√ Kunci Jawaban Halaman 38, 41, 43, 44 Tema 7 Kelas 6 Buku Siswa Tematik - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 38, 41, 43, 44 Tema 7 Kelas 6 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban Tema 7 Kepemimpinan Kelas 6 halaman 38, 41, 43, 44 subtema 1 Pemimpin di Sekitarku pembelajaran 5 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini adalah alternatif jawaban yang nantinya bisa adik-adik manfaatkan untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang soal-soal tersebut saat ini menjadi tugas sekolah adik-adik. Kami berusaha menyediakan jawaban yang bagus, benar dan tepat. Dasar kami dalam membuat jawaban ini tentunya, kami terlebih dahulu sudah mempelajari materi yang ada pada buku, dan memahami soalnya, baru kemudian menjawab soalnya dengan jawaban yang tepat.

Kunci Jawaban Halaman 38, 41, 43, 44 Tema 7 Kelas 6

Kami cukup yakin dengan jawaban yang kami buat ini, maka dari itu adik-adik sekalian tak usah ragu, silahkan manfaatkan dengan baik semua jawaban yang kami sediakan ini. Namun tentunya kami disini hanya berusaha semaksimal mungkin sesuai pemahaman kami. Kami tidak bisa menjamin semua jawaban yang kami sediakan ini pasti benar dan tepat saat guru kelas adik-adik mengoreksinya. Maka kami sampaikan, jika nantinya masih adik-adik temukan jawaban yang kurang tepat, silahkan diperbaiki saja dan sampaikan pada kami.

Sebelumnya juga kami telah memposting Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 yang dapat adik-adik cari pada blog ini. Kami berharap jawaban yang sebelumnya telah adik-adik manfaatkan bisa menjadi penyebab adik-adik mendapatkan nilai terbaik dari tugas-tugas yang telah dikerjakan. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 33, 34, 35, 36 yang juga sudah kami posting pada blog Pojok Edukasi ini. Dan kami yakin dengan jawaban tersebut, dapat membantu adik-adik menyelesaikan semua tugas yang ada.

Meskipun jawban ini sangat membantu adik-adik dalam mengerjakan tugas sekolah, namun kami tetap menganjurkan kepada adik-adik sekalian, agar dapat berusaha mencari sendiri jawabannya pada buku pelajaran. Sebagian besar jawaban tentunya ada pada buku pelajaran, maka dari itu silahkan adik-adik berusaha dulu mencari jawabannya pada buku pelajaran. Dengan begitu adik-adik bisa serta merta belajar dan memahami materi pelajarannya.

Kunci Jawaban Halaman 38, 41, 43, 44 Tema 7 Kelas 6

Seperti yang sering kami sampaikan pada setiap artikel kami, bahwa memang kenyataannya soal-soal yang ada pada buku tematik kurikulum 2013 cukup sulit dijawab. Tentu tidak semua soalnya, namun sebagain soalnya menuntut dijawab dengan pendapat sendiri, dan tak sedikit juga jawabannya tidak ada pada buku pelajaran dan harus mencari pada referensi lainnya.

Maka tidak heran jika alternatif jawaban menjadi pilihan siswa dan orang tua yang juga turut andil dalam membantu anaknya mencari jawaban untuk menyelesaikan tugas sekolah. Dan seperti yang adik-adik ketahui, kalau kami disini berusaha menyediakan jawaban yang terbaik, yang mana jawaban ini juga kami ambil dari beberapa sumber dan pemahaman kami sendiri.

Namun meskipun begitu, kami tetap menyarankan adik-adik untuk selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Pastikan jawaban yang kami sediakan sudah sesuai dengan soalnya, baru kemudian adik-adik menyalinnya pada buku tugas. Dan jikapun masih adik-adik temukan jawaban yang kurang tepat, maka silahkan diperbaiki dan jawab dengan pemahaman sendiri.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 38

Ayo Menulis

1. Apa judul lagu tersebut?

Lagu tersebut berjudul Butet

2. Dari provinsi mana asal lagu tersebut?

Lagu tersebut berasal dari Tapanuli Sumatera Utara

3. Apa nada dasar yang digunakan pada lagu tersebut?

Nada dasar yang digunakan adalah Do=F

4. Apa tanda tempo yang digunakan pada lagu tersebut?

Tanda tempo yang digunakan adalah 4/4 Andante Cantabile

5. Apa arti tanda tempo tersebut?

Arti tanda tempo andanante contable adalah sedang namun agak lambat.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 41

Ayo Menulis

Kamu telah membaca bacaan “Tangga Nada Diatonis Mayor”.

1. Apa pengertian tangga nada mayor?

Tangga nada diatonis mayor yang memiliki jarak nada (interval) 1 1 ½ 1 1 1 ½

2. Apa ciri-ciri lagu bertangga nada mayor?

Bersemangat, riang gembira, diawali dan diakhiri dengan nada do. Terkadang diawali nada sol (5) / mi (3) dan diakhiri nada do (1)

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 43-44

Ayo Beridiskusi

Amatilah gambar berikut.

Kunci Jawaban Halaman 38, 41, 43, 44 Tema 7 Kelas 6

Apa perbedaan ciri-ciri fisik laki-laki dan perempuan setelah masa pubertas?

Diskusikan bersama teman sekelompokmu, lalu bacakan hasilnya di depan kelompok-kelompok lain.

Perbedaan ciri-ciri fisik laki-laki dan perempuan masa pubertas yaitu:

  • Suara perempuan melengking, sedang suara laki-laki membesar/berat
  • Perempuan pada leher tidak tumbuh jakun, sedang laki-laki tumbuh jakun pada leher
  • Dada pada perempuan membesar, sedang dada pada laki-laki melebar/membidang
  • Tidak tumbuhnya jambang, kumis dan janggut pada perempuan, sedang laki-laki tumbuh jambang, kumis dan janggut
  • Pinggul perempuan melebar/membesar, sedang pinggul laki-laki tetap

Ayo Mencoba

Pada Pembelajaran 2 kamu telah membuat karya poster/buklet tentang cara menyikapi masa pubertas melalui ciri-cirinya. Sekarang, presentasikan hasil karyamu di depan teman-teman dan guru. Lakukan bergantian.

Perubahan fisik selama masa pubertas kemungkinan akan mempengaruhi kegiatanmu sehari-hari. Mungkin kamu akan merasakan sedikit ketidaknyamanan. Berikut beberapa cara menyikapi masa pubertas yang akan kamu alami. 

1. Menjaga kebersihan tubuh.

Dalam masa pubertas, aktivitas kelenjar minyak dan kelenjar keringat meningkat. Akibatnya, wajah mudah berjerawat dan tubuh berbau kurang sedap. Mandilah dua kali sehari dan kenakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Apabila keringatmu berlebih, bersihkan tubuhmu dan gantilah pakaianmu. Pakaian yang lembap oleh keringat menjadi sarang kuman. Kuman dapat menyebabkan bau tidak sedap dan menimbulkan penyakit kulit.

2. Menjaga kesehatan dengan memilih makanan sehat dan berolahraga.

Makanan diperlukan untuk pertumbuhan badan. Pilihlah makanan yang berasal dari bahan-bahan segar dan diolah dengan cara yang sehat, misalnya tanpa pengawet, pemanis buatan, atau penyedap rasa. Perbanyak pula minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar berupa keringat.

3. Hati-hati dalam bergaul dengan lawan jenis.

Pada masa puber, organ reproduksi telah aktif. Oleh karena itu, sebaiknya kamu bergaul dengan lawan jenis dalam batas yang wajar. Hindari berdua-duaan antara laki-laki dan perempuan.

4. Memilih bacaan dan tontonan yang sesuai umur.

Saat ini akses untuk bacaan dan tontonan dengan mudah dapat kita peroleh. Namun, pilihlah bacaan dan tontonan yang baik, menambah wawasan, dan sesuai umurmu. Hindari membaca bacaan dan menonton tontonan dewasa.

5. Rajin beribadah sesuai agama masing-masing.

Dengan rajin beribadah, kita mendekatkan diri kepada Tuhan. Kita akan mematuhi aturan-aturan agama untuk berperilaku dan berbuat sesuai tuntunan agama.

Ayo Renungkan

Dari pembelajaran hari ini, kamu telah mendapat pengetahuan baru, melatih keterampilan, dan mengembangkan sikap-sikap baik.

Adakah pengetahuan dan keterampilan yang dapat kamu berikan bagi perbaikan lingkungan sekitarmu? Apakah itu?

Pengetahuan dan keterampilan yang dapat aku berikan bagi perbaikan kehidupan lingkungan sekitarku:

Membuat suatu barang baru dari barang bekas yang tidak terpakai.

Salah satu bentuk untuk mengurangi sampah adalah dengan mendaur ulangnya. Dengan didaur ulang, barang bekas akan menjadi barang baru yang dapat dijual kembali.

Menanam tanaman

Tidak perlu terlalu berat terlebih dahulu untuk menanam tanaman besar di hutan, mulailah belajar menanam tanaman seperti bunga yang setidaknya dapat menjadi sumber makanan dari lebah atau hewan penghisap nektar bunga lainnya.

Berani untuk menegur orang lain atau teman yang melakukan perusakan lingkungan.

Dengan pengetahuan yang kamu dapat, kamu harus bisa untuk berani menegur orang lain atau teman yang melakukan perusakan lingkungan.

Sikap baik apakah yang dapat menjadikan kehidupanmu dan lingkungan sekitarmu menjadi lebih baik?

Sikap baikku yang dapat menjadikan kehidupan dan lingkungan sekitarku menjadi lebih baik:

Membuang sampah pada tempatnya, bila perlu memungut sampah yang dikiranya berserakan

Membuang sampah adalah hal terkecil yang dilakukan sejak dini untuk membuat lingkungan sekitar menjadi lebih baik lagi. Bila perlu berlatihlah untuk memungut sampah yang berserakan.

Tidak membiarkan adanya genangan air di wadah bekas.

Dengan membuang genangan air di wadah bekas merupakan langkah mencegah perkembangbiakan nyamuk, terutama nyamuk Aedes aegypti yang menyebabkan demam berdarah.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tua, siswa menyanyikan lagu “Butet”.

Nah adik-adik, itulah ulasan kami untuk Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 38, 41, 43, 44. Adik-adik pastinya berharap tugas kali ini bisa mendapatkan nilai yang bagus. Kami sering mengingatkan adik-adik, agar selalu teliti dalam mengerjakan tugas sekolah. Meskipun kami sudah menyediakan jawaban diatas, namun adik-adik harus memastikan jawabannya sudah sesuai dengan soal yang ada, baru kemudian adik-adik dapat menyalinnya pada buku tugas.

Dengan ketelitian, dan dengan memanfaatkan jawaban diatas, kami cukup yakin kalau nantinya adik-adik bisa meraih nilai-nilai terbaik dari setiap tugas yang dikumpulkan kepada guru kelas. Dengan begitu adik-adik bisa meningkatkan nilai tugas, yang nantinya berguna untuk meningkatkan nilai akhir pada raport semester.

Dan persiapkan diri adik-adik mulai dari sekarang, karena selain tugas sekolah, adik-adik juga harus mengikuti kegiatan lainnya dan harus punya persiapan. Kegiatan yang kami maksudkan ialah seperti ulangan harian dan ulangan semester. Untuk bisa mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut, adik-adik haruslah punya persiapan dengan rajin belajar dan mengulang kembali pelajaran sebelumnya. Dengan begitu kami cukup yakin jika nantinya adik-adik bisa mengerjakan soal-soalnya.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 38, 41, 43, 44 Tema 7 Kelas 6 Buku Siswa Tematik"