Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TERBARU! Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 64, 66, 67, 68, 69 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Kelas 5 halaman 60, 61, 64, 66, 67, 68, 69 subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan pembelajaran 5 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami buat dan sediakan pada postingan ini bisa adik-adik jadikan sebagai alternatif jawaban untuk menyelesaikan tugas sekolah yang sedang adik-adik kerjakan saat ini. Kami menyadari kalau saat ini adik-adik sedang memerlukan alternatif jawaban seperti ini untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 64, 66, 67, 68, 69 Tema 7 Kelas 5

Melihat hal tersebut, kami tentunya selalu berupaya dalam menyediakan apa yang saat ini sedang dibutuhkan adik-adik. Jawaban-jawaban yang kami buat ini merupakan jawaban yang tepat dan benar menurut kami, karena dasar dari kami membuat jawaban ini ialah dengan terlebih dahulu mempelajari materi dan soal-soal pada buku pelajaran. Setelah mempelajari dan memahami, baru kemudian kami mencari jawaban yang tepat dan benar, baik itu dari buku pelajaran maupun dari referensi lainnya.

Pada postingan kami yang lalu, kamipun sudah pernah membagikan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 yang bisa adik-adik cari pada blog ini dan manfaatkan jika memang masih dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas yang masih ada. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 46, 47, 48, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58 yang juga sudah kami sediakan pada blog ini, adik-adik harus melihatnya dan memanfaatkan jawaban tersebut, karena merupakan jawaban untuk tugas pada kegiatan belajar sebelum ini.

Tentunya kami tahu jika alternatif jawaban ini akan sangat membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah. Adik-adik tak perlu bersusah payah membaca mencari jawaban, karena sudah kami sediakan. Akan tetapi meskipun begitu, kami selalu menyarankan kepada adik-adik agar dapat berusaha sendiri dalam mencari jawabannya pada buku siswa, sebelum adik-adik memanfaatkan jawaban yang kami sediakan ini. Hal tersebut kami maksudkan, agar adik-adik bisa sambil belajar dan memahami materi pelajaran dan tidak selalu berharap pada alternatif jawaban.

Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 64, 66, 67, 68, 69 Tema 7 Kelas 5

Saat ini adik-adik sedang mengerjakan tugas pada kegiatan belajar 5 di buku siswa tema 7 kelas 4 subtema 1. Dan pada tugas kali inipun sama seperti tugas sebelumnya, adik-adik akan mengerjakan beberapa tugas, mulai dari soal-soal latihan, tugas diskusi, tugas di rumah bersama orang tua. Dan seperti biasanya, kami juga sudah menyediakan jawaban terbaik buat adik-adik, yang nantinya bisa dimanfaatkan sebagai alternatif jawaban untuk menyelesaikan tugas yang ada.

Bisa mendapatkan nilai yang bagus merupakan hal yang harus adik-adik perjuangkan saat ini. Tak hanya dari tugas harian saja, namun dari kegiatan lainnya juga harus adik-adik raih nilai terbaik, misalnya pada ulangan harian, ulangan semester. Karena nilai pada saat ini sangat membantu dan menentukan sekali buat adik-adik.

Dari nilai-nilai yang diperoleh inilah kelak akan membantu meningkatkan nilai akhir raport semester adik-adik. Jika nilai-nilai adik-adik bagus, maka besar kemungkinan adik-adik akan naik kelas, namun sebaliknya, jika adik-adik selalu mendapatkan nilai yang jelak, baik dari tugas harian, ualngan semester, ulangan harian, serta nilai sikappun jelek, maka tak menutup kemungkinan adik-adik bisa tinggal kelas.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 60

Ayo Berdiskusi

Diskusikan dengan teman sebangkumu teks di atas. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut pada bagan di bawah ini.

Ulasan Teks

Judul teks: Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Bagian yang paling menarik:

Sejak peristiwa Sumpah Pemuda 1928, dunia dikejutkan oleh kemampuan dan kebulatan tekad bangsa Indonesia untuk bersatu padu dalam sebuah ikatan kebangsaan.

Informasi penting:

  1. Pada tanggal 28 Oktober 1928 terbentuk tekad untuk bersatu dalam ikrar Sumpah Pemuda.
  2. Sejak peristiwa Sumpah Pemuda 1928 timbul kebulatan tekad bangsa Indonesia untuk bersatu padu dalam sebuah ikatan kebangsaan.
  3. Peristiwa Sumpah Pemuda 1928 berpengaruh sangat besar bagi organisasi pergerakan.
  4. Peristiwa Sumpah Pemuda menegaskan rasa senasib sepenanggungan sebagai satu bangsa.

Pendapat saya tentang teks ini:

Saya sangat setuju bahwa Sumpah Pemuda memberikan dampak yang sangat besar bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam melepaskan diri dari penjajahan bangsa asing.

Saya menyarankan/tidak menyarankan teks ini karena:

Saya menyarankan teks ini karena berisi informasi yang sangat penting tentang pengaruh Sumpah Pemuda terhadap perjuangan bangsa Indonesia.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 61

Ayo Menulis

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut!

Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 64, 66, 67, 68, 69 Tema 7 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 64

Ayo Menulis

Setelah bernyanyi, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

Apa yang kamu rasakan saat menyanyikan lagu “Indonesia Raya”? Jelaskan!

Terharu karena perjuangan para pahlawan yang tanpa henti berjuang untuk negara indonesia agar sehingga negara kita tidak lagi dikuasai oleh negara lain

Bagaimanakah nada dan tempo lagu “Indonesia Raya”? Jelaskan!

Lagu Kebangsaan Indonesia raya dinyanyikan dengan nada Do = G dengan birama 4/4. Con Bravura artinya adalah, lagu tersebut dibawakan dengan semangat bergelora

Apakah lirik lagu “Indonesia Raya” mencerminkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan? Jelaskan!

Indonesia Raya dan Sumpah Pemuda, yang waktu itu didukung pula oleh golongan Tionghoa dan Arab, membawa persatuan Indonesia. Indonesia yang subur, makmur, tentram, dan damai

Jelaskan isi lagu tersebut dengan kata-katamu sendiri. Tuliskan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Perhatikan penggunaan kata-kata baku. Perhatikan pula penggunaan tanda baca yang benar. Tuliskan dalam kotak berikut.

Stanza 1 terdapat kalimat Marilah Kita Berseru Indonesia Bersatu. Dalam kalimat ini terdapat makna penyemangat dan seruan bagi Indonesia yang saat itu belum merdeka. Pada stanza ke-2 terdapat kalimat Marilah Kita Mendoa, Indonesia Bahagia. Makna yang mendalam terkandung di dalam lirik di atas, dimana bermakna landasan spiritual dengan selalu mendoakan Indonesia yang bahagia. Stanza 3 (tiga) terdapat sumpah dan amanat agraria yang diselipkan di dalam lirik Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Sumpah setia terucap dalam lirik Marilah Kita Berjanji, Indonesia Abadi.; Sedangkan amanat agrarian terdapat dalam lirik yang berbunyi Slamatlah Rakyatnya, Slamatlah Putranya, Pulaunya, Lautnya, Semuanya.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 66-67

Ayo Berdiskusi

Peristiwa perubahan wujud benda dapat dijelaskan dengan menggunakan diagram berikut ini. Perhatikanlah diagram tersebut dengan saksama! Bersama dengan teman sekelompokmu, diskusikanlah soal-soal berikut.

1. Jelaskan bagan perubahan wujud benda di atas dengan lengkap berdasarkan pengamatanmu sebelumnya dan bacaan yang kamu miliki

Mencair merupakan peristiwa perubahan wujud zat dari padat menjadi cair sedangkan membeku adalah peristiwa perubahan wujud zat dari cair menjadi padat. Mengkristal adalah peristiwa perubahan wujud zat dari gas menjadi padat sedangkan menguap adalah peristiwa perubahan wujud zat dari cair menjadi gas. Menyublim adalah peristiwa perubahan wujud zat dari padat menjadi gas. sedangkan mengembun adalah peristiwa perubahan wujud zat dari gas menjadi cair.

2. Jelaskan perbedaan antara peristiwa mengembun dan menyublim!

Pada peristiwa menyublim zat membutuhkan kalor sedangkan pada peristiwa mengembun zat melepaskan kalor. Mengembun terjadi pada benda gas sedangkan menyublim terjadi pada benda padat

3. Jelaskan perbedaan antara peristiwa mengembun dan disposisi!

Mengembun merupakan perubahan wujud suatu benda dari gas menjadi cair, sedangkan Deposisi merupakan perubahan wujud suatu benda dari gas menjadi padat.

4. Jelaskan perbedaan antara peristiwa menyublim dan mengkristal!

Menyublim merupakan perubahan wujud suatu benda dari padat menjadi gas, sedangkan Mengkristal merupakan perubahan wujud suatu benda dari gas menjadi padat (Mengkristal sama artinya dengan Deposisi)

5. Apa saja yang menyebabkan terjadinya peristiwa mengembun, menyublim dan mengkristal?

Beberapa penyebabnya yaitu:

  • Mengembun disebabkan penurunan suhu/pelepasan panas menyebabkan gas berubah menjadi cair.yang bisa kita lihat di kaca jendela saat pagi hari.
  • Menyublim disebabkan peningkatan suhu benda padat sehingga berubah menjadi gas.. Contohnya kapur barus yang di taruh di lemari lama-kelamaan akan habis.
  • Mengkristal disebabkan oleh penurunan suhu atau pelepasan panas yang dialami benda tersebut.. Contohnyab uap air berubah jadi salju.

6. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa mengembun? Jelaskan!

Mengembun, mengembun adalah proses perubahan wujud zat dari gas menjadi cair. Beberapa contoh peristiwa mengembun antara lain titik-titik embun di pagi hari, dan butiran air di bagian luar gelas yang berisi es.

7. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa menyublim? Jelaskan!

Menyublim, menyublim adalah peristiwa perubahan zat padat menjadi gas atau sebaliknya (gas menjadi padat). Contoh peristiwa menyublim antara lain kamper yang dibiarkan di udara. Kamper berubah dari padat menjadi gas yang dapat kita rasakan dengan adanya bau kamper. Proses pembuatan es kering juga merupakan contoh peristiwa menyublim.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 68

Ayo Mencoba

Bersama dengan teman sekelompokmu, rancanglah percobaan untuk menunjukkan terjadinya peristiwa mengembun dan menyublim.

  1. Siapkanlah alat dan bahan yang diperlukan.
  2. Tulislah tahapan dan langkah-langkahnya
  3. Gambarlah setiap tahapan yang kamu rancang.
  4. Lakukan percobaan sesuai tahap yang telah kamu rancang.
  5. Catatlah setiap perubahan yang terjadi dengan saksama.
  6. Buatlah laporan hasil percobaanmu ke dalam sebuah poster.
  7. Pada poster, jelaskan perbedaan utama kedua peristiwa perubahan wujud benda tersebut.
  8. Presentasikan hasil percobaanmu dengan percaya diri.

Alternatif Jawaban:

Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 64, 66, 67, 68, 69 Tema 7 Kelas 5

Laporan Percobaan

Tujuan : Mengamati perubahan wujud benda

Alat dan Bahan:

  1. 4 buah batu bata untuk membuat tungku sederhana
  2. 1 buah lilin
  3. 1 buah kaleng bekas susu
  4. 5 butir kapur barus ukuran kecil
  5. 1/5 bagian kaleng pasir kering
  6. Piring aluminium
  7. Es batu

Cara Kerja:

Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 64, 66, 67, 68, 69 Tema 7 Kelas 5

  1. Tumpuk batu bata menjadi dua tingkat untuk dijadikan tungku sederhana.
  2. Letakkan lilin di tengah tungku, lalu nyalakan lilin.
  3. Isi kaleng bekas susu dengan pasir, lalu masukkan kapur barus.
  4. Letakkan kaleng bekas susu tersebut di atas tungku.
  5. Letakkan piring aluminium di atas kaleng susu, lalu letakkan beberapa butir es batu.
  6. Diamkan selama sepuluh menit.

Pengamatan:

Amatilah perubahan yang terjadi pada kapur barus setelah sepuluh menit. Angkatlah piring alumunium dari atas kaleng. Lalu, perhatikanlah apa yang terjadi pada dasar piring.

Setelah 10 menit piring besi dibuka, tuang es batu kedalam gelas. Lihat apa yang terjadi pada dasar piring. Terdapat kristas-kristal didasar piring yang digunakan untuk menutup kaleng. Didalam kaleng hanya terdapat pasir saja, kapur barus yang tadi diletakkan diatas pasir menghilang. Pada dinding-dinding kaleng juga terdapat kristal-kristal yang berbau kapur barus.

Jadi kapur barus yang tadi dipanaskan mengalami proses penyubliman dan pada saat gas menyentuh piring yang dingin gas berubah menjadi Kristal-kristal didasar piring dan dinding kaleng.

