√ Kunci Jawaban Halaman 88, 89, 91, 92, 93, 95, 96 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 88, 89, 91, 92, 93, 95, 96 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Kelas 5 halaman 88, 89, 91, 92, 93, 95, 96 subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan pembelajaran 2 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi dibawah ini bisa adik-adik manfaatkan sebagai jawaban untuk mengisi atau menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah. Kami tahu kalau alternatif jawaban seperti ini sudah menjadi hal yang penting bagi adik-adik maupun orang tua yang juga turut serta membantu anaknya mencari jawaban untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Kunci Jawaban Halaman 88, 89, 91, 92, 93, 95, 96 Tema 7 Kelas 5

Kami mengerti bahwa memang kenyataannya soal-soal pada buku tematik kurikulum 2013 cukup sulit untuk dijawab. Kami tidak mengatakan semua soalnya, namun memang ada beberapa soal yang sulit untuk dijawab oleh adik-adik, bahkan tak sedikit soal yang jawabannya tidak ada pada buku pelajaran, dan harus di cari diluar buku pelajaran tersebut. Melihat hal tersebut dan kebutuhan pada siswa, kami terus berupaya untuk selalu menyediakan jawaban-jawaban terbaik yang nantinya bisa membantu adik-adik dalam menyelesaikan semua tugas yang ada.

Bukan hanya pada postingan ini saja, namun adik-adik juga tahu jika sebelumnya kami sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5, yang bisa adik-adik lihat kembali dan cari jawaban yang masih diperlukan untuk menyelesaikan tugas sekolah. Serta lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 81, 82, 83, 85, 86 yang juga telah kami posting beberapa waktu yang lalu. Adik-adik dapat memanfaatkan jawaban tersebut, untuk menyelesaikan tugas pada kegiatan sebelum ini.

Kami tahu bahawa saat ini, alternatif jawaban menjadi salah satu hal yang banyak dicari oleh para siswa, khususnya siswa sekolah dasar. Tak hanya murid saja, bahkan tak sedikit juga para orang tua membantu anaknya dengan mencari jawaban untuk menjawab soal-soal yang menjadi tugas anaknya. Meskipun alternatif jawaban ini akan membantu adik-adik dalam mengerjakan tugas sekolah, tetap saja kami selalu menyarankan, agar adik-adik sebelumnya bisa berusaha sendiri, mencari jawaban pada buku pelajaran. Dengan berusaha sendiri, adik-adik jadi lebih paham dengan materi yang ada.

Kunci Jawaban Halaman 88, 89, 91, 92, 93, 95, 96 Tema 7 Kelas 5

Saat ini adik-adik telah memasuki kegiatan belajar pada semester genap. Semester genap menjadi semester terakhir dan penentu bagi adik-adik. Kenapa penentu? Ya, karena pada semester genap inilah adik-adik akan melihat hasil belajar adik-adik selama satu tahun pelajaran, apakah adik-adik akan naik ke kelas 6 dengan nilai yang bagus, atau malah sebaliknya, tetap tinggal kelas dengan nilai yang buruk.

Kami tahu kalau semua siswa pasti berharap bisa naik kelas dengan nilai yang bagus. Namun untuk bisa naik kelas adik-adik haruslah bisa lulus KKM pada nilai raport semester. Dan salah satu memperjuangkan nilai agar bisa bagus dan lulus KKM yaitu dengan memaksimalkan nilai-nilai dari tugas harian, ulangan harian, tugas praktek, dan nilai ulangan semester.

Maka dari itu kami selalu mengingatkan adik-adik, agar selalu bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Dan selalu teliti dalam mengerjakannya, sebelum menyalin jawaban, pastikan dulu kalau jawaban memang sudah sesuai dengan soal yang ada. Dan perbanyak belajar di rumah, ulangi pelajaran yang sudah pernah dipelajari, agar pemahaman lebih bertambah.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 88-89

Ayo Mencoba

Untuk menyelidiki bahwa kalor dapat menyebabkan perubahan wujud benda, lakukan percobaan berikut!

Percobaan

Tujuan: Mengamati Perubahan Wujud Benda

Alat dan Bahan:

  • Es Batu
  • Mangkuk
  • Palu/martil

Cara Kerja:

  1. Siapkan alat dan bahan.
  2. Pecahkan es hingga berukuran kecil-kecil.
  3. Letakkan beberapa potong es di mangkuk.
  4. Letakkan es tersebut di bawah panas terik matahari.
  5. Biarkan es selama lima menit.
  6. Amatilah perubahan pada es.

Percobaan:

  1. Siapkan alat dan bahan.
  2. Pecahkan es hingga berukuran kecil-kecil.
  3. Letakkan beberapa potong es dalam 3 mangkuk.
  4. Letakkan es tersebut di bawah panas terik matahari. Biarkan selama lima menit.
  5. Es batu mencair.

Simpulkan hasil percobaanmu. Tuliskan pada kolom berikut!

Dengan adanya perubahan kalor/pemanasan dapat menyebabkan berubahnya wujud suatu benda. Pada saat suatu zat melepaskan kalor, maka suatu zat tersebut akan mengalami perubahan wujud.

Ayo Berlatih

Untuk menyelidiki terjadinya peristiwa mencairnya suatu benda yang disebabkan oleh kalor atau panas, lakukan percobaan memanaskan mentega di atas kompor. Berhati-hatilah saat melakukan percobaan menggunakan kompor. Tuliskan prosedur percobaan seperti berikut.

Judul Percobaan: Percobaan Pengaruh Kalor Terhadap Wujud Benda

Tujuan: Mengamati pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda

Alat dan Bahan:

Alat dan bahan yang dibutuhkan dalam percobaan ini antara lain : Kompor, Panci/Penggorengan, Mentega

Langkah Kerja:

  1. Hidupkan kompor
  2. Letakkan mentega dalam panci/penggorengan
  3. Letakkan panci/penggorengan di atas kompor menyala
  4. Amati perubahan yang terjadi pada mentega

Kesimpulan:

Mentega mengalami perubahan wujud karena terkena kalor/panas dari panci/penggorengan. Mentega yang merupakan zat padat berubah menjadi zat cair. Peristiwa perubahan wujud benda padat menjadi benda cair karena adanya pemanasan disebut mencair

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 91-92

Ayo Berlatih

Ayo, temukan kosakata baku dan tidak baku pada bacaan yang berjudul “Peristiwa Menjelang dan Sesudah Pembacaan Teks Proklamasi”. Kemudian, carilah arti katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada guru atau berdiskusi.

Kunci Jawaban Halaman 88, 89, 91, 92, 93, 95, 96 Tema 7 Kelas 5

Ayo Berlatih

1. Jawablah pertanyaan-pertanyaan terkait Peristiwa Rengasdengklok berikut.

Kunci Jawaban Halaman 88, 89, 91, 92, 93, 95, 96 Tema 7 Kelas 5

Penjelasan:

1. Kapan peristiwa Rengasdengklok terjadi:

Pada tanggal 16 Agustus 1945.

2. Siapakah yang diamankan dalam peristiwa Rengasdengklok?

Bung Hatta dan Bung Karno beserta Ibu Fatmawati dan Guntur Soekarno Poetra.

3. Siapakah yang memelopori peristiwa Rengasdengklok?

Tokoh pemuda.

4. Apa tujuan peristiwa Rengasdengklok?

Mendesak golongan tua untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

5. Apa yang terjadi di Rengasdengklok?

Terjadi perdebatan antara golongan tua dengan golongan muda berkaitan dengan waktu pelaksanaan Proklamasi Kemerdekaan.

6. Apa hasil kesepakatan pada peristiwa Rengasdengklok?

Setelah melalui perdebatan dan ditengahi Ahmad Soebardjo, menjelang malam hari, kedua tokoh itu akhirnya kembali ke Jakarta. Rombongan Soekarno-Hatta sampai di Jakarta pada pukul 23.30 waktu Jawa zaman Jepang (pukul 23.00 WIB). Soekarno Hatta setelah singgah di rumah masing-masing, kemudian bersama rombongan lainnya menuju rumah Laksamana Maeda di Jalan Imam Bonjol No. 1 Jakarta (tempat Ahmad Soebardjo bekerja) untuk merumuskan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 93

2. Ceritakan kembali secara tertulis peristiwa-peristiwa yang terjadi setelah pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada kolom berikut.

A. Penyebarluasan Berita Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan

Penyebaran berita proklamasi dilakukan dengan menyebar pamflet, mengadakan pertemuan, dan menulis pada tembok-tembok, disiarkan melalui radio dan surat kabar, dan  para gubernur di wilayahnya.

B. Reaksi Masyarakat Indonesia

Reakasi masyarakat ditunjukan dengan Rapat Raksasa di Lapangan lkada (Ikatan Atletik Djakarta) Jakarta pada tanggal 19 September 1945, tindakan heroik di berbagai kota yang mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, antara lain di Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Aceh, Bali, Palembang, Kalimantan, Bandung, Makassar, Lampung, Solo, Sumatra Selatan, dan Sumbawa.

Peristiwa pembacaan teks Proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan tonggak sejarah yang menjadikan bangsa Indonesia merdeka dan berdaulat. Seluruh rakyat Indonesia pun menyambut dengan penuh kegembiraan. Ayo, tularkan semangat kemerdekaan dengan menyanyikan lagu berikut.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 95

Ayo Berdiskusi

Diskusikan bersama teman sebangkumu.

1. Apa perbedaan bentuk karya tari tunggal, berpasangan, dan kelompok?

Tari tunggal: tari dilakukan oleh satu orang penari, tetapi tidak menutup kemungkinan dilakukan oleh banyak orang secara bersama.

Tari berpasangan: tarian yang dilakukan secara berpasangan oleh dua orang penari. Tarian berpasangan dapat dilakukan oleh banyak orang secara berpasang-pasangan. Ada tarian berpasangan yang dilakukan oleh penari putri dan penari putri. Ada tarian berpasangan yang dilakukan oleh penari putra dan penari putra. Ada juga tarian berpasangan yang dilakukan oleh penari putra dan penari putri.

2. Bagaimana pola lantai pada karya tari tunggal, berpasangan, dan kelompok?

Pola lantai tarian yang dilakukan oleh satu orang penari dapat dilihat dari garis-garis di lantai yang dilalui oleh penari pada saat melakukan gerak tari. Pola lantai tari berpasangan ataupun kelompok dapat dilihat berupa garis di lantai yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari dan juga dapat dilihat berupa formasi yang dibuat oleh penari kelompok.

Tuliskan hasil diskusi kalian pada kolom berikut.

Pola lantai tarian yang dapat dilakukan oleh satu orang penari dapat dilihat dari garis-garis di lantai yang dilalui oleh penari pada saat melakukan gerak tari. Pola lantai tari berpasangan ataupun kelompok dapat dilihat berupa garis di lantai yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari juga dapat dilihat berupa formasi yang dibuat oleh penari kelompok.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 96

Ayo Renungkan

Dengan mengetahui peristiwa Proklamasi, kita menjadi makin mengetahui bahwa diperlukan usaha keras dan pengorbanan yang besar untuk meraih kemerdekaan dan membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pelajaran yang dapat kita petik adalah kepentingan bangsa dan negara adalah yang utama di atas kepentingan pribadi dan golongan. Dalam lingkup yang lebih kecil (dalam kehidupan bermasyarakat), kepentingan umum harus diutamakan daripada kepentingan pribadi.

Kamu adalah generasi penerus bangsa. Apa yang dapat kamu lakukan untuk mengisi kemerdekaan ini? Tuliskan pada kolom berikut.

Beberapa kegiatan untuk ikut mengisi kemerdekaan antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Menghormati dan menghargai jasa tokoh-tokoh kemerdekaan dengan meneladani semangat kepahlawan.
  2. Menjaga dan memelihara semangat persatuan kesatuan.
  3. Belajar yang giat dan tidak bolos sekolah.
  4. Menolong orang yang membutuhkan.
  5. Menghormati kedua orang tua.
  6. Saling menghormati antarsesama dengan tidak membedakaan perbedaan baik suku, ras, budaya atau agama.
  7. Menjaga keutuhan kedaulatan bangsa dengan rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.
  8. Mengikuti lomba-lomba dan kegiatan-kegiatan dalam rangka memperingati kemerdekaan.
  9. Berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang ada di masyarakat.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Nyanyikan lagu “Hari Merdeka” dengan nada dan tempo yang benar di depan orang tua dan anggota keluargamu yang lain. Cobalah bernyanyi sambil bergerak dengan tegas dan semangat. Selesai bernyanyi dan bergerak, mintalah tanggapan orang tuamu. Tuliskan tanggapan orang tuamu atas kegiatan yang kamu lakukan pada kolom berikut!

Untuk tugas kali ini, silahkan adik-adik sesuaikan dengan petintah. Tulis hal-hal penting dari tanggapan orang tua adik-adik.

Sekian postingan kami kali ini yang membahas tentang Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 88, 89, 91, 92, 93, 95, 96. Seperti yang sering kami sampaikan, bahwa kami berusaha semaksimal mungkin menyediakan jawaban terbaik buat adik-adik. Akan tetapi kami tidak bisa menjamin semua jawaban yang kami sediakan ini pasti benar semuanya. Maka dari itu, kami juga mengingatkan adik-adik untuk selalu teliti mengerjakan soal-soal tersebut.

Silahkan adik-adik periksa baik-baik setiap jawaban yang kami sediakan ini, pastikan jawabannya memang benar sudah sesuai dengan soal yang ada. Dan jikapun nantinya adik-adik masih menemukan ada jawaban yang keliru atau kurang tepat, maka silahkan saja diperbaiki sesuai pemahaman adik-adik atau cari di referensi lainnya.

Kami selalu memastikan adik-adik mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan maksimal. Mengingat saat ini adik-adik sudah memasuki semester genap. Dan semester genap ini sangat menentukan sekali, apakah nantinya adik-adik bisa naik kelas atau malah akan tinggal kelas. Namun  kami yakin jika adik-adik bersungguh-sungguh dalam mengerjakan setiap tugas sekolah, dan selalu rajin dalam belajar maka besar kemungkinan untuk naik kelas dengan nilai yang bagus.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 88, 89, 91, 92, 93, 95, 96 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik"