Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BENAR! Kunci Jawaban Halaman 32, 33, 35, 37, 41, 42, 43 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Kelas 5 halaman 32, 33, 35, 37, 41, 42, 43 subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan pembelajaran 3 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami buat dan sediakan sebagai alternatif jawaban untuk mempermudah adik-adik dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah yang saat ini adik-adik tengah sibuk mencari jawabannya. Kami berupaya untuk bisa memberikan jawaban terbaik kepada adik-adik dan para orang tua yang juga saat ini terlibat membantu anaknya mencari jawaban pada buku maupun di internet.

Kunci Jawaban Halaman 32, 33, 35, 37, 41, 42, 43 Tema 7 Kelas 5

Yang perlu adik-adik ketahui, bahwa kami disini tidak asal dalam membuat jawaban. Sebelumnya kami tentunya sudah membaca, mempelajari bahkan memahami materi dan soal-soal yang ada. Baru kemudian kami mencari jawaban yang tepat dan benar, baik dari buku, referensi lain dan pemahaman kami sendiri, untuk kemudian kami sajikan kepada adik-adik semua yang kami harap dapat membantu dan bermanfaat untuk adik-adik.

Jika adik-adik sebelumnya sudah pernah memanfaatkan jawaban yang kami sediakan pada blog ini, tentu adik-adik tahu jika kami sudah sering berbagi Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 yang juga jawabannya kami buat dengan maksimal, dan kami yakin bisa menjadi jawaban yang benar dan tepat. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 22, 23, 24, 25, 26, 28, 29 yang beberapa waktu yang lalu juga sudah kami posting, yang harus adik-adik lihat, karena jawaban tersebut merupakan jawaban untuk tugas pada kegiatan belajar sebelumnya.

Kami memahami kalau saat ini adik-adik sangat membutuhkan referensi jawaban untuk mengisi soal-soal yang ada pada buku pelajaran yang menjadi tugas adik-adik. Meskipun alternatif jawaban ini bisa membantu adik-adik, namun kami tetap menyarankan kepada adik-adik sekalian, agar sebelumnya dapat berusaha mencari sendiri jawabannya pada buku pelajaran. Hal ini kami sarankan, supaya adik-adik bisa belajar dan tidak terus bergantung pada alternatif jawaban seperti ini, yang kami takutnya dapat membuat adik-adik malas dalam belajar.

Kunci Jawaban Halaman 32, 33, 35, 37, 41, 42, 43 Tema 7 Kelas 5

Tugas-tugas sekolah sudah menjadi hal yang wajib dikerjakan oleh adik-adik sekalian selaku siswa di sekolah. Tugas-tugas yang ada pada buku pelajaran tak hanya soal-soal latihan saja, namun ada juga tugas jenis lainnya, seperti tugas diskusi berkelompok, tugas kesenian, senam, melakukan pengamatan, membuat laporan hasil percobaan dan lainnya.

Dari semua jenis tugas tersebut, kami disini tentunya sudah berusaha semaksimal mungkin menyediakan alternatif jawabannya yang kami harap dapat membantu adik-adik menjawab dan menyelesaikan tugas-tugas yang saat ini adik-adik kerjakan. Serta dengan jawaban ini semoga bisa mengantarkan adik-adik untuk bisa mendapatkan nilai terbaik.

Saat ini adik-adik sudah berada pada semester genap, dimana pada semester ini sangat menentukan sekali, apakah nantinya bisa naik ke kelas 6 atau malah akan tinggal kelas. Kami berharap jawaban ini bisa membantu adik-adik meningkatkan nilai tugas harian sehingga bisa membantu nilai akhir pada raport semester dan menjadi penyebab adik-adik naik kelas.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 32

Ayo Berlatih

Ayo, temukan kosakata baku dan kata serapan pada bacaan yang berjudul “Sistem Tanam Paksa Pemerintah Kolonial Belanda”. Kemudian, carilah arti katanya. Kamu dapat mencarinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada Guru, atau berdiskusi.

Perhatikan cara-cara menggunakan kamus berikut.

  1. Pilihlah sebuah kata dari daftar kosakata barumu, misalnya: pilar.
  2. Bukalah kamusmu. Carilah daftar kata-kata yang dimulai dengan huruf awal “p”. Ingat, setiap kata pada kamus selalu diurutkan berdasarkan urutan abjad.
  3. Dalam daftar kata yang berhuruf awal “p”, carilah daftar kata yang dimulai dengan “pi”.
  4. Carilah daftar kata yang dimulai dengan “pil”. Kata pilar akan kamu temukan di antara kata-kata itu. Selamat mencari.

Kunci Jawaban Halaman 32, 33, 35, 37, 41, 42, 43 Tema 7 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 33

Ayo Menulis

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut dengan menggunakan prinsip: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana!

Kunci Jawaban Halaman 32, 33, 35, 37, 41, 42, 43 Tema 7 Kelas 5

Penjelasan:

1. Apakah tanam paksa itu? 

Sistem yang memaksa rakyat menanam komoditas tertentu dengan peraturan tertentu.

2. Siapakah yang menerapkan tanam paksa itu?

Pemerintah kolonial Belanda.

3. Di manakah tanam paksa itu dilaksanakan?

Tanam paksa dilaksanakan di Pulau Jawa, Sumatra Barat, Minahasa, Lampung, dan Palembang

4. Bagaimana tanam paksa dilaksanakan?

Sistem tanam paksa dimulai sejak tahun 1847, ketika penduduk yang telah lama menanam kopi secara bebas dipaksa menanam kopi untuk diserahkan kepada pemerintah kolonial.

5. Apa akibat tanam paksa itu?

Akibat penyimpangan pelaksanaan tanam paksa antara lain: banyak tanah yang terbengkalai sehingga panen gagal; rakyat makin menderita; wabah penyakit merajalela; bahaya kelaparan di Cirebon yang memaksa rakyat mengungsi ke daerah lain untuk menyelamatkan diri; kelaparan hebat di Grobogan sehingga banyak terjadi kematian dan menyebabkan jumlah penduduk menurun tajam.

6. Siapakah penentang tanam paksa itu?

Penentang tanam paksa: rakyat Indonesia dan Douwes Dekker

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 35

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, isilah kolom-kolom berikut sesuai dengan informasi yang kamu dapatkan dari bacaan!

1. Alasan Ternate melakukan perlawanan:

Ternate mengadakan perlawanan karena Portugis serakah, ikut campur dalam pemerintahan, membenci agama rakyat Ternate, dan bersikap sewenang-wenang.

2. Pemimpin rakyat Aceh dan Ternate melakukan perlawanan:

a. Aceh:

  1. Sultan Ali Mughayat Syah (1514–1528)
  2. Sultan Alaudin Riayat Syah (1537–1568)
  3. Sultan Iskandar Muda (1607–1636)

b. Ternate: Sultan Hairun dan Sultan Baabullah

3. Hasil perlawanan:

a. Aceh

  1. Berhasil membebaskan Aceh dari upaya penguasaan bangsa Portugis.
  2. Mengusir Portugis yang bersekutu dengan Johor.

b. Ternate

Benteng Portugis dapat direbut, kemudian Portugis menyingkir ke Hitu. Akhirnya, Portugis menguasai dan menetap di Timor Timur.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 37

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelas menjadi 7 kelompok sesuai dengan jumlah tokoh pada peta tematik di atas. Bagilah satu tokoh kepada satu kelompok (bisa dengan diundi).

Setiap kelompok mencari informasi tentang perjuangan para tokoh sesuai dengan bagiannya masing-masing. Carilah dari buku-buku yang ada di perpustakaan, media elektronik, guru, atau sumber lain.

Tuliskan sebanyak mungkin informasi yang telah kamu peroleh di bawah ini. Diskusikan hasilnya dengan temanmu!

Agar informasi kalian tentang perlawanan para pahlawan di berbagai daerah lengkap, pada akhir kegiatan, setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.

Kunci Jawaban Halaman 32, 33, 35, 37, 41, 42, 43 Tema 7 Kelas 5

Alternatif Jawaban:

1. Sultan Hasanudin

Nama Tokoh: Sultan Hasanuddin

Asal Daerah: Makasar (Sulawesi Selatan)

Alasan Melakukan Perlawanan:

Kompeni Belanda mau memonopoli perdagangan rempah dari maluku

Bentuk-Bentuk Perlawanan:

  1. Perang dua hari dengan pasukan Belanda pada April 1655 di Buton yang dipimpin langsung oleh Sultan Hasanuddin. Benteng pertahanan Kompeni Belanda di Buton berhasil direbut
  2. Pada tahun 1666, Belanda dibawah kepemimpinan Laksamana Cornelis Speelman berusaha menguasai kerajaan Gowa, namun belum berhasil karena mendapat perlawanan dari pasukan Sultan Hasanudin.

