√ Kunci Jawaban Halaman 53, 54, 55, 58, 59, 60 Tema 7 Kelas 6 Buku Siswa Tematik - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 53, 54, 55, 58, 59, 60 Tema 7 Kelas 6 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban Tema 7 Kepemimpinan Kelas 6 halaman 53, 54, 55, 58, 59, 60 subtema 2 Pemimpin Idolaku pembelajaran 1 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami sediakan berikut ini dibuat dengan sebaik mungkin dengan terlebih dahulu membaca, mempelajari materi dan soal-soal yang ada pada buku, yang menjadi tugas adik-adik. Setelah kami memahami materi, barulah kami mencari jawaban yang tepat dan benar, baik dari buku siswa, referensi lain, maupun pemahaman kami sendiri terkait soal tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 53, 54, 55, 58, 59, 60 Tema 7 Kelas 6

Kami tahu kalau alternatif jawaban seperti ini tengah banyak dimanfaatkan oleh siswa untuk membantu menjawab dan menyelesaikan tugas sekolah. Memang tak bisa dipungkiri, bahwa sebagian besar yang ada pada buku tematik kurikulum 2013 cukup sulit untuk dijawab. Dalam menjawab soal-soalnya, tak jarang menuntut siswa untuk bisa berpendapat sendiri. Dan tak sedikit juga jawabannya tidak ditemukan pada buku pelajaran, maka tak heran jika alternatif jawaban ini menjadi pilihan para siswa.

Sebelumnya, kami juga telah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 yang kami yakin sebelumnya sudah pernah adik-adik manfaatkan jawaban tersebut untuk menyelesaikan tugas pada kegiatan belajar sebelumnya. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 46, 47, 49, 52 yang juga sudah kami sediakan pada blog ini. Adik-adik dapat melihatnya, dan memanfaatkan jawaban tersebut, karena jawaban tersebut adalah jawaban untuk tugas pada kegiatan belajar sebelumnya.

Kami tahu kalau adik-adik sangat bergantung dengan alternatif jawaban ini. Dan terkadang tidak percaya diri dengan jawaban sendiri. Meskipun begitu, kami selalu menyarankan kepada adik-adik semua, agar terlebih dahulu berusaha sendiri mencari jawabannya pada buku pelajaran. Dan jikapun nantinya sudah berusaha, namun belum juga menemukan jawabannya, barulah adik-adik memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini.

Kunci Jawaban Halaman 53, 54, 55, 58, 59, 60 Tema 7 Kelas 6

Mengerjakan tugas sekolah merupakan hal yang biasa adik-adik lakukan sebagai siswa. Dan pada tugas kali ini, adik-adik sedang mengerjakan tugas untuk kegiatan belajar 1 di buku siswa tema 7 kelas 6 subtema 2. Sama halnya dengan jawaban untuk tugas pada buku siswa tema sebelumnya. Kami juga sudah menyediakan alternatif jawabannya untuk adik-adik, baik itu jawaban soal langsung, atau hanya sekedar contoh saja, sebagai acuan untuk mengerjakan tugas tersebut.

Perlu adik-adik ketahui, bahwa adik-adik harus berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mendapatkan nilai terbaik, baik itu dari tugas sekolah, ulangan harian, dan ulangan akhir semester. Karena semua nilai yang nantinya adik-adik peroleh dari semua kegiatan yang diadakan oleh guru dan sekolah, akan sangat membantu sekali dalam meningkatkan nilai akhir di raport semester.

Maka dari itu selalu maksimal dalam mengerjakan tugas, teliti kembali jawaban yang kami sediakan, sebelum adik-adik menyalinnya pada buku tugas. Karena kamipun tentunya tak lepas dari kekeliruan dan kesalahan. Dan kami tidak bisa menjamin semua jawaban yang kami buat ini pasti benar, semua tergantung pada guru yang mengoreksinya. Jikapun nanti masih ditemukan jawaban yang kurang tepat, maka silahkan diperbaiki.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 53

Ayo Menulis

Kamu sudah belajar tentang kepemimpinan dan nilai-nilai yang harus dimiliki. Di sekitar kita banyak pemimpin yang baik dan kita mengidolakannya. Apakah kamu memiliki seorang pemimpin idola Siapakah dia? Mengapa kamu mengidolakannya?

Tulislah pemimpin idolamu dan nilai-nilai kepemimpinan yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Jangan lupa menuliskan contoh kegiatan yang telah dilakukannya.

Contoh:

Ir. Soekarno

Beliau merupakan presiden pertama Indonesia. Beliau selalu menanamkan rasa persatuan dan pentingnya mengenang perjuangan kemerdekaan dengan semboyan “jasmerah” yaitu jangan sekali sekali melupakan sejarah. Dengan melihat sejarah bangsa Indonesia yang berjuang dalam mendapatkan kemerdekaan dan seharusnya para penerus bangsa harus berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan.

Sifat kepemimpinan yang juga menonjol dan Ir. Soekarno adalah percaya diri yang kuat, penuh inisiatif dan inovatif serta kaya akan ide dan gagasan baru. Sehingga pada puncak kepemimpinannya, pernah menjadi panutan dan sumber inspirasi pergerakan kemerdekaan dari bangsa-bangsa Asia dan Afrika serta pergerakan melepas ketergantungan dari negara-negara Barat

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 54

Gabungkanlah nilai-nilai kepemimpinan tokoh idolamu dan nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki oleh pemimpin idola teman satu kelompokmu. Pilihlah tiga nilai kepemimpinan dan contoh kegiatannya yang patut diteladani. Tuliskan ketiga nilai tersebut pada kotak yang bertuliskan ‘nilai’ dan tuliskan kegiatanyang telah dilakukannya pada kotak di sebelah kanan.

Kunci Jawaban Halaman 53, 54, 55, 58, 59, 60 Tema 7 Kelas 6

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 55

Pemimpin idola dapat berasal dari berbagai kalangan. Diskusikan siapa saja para pemimpin idola teman sekelasmu. Apakah mereka bekerja di bidang politik, sosial, budaya, ekonomi atau pendidikan. Catat hasil diskusimu. Kamu bisa mempelajari contoh yang diberikan.

Kunci Jawaban Halaman 53, 54, 55, 58, 59, 60 Tema 7 Kelas 6

Pemimpin idola memiliki nilai-nilai yang terlihat dalam kegiatan kesehariannya. Sebaiknya, kita banyak belajar dari para pemimpin yang menjadi pujaan atau idola kita.

Kamu bisa menuliskan tokoh idolamu, lembaga tempatnya bekerja, tugas, dan manfaat kelembagaan pada tabel berikut. Perhatikan contoh yang ada sebelum mengerjakan tugasmu.

Kunci Jawaban Halaman 53, 54, 55, 58, 59, 60 Tema 7 Kelas 6

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 58

Apakah kamu telah menerapkan nilai-nilai persatuan? Tulislah contoh penerapan nilai-nilai persatuan saat kamu berada di sekolah. Jangan lupa sertakan manfaatnya bagimu dan lingkungan sekitarmu.

Beberapa contoh penerapan nilai-nilai persatuan:

  • Berteman dengan teman yang berbeda agama manfaat banyak memiliki teman.
  • Toleransi manfaat tidak terjadi pertengkaran.
  • Saling menghormati antar teman manfaat sekolah menjadi aman.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 59

Kamu akan berpidato bergiliran di hadapan adik kelas dan guru-gurumu di pertemuan berikutnya.

Contoh pidato:

1. Kalimat sapaan

Selamat pagi teman-teman, 

2. Pendahuluan

Pada kesempatan yang baik ini perkenankanlah saya menyampaikan pidato singkat tentang pentingnya budaya membaca.

3. Inti

Membaca adalah sebuah keharusan bila kita ingin menguasai dunia.  Banyak manfaat yang diperoleh dari membaca. Dengan membaca siswa dapat memperluas cakrawala ilmu pengetahuan, menambah informasi bagi diri sendiri, meningkatkan pengetahuan serta menambah ide. Jadi jelas pengaruh bacaan sangat besar terhadap peningkatan cara berfikir seorang siswa.

4. Keterangan

Untuk itu marilah kita ciptakan suasana yang nyaman saat membaca. Lakukan kegiatan secara bertahap. Misalnya dari selembar artikel, bertahap ke buku yang tipis hingga buku yang tebal. Selanjutnya cermati apa yang kita baca agar dapat diterima ilmunya secara maksimal. Dan yang terakhir, sampaikan apa yang kita baca kepada orang lain agar lebih bermanfaat.

5. Penutup

Demikianlah pidato saya kali ini yang kesimpulannya adalah membaca sangat penting bagi siswa untuk memperluas wawasan dan menambah pengetahuan. Budaya membaca di sekolah dapat dikembangkan oleh seluruh warga sekolah. Saya mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati anda. 

6. Salam Penutup

Terima kasih

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 60

Ayo Renungkan

Setelah belajar tentang pemimpin idola, apakah menurutmu:

Menjadi pemimpin idola mudah? Mengapa?

Iya mudah, karena kita bisa menjadi pemimpin meskipun tidak diangkat secara resmi atau menjabat sebagai direktur. Dalam kehidupan sehari-hari, disekolah atau di tempat kerja juga bisa menjadi seorang pemimpin dengan mampu memberikan teladan, bimbingan dan arahan.

Kamu bisa menjadi pemimpin idola? Jelaskan!

Iya bisa, dengan memberikan teladan yang baik, bimbingan dan arahan siapapun bisa menjadi pemimpin idola. 

Kerja Sama dengan Orang Tua

Diskusikanlah dengan orang tua tentang pemimpin idolamu. Tanyakan kepada mereka, apakah memiliki pemimpin idola. Bandingkan nilai-nilai yang dimiliki oleh para pemimpin tersebut. Catatlah hasilnya. Bandingkan catatanmu dengan catatan temanmu di sekolah.

Adik-adik dapat menanyakan lasung kepada orang tua untuk tugas ini. Atau bisa mencari referensi di internet terkait dengan pemimpin idola.

Demikianlah postingan kami terkait dengan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 53, 54, 55, 58, 59, 60. Jawaban yang kami sediakan untuk adik-adik ini adalah jawaban terbaik yang kami buat semaksimal mungkin. Diharapkan dengan memanfaatkan jawaban ini, adik-adik tak hanya dapat segera menyelesaikan tugas sekolah saja, namun nilai yang nantinya adik-adik peroleh akan maksimal dan bagus.

Tugas-tugas sekolah memang terkadang membuat kerepotan adik-adik, apalagi jika tugas tersebut harus dikerjakan secara bersamaan dengan mata pelajaran lainnya. Namun kami selalu mengingatkan, agar adik-adik tidak hanya fokus untuk mengerjakan tugas sekolah saja, namun adik-adik juga harus meluangkan waktu untuk belajar.

Apalagi adik-adik tahu kalau saat ini sudah memasuki semester genap. Semua nilai yang diperoleh dari berbagai kegiatan sekolah akan sangat menentukan sekali, apakah nantinya adik-adik bisa lulus dengan nilai yang bagus, atau malah sebaliknya. Semoga saja, dengan adanya alternatif jawaban ini, bisa menjadi salah satu penyebab, adik-adik bisa lulus dengan nilai terbaik.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 53, 54, 55, 58, 59, 60 Tema 7 Kelas 6 Buku Siswa Tematik"