Dari percobaan diatas kita juga dapat menemukan dasar kaleng mengalami penggelapan warna karena adanya angus. Angus tersebut termasuk hasil dari perubahan wujud benda gas menjadi padat atau mengkristal.

Selain itu piring yang diberikan es diatasnya di sekeliling dasatnya terdapat embun-embun yang berasal dari gas yang menyentuh dasar piring sehingga menjadi embun peristiwa itu disebut mengembun yaitu perubahan wujud benda gas menjadi cair.

Setelah melakukan pengamatan pada kegiatan di atas, dapatkah kamu menjelaskan kesimpulanmu?

Kesimpulanku:

Pada percobaan di atas menunjukkan salah satu contoh peristiwa menyublim yaitu perubahan wujud dari padat menjadi gas. Kapur barus yang tadi dipanaskan mengalami proses penyubliman dan pada saat gas menyentuh piring yang dingin gas berubah menjadi Kristal-kristal didasar piring dan dinding kaleng.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 69

Ayo Renungkan

Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh

Dengan mempelajari sejarah perjuangan bangsa melawan penjajah, khususnya peristiwa Sumpah Pemuda, banyak pelajaran yang kita petik. Kita menjadi tahu bahwa persatuan dan kesatuan memiliki arti penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Berbagai perlawanan yang bersifat kedaerahan selalu saja gagal dalam mengusir penjajah. Bangsa kita pun mudah diadu domba. Dengan demikian, tepat kiranya pepatah ”bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”. Persatuan dan kesatuan dapat kita wujudkan dengan membina kerukunan di rumah, sekolah, dan masyarakat. Selain itu, pola hidup gotong royong juga harus senantiasa dilakukan oleh masyarakat.

Sekarang, ceritakan sikap dan perilakumu sehari-hari yang sudah menunjukkan nilai-nilai kerukunan hidup. Tuliskan pada kolom berikut!

Alternatif Jawaban:

Beberapa contoh sikap dan perilaku yang menunjukkan nilai-nilai kerukunan antara lain :

  1. Saling menghargai
  2. Saling menghormati
  3. Saling membantu atar satu sama lain
  4. Menjalin bersilaturahmi
  5. Bersikap sopan
  6. Hidup rukun antar sesama warga negara

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tua atau anggota keluargamu yang lain, amatilah kegiatan sehari-hari anggota masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu. Identifikasi dan sebutkan kegiatan-kegiatan yang menunjukkan adanya nilai-nilai gotong royong!

Tuliskan hasilnya pada kolom berikut dan mintalah tanda tangan orang tua atau anggota keluargamu yang lain yang telah bekerja sama denganmu!

Beberapa kegiatan yang menunjukan nilai-nilai gotong royong yaitu:

  1. Bekerja sama dalam menyelesaikan suatu permasalahan.
  2. Saling membantu satu sama lain.
  3. Tidak membeda-bedakan setiap orang.
  4. Membantu teman yang sedang susah.
  5. Mencari kesepakatan dengan cara musyawarah.

Nah adik-adik, itulah yang bisa kami bagikan terkait dengan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 60, 61, 64, 66, 67, 68, 69 ini. Kami tentunya selalu berusaha menyediakan kepada adik-adik semua jawaban terbaik yang kami buat berdasarkan pemahaman kami setelah mempelajari materi dan soal-soal pada buku pelajaran. Dan kami harap jawaban ini bisa menjadi jalan bagi adik-adik dalam meningkatkan nilai tugas harian.

Adik-adik tahu jika saat ini sudah memasuki semester genap, dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah semester genap menjadi semester penentu apakah pada semester ini adik-adik bisa melanjutkan dan naik ke kelas 6 atau malah sebaliknya. Pastinya semua siswa akan berharap bisa naik kelas dengan nilai yang bagus.

Untuk bisa naik kelas, salah satunya syaratnya ialah tuntas pada nilai akhir di raport semester, adik-adik harus lulus sesuai KKM yang ada. Maka untuk meraih hal tersebut sangat perlu sekali perjuangan dalam meraih nilai-nilai, baik dari nilai tugas, nilai ulangan semester. Untuk itu, maksimalkan kegiatan belajar di rumah dan manfaatkan juga jawaban ini sebagai bahan belajar adik-adik.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Posting Komentar untuk "TERBARU! Kunci Jawaban Halaman 60, 61, 64, 66, 67, 68, 69 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik"