada  bagian luar gelas terdapat embun-embun air yang menempel pada gelas.

Buatlah kesimpulan dari tiga percobaan yang telah kamu lakukan. Tulislah pada kolom berikut!

Pada ketiga percobaan terjadi peristiwa pengembunan. Uap air yang keluar dari cerek kemudian tertahan pada piring, karena piring lebih dingin, maka uap air kemudian berubah menjadi air. Pada percobaan kedua, napas kita yang berupa gas, akan berubah menjadi cair ketika menempel pada kaca, karena kaca bersuhu lebih rendah, sehingga berubah menjadi embun. Pada percobaan ketiga, Es batu yang mulai mencair, melepaskan gas ke udara, ketiga gas menempel pada gelas, maka berubah menjadi embun, karena suhu lebih rendah dari udara. Jadi Pengembunan/Kondensasi terjadi karena adanya perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat, seperti dari zat gas menjadi zat cair karena perbedaan kalor.

Kegiatan 4

Tahukah kamu bahwa hujan adalah peristiwa pengembunan besar-besaran yang terjadi di angkasa? Jelaskanlah hal ini dan gambarkan prosesnya dari awal!

Proses terjadinya:

Kunci Jawaban Halaman 212, 213 Tema 7 Kelas 5

Air (air laut, air danau, sungai, dan lainnya) menguap ke udara karena terkena panas matahari. Uap air yang terkumpul kemudian menjadi padat sehingga terbentuk awan, karena adanya angin maka uap air menjadi terkumpul/menyatu untuk membentuk awan yang lebih besar. Semakin banyak butiran awan yang terkumpul, maka awan akan berubah menjadi semakin gelap. Titik-titik air yang terkumpul di awan makin lama makin berat dan tidak terbendung lagi akan membuat butiran-butiran air tadi jatuh ke bumi sehingga terjadilah hujan.

Nah adik-adik, sekian ulasan kami terkait dengan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 212, 213 ini. Semoga dengan jawaban-jawaban diatas, adik-adik bisa segera menyelesaikan tugas-tugas sekolah dan mengumpulkan tugas tersebut kepada guru kelas untuk dikoreski. Dan kami berharap juga, semoga dengan jawaban diatas, adik-adik bisa meraih nilai terbaik pada tugas kali ini maupun tugas-tugas berikutnya.

Sangat penting bagi adik-adik untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus, karena baik nilai dari tugas harian, ulangan semester, tugas praktek, semua nilai akan dihitung pada akhir semester untuk dimasukan nilai akhirnya pada raport. Kami yakin jika adik-adik maksimal dalam mengerjakan tugas harian dan selalu giat dalam belajar, pasti adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Semester genap merupakan semester penentu bagi adik-adik semua, apakah pada semester ini adik-adik bisa naik ke kelas 6 atau malah sebaliknya. Untuk bisa naik kelas, salah satu syarat yang harus adik-adik penuhi ialah bisa lulus standar nilai atau KKM. Selain itu adik-adik juga harus berprilaku baik di sekolah. Namun kami yakin adik-adik bisa naik kelas dengan nilai yang bagus.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 212, 213 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik"