√ Kunci Jawaban Halaman 52, 55, 56, 57, 58, 59 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 52, 55, 56, 57, 58, 59 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 1

Kunci jawaban Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas 5 halaman 52, 55, 56, 57, 58, 59 subtema 2 Perubahan Lingkungan pembelajaran 1 buku siswa tematik SD K13 revisi yang kami hadikan pada postingan kami kali ini merupakan jawaban terbaik yang kami buat dengan sungguh-sungguh guna mempermudah adik-adik dalam menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekoalh adik-adik sekarang ini. Kami yakin jawaban ini dapat menjadi solusi adik-adik yang kesulitan menyelesaikan tugas sekolah. Akhir-akhir ini memang kami melihat cukup banyak siswa yang mencari alternatif jawaban di internet dan menggunakannya untuk mengerjakan tugas sekolah.

Mengetahui hal tersebut, dimana alternatif jawaban seperti ini ternyata cukup dibutuhkan oleh adik-adik, maka kami berusaha hadir, dan memberikan jawaban terbaik, yang nantinya dengan jawaban ini diharapkan dapat membantu adik-adik menyelesaikan semua tugas sekolah yang masih belum terselaikan. Bukan hanya itu saja tentunya, kami juga sangat berharap dengan jawaban yang kami hadirkan ini, adik-adik bisa mendapatkan nilai terbaik sesuai dengan harapan adik-adik sekarang ini. Oleh karena itu kami selalu berpesan, manfaatkanlah dengan baik jawaban yang kami bagikan ini.

Dalam menjawab soal-soal pada buku siswa, tentunya kami tidaklah asal menjawab saja. Kami sebelumnya telah memahami soal-soal yang ada, dan kemudian mencari jawaban yang tepat, baik pada buku siswa, bukan lainnya, internet, bahkan pemahaman kami sendiri. Kemudian kami kumpulkan jawaban tersebut dalam satu artikel lengkap, dalam satu kegaitan belajar seperti ini, agar adik-adik lebih mudah mencarinya. Namun meskipun kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini, kami selalu menyarankan adik-adik agar selalu berusaha dulu mencari jawabannya pada buku pelajaran.

Dengan begitu adik-adik bisa sekalian membaca dan memahami materinya, dan tidak selalu bergantung sepenuhnya pada alternatif jawaban. Sebelum inipun kami sudah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 yang mungkin juga sudah pernah adik-adik lihat serta manfaatkan jawaban itu. Beberapa waktu lalu, kami juga telah memposting Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51 yang kami yakin adik-adik sangat memerlukannya untuk menjawab soal-soal pada kegiatan belajar tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 55, 56, 57, 58, 59 Tema 8 Kelas 5

Memang sekarang ini adik-adik sangat terbantu sekali dengan adanya alternatif jawaban seperti ini. Walaupun tugas sekolah adik-adik mungkin saat ini menumpuk sekalipun, adik-adik tetap terbantu, karena cukup dengan memanfaatkan kunci jawaban seperti ini adik-adik bisa dengan mudah menyelesaikan tugas sekolah. Akan tetapi adik-adik mesti tahu bahwa tak hanya tugas harian saja, namun adik-adik juga harus mengejar nilai terbaik pada kegiatan lainnya, seperti ulangan harian dan ulangan akhir semester nantinya.

Dan adik-adik tidak bisa mengandalkan alternatif jawaban, ataupun orang lain. Yang hanya bisa adik-adik lakukan ialah berusaha sendiri dengan memperbanyak belajar di rumah. Kami selalu mengingatkan adik-adik untuk selalu giat dalam belajarnya, apalagi adik-adik tahu kalau sekarang ini merupakan semester akhir adik-adik, dan merupakan semester penentu. Oleh karena itu perbanyak belajar, dan sering-sering mengulang materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 52

Perhatikan gambar-gambar di atas.

1. Apa komentarmu melihat kedua gambar tersebut?

Gambar A menunjukkan daerah yang subur dengan cadangan air yang melimpah, sedang gambar B menunjukkan daerah yang gersang dengan tidak adanya cadangan air.

2. Gambar manakah yang lebih indah dilihat?

Lingkungan pada gambar A lebih enak dilihat

3. Dapatkah lingkungan seperti gambar A berubah seperti gambar B? Apa yang menyebabkannya?

Lingkungan pada gambar A dapat berubah menjadi lingkungan seperti pada gambar B. Penyebabnya adalah manusia yang tidak peduli terhadap lingkungannya.

4. Dapatkah lingkungan seperti gambar B berubah seperti gambar A? Bagaimana caranya?

Lingkungan pada gambar B dapat perubah menjadi seperti gambar A. Caranya adalah dengan menjaga dan merawat lingkungan misalnya dengan reboisasi.

5. Sebutkan cara-cara yang bisa kamu lakukan dalam menjaga lingkungan rumah dan sekolahmu!

Cara yang bisa saya lakukan untuk menjaga lingkungan rumah dan sekolah misanya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 55

Kamu telah membaca teks ”Siklus Air Tanah”. Peristiwa apa yang terdapat pada teks? Bagaimana urutannya? Tuliskan dalam diagram alir berikut.

Penjelasan:

  1. Peristiwa 1 :Air bergerak meninggalkan tanah ke udara kemudian turun lagi ke tanah dalam bentuk air hujan.
  2. Peristiwa 2 :Air yang turun ke tanah masuk dan bergerak ke dalam tanah kemudian menjadi air cadangan (sumber air)
  3. Peristiwa 3 :Tumbuhan berfungsi menyerap air air tanah melalui akar-akarnya, akhirnya menjadi air cadangan (sumber air).

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 56

Ayo Berdiskusi

Kerjakan tugas berikut bersama kelompokmu.

1. Tulislah proses terjadinya air tanah.

Proses terjadinya air tanah:
Air bergerak meninggalkan tanah ke udara melalui penguapan dan air kembali turun lagi ke tanah dalam bentuk air hujan. Air yang turun kembali ke tanah dalam bentuk air hujan kemudian masuk ke dalam tanah melalui celah-celah/pori-pori tanah. Air yang masuk dalam tanah kemudian diserap oleh tumbuhan melalui akar-akarnya untuk kemudian menjadi air cadangan (sumber air)

2. Tulislah faktor-faktor yang memengaruhi berkurangnya ketersediaan air tanah.

Faktor-faktor yang mempengaruhi ketersediaan air tanah:
Faktor-faktor yang memengaruhi ketersediaan air tanah antara lain kondisi tanah dan iklim, hutan banyak yang gundul akibat penebangan liar, dan pembangunan jalan yang menggunakan aspal atau beton.

3. Tulislah kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air tanah.

Kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air bersih:
Antara lain bijaksana dalam menggunakan air, menanam pohon/penghijauan, membuat lubang resapan, dan memperluas daerah resapan air tanah.

Bacalah hasil diskusimu, lalu serahkan kepada Bapak/Ibu Guru.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 57

Ayo Mencoba

Lakukan kegiatan berikut bersama kelompokmu (4-5 orang).

1. Siapkan air, batu bata, bongkahan-bongkahan batu, dan dua buah wadah, misalnya loyang.

2. Pada satu loyang letakkan batu bata. Pada loyang lain letakkan bongkahanbongkahan batu.

3. Tuangkan air ke dalam loyang setinggi 5 cm. Diamkan selama lebih kurang 1 jam.

4. Setelah 1 jam, amati tinggi air pada setiap loyang.

5. Apa hasil pengamatanmu? Adakah perbedaan tinggi permukaan air pada kedua Loyang

(Ada perbedaan tinggi permukaan air pada kedua loyang)

6. Apa yang terjadi pada air di loyang berisi batu bata?

(Pada  oyang berisi batu bata, air berkurang)

7. Apa yang terjadi pada loyang berisi bongkahan-bongkahan batu?

(Pada  oyang berisi bongkahan-bongkahan batu, tinggi air tetap)

8. Apa yang dimaksud air tanah?

(Air tanah adalah air hujan yang meresap dan mengalir di bawah permukaan tanah)

9. Apa yang dimaksud air permukaan?

(Air permukaan adalah air yang ada di permukaan tanah dan tidak terserap ke dalam tanah)

10. Dari percobaan di atas, loyang manakah yang menunjukkan terbentuknya air tanah dan loyang mana menunjukkan terbentuknya air permukaan?

(Dari percobaan tersebut, loyang berisi batu bata menunjukkan terbentuknya air tanah. Batu bata terbuat dari tanah liat yang dapat menyerap air. Sebaliknya, loyang berisi bongkahanbongkahan batu menunjukkan terbentuknya air permukaan, karena batu tidak dapat menyerap air)

Ayo Bercerita

1. Tulislah hasil pengamatan dan analisis kalian. Kemudian, ceritakan hasil diskusi kelompokmu pada kelompok lain.

Pada percobaan yang telah kami lakukan ada perbedaan tinggi permukaan air pada loyang berisi batu bata dan loyang berisi bongkahan batu. Pada loyang berisi batu bata, air berkurang, sedangkan pada loyang berisi bongkahan batu, tinggi air tetap. Pada loyang berisi batu bata menunjukkan terbentuknya air tanah, sebab batu bata terbuat dari tanah liat yang dapat menyerap air. Pada loyang berisi bongkahan batu menunjukkan terbentuknya air permukaan, karena bongkahan batu tidak dapat menyerap air

2. Dari hasil percobaan tersebut, jelaskan terjadinya air tanah dan air permukaan.

Proses terjadinya air tanah adalah sir hujan yang terserap oleh tanah melalui celah/pori-pori tanah kemudian mengalir di bawah permukaan tanah. Sedangkan proses terjadinya air permukaan adalah air hujan yang tidak terserap oleh celah-celah/pori-pori tanah mengalir di atas/permukaan tanah.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 58-59

Ayo Renungkan

Hari ini saya belajar tentang:

Sikap gigih dan cermat. Pengetahuan tentang peristiwa atau tindakan dalam bacaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi siklus air. Keterampilan menuliskan peristiwa atau tindakan dalam bacaan, melakukan percobaan, dan membuat kesimpulan dari percobaan

Kegiatan Bersama Orang Tua

Diskusikan dengan orang tuamu, kegiatan-kegiatan yang dilakukan keluargamu untuk menjamin ketersediaan air tanah. Tuliskan hasilnya dalam tabel berikut.

Sekian postingan kami untuk Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 52, 55, 56, 57, 58, 59 ini. Kami harap adik-adik dapat memanfaatkan dengan baik semua jawaban yang sudah kami buat ini. Namun kami tetap menyarankan kepada adik-adik agar selalu teliti dan mengecek kembali setiap jawaban yang kami sediakan, jangan langsung adik-adik salin begitu saja, karena takutnya masih ada jawaban yang keliru. Atau bahkan kurang tepat menurut adik-adik, maka silahkan cari saja jawaban yang lain yang lebih baik.

Kami selalu mengingatkan adik-adik untuk selalu giat dalam belajar, apalagi sekarang ini merupakan semester akhir yang akan sangat menentukan sekali bagi adik-adik dalam kenaikan kelas. Pastinya setiap siswa ingin naik ke kelas 6 dengan nilai yang bagus. Nah salah satu syarat agar bisa naik ke kelas 6 ialah cukup nilai atau tuntas nilai adik-adik. Dan semoga alternatif jawaban ini bisa menjadi penyebab untuk adik-adik bisa meraih nilai yang bagus meskipun hanya di tugas harian.

Selain memaksimalkan dalam mengerjakan tugas harian, kami juga selalu mengingatkan adik-adik agar selalu giat dalam belajar dan mengurangi kegiatan bermainnya. Perbanyak mempelajari materi pelajaran yang belum adik-adik kuasai dengan baik, karena dengan begitu adik-adik akan lebih paham dan punya persiapan yang bagus dalam mengikuti ulangan harian maupun ulangan akhir semester nantinya.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 52, 55, 56, 57, 58, 59 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 1"