Hasil Perlawanan:

Sultan Hasanuddin berhasil menggabungkan kekuatan kerajaan kecil di bagian timur Indonesia untuk melawan Belanda. Namun akhirnya Belanda berhasil menaklukan Kesultanan Gowa di Makassar pada tahun 1669, setelah mendapat bantuan dari raja Bone, Arung Palakka. Akibat kekalahan ini, Sultan Hasanuddin harus menandatangani Perjanjian Bungaya.  

2. Pangeran Antasari

Nama Tokoh: Pangeran Antasari

Asal Daerah: Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Alasan Melakukan Perlawanan:

Rakyat Banjar tidak suka dan tidak setuju dengan merajalelanya dalam menguasai perkebunan dan pertambangan yang ada di Kalimantan Selatan serta terlalu ikut campurnya pihak Belanda terhadap urusan kesultanan.

Bentuk-Bentuk Perlawanan:

  1. Perang Banjar pecah saat Pangeran Antasari dengan 300 prajuritnya menyerang tambang batu bara milik Belanda di Pengaron tanggal 25 April 1859.
  2. Pangeran Antasari menyerang pos-pos Belanda di Martapura, Hulu Sungai, Riam Kanan, Tanah Laut, Tabalong, sepanjang sungai Barito sampai ke Puruk Cahu.

Hasil Perlawanan:

Perlawanan rakyat Banjar terus berkobar. Walaupun akhirnya Belanda dapat menangkap beberapa pemimpin pasukan Pangeran Antasari yang bermarkas di gua-gua, yaitu Kiai Demang Leman dan Tumanggung Aria Pati.

3. Patimura

Nama Tokoh: Patimura

Asal Daerah: Maluku

Alasan Melakukan Perlawanan:

Kembalinya Belanda ke tanah Maluku mmbuat rakyat maluku kemudian bangkit dan melakukan perlawanan karena diberlakukannya kembali kerja paksa yang sudah hilang, penindasan oleh VOC dan pengerahan rakyat untuk dijadikan pasukan belanda.

Bentuk-Bentuk Perlawanan:

  1. Perlawanan rakyat Maluku diawali dengan membakar perahu Pos di Porto (pelabuhan) pada 15 Mei 1817 dan mengepung Benteng Duurstede.
  2. Dalam perjuangan menentang Belanda ia juga menggalang persatuan dengan kerajaan Ternate dan Tidore, raja-raja di Bali, Sulawesi dan Jawa. 
  3. Pejuang Maluku kemudian melanjutkan perjuangan dengan sistem gerilya.

Hasil Perlawanan:

Pertempuran yang menghancurkan pasukan Belanda tercatat seperti perebutan benteng Belanda Duurstede, pertempuran di pantai Waisisil dan jasirah Hatawano, Ouw- Ullath, Jasirah Hitu di Pulau Ambon dan Seram Selatan. Walaupun akhirnya, Pattimura dan pemimpin-peminpin lainnya dapat ditangkap Belanda, dan pada 16 Desember 1817 Pattimura dihukum gantung di Kota Ambon.

4. Sisingamangaraja

Nama Tokoh: Sisingamangaraja

Asal Daerah: Sumatera Utara

Alasan Melakukan Perlawanan:

Adanya siasat Belanda dengan menggunakan gerakan Zending untuk menguasai daerah Batak serta kemarahan Sisingamangaraja atas penempatan pasukan Belanda di Tarutung dan hampir seluruh Sumatera sudah dikuasai Belanda

Bentuk-Bentuk Perlawanan:

  1. Singamangaraja XII terus melakukan perlawanan secara gerilya serta berhasil melakukan konsolidasi pasukannya.
  2. Kemudian bersama pasukan bantuan dari Aceh, secara ofensif menyerang kedudukan Belanda antaranya Uluan dan Balige pada Mei 1883 serta Tangga Batu pada tahun 1884.

Hasil Perlawanan:

Kegigihan perjuangan Sisingamangaraja XII ini telah menginspirasikan masyarakat Indonesia untuk terus melawan penjajahan.

5. Sultang Ageng Tirtayasa

Nama Tokoh: Sultan Ageng Tirtayasa

Asal Daerah: Banten

Alasan Melakukan Perlawanan:

Kedatangan Belanda ke Banten awalnya hanya untuk melakukan perdagangan. Namun, dengan potensi alam yang dimiliki oleh Banten VOC hendak menguasai Banten.

Bentuk-Bentuk Perlawanan:

  1. Sultan Ageng Tirtayasa memimpin banyak perlawanan terhadap Belanda.
  2. Pasukan Banten yang dipimpin Sultan Ageng yang menyerang Belanda di Batavia.

Hasil Perlawanan:

Kegigihan perjuangan Sultan Ageng Tirtayasa telah menginspirasikan masyarakat Indonesia untuk terus melawan penjajahan.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 41

Ayo Berlatih

Ayo, ceritakan kepada Guru dan teman-temanmu.

  1. Siapakah kamu?
  2. Termasuk ras apakah kamu?
  3. Termasuk suku apakah kamu?
  4. Apa bahasa daerahmu?
  5. Sebutkan satu kesenian yang menjadi ciri khas suku bangsamu

Kunci Jawaban Halaman 32, 33, 35, 37, 41, 42, 43 Tema 7 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 42

Suku bangsa yang ada di Indonesia tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Bersama teman semeja, sebutkan daerah-daerah persebaran suku-suku tersebut dengan mengisi Peta Tematik berikut.

Kunci Jawaban Halaman 32, 33, 35, 37, 41, 42, 43 Tema 7 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 43

Ayo Renungkan

Syukur adalah ucapan yang tepat atas keberagaman sosial budaya bangsa kita. Melestarikan adalah tindakan yang tepat ketika menyaksikan kebudayaankebudayaandari berbagai suku bangsa di Indonesia. Adapun kerukunanmerupakan cita-cita yang harus diwujudkan ketika melihat berbagai perbedaansuku bangsa yang ada di Indonesia.

Dalam sikap saling menghargai keberagaman sosial budaya, kita dilarang membeda-bedakan. Kita dilarang menganggap bahwa suku bangsa kita sendiri lebih tinggi dibandingkan dengan suku bangsa lain. Kita juga dilarang merendahkan budaya dari suku bangsa lain.

Pada dasarnya, kebudayaan daerah menyumbang bagi kekayaan budaya nasional. Akan lebih membanggakan lagi jika kita tidak hanya mengenal budaya dari suku bangsa lain, tetapi juga mengerti maknanya dan turut melestarikannya.

Kemukakan sikap dan perilakumu yang telah menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan ras dan suku bangsa!

Contoh sikap dan perilaku yang telah menunjukan sikap saling menghargai perbedaan ras dan suku bangsa adalah :

  1. Menghormati dan menghargai keberagaman ras dan suku bangsa di sekitar kita.
  2. Berteman dengan siapa saja tanpa memandang latar belakang ras dan sukunya.
  3. Menjunjung tinggi sikap toleransi dan tenggang rasa.
  4. Tidak melakukan diskriminasi terhadap orang lain berdasarkan ras atau sukunya.
  5. Membantu orang lain yang sedang dalam kesulitan tanpa memandang ras atau sukunya.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan kembali di hadapan orang tua dan anggota keluarga yang lain mengenai identitas ras dan suku bangsamu! Mintalah tanggapan kepada mereka!

Untuk kegiatan ini, silahkan adik-adik lakukan sesuai petunjuk yang ada!

Nah itulah ulasan yang bisa kami sampaikan kepada adik-adik terkait dengan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 32, 33, 35, 37, 41, 42, 43 ini. Seperti yang adik-adik ketahui dan sering juga kami sampaikan pada setiap postingan kami, bahwa memang kami disini berupaya menyediakan jawaban-jawaban terbaik untuk adik-adik yang dengan jawaban ini kami berharap dapat membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Bukan hanya menyelesaikan tugas sekolah saja tentunya, namun yang lebih penting lagi semoga dengan jawaban ini adik-adik bisa mendapatkan nilai terbaik, yang mana nilai ini tentu akan sangat berpengaruh dan membantu dalam meningkatkan nilai akhir di raport semester nantinya. Dan semoga saja adik-adik bisa juara kelas pada semester ini.

Adik-adikpun tahu kalau  sekarang ini sudah memasuki semester genap, sangat penting sekali adik-adik bisa meraih nilai-nilai terbaik dari semua kegiatan yang diadakan sekolah dan guru kelas, baik tugas-tugas seperti ini, ulangan harian, dan ujian akhir semester. Karena nilai merupakan salah satu syarat untuk bisa naik kelas, jika adik-adik bisa tuntas dalam nilai maka sudah pasti adik-adik bisa naik kelas.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Posting Komentar untuk "BENAR! Kunci Jawaban Halaman 32, 33, 35, 37, 41, 42, 43 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik"