Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LENGKAP! Kunci Jawaban Halaman 46, 47, 48, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Kelas 5 halaman 46, 47, 48, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan pembelajaran 4 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami sediakan ini dapat adik-adik manfaatkan sebagai jawaban untuk mengisi soal-soal yang sedang adik-adik kerjakan dan dengan jawaban ini adik-adik dapat segera menyelesaikan tugas tersebut. Kami tahu kalau jawaban ini tak hanya dicari oleh siswa saja, bahkan para orang tuapun tak sedikit yang mencari jawaban ini untuk membantu anaknya mengerjakan dan menyelesaikan tugas sekolah.

Kunci Jawaban Halaman 46, 47, 48, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 Tema 7 Kelas 5

Kami tahu kalau alternatif jawaban menjadi hal yang penting untuk adik-adik dan para orang tua saat ini. Dan kamipun juga selalu berusuha semaksimal mungkin menyediakan jawaban-jawaban terbaik yang nantinya bisa adik-adik manfaatkan sebagai jawaban untuk menyelesaikan semua tugas yang ada. Kami membuat jawaban ini berdasarkan pemahaman kami terkait materi yang ada pada buku pelajaran dan ada sebagian jawaban juga kami ambil dari beberapa referensi lainnya. Dan kami cukup yakin jika jawaban ini bisa menjadi penyebab adik-adik mendapatkan nilai terbaik.

Sebelumnya kami juga sudah berbagi Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5, yang mungkin juga sudah pernah adik-adik lihat dan manfaatkan jawabannya untuk menyelesaikan tugas yang ada. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 32, 33, 35, 37, 41, 42, 43 yang beberapa waktu yang lalu, sudah kami sediakan pada blog ini dan adik-adik wajib melihatnya karena jawaban tersebut merupakan jawaban untuk tugas pada kegiatan belajar sebelum ini. Dan kami harap semua jawaban ini bisa mengantarkan adik-adik untuk bisa meraih nilai terbaik.

Kami selalu menyarankan adik-adik, agar sebelum memanfaatkan atau menggunakan jawaban yang kami sediakan ini, alangkan baiknya adik-adik terlebih dahulu bisa berusaha mencari jawabannya pada buku pelajaran, adik-adik bisa membaca materi sekalian belajar dan memahami materi. Baru kemudian jika memang tidak menemukan jawaban, adik-adik dapat memanfaatkan jawaban yang kami sediakan ini. Dengan begitu adik-adik tidak selalu bergantung dengan jawaban yang kami buat ini.

Kunci Jawaban Halaman 46, 47, 48, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 Tema 7 Kelas 5

Tugas merupakan hal yang tak bisa dipisahkan dari materi pelajaran yang ada pada buku siswa. Setiap kali guru menyampaikan materi tentu akan diakhiri dengan penugasan, baik itu tugasnya dikerjakan di sekolah ataupun menjadi PR atau pekerjaan rumah bagi siswa-siswanya. Dan sudah menjadi tanggung jawab adik-adik untuk bisa menyelesaikan tugas tersebut.

Dari tugas-tugas inilah adik-adik bisa mendapatkan nilai tugas harian. Semua tugas yang dikerjakan untuk semester ini akan dicatat pada buku nilai guru, yang kemudian biasanya pada akhir semester semua nilai ini akan dihitung dan dimasukan pada raport semester.

Maka dari itu sangat penting bagi adik-adik untuk bisa mendapatkan nilai terbaik. Apalagi saat ini sudah memasuki semester genap, nilai-nilai menjadi salah satu hal penentu untuk bisa naik kelas. Dan tak hanya nilai tugas harian saja, adik-adik juga harus meraih nilai terbaik dari kegiatan lainnya, seperti ulangan harian, dan ulangan semester.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 46

Ayo Berdiskusi

Buatlah kelompok diskusi terdiri atas 4-5 orang. Bersama kelompokmu, identifikasilah empat faktor penyebab kegagalan perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah. Jelaskan mengapa faktor tersebut menyebabkan kegagalan perjuangan. Sajikan hasil identifikasi dan diskusi kalian dalam bentuk peta pikiran seperti berikut.

Kunci Jawaban Halaman 46, 47, 48, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 Tema 7 Kelas 5

Alternatif Jawaban:

Empat faktor penyebab kegagalan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah dan alasannya.

