√ Kunci Jawaban Halaman 1, 2, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12 Tema 7 Kelas 6 Buku Siswa Tematik - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 1, 2, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12 Tema 7 Kelas 6 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban Tema 7 Kepemimpinan Kelas 6 halaman 1, 2, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12 subtema 1 Pemimpin di Sekitarku pembelajaran 1 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini disediakan sebagai alternatif jawaban untuk memudahkan adik-adik semua dalam menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah saat ini. Kami tahu kalau saat ini alternatif jawaban cukup banyak dicari oleh para siswa maupun orang tua. Tidak heran jika alternatif jawaban seperti ini menjadi pilihan, karena memang kami melihat sebagian soal yang ada pada buku tematik kurikulum 2013 ini, cukup sulit untuk dijawab.

Kunci Jawaban Halaman 1, 2, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12 Tema 7 Kelas 6

Maka dari itu, kami selalu berusaha menyediakan jawaban terbaik kepada adik-adik sekalian. Yang mana jawaban yang kami sediakan ini dibuat berdasarkan pemahaman kami terkait materi dan soal-soal yang ada pada buku pelajaran. Kami sebelum menjawab soalnya, sudah membaca, mempelajari dan memahami isi materi yang ada, baru kemudian mencari jawabannya baik di buku pelajaran, referensi lain, maupun pemahaman kami sendiri. Maka dari itu kami cukup yakin kalau jawaban yang kami buat dan sediakan ini akan sangat membantu adik-adik semua.

Pada postingan sebelumnya, kami juga sudah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 yang bisa adik-adik cari dan temukan pada blog ini. Atau sebelumnya adik-adik telah memanfaatkan jawaban yang kami sediakan pada blog ini, jika demikian, semoga saja nilai yang didapat pada tugas sebelumnya maksimal. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 119, 120, 121, 122, 125 yang juga telah kami sediakan pada blog ini, adik-adik dapat memanfaatkannya untuk menyelesaikan tugas sekolah.

Kami tahu kalau saat ini para siswa banyak mencari alternatif jawaban untuk membantu menyelesaikan tugas sekolahnya. Walaupun kami juga turut menyediakan alternatif jawaban, kami tetap menyarankan kepada adik-adik semua, agar sebelum memanfaatkan jawaban ini, terlebih dahulu berusaha mencari jawabannya pada buku pelajaran. Hal ini supaya adik-adik juga bisa belajar dan memahami materinya, serta tidak sepenuhnya bergantung pada alternatif jawaban.

Kunci Jawaban Halaman 1, 2, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12 Tema 7 Kelas 6

Seperti yang adik-adik kathui, kalau saat ini adik-adik tengah mengerjakan tugas sekolah pada kegiatan belajar 1 di buku siswa tema 7 kelas 6. Buku siswa tema 7 ini menjadi buku materi pelajaran lanjutan bagi adik-adik, setelah sebelumnya adik-adik sudah menyelesaikan kegiatan belajar pada buku siswa tema 6. Dan pada semester genap ini adik-adik akan menuntaskan 4 buku tema, mulai dari buku siswa tema 6, 7, 8, dan 9.

Setelah ini, artinya adik-adik masih akan mempelajari 2 buku tema lagi. Sama halnya dengan tugas pada buku siswa tema sebelumnya. Tak hanya soal-soal latihan saja, namun dalam tugas pada buku siswa ini, adik-adik juga akan mengerjakan tugas lainnya yang menjadi tugas sekolah adik-adik, seperti tugas kesenian, membuat poster, bernyanyi, tugas diskusi, tugas bersama orang tua, membuat laporan hasil percobaan dan lainnya.

Dari banyaknya tugas yang akan adik-adik kerjakan, kami telah menyediakan semua jawabanny, mulai dari jawaban langsung untuk soal tersebut, maupun hanya sekedar contoh saja, sebagai acuan agar adik-adik bisa mencontohnya dalam membuat jawbaan sebenarnya. Dan kami harap semua jawaban ini bisa membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah, serta bisa menjadi jalan dalam mendapatkan nilai terbaik.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 1-2

Ayo Mengamati

Perhatikan gambar di atas.

1. Menurutmu, kegiatan apa yang ditunjukkan pada gambar di atas?

Pada gambar di atas orang-orang sedang melakukan rapat (musyawarah)

2. Apakah kamu pernah menyaksikan rapat RT di lingkunganm Coba ceritakan.

Pernah. Ketika akan memperbaiki jalan perkampungan kami. Rumah yang saya tempati dijadikan tempat pelaksanaan rapat/musyawarah persiapan perbaikan jalan. Saya turut membantu menyiapkan konsumsi bagi peserta rapat/musyawarah. Dalam rapat tersebut dibentuk panitia perbaikan jalan. Peserta musyawarah dengan penuh antusias dan penuh kekeluargaan menyampaikan pendapat mereka masing-masing.

3. Apa yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin?

Seorang pemimpin harus mampu memimpin jalannya rapat dengan baik, mampu mengorganisasikan kegiatan rapat, menampung pendapat, mengatur kegiatan rapat, mampu mengelola dengan baik bila ada konflik, mengambil keputusan, serta mampu memecahkan masalah.

4. Menurutmu, kemampuan apa yang harus dimilki oleh seorang pemimpin?

Mampu mengorganisasikan anggota, kemampuan manajerial/pengaturan, kemampuan memecahkan masalah/problem solving, Mampu mempersatukan anggota.

5. Apakah kamu ingin menjadi pemimpin? Coba, ceritakan.

Ya. Saya ingin menjadi pemimpin. Alasan saya ingin menjadi pemimpin adalah saya bisa melakukan perubahan dengan cepat apa-apa yang menurut saya kurang baik dengan saya sebagai penggerak/pelopor utama. Langkah-langkah awal yang saya ambil dalam mempersiapkan diri sendiri jadi pemimpin adalah dengan tekun belajar, beribadah dengan tekun, berinteraksi dengan baik terhadap lingkungan sekitar, mengembangkan sikap toleransi, dan sebagainya.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 5

Kamu telah membaca bacaan ”Ibu RT, Sang Pemersatu”. Jawablah pertanyaan-pertanyaan mengenai isi bacaan tersebut. Tuliskan dalam bentuk peta pikiran seperti berikut.

Kunci Jawaban Halaman 1, 2, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12 Tema 7 Kelas 6

Penjelasan:

Siapakah nama pembicara dalam pidato pada bacaan?

Ibu Erika

Siapa pendengar pidato?

Warga kampung Sehat Melati

Bagaimana sikap kepemimpinan ibu RT dalam bacaan itu?

Sikap kepemimpinan dari Bu Erika sangat baik. Penuh semangat, mampu memotivasi seluruh warganya dengan cara memberi contoh keteladanan, komunikatif dengan warga, peduli akan kebersihan dan kesehatan dari warganya.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 6

Ayo Berdiskusi

Buatlah kelompok diskusi dengan teman-teman yang tinggal satu lingkungan denganmu (misalnya: satu RT/RW/desa)

  • Siapa ketua RT/RW atau kepala desa di lingkungan tempat tinggalmu?
  • Kegiatan apa saja yang dipimpin oleh ketua RT/RW atau kepala desa di lingkunganmu?

Tuliskan hasil diskusi kalian dalam bentuk peta pikiran seperti berikut.(contoh)

Kunci Jawaban Halaman 1, 2, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12 Tema 7 Kelas 6

Kemudian, ceritakan hasil diskusi kelompokmu kepada kelompok-kelompok lain.

Saya tinggal di RT 03 RW 04 Desa Wangon, nama ketua RT di tempat tinggalku adalah Bapak Sudirman. Beliau bertugas membantu menjalankan tugas pelayanan pada masyarakat yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, emelihara kerukunan hidup warga, dan enyusun rencana dan melaksanakan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 7

Ayo Berdiskusi

Dalam bacaan “Ibu RT, Sang Pemersatu”, selain ada pembicara yang menyampaikan pidato dan pendengar, ada juga tempat berlangsungnya pidato dan suasana ketika pidato disampaikan. Coba, tuliskan:

  • Tempat pidato, dan
  • Suasana saat disampaikannya pidato.

Bacakan jawabanmu secara bergantian. Jika ada perbedaan, diskusikan dengan teman-temanmu.

Susunan pidato:

  1. Tema: Rencana mendirikan Posyandu
  2. Pembicara: Ibu Erika
  3. Pendengar: Warga Kampung
  4. Tempat: Balai desa
  5. Urutan isi pidato: (1) Pembukaan (2) Memotivasi warga kampung.(3) Meminta peran serta masyarakat dalam kegiatan Posyandu (4) Mengajak tenaga kesehatan untuk menyisihkan waktu membantu pelaksanaan posyandu. (5) Penutup

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 8

Ayo Mencoba

Berdasarkan pidato pada bacaan “Ibu RT, Sang Pemersatu”, lengkapi bagan berikut.

Kunci Jawaban Halaman 1, 2, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12 Tema 7 Kelas 6

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 9

Ayo Berdiskusi

Amatilah gambar berikut.

Kunci Jawaban Halaman 1, 2, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12 Tema 7 Kelas 6

Apa perbedaan fisik laki-laki sebelum dan setelah masa pubertas?

Diskusikan bersama teman sekelompokmu, lalu bacakan hasilnya di depan kelompok-kelompok lain.

Sebelum masa pubertas :

  1. Suara belum berat dan besar
  2. Bahu dan dada belum melebar/lebih bidang
  3. Belum tumbuh jakun pada leher
  4. Belum tumbuh kumis, jambang dan jenggot
  5. Belum tumbuh rambut pada ketiak dan alat kelamin

Setelah masa pubertas :

  1. Suara sudah lebih berat dan besar
  2. Bahu dan dada sudah melebar/lebih bidang
  3. Sudah tumbuh jakun pada leher
  4. Sudah tumbuh kumis, jambang dan jenggot
  5. Sudah tumbuh rambut pada ketiak dan alat kelamin

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 11-12

Ayo Berkreasi

Dari pembelajaran pada tema 6, kamu telah mengetahui masa pubertas. Kamu juga telah mengetahui cara menyikapi masa pubertas. Coba, buatlah rencana karya berisi cara menyikapi masa pubertas. Kerjakan bersama kelompokmu. Kamu dapat membuat poster atau buklet sederhana. Tuliskan rencana karya yang akan kamu buat dalam bentuk seperti berikut.

Rencana Karya

Jenis Karya :  Poster

Bahan dan alat :

  1. Kertas karton warna putih
  2. Cat poster
  3. Pensil
  4. Penghapus
  5. Spidol
  6. Kuas
  7. Gambar dari koran bekas/majalah

Isi dalam karya :

Berupa perilaku dan kebiasaan positif yang harus dilakukan oleh remaja dalam menyikapi masa pubertas, dan dalam bentuk sebuah tulisan yang singkat dan didukung oleh gambar-gambar yang sesuai

Contoh poster menyikapi masa pubertas:

Kunci Jawaban Halaman 1, 2, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12 Tema 7 Kelas 6

Ayo Renungkan

  • Pengetahuan apa yang kamu pelajari hari ini?
  • Keterampilan apa yang kamu latih pada hari ini?
  • Sikap apa yang kamu kembangkan pada hari ini?

Pada hari ini saya telah mempelajari pengetahuan tentang kepemimpinan di daerahku dan belajar masa pubertas anak dan dewasa. Harti ini saya berlatih keterampilan membuat poster kesehatan oragan reproduksi. Sedangkan sikap yang saya kembangkan adalah sikap selalu beryukur, kompak dalam kerja kelompok dan selalu jujur.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Diskusikan dengan orang tuamu, nama-nama pemimpin yang kamu ketahui ada di lingkunganmu. Tuliskan hasilnya dalam tabel berikut.

Kunci Jawaban Halaman 1, 2, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12 Tema 7 Kelas 6

Nah adik-adik, itulah ulasan untuk Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 1, 2, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12. Tugas sekolah memang menjadi salah satu cara adik-adik untuk bisa mendapatkan nilai tugas. Nilai-nilai yang diperoleh akan dicatat oleh guru kelas pada buku tugas untuk kemudian pada akhir semester, semua nilai akan dihitung dan dimasukan pada nilai raport semester. Dan kami cukup yakin jika jawaban yang kami sediakan buat adik-adik ini bisa menjadi perantara adik-adik untuk mendapatkan nilai terbaik.

Saat ini adik-adik sudah memasuki kegiatan beljar pada buku Sistema tema 7 kelas 5 pada semester genap. Seperti yang adik-adik ketahui, bahwa semester genap sendiri sangatlah menentukan, apakah adik-adik kelak bisa naik kelas atau malah sebaliknya. Untuk bisa naik kelas, adik-adik harus memenuhi syarat lulus. Salah satunya ialah lulus pada nilai akhir. Dan nilai yang diperoleh dari tugas harian seperti ini menjadi salah satu nilai yang nantinya akan diperhitungkan.

Selain tugas harian, adik-adik juga harus mempersiapkan diri untuk kegitan lainnya, seperti ulangan harian dan ulangan semester. Adik-adik harus mempersiapkan diri dengan giat belajar, karena bisa saja sewaktu-waktu guru kelas mangadakan kegiatan ulangan harian. Jika adik-adik memiliki persiapan, maka kami yakin adik-adik bisa menyelsaikan semua soal yang ada dengan mudah.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 1, 2, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12 Tema 7 Kelas 6 Buku Siswa Tematik"