√ Kunci Jawaban Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41, 42 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 5 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41, 42 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 5

Kunci jawaban Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas 5 halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41, 42 subtema 1 Manusia dan Lingkungan pembelajaran 5 buku siswa tematik SD K13 berikut ini kami bagikan khusus untuk adik-adik yang sekarang ini tengah sibuk mencari jawaban untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang mana soal-soal tersebut menjadi tugas sekolah. Kami menyadari akan pentingnya jawaban yang tepat dan benar, karena jawaban bukan hanya untuk menyelesaikan soal-soal saja, namun diharapkan juga dengan jawaban tersebut, nilai yang nantinya diperoleh bisa bagus dan tinggi.

Kami menyadari bahwa sekarang ini siswa sekolah dasar cukup banyak mencari dan memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini untuk memudahkannya dalam menjawab soal-soal pada buku siswa. Dan kenyataannya juga tak hanya siswa saja, banyak juga diantara para orang tua yang juga memanfaatkan alternatif jawaban ini untuk membantu anaknya menyelesaikan tugas sekolah. Maka dari itu kami hadir untuk memenuhi kebutuhan adik-adik akan jawaban yang tepat dan benar untuk mengerjakan tugas sekolahnya.

Seperti yang sering kami sampaikan pada setiap artikel kami, bahwa dalam menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah adik-adik saat ini. Kami tentunya tidaklah sembarang atau asal dalam menjawab soal-soal tersebut. Namun kami menjawab dengan tepat dan benar sesuai pemahaman kami. Kami sebelumnya sudah membaca materi, mempelajari dan memahaminya. Baru setelah itu kami mencari jawaban terbaik, baik pada buku pelajaran, internet maupun pemahaman kami sendiri.

Sebelumnyapun kami sudah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 yang kami rasa adik-adikpun sudah pernah melihat dan memanfaatkannya untuk menyelesaikan tugas pada kegiatan belajar sebelum ini. Semoga saja jawaban tersebut dapat membantu dalam menyelesaikan tugas adik-adik. Kami juga mengajak adik-adik untuk melihat Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 31, 32, 33, 34 yang juga beberapa waktu lalau sudah kami posting pada blog ini. Kami yakin jawaban itu akan sangat membantu adik-adik, maka silahkan dilihat dan manfaatkan dengan baik.

Kunci Jawaban Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41, 42 Tema 8 Kelas 5

Pada kenyataannya, memang alternatif jawaban seperti ini sangat banyak dimanfaatkan oleh para siswa dan sangat membantu dalam menyelesaikan tugas sekolah. Apalagi tugas tersebut banyak dan harus segera dikumpulkan kepada guru kelas. Maka tak heran jika banyak siswa yang memilih alternatif jawaban ini. Akan tetapi kami disini masih tetap menyarankan kepada adik-adik, untuk selalu teliti dalam mengerjakan tugas sekolah. Sebelum menyalin jawaban ke buku tugas, pastikan adik-adik sudah mengeceknya dan memastikan jawaban tersebut memang sudah sesuai dengan soal yang ada.

Nilai yang bagus akan sangat diperlukan oleh adik-adik saat ini, karena nilai tersebut akan sangat menentukan dalam kenaikan kelas. Maka dari itu maksimalkan dalam mengerjakan tugas sekolah dan selalu giat dalam belajarnya, karena selain tugas harian seperti ini, adik-adik juga harus menyiapkan diri untuk kegiatan lainnya, seperti ulangan harian, tugas praktek, dan ulangan akhir semester yang pasti akan adik-adik ikuti.

Untuk bisa menjawab dan mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut, adik-adik harus punya persiapan yang bagus dan pemahaman terkait materi pelajarannya, agar nantinya bisa menjawab soal-soal yang ada. Namun kami yakin, dengan persiapan yang bagus, dan sering mengulang dan mempelajari materi yang belum dipahami dengan baik, adik-adik akan dengan mudah mengerjakan soalnya dan bisa mendapatkan nilai terbaik.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 36

Ayo Bercerita

1. Apa judul lagu itu?

Lagu di atas berjudul Kampungku

2. Siapa penciptanya?

Lagu Kampungku diciptakan oleh AT Mahmud

3. Apa nada dasar yang digunakan?

Nada dasar yang digunakan adalah C = Do

4. Apa tanda tempo yang digunakan?

Tanda tempo yang digunakan adalah agak cepat

5. Apa arti tanda tempo itu?

Tanda tempo yang digunakan dalam lagu "Kampungku" adalah agak cepat atau andante. Tempo agak cepat berarti lagu tersebut dinyanyikan dengan kecepatan 72-76 ketukan yang tetap dalam waktu satu menit.

6. Bacalah syair lagu tersebut. Bercerita tentang apakah teks lagu itu?

Lagu ini bercerita tentang kampung halaman penulis lagu yang berada di tepi sungai dan tempat perahu melintas. Rumah-rumahnya dari bambu. Penulis lagu sangat menyayangi kampungnya dan selalu mengenangnya.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 37

Ayo Mencoba

Kamu telah membaca teks “Tangga Nada Diatonis Mayor”.

  1. Apa pengertian tangga nada mayor?
  2. Apa ciri-ciri lagu bertangga nada mayor?

Tulislah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Tangga nada diatonis mayor adalah tangga nada yang memiliki delapan nada dengan interval atau jarak nada 1-1-½-1-1-1-½.

Ciri-ciri tangga nada diatonis mayor biasanya bersifat riang gembira, bersemangat, biasanya diawali dan diakhiri nada do. Namun, tidak menutup kemungkinan diawali dengan nada 5 (sol) atau 3 (mi) dan diakhiri nada 1 (do).

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 38-39

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

1. Dari mana asal persediaan air sungai?

Air sungai berasal dari air hujan dan air yang mengalir dari hulu sungai.

2. Siapa saja yang memanfaatkan air sungai?

Air sungai dimanfaatkan oleh manusia, hewan, dan tumbuhan di sekitar sungai, serta hewan, dan tumbuhan di dalam sungai.

3. Apa saja manfaat air sungai?

Manusia memanfaatkan air sungai untuk mengairi tanaman pertanian, sebagai sumber air keperluan sehari-hari, dan sebagai sarana angkutan. Hewan darat memanfaatkan air sungai sebagai sumber air minum. Tumbuhan darat memanfaatkan air sebagai sumber air untuk proses fotosintesis. Hewan dan tumbuhan sungai memanfaatkan air sungai sebagai tempat hidup.

4. Apakah persediaan air sungai dapat berkurang karena menguap saat terkena panas matahari? Jelaskan jawabanmu.

Air sungai tidak berkurang karena menguap. Siklus air akan mengembalikan air yang menguap. Namun, dalam kondisi kemarau yang sangat ekstrim, sungai dapat mengalami kekeringan.

5. Faktor-faktor apa yang dapat memengaruhi persediaan air sungai?

Faktor-faktor yang memengaruhi persediaan air sungai antara lain curah hujan, cuaca, dan kondisi hulu sungai

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 40-41

Ayo Menulis

Kamu telah membaca cerita “Bunga Paling Berharga”.

1. Tulislah peristiwa-peristiwa yang terjadi pada cerita.

Peristiwa yang terjadi:

  • Suatu hari Bu Mala memberi seluruh siswanya masing-masing sebuah buku tulis.
  • Bu Mala heran mendengar makale ingin membuat herbarium.
  • Makale yakin akan mendapatkan bunga walaupun daerahnya jarang ada tumbuhan.
  • Buku tulis merah milik para siswa telah berisi berbagai cerita, gambar, dan foto, namun buku tulis Makale masih kosong.
  • Di daerah Makale turun hujan yang sangat deras sehingga benih-benih tumbuh dan bunga-bunga merah kecil memenuhi petak kebun.
  • Makale memetik sekuntum bunga merah kemudian menempelkanya di dalam buku.
  • Bu Mala membuka buku tulis merah Makale yang hanya berisi satu halaman dan hanya satu bunga di dalamnya.
  • Bunga terebut merupakan paling berharga di dunia karena hanya mekar sehari dalam setahun.

2. Tuliskan urutan-urutan peristiwa pada cerita.

Urutan peristiwa:

  • Suatu hari, Bu Mala memberikan sebuah buku tulis pada para siswanya.
  • Bu Mala membebaskan para siswa menulis informasi apapun dalam buku tersebut.
  • Nola ingin menulis catatan harian, sementara Wendi mau menggambar wajah orang yang ditemuinya. Tapi Makale ingin membuat herbarium.
  • Bu Mala heran mendengar niat Makale dan menanyakan pemahamannya tentang herbarium
  • Makale tahu perihal herbarium dari seorang pelancong yang pernah menunjukkan buku herbariumnya yang begitu indah pada Makale.
  • Bu Mala memberitahu bahwa pembuatan herbarium membutuhkan banyak daun.
  • Makale menyatakan bahwa bunga juga bisa digunakan.
  • Bu Mala bertanya rencana sumber daun atau bunga untuk herbarium tersebut.
  • Makale memandang ke luar jendela dan berkata bahwa ia akan mendapatkannya.
  • Beberapa waktu berlalu dan buku para siswa mulai terisi, tapi buku Makale belum.
  • Suatu hari, hujan deras turun di desa tempat tinggal Makale.
  • Benih tumbuhan yang tersiram hujan akhirnya tumbuh. Berbagai bunga dan tanaman tumbuh hingga membentuk sepetak kebun.
  • Makale dengan riang memetik sekuntum bunga merah dan menempelkannya di bukunya.
  • Makale berkata pada Bu Mala bahwa herbariumnya telah selesai.
  • Bu Mala membuka herbarium Makale yang hanya berisi satu bunga, tapi sangat berharga karena hanya mekar sehari dalam setahun.

3. Tulislah kembali cerita tersebut dengan bahasamu sendiri. Tuliskan dengan ejaan yang benar.

Makale tinggal di sebuah desa yang selalu kekeringan sehingga tidak banyak tumbuhan. Suatu hari Bu Mala memberi seluruh siswanya masing-masing sebuah buku tulis.Nola ingin menulis catatan harian, Wendi ingin menggambar wajah setiap orang yang ditemui, dan Makale ingin membuat herbarium.

Bu Mala heran mendengar makale ingin membuat herbarium. Ternyata makale ingin membuat herbarium karena seorang pelancong menunjukkan buku herbariumnya yang sangat indah.

Bu Mala memberitahu Makale bahwa untuk membuat herbarium membutuhkan banyak daun. Makale tahu bahwa untuk membuat herbarium membutuhkan daun atau bunga.

Teman-teman Makale menanyakan di mana tempat makale mendapatkan bunga. Makale yakin akan mendapatkan bunga walaupun daerahnya jarang ada tumbuhan.

Waktu berlalu dengan cepat dan buku tulis merah milik para siswa telah berisi berbagai cerita, gambar, dan foto, namun buku tulis Makale masih kosong.

Pada suatu hari di daerah Makale turun hujan yang sangat deras sehingga benih-benih tumbuh dan bunga-bunga merah kecil memenuhi petak kebun.

Makale memetik sekuntum bunga merah kemudian menempelkanya di dalam buku. Hari berikutnya bunga-bunga di kebun telah layu karena terbakarmatahari.

Makale gembira karena sudah berhasil membuat herbarium dan menunjukannya kepada Bu Mala. Bu Mala membuka buku tulis merah Makale yang hanya berisi satu halaman dan hanya satu bunga di dalamnya. Bunga terebut merupakan bunga paling berharga di dunia karena hanya mekar sehari dalam setahun.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 42

Ayo Renungkan

Dari pembelajaran hari ini, kamu telah mendapat pengetahuan baru, melatih keterampilan, dan mengembangkan sikap-sikap baik. Adakah pengetahuan dan keterampilan yang dapat kamu berikan bagi perbaikan lingkungan sekitarmu?

Pengetahuan dan keterampilan yang dapat aku berikan bagi perbaikan kehidupan lingkungan sekitarku:

Pengetahuan tentang siklus air karena lingkungan di sekitar kita harus selalu kita jaga. Keinginan untuk menjaga lingkungan dapat dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu.

Sikap baik apakah yang dapat menjadikan kehidupanmu dan lingkungan sekitarmu menjadi lebih baik? 

Sikap baikku yang dapat menjadikan kehidupan dan lingkungan sekitarku menjadi lebih baik adalah menghargai perbedaan pendapat dengan orang lain. Dengan menghargai pendapat orang lain kerukunan akan tetap terjaga.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Diskusikan dengan orang tuamu, tindakan apa saja yang dapat kalian lakukan untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan sekitar kalian.

Tindakan menjaga kelestarian lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya. Tidak merusak tanaman atau pohon. Ikut menanam pohon di lahan kosong. Tidak membakar hutan untuk perkebunan. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi.

Demikianlah ulasan kami untuk artikel kali ini yang membahas tentang Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41, 42. Kami berharap jawaban ini bisa menjadi jawaban terbaik, yang benar dan tepat ketika guru kelas adik-adik mengoreksi soal-soal pada tugas ini. Dengan begitu pasti nilai yang adik-adik peroleh akan bagus dan tinggi. Nilai yang tinggi akan sangat diperlukan adik-adik pada semester ini untuk menentukan kenaikan kelas.

Maka dari itulah kami selalu mengingatkan adik-adik untuk selalu giat dalam belajar dan selalu memaksimalkan dalam mengerjakan tugas sekolah. Adik-adik tentunya akan sangat dimudahkan karena adanya alternatif jawaban seperti ini, akan tetapi kami berharap adik-adik juga bisa berusaha mencari sendiri jawabannya di buku pelajaran. Dengan demikian adik-adik bisa turut membaca materi dan memahaminya.

Kami juga selalu mengingatkan adik-adik untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan lainnya, seperti ulangan harian yang bisa saja setiap waktu guru kelas adik-adik adakan, dan juga ulangan akhir semester yang pastinya pada akhir semester akan adik-adik ikuti. Dalam mengikuti kegiatan tersebut, adik-adik harus punya persiapan yang bagus dalam memahami materinya, agar nantinya adik-adik bisa dengan mudah menyelesaikan soal-soal tersebut.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41, 42 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 5"