  • Faktor 1: Kurangnya persatuan dan kesatuan, alasannya karena perjuangan yg dilakukan masih secara terpisah pisah.
  • Faktor 2: Lemahnya persenjataan, alasannya karena senjata yg digunakan masih sebatas bambu runcing.
  • Faktor 3: Kurangnya rasa nasionalisme, alasannya karena belum ada rasa persatuan negara.
  • Faktor 4: Perjuangan yg bersifat kedaerahan, alasannya karena rakyat indinesia masih memikirkan kepentingan daerah masing masing.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 47

Ayo Menulis

Carilah informasi dari berbagai sumber bacaan seperti buku, koran, majalah atau internet yang menjelaskan perjuangan dr. Sutomo.

  1. Tuliskan secara singkat tentang perjuangan dr. Sutomo dalam menghadapi penjajah.
  2. Presentasikan hasil tulisanmu di depan kelas.
  3. Isilah dan gunakan bagan di bawah ini untuk membantu presentasimu.

Kunci Jawaban Halaman 46, 47, 48, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 Tema 7 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 48

Ayo Berdiskusi

Pada bacaan di atas, disebutkan salah satu faktor munculnya rasa kebangsaan di Indonesia. Sekarang, diskusikan bersama kelompokmu mengenai faktorfaktor lain yang memicu munculnya rasa kebangsaan Indonesia. Sebagai bahan diskusi, kamu dapat mencari referensi dari buku atau artikel.

Tuliskan hasilnya pada kolom berikut!

Kunci Jawaban Halaman 46, 47, 48, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 Tema 7 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 50

Ayo Berdiskusi

Bersama kelompokmu, diskusikan pengaruh dan keberlanjutan keadaan masyarakat Indonesia pada masa munculnya rasa kebangsaan pada masa sekarang!

Pengaruh perkembangan dan keadaan masa munculnya rasa kebangsaan pada masa sekarang di bidang pendidikan?

Karena adanya politik etis dari Belanda, muncul banyak kaum terpelajar dari bangsa Indonesia. Para kaum terpelajar ini menjadi pelopor kesadaran rasa kebangsaan, senasib sepenanggungan. Rasa kebangsaan ini disadari para kaum terpelajar sehingga memacu mereka untuk lebih menggiatkan kegiatan dibidang pendidikan, sehingga makin banyak rakyat Indonesia yang memperoleh pendidikan dan semakin tinggi semangat nasionalismenya, hingga tercapainya kemerdekaan. Karena sadar pentingnya pendidikan, maka bangsa Indonesia hingga kini terus meningkatkan taraf pendidikan rakyat Indonesia.

Pengaruh perkembangan dan keadaan masa munculnya rasa kebangsaan terhadap kehidupan masa kemerdekaan hingga sekarang di bidang ekonomi?

Rasa kebangsaan timbul salah satu sebabnya adalah adanya kesenjangan ekonomi antara rakyat Indonesia dengan penjajah, serta tidak adanya kedaulatan ekonomi yang menyebabkan kesengsaraan rakyat Indonesia. Oleh karena itu dengan munculnya rasa kebangsaan, ada tuntutan di hati rakyat Indonesia untuk berdaulat secara ekonomi, keinginan untuk meningkatkan taraf hidup rakyat Indonesia yang bebas dari kemiskinan dan kesengsaraan, yang pada akhirnya hingga kini terbentuk masyarakat yang terus bergerak menuju kebebasan dari kesulitan ekonomi

Pengaruh perkembangan dan keadaan masa munculnya rasa kebangsaan terhadap kehidupan masa kemerdekaan hingga sekarang di bidang politik?

Dengan munculnya rasa kebangsaan, ada tuntutan untuk kebebasan mengeluarkan pendapat, kebebasan dalam memakai paham-paham baru, seperti nasionalisme, liberalisme, demokrasi, sosialisme. Dengan mencapai kemerdekaan, maka kini ada jaminan dalam undang-undang untuk mendapat kebebasan berserikat, berkumpul, mengeluarkan pikiran, menentukan pilihan politik dan lain-lain

Pengaruh perkembangan dan keadaan masa munculnya rasa kebangsaan terhadap kehidupan masa kemerdekaan hingga sekarang di bidang sosial dan budaya?

Rasa kebangsaan menimbulkan rasa cinta tanah air, cinta terhadap hal-hal berciri bangsa sendiri, seperti seni budaya bangsa Indonesia, dan menolak/menyaring budaya bangsa penjajah. Dari Indonesia merdeka sampai sekarang, bangsa Indonesia terus menerus melestarikan dan menggali seni budaya bangsa sendiri untuk makin memperkuat kepribadian bangsa Indonesia

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 52

Ayo Berlatih

Ayo, temukan kosakata baku dan tidak baku pada bacaan berjudul “Peristiwa Sumpah Pemuda 1928”. Kemudian, carilah arti katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada Guru, atau berdiskusi.

Kunci Jawaban Halaman 46, 47, 48, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 Tema 7 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 53

Ayo Menulis

Kunci Jawaban Halaman 46, 47, 48, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 Tema 7 Kelas 5

Penjelasan:

  1. Kapan Kongres Pemuda dilaksanakan? 28 Oktober tahun 1928
  2. Di manakah Kongres Pemuda dilaksanakan? Kongres Pemuda Indonesia II berlangsung di Jakarta pada tanggal 27 – 28 Oktober. Pusat penyelenggaraan kongres tersebut di Gedung Indonesische Club di Jl. Kramat Raya 106.
  3. Siapakah peserta Kongres Pemuda? Para pemuda dari berbagai daerah di Indonesia yang tergabung dalam organisasi politik, agama, budaya, dan lain-lain.
  4. Apakah hasil Kongres Pemuda I? Kongres Pemuda I Indonesia 1 persiapan Kongres Pemuda Indonesia II.
  5. Apa hasil Kongres Pemuda II?
  6. Menerima Lagu Indonesia Raya ciptaan WR. Supratman sebagai Lagu Kebangsaan Indonesia. Menerima sang “Merah Putih” sebagai Bendera Indonesia. Semua organisasi pemuda dilebur menjadi satu dengan nama Indonesia Muda. Diikrarkannya “Sumpah Pemuda
  7. Apa isi ikrar Sumpah Pemuda? Kami putra dan putri Indonesia, mengakui bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengakui berbangsa satu, bangsa Indonesia.
  8. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 54

Ayo Berdiskusi

Sejak J.R. Logan menggunakan kata “Indonesia” untuk menyebut penduduk dan kepulauan Nusantara (1850), istilah “Indonesia” mulai dikenal. Bahkan, beberapa tokoh banyak menulis artikel tentang keberadaan Nusantara dengan istilah “Indonesia”, dan tidak lagi dengan Istilah “Hindia–Belanda”.

Dalam perkembangan selanjutnya, istilah “Indonesia” dijadikan sebagai nama organisasi para mahasiswa Indonesia di negeri Belanda, yaitu Perhimpunan Indonesia (Indonesische Vereeniging). Istilah “Indonesia” makin popular setelah ditetapkannya Ikrar Sumpah Pemuda.

Sekarang, diskusikan bersama temanmu arti penting penggunaan istilah “Indonesia” bagi perjuangan bangsa Indonesia. Adakah hubungannya dengan proses pergerakan bangsa Indonesia?

Penggunaan kata atau istilah Indonesia menjadi sangat penting di dalam pergerakan dan perjuangan bangsa Indonesia menghadapi kaum penjajah dalam upaya mencapai kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia. Kata Indonesia telah dijadikan identitas nasional yang dapat mempersatukan seluruh pergerakan bangsa di dalam menentang kekuasaan pemerintah kolonial Belanda di wilayah Indonesia. Kata Indonesia juga telah menjadi perekat dan lambang perjuangan bangsa Indonesia.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 55

Ayo Mencoba

Nama teman: Dayu

Kunci Jawaban Halaman 46, 47, 48, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 Tema 7 Kelas 5

Ayo Berlatih

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah menceritakan asal ras dan suku bangsamu. Sekarang, ceritakan identitas suku bangsa salah satu temanmu. Ayo, ceritakan kepada Guru dan teman-temanmu.

  • Siapakah nama temanmu?
  • Termasuk ras apakah temanmu?
  • Termasuk suku apakah temanmu?
  • Apa bahasa daerahnya?
  • Sebutkan satu kesenian yang menjadi ciri khas suku bangsanya.
  • Bagaimana sikapmu jika kamu dan temanmu berasal dari suku bangsa berbeda?

Kunci Jawaban Halaman 46, 47, 48, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 Tema 7 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 56

Ayo Berkreasi

Lakukan wawancara untuk mengetahui keragaman yang ada di lingkungan tempat tinggalmu. Lakukan wawancara untuk memperoleh data tentang suku bangsa yang ada di lingkungan sekitarmu (misalnya satu RT).

Sebelum melakukan wawancara, lakukan persiapan-persiapan seperti berikut.

1. Menentukan narasumber

Narasumber:

  1. Sukarto (Orang Tua)
  2. Samsul Bahri (Ketua RT)
  3. Pak Samsul Bahri
  4. Pak Victor Hutabarat
  5. Pak Nyoman Sukarja
  6. Ibu Euis Sukaesih
  7. Agus Susanto
  8. Siti Badriah
  9. Haryanto
  10. Galih Bayu Pramudya

2. Menyusun daftar pertanyaan

Daftar Pertanyaan:

  1. Siapakah nama bapak/ibu/saudara?
  2. Darimana asal bapak/ibu/saudara?
  3. Apa suku bangsa Bapak/Ibu/saudara?
  4. Apa bahasa daerah yang digunakan?
  5. Apa kesenian daerah yang terkenal?
  6. Apa ciri khas suku bapak/ibu/saudara?
  7. Apa sistem kekerabatan yang digunakan?
  8. Apa upacara adat yang sering dilakukan?
  9. Bagaimana adat pernikahan di daerah bapak/ibu/saudara?
  10. Apa nama makanan khas daerah bapak/ibu/saudara?

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 57

Kamu telah membuat daftar narasumber dan daftar pertanyaan untuk mendapatkan data tentang suku bangsa di lingkungan sekitarmu. Berdasarkan daftar tersebut, lakukanlah wawancara.

Kamu dapat melakukan sendiri atau berkelompok dengan 3-4 temanmu. Tuliskan hasil wawancaramu dalam bentuk berikut.

Laporan Hasil Wawancara

Tanggal Wawancara: 31 Januari 2020

Data Hasil Wawancara

Kunci Jawaban Halaman 46, 47, 48, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 Tema 7 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 58

Ayo Renungkan

Dengan mempelajari pergerakan kebangsaan Indonesia, kita makin tahu sejarah perjalanan perjuangan bangsa Indonesia …(dan seterusnya)

Salah satu pelajaran yang dapat kita petik adalah hasil pemikiran pemuda yang tercetus dalam Ikrar Sumpah Pemuda … (dan seterusnya)

Bagaimanakah dengan pemuda saat ini?

Bagaimana juga denganmu?Apakah kamu sudah mampu menerapkan nilai-nilai Sumpah Pemuda? Jika sudah, kembangkan dan tingkatkanlah terus. Jika belum, mulailah dari sekarang dengan membina persatuan di sekolah dan masyarakat sekitar.

Kemukakan sikap dan perilakumu yang telah menunjukkan pengamalan nilainilai Sumpah Pemuda!

Alternatif Jawaban:

Menurut pendapat saya sendiri, pemuda saat ini kurang mengenal sejarah, sedikit membaca tentang sejarah. Dan untuk saya sendiri, dalam penerapan nilai-nilai sumpah Pemuda, saya mulai belajar menerapkan nilai-nilai tersebut, dan perlahan mulai mengenal sejarah Indonesia.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tua atau anggota keluargamu yang lain, amatilah kegiatan sehari-hari anggota keluargamu. Identifikasi dan sebutkan kegiatan-kegiatan yang menunjukkan adanya penerapan nilai-nilai Sumpah Pemuda!

Tuliskan hasilnya pada kolom berikut, lalu mintalah tanda tangan orang tua atau anggota keluargamu yang lain yang telah bekerja sama denganmu!

Beberapa kegiatan yang menunjakan adanya penerapan nilai Sumpah Pemuda dalam keluarga saya yaitu:

  • Bersatu tanpa membeda-bedakan agama, ras, suku, dan budaya.
  • Saling tolong menolong antar sesama manusia
  • Menanamkan rasa toleransi antar sesama manusia.
  • Berbicara menggunakan Bahasa Indonesia.

Sekian postingan kami untuk Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 46, 47, 48, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 ini. Seperti yang selalu kami sampaikan pada setiap artikel kami, bahwa kami terus berupaya menyediakan jawaban terbaik yang kami buat berdasarkan pemahaman kami terkait materi dan soal-soal yang ada. Maka dengan memanfaatkan jawaban ini, kami cukup yakin nilai yang kelak adik-adik peroleh bisa maksimal.

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini sudah memasuki semester genap, dan nilai-nilai yang adik-adik peroleh akan sangat mempengaruhi sekali pada nilai akhir di raport semester dan menjadi hal penentu juga, apakah nanti adik-adik bisa tuntas dan bisa naik kelas. Untuk itu selain mengerjakan tugas-tugas harian seperti ini, kami juga mengajak adik-adik untuk selalu giat dalam belajarnya.

Karena selalin tugas-tugas seperti ini, adik-adik juga harus memaksimalkan nilai yang diperoleh dari kegiatan lainnya seperti ulangan harian, dan ulangan semester. Dengan adik-adik sering belajar dan mengulang kembali materi pelajaran yang sudah pernah dipelajari sebelumnya, maka kami cukup yakin jika nantinya adik-adik bisa menyelesaikan soal-soal ulangan dengan mudah.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Posting Komentar untuk "LENGKAP! Kunci Jawaban Halaman 46, 47, 48, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik"