√ Kunci Jawaban Halaman 99, 102, 103, 104, 107, 108, 109, 110, 111 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 99, 102, 103, 104, 107, 108, 109, 110, 111 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Kelas 5 halaman 99, 102, 103, 104, 107, 108, 109, 110, 111 subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan pembelajaran 3 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi dibawah ini kami buat dan siapkan untuk adik-adik sekalian, sebagai alternatif jawaban untuk menjawab soal-soal pada buku siswa yang menjadi tugas sekolah. Jika berbicara tentang alternatif jawaban untuk soal-soal pada buku pelajaran, memang dari dulu tak sedikit siswa yang mencari jawaban di internet untuk menjawab soal yang dimaksud.

Kunci Jawaban Halaman 99, 102, 103, 104, 107, 108, 109, 110, 111 Tema 7 Kelas 5

Kami memahami kalau alternatif jawaban seperti ini sangat membantu dan memudahkan para siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Para siswa tak perlu persusah untuk membaca materi pelajaran dalam menjawab soalnya, karena sudah tersedia dengan lengkap. Dan kami menjadi salah satu bagian yang menyediakan alternatif jawaban untuk soal-soal atau tugas sekolah yang ada pada buku pelajaran. Kami berusaha semaksimal mungkin menyediakan jawaban terbaik, yang kami rasa jawaban ini sudah benar dan tepat.

Dan sebelumnyapun kami sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 yang bisa adik-adik lihat dan cari pada artikel kami sebelumnya, dan adik-adik manfaatkan atau pergunakan untuk menyelesaikan tugas yang ada. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 88, 89, 91, 92, 93, 95, 96 yang juga telah kami sediakan pada blog ini, adik-adik dapat memanfaatkannya untuk mengerjakan tugas pada kegiatan sebelum ini. Semoga saja jawaban yang kami buat ini bisa megantarkan adik-adik untuk meningkatkan nilai tugas harian.

Kami menyadari kalau soal-soal pada buku tematik kurikulum 2013 memang sebagian soalnya cukup sulit untuk dijawab. Sulit yang kami maksudkan disini, bukan berarti tidak bisa dijawab, namun dalam menjawabnya kadang perlu pendapat dan pemikiran sendiri, dan tak sedikit jawabannya harus mencari pada referensi diluar buku pelajaran. Dan meskipun kami disini sudah menyediakan jawaban untuk adik-adik, namun kami selalu berpesan, agar adik-adik juga bisa turut berusaha sendiri mencari jawabannya pada buku pelajaran.

Kunci Jawaban Halaman 99, 102, 103, 104, 107, 108, 109, 110, 111 Tema 7 Kelas 5

Seperti yang sering kami sampaikan kepada adik-adik, bahwa memang kami disini membuat dan menyediakan jawaban dengan sebaik mungkin. Mencari jawaban-jawaban yang kami anggap benar dan tepat. Akan tetapi bukan berarti kami menjamin semua jawaban yang kami sediakan ini pasti benar dan tepat saat guru kelas mengoresksinya. Kami tentunya tidak bisa memberikan jaminan kepada adik-adik, maka dari itu, kami selalu menyarankan dan mengingatkan adik-adik agar teliti dalam mengerjakan soalnya.

Adik-adik mestinya teliti kembali jawaban yang ada, pastikan jawabannya sudah sesuai dengan soal yang ada, baru kemudian adik-adik menyalinnya ke buku tugas. Karena tentunya kami tidak terlepas dari kesalahan dan kekeliruan, bisa saja hal tersebut terjadi. Dan misalkan adik-adik masih menemukan jawaban yang menurut adik-adik salah atau kurang tepat, maka silahkan diperbaiki atau tambahkan dengan jawaban adik-adik sendiri.

Dengan lebih teliti dalam mengerjakan tugas sekolah, dan selalu ingin mencari jawaban terbaik, maka kami yakin nantinya nilai yang akan adik-adik peroleh juga akan bagus dan maksimal. Serta kami juga ingatkan, agar adik-adik mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar di rumah. Pelajari kembali materi yang sudah pernah dipelajari agar pemahaman adik-adik semakin bertambah, dan punya persiapan untuk mengikuti kegiatan ulangan harian dan ulangan semester.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 99

Ayo Menulis

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut dengan menggunakan prinsip: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana!

Kunci Jawaban Halaman 99, 102, 103, 104, 107, 108, 109, 110, 111 Tema 7 Kelas 5

Penjelasan:

A. Ir Soekarno

1. Siapakah nama tokoh berikut?

Ir. Soekarno

2. Kapan dan di manakah beliau dilahirkan?

Ir Soekarno lahir Surabaya, Jawa Timur, pada tanggal 6 Juni 1901.

3. Bagaimanakah riwayat pendidikannya?

Beliau bersekolah dari Indische School (IS) di Tulungagung, Europesche Lagene School (ELS) Mojokerto, Hogene Burger School (HBS) Surabaya; dan Technische Hogere School (THS),hingga memperoleh gelar insinyur.

4. Julukan apa yang diberikan kepadanya? Mengapa dijuluki seperti itu?

Ir. Soekarno dijuluki Macan Podium. Beliau pandai berpidato dan menguasai beberapa bahasa asing.

5. Apa saja yang sudah diperjuangkannya bagi bangsa dan negara Indonesia?

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta beserta para tokoh lainnya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

B. Drs. Moh. Hata

1. Siapakah nama tokoh berikut?

Drs Moh. Hatta

2. Kapan dan di manakah beliau dilahirkan?

Beliau lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat pada tanggal 12 Agustus 1902.

3. Bagaimanakah riwayat pendidikannya? 

Beliau menimba ilmu di Europoesche Lagere School (ELS) di Bukittinggi, Meer Uitgebreid Lagere Onderwijs (MULO) di Padang, dan Handels Middelsbare School (HMS) di Jakarta.

4. Julukan apa yang diberikan kepadanya? Mengapa dijuluki seperti itu?

Bapak Koperasi Indonesia. Perhatian beliau yang dalam terhadap penderitaan rakyat kecil mendorongnya untuk mempelopori Gerakan Koperasi yang pada prinsipnya bertujuan memperbaiki nasib golongan miskin dan kelompok ekonomi lemah.

5. Apa saja yang sudah diperjuangkannya bagi bangsa dan negara Indonesia?

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta beserta para tokoh lainnya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dan Beliau juga sangat berperan dalam upaya memperoleh pengakuan dari pemerintah Belanda terhadap kedaulatan

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 102-103

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Bagaimanakah reaksi rakyat Indonesia menyambut Proklamasi Kemerdekaan?

Munculnya  eroic n  eroic mendukung Proklamasi dan usaha menegakkan kedaulatan terjadi di berbagai daerah.

2. Apa yang terjadi di Hotel Yamato Surabaya pada tanggal 19 September 1945?

Orang Belanda mengibarkan bendera Merah Putih Biru di atap hotel. Rakyat kemudian menyerbu hotel, menurunkan, dan merobek warna biru  ender aitu untuk dikibarkan kembali.

3. Peristiwa apa yang melatarbelakangi dibangunnya Tugu Muda di Semarang?

Pada tanggal 15 Oktober 1945, pasukan Jepang melakukan serangan ke Kota Semarang dan dihadapi oleh TKR dan laskar pejuang lainnya. Pertempuran berlangsung selama lima hari. Akibat pertempuran ini, ribuan pemuda gugur dan ratusan orang Jepang tewas.

4. Mengapa pemuda Bali melakukan perlawanan terhadap Jepang?

Karena pihak Jepang selalu menghambat upaya perundingan untuk menegakkan kedaulatan RI.

5. Apa yang dilakukan oleh rakyat Kalimantan dalam menyambut Proklamasi Kemerdekaan?

Rakyat Kalimantan juga berusaha menegakkan kemerdekaan dengan cara mengibarkan bendera Merah Putih, memakai lencana Merah Putih, dan mengadakan rapat-rapat.

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan kelompokmu, tentukan kota-kota atau daerah-daerah yang melakukan tindakan heroik menyambut Proklamasi Kemerdekaan pada peta buta di bawah ini. Berilah tanda merah pada kota dan daerah yang kamu tunjuk!

Kunci Jawaban Halaman 99, 102, 103, 104, 107, 108, 109, 110, 111 Tema 7 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 104

Ayo Menulis

Mengapa rakyat di seluruh daerah di Indonesia sangat antusias mendengar dan menyambut berita mengenai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia? Tuliskan cerita kalian pada kolom berikut.

Semua orang sangat antusias mendengar dan menyambut berita mengenai proklamasi karena proklamasi adalah peristiwa di mana rakyat Indonesia merdeka, terbebas dari penjajahan, serta bisa berdiri sendiri!

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 107

Ayo Mengamati

1. Ayo, amati berbagai keberagaman yang ada di kelasmu. Tuliskan pada tabel berikut. (sekedar contoh)

Kunci Jawaban Halaman 99, 102, 103, 104, 107, 108, 109, 110, 111 Tema 7 Kelas 5

2. Bagaimanakah menciptakan kerukunan dalam kelasmu? Tuliskan pada kolom berikut!

Kerukunan di dalam kelas dapat diciptakan dengan cara :

  • Saling menghormati dan menghargai
  • Tidak membeda-bedakan teman berdasarkan agama, suku, serta ras.
  • Tolong menolong dan saling membantu
  • Mensyukuri perbedaan yang ada sebagai anugrah Tuhan.
  • Tidak membeda-bedakan teman berdasarkan kekayaan (status sosial)

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 108

Ayo Berlatih

Pentingnya Persatuan di Tempat Tinggalku

Untuk mengetahui pentingnya persatuan, kamu dapat mengamati masyarakat sekitar tempat tinggalmu. Kamu dapat melakukan kegiatan ini secara berkelompok.

Dengan bantuan anggota keluargamu, catatlah kegiatan-kegiatan yang melibatkan seluruh anggota masyarakat di sekitar tempat tinggalmu. Masukkan hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini.

Kunci Jawaban Halaman 99, 102, 103, 104, 107, 108, 109, 110, 111 Tema 7 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 109

Setelah tabel selesai kamu isi, buatlah penilaian sederhana dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apakah kegiatan tersebut berjalan dengan baik?

Beberapa kegiatan dapat berjalan dengan baik misalnya saja kegiatan membersihkan saluran air. Namun kegiatan siskamling berjalan kurang baik karena ada beberapa warga yang tidak melaksanakan siskamling.

2. Adakah masalah yang menghambat untuk melaksanakan kegiatan itu?

Siskamling yang dilakukan pada malam hari mengalami masalah karena ada warga yang kurang memahami hak dan kewajibannya sebagai warga masyarakat. Misalnya saja ada warga yang tidak melaksanakan siskamling dengan alasan besok harus bekerja sehingga tidak bisa begadang.

3. Cara apa yang ditempuh oleh masyarakat untuk mengatasi hambatan itu?

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti tugas siskamling kepada orang lain/mewakilkan. Warga yang tidak dapat melaksanakan siskamling membayarkan sejumlah uang kepada yang mewakilinya

4. Apakah persatuan masyarakat sangat menentukan keberhasilan kegiatan itu?

Persatuan dalam masyarakat sangat menentukan keberhasilan kegiatan yang ada di masyarakat. Tanpa persatuan kegiatan tersebut tidak akan berjalan dengan baik.

5. Apakah manfaat kegiatan itu dapat dirasakan oleh masyarakat? Manfaat apa sajakah itu?

Kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat sangat banyak manfaatnya. Misalnya saja kegiatan siskamling bermanfaat menjaga keamanan lingkungan, kegiatan membersihkan saluran air membuat saluran air lancar dan tidak terjadi banjir.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 110

Gunakan hasil pengamatanmu sebagai bahan untuk membuat laporan. Kemudian, presentasikan hasil laporanmu di depan guru dan teman-temanmu.

Laporan Hasil Pengamatan

Nama Kegiatan : Kegiatan Kerja Bhakti Membersihkan Saluran Air

Hari/Tanggal : Minggu, 7 Januari 2019

Tempat : Sepanjang Jalan Desa Wanadadi

Anggota :

  • Siti Zulaehah
  • Ibnu Batuta
  • Ilham Ramadhan

Kesimpulan Hasil Pengamatan

Kegiatan kerja bhakti membersihkan saluran air yang dilaksanakan warga berjalan dengan baik. Warga bekerja sama bahu membahu sehingga saluran air menjadi lancar. Tidak ada genangan air.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 111

Ayo Renungkan

Kamu telah mengetahui arti penting persatuan bagi dirimu dan bagi masyarakat secara luas. Ingatlah itu sebagai bekal kehidupanmu kelak. Sekarang, kamu juga sadar bahwa kamu juga bisa hidup dalam keberagaman, bukan? Sebutkan bentuk-bentuk keberagaman yang ada di masyarakat sekitar tempat tinggalmu! Bagaimana caramu menyikapi keberagaman tersebut? Kemukakan pada kolom berikut!

Keberagaman adalah hal yang biasa terjadi pada masyarakat indonesia jika kita melihat sejarah bangsa, letak geografis, asal suku dan hal hal lainnya maka dari itu sikap yang harus kita tunjukkan yaitu:

  • Menghormati perbedaan tersebut dan tidak saling menghina
  • Sering melakukan kegiatan yang menimbulkan kerjasama dalam perbedaan
  • Bersikap toleransi dan saling peduli satu sama lain
  • Mengambil keputusan secara musyawarah dan mementingkan kepentingan umum

Kerja Sama dengan Orang Tua

Di dalam keluargamu, pastilah juga ada perbedaan. Kemukakan perbedaan yang ada di keluargamu! Kemudian, ceritakan cara keluargamu menyikapi perbedaan yang ada! Bagaimana pula orang tuamu mendidik untuk hidup rukun?

Menurut saya mengatasi perbedaan yang ada dalam keluarga adalah dengan cara bermusyawarah untuk mencapai kesepakatan,saling menghargai antar sesama anggota keluarga.

Demikian postingan kami yang membahas tentang Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 99, 102, 103, 104, 107, 108, 109, 110, 111 ini. Kami tahu kalau alternatif jawaban menjadi hal yang penting bagi adik-adik saat ini. Apalagi jika sedang banyak tugas sekolah yang harus diselesaikan, maka salah satu cara agar bisa menyelesaikan tugas tersebut tepat waktu adalah dengan memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini. Selain itu, kamipun berharap dengan jawaban ini adik-adik bisa mendapatkan nilai terbaik.

Adik-adik tahu jika sekarang ini sudah memasuki semester genap, segala nilai akan sangat membantu dan mempengaruhi sekali nilai akhir pada raport semester. Jika adik-adik bagus nilainya, maka sudah pasti adik-adik bisa naik kelas, namun jika nilai yang diperoleh tidak lulus KKM, maka besar juga kemungkinan adik-adik tinggal kelas.

Untuk bisa mendapatkan nilai akhir yang bagus tentunya perlua perjuangan. Perjuangan yang kami maksudkan ialah, adik-adik harus berusaha semaksimal mungkin meraih nilai-nilai terbaik, baik dari tugas harian, ulangan harian, tugas praktek, dan ulangan semester. Karena semua nilai yang diperoleh akan dihitung dan dimasukan pada raport semester.

Source : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 99, 102, 103, 104, 107, 108, 109, 110, 111 Tema 7 Kelas 5 Buku Siswa Tematik"