√ Kunci Jawaban Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82 Tema 7 Kelas 6 Buku Siswa Tematik - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82 Tema 7 Kelas 6 Buku Siswa Tematik

Kunci jawaban Tema 7 Kepemimpinan Kelas 6 halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82 subtema 2 Pemimpin Idolaku pembelajaran 3 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi dibawah ini kami sediakan untuk memudahkan adik-adik dalam menjawab dan menyelesaikan tugas sekolah. Karen kami tahu jika saat ini adik-adik tengah disibukkan dengan tugas-tugas sekolah yang harus segera diselesaikan untuk nantinya dikumpulkan kepada guru kelas. Kami selalu berupaya menyediakan jawaban yang bagus, tepat dan benar yang dengan jawaban ini nantinya adik-adik dapat meraih nilai tertinggi di kelas.

Kunci Jawaban Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82 Tema 7 Kelas 6

Harus diakui kalau alternatif jawaban memang menjadi hal yang sedang banyak dicari oleh para siswa, untuk dimanfaatkan sebagai jawaban, menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang masih belum selesai. Kami tahu kenapa alternatif jawaban seperti ini menjadi pilihan siswa dalam menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah. Kami melihat bahwa memang soal-soal latihan yang ada pada buku siswa cukup sulit untuk dijawab. Siswa sangat dituntut untuk bisa berpendapat sendiri dalam menjawab soalnya, dan tak jarang juga jawabannya tidak ada pada buku pelajaran dan harus mencari di luar buku pelajaran.

Sebelumnya, kami sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6, yang dapat dilihat pada blog ini dan dimanfaatkan jawabannya jika memang diperlukan dan dibutuhkan. Serta lihat juga Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 63, 71, 72 yang juga telah kami posting pada blog ini. Kami tentunya yakin jika jawaban ini dapat menjadi perantara bagi adik-adik dalam meraih nilai tertinggi di kelas. Dengan begitu adik-adik bisa berprestasi di sekolah dan orang tuapun pastinya akan sangat senang sekali.

Meskipun jawaban ini akan sangat membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah, namun kami tetap menyarankan kepada adik-adik untuk bisa berusaha sendiri mencari jawabannya pada buku pelajaran. Hal ini supaya adik-adik bisa sekalian membaca dan belajar serta dapat memahami materinya. Dengan begitu adik-adik juga tidak selalu bergantung dengan alternaif jawaban seperti ini.

Kunci Jawaban Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82 Tema 7 Kelas 6

Seperti yang sering kami utarakan pada setiap postingan kami, bahwa memang kami disini menyediakan jawaban untuk semua buku pelajaran siswa, mulai dari kelas rendah dan kelas tinggi. Dengan harapan jawaban ini bisa membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah. Kami memang membuat jawaban ini semaksimal mungkin, dengan terlebih dahulu mempelajari materi dan soalnya.

Dan kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini, bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar, serta bisa mengantarkan adik-adik sekalian untuk bisa meraih nilai terbaik. Namun tentunya kami disini hanya berusaha semaksimal mungkin sesuai kemampuan kami. Kami tidak bisa menjamin sepenuhnya jawaban yang kami sediakan ini pasti benar dan tepat, maka dari itu selalu teliti dalam mengerjakan soalnya, pastikan jawaban dan soalnya sudah sesuai, batu kemudian adik-adik salin pada buku tugas.

Adik-adik juga harus mulai mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar, apalagi saat ini sudah memasuki semester genap. Mengerjakan tugas-tugas seperti ini memang penting. Namun adik-adik tidak boleh melalaikan kegiatan lainnya, seperti ulangan kahir, dan ulangan akhir semester. Kegiatan tersebut juga sangat perlu persiapan.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 75-76

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca teks “Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku”. Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan kelompokmu.

1. Mengapa kepala sekolah pada cerita di atas menjadi pemimpin idola?

Pak Welly menjadi pemimpin idola karena beliau ia memiliki sikap rela berkorban, pantang menyerah, peduli dengan siswa, dan bisa mempersatukan seluruh warga sekolah.

2. Apakah kepala sekolah pada kisah sudah mengamalkan nilai-nilai persatuan? Jelaskan!

Pak Welly sudah mengamalkan nilai-nilai persatuan karena bersama-sama memanen pisang dan mengundang Bapak Bupati, Bapak Camat, Bapak Lurah, Kepala Dinas Pendidikan serta Ketua RW dan Ketua RT untuk berperan dalam penggalangan dana (lelang pisang).

3. Apakah kepala sekolah sudah menerapkan nilai-nilai kerakyatan? Jelaskan!

Pak Welly sudah menerapkan nilai-nilai kerakyatan karena dalam mengambil keputusan untuk melaksanakan lelang hasil kebun sekolah melaui musyawarah dengan para guru.

4. Apa alasan kepala sekolah membantu Sudin untuk mengikuti lomba pidato?

Pak Welly membantu Sudin untuk mengikuti lomba pidato sebab ia ingin Sudin memperoleh pengalaman berharga.melalui lomba pidato.

5. Apa yang bisa kita teladani dari sosok kepala sekolah tersebut?

Kita bisa meneladani sosok kepala sekolah tersebut karena nilai-nilai persatuan dan kerakyatan yang dimilikinya sebagai seorang pemimpin.

6. Apakah yang menjadikan Sudin akibatnya sanggup pergi mengikuti kompetisi? Jelaskan!

Sudin mendapatkan dana yang cukup untuk mengikuti kompetisi melalui pelelangan pisang yang dibeli oleh para bapak dan ibu pejabat daerah yang diundang.

7. Bagaimana menurutmu kekerabatan antara kepala sekolah dengan bupati, kepala dinas, dan pejabat kawasan lainnya? Apa yang membuatmu menyimpulkan ibarat itu?

Hubungan antara kepala sekolah dengan bupati, kepala dinas, dan pejabat kawasan lainnya terjalin baik. Hal ini ditunjukkan dengan kedatangan mereka ke sekolah memenuhi undangan kepala sekolah dalam program lelang hasil kebun sekolah.

Berdasarkan jawabanmu buatlah goresan pena mengenai Pak Welly.

Pak Welly, seorang kepala sekolah dasar di pinggiran kota Grobogan adalah seorang yang benar-benar berjiwa besar. Selain sangat menyayangi murid-muridnya, Pak Welly juga sangat cerdas dan murah hati. Ia mengajak seluruh warga sekolah untuk bergotong-royong demi membantu Sudin. Beliau menggunakan hasil panen buah pisang di sekolahnya untuk dilelang. Hasil lelang digunakan untuk membiayai Sudin mengikuti lomba berpidato. Sudin berhasil mempersembahkan piala untuk sekolahnya. Terbukti tekad Pak Welly bahwa kita tak perlu ragu untuk maju. Selalu ada jalan ketika kita menggalang persatuan untuk mewujudkan mimpi dan harapan.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 77

Kamu sudah mengetahui nilai-nilai kepemimpinan kepala sekolah Sudin yang telah mengamalkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar sekolah. Tulislah perilakumu yang merupakan wujud dari nilai-nilai tersebut dan telah kamu praktikkan di lingkungan rumahmu.

Beberapa perilaku yang telah saya praktikan diantaranya adalah bergotong royong membersihkan lingkungan rumah, mengunjungi sahabat yang sakit, dan menawarkan pinjaman kepada tetangga yang terkena musibah.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 78

Ayo Menulis

Tuliskanlah contoh-contoh penerapan nilai-nilai kerakyatan dalam kehidupanmu sehari-hari.

Penerapan nilai-nilai kerakyatan dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

  1. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain,
  2. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama,
  3. Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah,
  4. Melaksanakan hasil keputusan musyawarah dengan tanggung jawab.

Tuliskan tugasmu, lalu presentasikan di depan teman-teman dan guru. Lakukan bergantian.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 80

Ayo Mencoba

Bersama kelompokmu, carilah buku-buku referensi di perpustakaan sekolahmu, lalu carilah informasi mengenai peran Indonesia di ASEAN dalam berbagai bidang berikut.

  1. Pendidikan
  2. Pangan
  3. Sosial
  4. Kesehatan
  5. Pariwisata

Tuliskan hasil laporanmu dalam bentuk yang menarik. Kamu dapat membuatnya dalam bentuk paparan atau diagram.

Kunci Jawaban Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82 Tema 7 Kelas 6

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 81

Ayo Menulis

Tulislah rancangan pidato singkat untuk mengajak teman-temanmu gemar membaca. Ingatlah teks pidato harus memuat hal-hal pokok berikut.

1. Salam Pembuka

Kalimat sapaan (Assalamualaikum Wr. Wb/Salam sejahtera/ Selamat pagi/ selamat siang/ selamat malam, dan lain sebagainya kepada kepala sekolah, dewan guru dan rekan siswa)

2. Pendahuluan

Menjelaskan topik yang akan dibahas. (Memaparkan data tentang tingkat gemar membaca di Indonesia dibandingkan negara lain)

3. Inti

Berisi bahasan topik secara lengkap. (Tentang manfaat membaca, himbauan dan ajakan membaca)

4. Penutup

Berisi ringkasan dari pembahasan topik. (Rangkuman atau ringkasan dari pidato gemar membaca)

5. Salam penutup

Berisi ucapan terima kasih dan salam

Contoh Teks Pidato:

1. Salam Pembuka

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh....

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

2. Pendahuluan

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan pidato tentang gemar membaca. Era globalisasi memudahkan kita memeproleh informasi. Membaca merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk dapat memperoleh informasi tersebut. Membaca memiliki banyak sekali manfaat. Membaca sangatlah penting untuk semua orang.

3. Inti

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan minat membaca, yaitu dimulai dengan kemauan dari diri kita sendiri untuk membaca. Kita membiasakan diri untuk membaca seperti yang kita lakukan pada kebiasaan lain. Kita bisa membaca koran, majalah, buku- buku pelajaran dan sebagainya untuk membiasakannya. Bisa juga dengan sering mengunjungi perpustakaan dan meminjam buku di perpustakaan.

Dari membaca, banyak manfaat yang bisa kita dapat yaitu kita lebih disiplin dalam mengatur waktu, terutama waktu luang, dapat memperoleh informasi dan menambah wawasan. Harapan saya semoga dengan membaca, wawasan kita akan lebih luas dan minat membaca kita semakin besar.

4. Penutup

Marilah kita tumbuhkan minat membaca, untuk menambah wawasan kita mengenai dunia dan lingkungan sekitar kita. Mulailah membaca dari diri sendiri dengan membaca bacaan yang ada di sekitar kita.

5. Salam Penutup

Demikian pidato ini saya sampaikan. Bila ada kata- kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf dan terima kasih atas kesempatan yang diberikan.

Wabillahi taufik walhidayah

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 82

Ayo Renungkan

Apa yang telah aku pelajari hari ini?

Pada hari ini saya telah mempelajari tentang Sikap:Menghargai perbedaan pendapat dengan orang lain dan cermat, Nilai-nilai persatuan dan kerakyatan dalam kehidupan, Peran Indonesia dalam bidang sosial di ASEAN, dan Unsur-unsur teks pidato.

Pengetahuan apa yang dapat kumanfaatkan dalam kehidupanku sehari-hari?

Pengetahuan yang dapat diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari adalah nilai-nilai persatuan dan kerakyatan dalam kehidupan.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tuamu, carilah berita atau gambar tentang peran Indonesia dalam bidang sosial di ASEAN.

Peran Indonesia dalam kerja sama di bidang sosial budaya dalam ruang lingkup ASEAN, antara lain :

  1. Keikutsertaan Indonesia dalam ajang olahraga Sea Games. Pada tahun 2011 indonesia pernah menjadi tuan rumah dalam ajang pesta olahraga semenanjung Asia Tenggara.  
  2. Memberikan bantuan kemanusiaan, Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk negara-negara asean yang dilanda bencana alam ataupun konflik. Contohnya saja Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada korban topan haiyan di negara Filipina.
  3. Program pertukaran pelajar, program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan penguasaan bahasa asing dan memperdalam ilmu yang dipelajari. Indonesia turut mengirimkan para anak-anak bangsa yang ingin melanjutkan atau meneruskan pendidikannya ke luar negeri seperti Malaysia, singapura, Thailand, dan negara-negara asean lainnya. Selain itu Indonesia juga menerima para siswa atau mahasiswa yang ingin menuntut ilmu di Indonesia.
  4. ASEAN Foundation Model ASEAN Meeting (AFMAM), Indonesia mengirimkan perwakilannya dalam ajang 2nd ASEAN Foundation Model ASEAN Meeting 2016. Kegiatan ini merupakan memperkenalkan kepada seluruh mahasiswa dalam ruang lingkup ASEAN proses pengambilan keputusan dan bagaimana ASEAN bekerja. Peserta diajak untuk bersimulasi menjadi salah satu wakil negara anggota ASEAN untuk membahas isu yang fundamental yakni kebijakan mengenai pekerja pendatang (migrant worker).
  5. Asean Film Festival, Indonesia turut menjadi peserta dalam kegiatan ini. Dimana tujuan dalam kegiatan ini adalah sebagai sara promosi kebudayaan dan menjual lokasi syuting film di negara-negara asean

Cukup sekian artikel kami yang membahas Kunci Jawbaan Tema 7 Kelas 6 Halaman  75, 76, 77, 78, 80, 81, 82 ini. Kami tentunya berharap jawaban yang kami buat dan bagikan buat adik-adik ini, bisa membantu menyelesaikan tugas sekolah, dengan begitu adik-adik tidak telat dalam mengumpulkan tugas tersebut kepada guru kelas. Selain itu, kami juga berharap nilai yang diperoleh dari tugas tersebut akan maksimal. Dengan begitu, adik-adik bisa memperbaiki nilai tugas sebeleumnya.

Mendapatkan nilai yang bagus sudah menjadi hal yang patut adik-adik perjuangkan. Karena nilai-nilai yang nantinya adik-adik peroleh, baik dari tugas harian, ulangan harian, tugas praktek dan ulangan akhir semester, akan sangat menentukan sekali, apakah kelak adik-adik bisa lulus dengan nilai terbaik atau malah sebaliknya.

untuk itu, kami selalu mengingatkan adik-adik, agar mulai dari sekarang ini giat belajar dan mempersiapkan diri. Pelajari kembali materi yang sudah dipelajari pada kegiatan belajar sebelumnya. Perbanyak mengulang materi agar pemahaman adik-adik semakin mendalam. Dengan begitu kami cukup yakin jika nantinya adik-adik bisa menyelesaikan soal-soal ulangan dengan mudah.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82 Tema 7 Kelas 6 Buku Siswa Tematik"