√ Kunci Jawaban Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 6 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 6

Kunci jawaban Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas 5 halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51 subtema 1 Manusia dan Lingkungan pembelajaran 6 buku siswa tematik SD K13 revisi yang kami sediakan pada artikel ini dapat adik-adik gunakan untuk menjawab soal-soal yang mungkin sulit dan belum adik-adik temukan jawaban pada buku pelajaran. Kami tahu jika sekarang ini para siswa sedang sibuk mengerjakan tugas-tugas sekolah yang diberikan oleh gurunya. Apalagi dalam situasi pembelajaran seperti saat ini, bagi adik-adik yang masih nerapkan pembelajaran online atau dari rumah, maka tentu tugas yang diberikan oleh guru akan lebih banyak. Dan tugas-tugas tersebut harus segera dikumpulkan untuk dikkoreksi dan diberikan nilainya.

Selain siswa yang mencari alternatif jawaban ini, tak sedikit juga para orang tua turut serta memanfaatkan jawaban ini untuk membantu anaknya menyelesaikan tugas sekolah. Melihat hal tersebutlah kami berkomitmen untuk selalu berupaya memberikan jawaban terbaik kepada adik-adik, dengan harapan, jawaban ini bisa menjadi jawaban yang benar dan tepat serta dengan jawaban ini adik-adik bisa meraih nilai yang bagus. Bisa mendapatkan nilai yang bagus memang menjadi harapan bagi adik-adik. Namun dalam meraih hal tersebut adik-adik harus berusaha semaksimal mungkin.

Jawaban yang kami sediakan ini tentunya kami buat dengan sebaik mungkin, dengan mencari jawbaan yang benar dan tepat sehingga dengan jawaban ini kami yakin adik-adik dapat terbantu, dan nilai yang diperolehpun akan maksimal. Dalam membuat jawaban atau menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas adik-adik saat ini, kami sebelumnya sudah membaca, mempelajari dan memahami materinya, baru kemudian kami menjawab soal-soalnya. Kami yakin jawaban ini bisa mengantarkan adik-adik meraih nilai yang bagus. 

Dan pada postingan kami yang lalupun, kami sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 yang kami yakin juga, adik-adik sudah pernah melihatnya dan memanfaatkan jawaban tersebut. Semoga nilai yang adik-adik peroleh dari tugas tersebut bisa maksimal dan mendapatkan nilai yang tertinggi di kelas adik-adik. Serta lihat juga Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 36, 37, 38, 39, 40, 41, 42 yang beberapa waktu lalu juga sudah kami posting di blog ini. Kami yakin jawaban itu bisa menyelesaikan tugas adik-adik pada kegiatan belajar sebelum ini.

Kunci Jawaban Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51 Tema 8 Kelas 5

Seperti yang adik-adik ketahui, jika saat ini adik-adik tengah mengerjakan tugas pada kegiatan belajar 6 di subtema 1 buku siswa tema 8. Tak terasa adik-adik sudah akan menyelesaikan tugas pada subtema 1 dan akan melanjutkan pembelajaran di subtema 2 buku siswa tema 8 ini. Kami berharap sekali, jawaban yang kami sediakan dan yang adik-adik manfaatkan pada tugas di subtema 1 yang lalu dapat membantu dan bisa mengantarkan adik-adik meraih nilai yang bagus. Karena nilai yang bagus atau tinggi sangat diperlukan sekali dalam menentukan kenaikan kelas adik-adik.

Seperti yang adik-adik ketahui, jika semester ini merupakan semester penentu bagi adik-adik dalam kenaikan kelas. Maka dari itu jangan sia-siakan waktu dan kesempatan adik-adik. Selalu kerjakan tugas sekolah dengan makismal dan perbanyak belajar dan kurangi waktu bermainnya. Pelajari kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik, dengan begitu adik-adik akan lebih siap dalam mengikuti ulangan harian maupun ulangan akhir semester nantinya.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 44-45

Ayo Berdiskusi

Diskusikan tugas-tugas berikut bersama kelompokmu.

1. Tulislah peristiwa pada teks “Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional Anak”.

Peristiwa pada teks: digelarnya acara Festival Permainan Tradisional Anak

2. Keragaman apa yang disebutkan pada teks?

Keragaman yang ditunjukkan pada bacaan: keragaman budaya berupa permainan tradisional.

3. Sikap apa yang dapat saya tiru dari teks?

Sikap yang dapat ditiru dari bacaan: melestarikan kebudayaan dan toleran atas keragaman budaya.

4. Apa yang sebaiknya kamu lakukan dalam upaya ikut melestarikan permainan tradisional?

Upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan permainan tradisional diantaranya adalah dengan memainkan permainan tradisional bersama sama.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 47

Tugas

1. Mainkan permainan dhingklik oglak aglik atau perepet jengkol bersama teman-temanmu.

a. Apa yang kamu rasakan?

Permainan dhingklik oglak aglik atau perepet jengkol  sangat menyenangkan saat dimainkan.

b. Nilai-nilai apakah yang terdapat pada permainan dhingklik oglak aglik dan perepet jengkol?

Nilai-nilai yang terkandung dalam permainan dhingklik oglak aglik dan perepet Jengkol : kekompakan, kerja sama, dan ketahanan

2. Adakah permainan serupa permainan dhingklik oglak aglik atau perepet jengkol di daerahmu? Jika ada, apa nama permainan itu?

Permainan serupa permainan perepet jengkol adalah Paciwit-ciwit Lutung.

3. Mainkan salah satu permainan tradisional daerahmu. Ceritakan pengalamanmu saat memainkan permainan itu bersama teman-temanmu.

Permainan engklek biasa dimainkaan dua hingga lima orang. Lebih banyak orang malah lebih seru dan asyik. Peralatan yang dibutuhkan pun sederhana dan mudah dicari. Peralatannya seperti gacuk atau pecahan genting. Kemudian kapur untuk membuat gambar atau petak, bisa juga dibuat di tanah. 

Cara permainan antara lain: 

  • Siapkan gacuk dan menggambar petak terlebih dahulu sebelum bermain.
  • Lemparlah gacuk ke salah satu petak. Petak yang ada gacuk-nya tidak boleh diinjak atau ditempati oleh setiap pemain 
  • Lompatlah menggunakan satu kaki di setiap petak-petak yang telah digambar 
  • Lompatlah ke petak berikutnya dengan satu kaku mengelilingi petak-petak yang ada 
  • Pilihlah sebuah petak yang dijadikan sawah setelah menyelesaikan satu putaran Petak itu boleh diinjak dengan dua kaki.
  • Pemain lain tidak boleh menginjak petak itu selama permainan berlangsung.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 49

Ayo Bercerita

1. Apa judul lagu itu?

Lagu di atas berjudul Syukur

2. Siapa penciptanya?

Lagu Syukur diciptakan oleh Husein Mutahar

3. Apa nada dasar yang digunakan?

Nada dasar yang digunakan adalah C = La

4. Apa tanda tempo yang digunakan?

Tanda tempo yang digunakan adalah Andante Sistenuto

5. Apa arti tanda tempo itu?

Arti tempo andante sustenuto adalah dinyanyikan dengan agak cepat dan dengan perasaan

6. Bacalah syair lagu tersebut. Bercerita tentang apakah syair lagu itu?

Ucapan syukur atas kemerdekaan yang telah diberikan kepada warga negara indonesia oleh Tuhan Yang Maha Esa

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 50-51

Ayo Renungkan

Adakah pengetahuan dan keterampilan yang dapat kamu berikan untuk perbaikan lingkungan sekitarmu? Apakah itu?

Pengetahuan dan keterampilan yang dapat aku berikan untuk perbaikan lingkungan sekitarku:

Lingkungan di sekitar kita harus selalu kita jaga. Keinginan untuk menjaga lingkungan dapat dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu misalnya tidak membuang sampah sembarangan

Sikap baik apakah yang dapat menjadikan kehidupanmu dan lingkungan sekitarmu menjadi lebih baik? Sikap baikku yang dapat menjadikan kehidupan dan lingkungan sekitarku menjadi lebih baik:

Sikap Baikku yang dapat menjadikan kehidupan dan lingkungan sekitarku menjadi lebih baik adalah membuang sampah pada tempatnya, menghormati Orang Tua, membantu orang yang kesusahan, dan bersikap Ramah dan Sopan

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bersama orang tuamu, nyanyikan sebuah lagu bertangga nada minor

Nah adik-adik, itulah pembahasan yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait dengan Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51. Kami berharap jawaban ini bisa memenuhi harapan adik-adik yang sangat berharap sekali bisa mendapatkan nilai yang bagus pada setiap tugas yang dikumpulkan kepada guru kelas. Dan kamipun cukup yakin dengan jawaban ini, harapan dan keinginan adik-adik dapat terwujud. Namun kami selalu mengingatkan agar adik-adik selalu teliti dalam mengerjakan tugas sekolah.

Sebelum menyalin jawaban tersbut ke buku tugas, pastikan terlebih dahulu jawabannya sudah sesuai dengan soal yang ada, baru kemudian adik-adik salin ke buku tugas. Dan kalaupun ternyata masih adik-adik temukan jawaban yang kurang tepat atau keliru tak sesuai dengan soalnya, maka silahkan adik-adik perbaiki dan cari jawaban yang lain, yang lebih tepat.

Dan kami tak henti-hentinya mengingatkan adik-adik untuk selalu giat dan rajin dalam belajar. Persiapkan diri adik-adik untuk kegiatan ulangan harian maupun ulangan akhir semester nantinya yang pasti akan adik-adik ikuti. Perbanyak mengulang dan mempelajari kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik. Karena kami yakin dengan begitu adik-adik akan lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 6"