√ Kunci Jawaban Halaman 60, 63, 65, 66, 67 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 2 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 60, 63, 65, 66, 67 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 2

Kunci jawaban Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas 5 halaman 60, 63, 65, 66, 67 subtema 2 Perubahan Lingkungan pembelajaran 2 buku siswa tematik SD K13 revisi berikut ini kami bagikan kepada adik-adik siswa kelas 5 sekolah dasar yang sekarang ini tengah sibuk-sibuknya mencari jawaban yang tepat untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang mana soal-soal itulah yang menjadi tugas sekolah adik-adik. Harus kami akui jika alternatif jawaban seperti ini tengah banyak dicari dan dimanfaatkan oleh siswa untuk membantu menjawab soa-soal pada buku siswa, khususnya soal-soal yang sulit yang belum adik-adik temukan jawabannya, atau bahkan jawabannya tidak ada pada buku dan harus dijawab sendiri menurup pemahaman adik-adik.

Berbicara tentang tugas sekolah, kita semua tahu jika sekarang ini tugas sekolah semakin banyak diberikan oleh guru kepada siswanya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya siswa yang mengeluhkan hal tersebut. Kita tahu jika sekarang ini masih banyak sekolah yang tidak menerapkan kegiatan belajar tatap muka di sekolah dan melaksanakannya melalui online atau belajar dari rumah, namun meskipun begitu hal yang tak bisa lepas dari siswa adalah tugas sekolah. Dimana dalam situasi seperti saat ini, tugas siswa bahkan lebih banyak diberikan oleh gurunya.

Maka melihat hal tersebut, tak heran jika kita jumpai siswa yang mengeluhkan karena banyaknya tugas yang harus diselesaikan. Untuk itulah kami hadir dan terus berupaya memberikan jawaban terbaik kepada adik-adik, dengan harapan, semoga jawaban yang kami sediakan ini, benar-benar dapat membantu dalam menyelesaikan tugas sekolah adik-adik. Dan tentu tak sampai itu saja, kami juga sangat berharap dengan jawaban ini, adik-adik bisa meraih nilai yang bagus atau tinggi di kelas adik-adik. Karena nilai tugas harian juga akan sangat membantu adik-adik dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester.

Sebelum inipun, kami sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 yang wakib adik-adik lihat pada artikel kami sebelumnya jika memang belum pernah adik-adik lihat dan manfaatkan jawaban tersebut. Kami juga mengajak adik-adik untuk turut merekimendasikan atau menyampaikan blog kami kepada adik kelas yang juga memerlukan jawaban seperti ini. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 55, 56, 57, 58, 59 yang juga beberapa waktu lalu sudah kami sediakan pada blog ini, kami harap jawaban itu membantu adik-adik.

Kunci Jawaban Halaman 60, 63, 65, 66, 67 Tema 8 Kelas 5

Sekarang ini adik-adik sudah mulai mengerjakan tugas sekolah pada kegaitan belajar 2 subtema 2 buku siswa tema 8 kelas 5. Seperti yang adik-adik tahu kalau tugas-tugas sekolah tak semuanya tentang soal-soal latihan saja, namun ada juga tugas lainnya seperti melakukan pengamatan, membuat kesenian, bernyanyi, silat dan lainnya. Nah kami disini berusaha memberikan jawaban, baik berupa jawaban langsung, atau hanya sekedar contoh saja yang nantinya bisa adik-adik jadikan acuan dalam mengerjakan tugasnya.

Kami berharap adik-adik sekalian bisa memanfaatkan sebaik mungkin semua jawaban yang sudah kami sediakan ini. Karena seperti yang sering kami sampaikan, kalau sekarang ini merupakan semester penentu bagi adik-adik dalam kenaikan kelas. Sangat penting sekali meraih nilai terbaik. Karena nilai-nilai yang nantinya adik-adik peroleh akan dicatat oleh guru kelas untuk kemudian pada akhir semester nilai tersebut akan dihitung dan dimasukan kedalam nilai raport.

Maka mulailah serius dalam mengerjakan tugas sekolah, maksimalkan dalam menjawab soal-soanya. Selalu teliti dalam mengerjakan setiap soal-soalnya. Dan perbanyak belajar di rumah dan mengulang atau mempelajari kembali materu yang beluma adik-adik pagami dengan baik. Dengan begitu kami cukup yakin jika nantinya adik-adik akan lebih siap dalam mengikuti kegiatan ulangan, baik ulangan harian maupun ulangan akhir semester.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 60

Ayo Mengamati

Lihatlah peragaan tari daerahmu, baik secara langsung maupun melalui rekaman video. Fokuslah untuk memperhatikan gerak para penari.

1. Bagaimana formasi para penari saat melakukan gerak tari?

Gerakan tari ini awalnya dinamakan jogai yang berarti gerakan melingkar melambangkan gerakan planet yang mengelilingi matahari.

2. Bagaimana arah hadap gerak penari selama peragaan tari?

Arah hadap penari adalah ke depan, ke samping kanan dan ke samping kiri

3. Bagaimana bentuk garis imajiner yang dilalui penari selama melakukan gerak tari?

Garis imajiner yang dilalui penari adalah garis lengkung dan garis lurus

Jelaskan hasil pengamatanmu dalam bentuk gambar sederhana, lalu peragakan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 63

Tugas

Berdasarkan teks “Pola Lantai Gerak Tari” pada halaman 61-63, kerjakan tugas berikut.

1. Tuliskan kembali pengertian pola lantai menggunakan bahasamu sendiri. Usahakan agar orang lain memahami dengan mudah saat membaca tulisanmu. Gunakan kosakata baku.

Pola lantai tari adalah garis imajiner (khayal)yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari

2. Gambarlah pola lantai yang terlihat dari gambar dua tarian pada teks tersebut.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 65

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

1. Peristiwa apa saja yang terjadi pada teks “Siklus Air dan Bencana Kekeringan”?

Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada teks yaitu: siklus air, penguapan air, hujan, air mengalir, dan terjadinya air tanah

2. Bagaimana proses siklus air menghasilkan air yang bersih? Jelaskan!

Pada proses siklus air, ada tahap penguapan air dari permukaan bumi, yaitu dari laut, sungai, danau, dan genangan-genangan air lainnya. Pada saat penguapan air, kotoran pada air akan tertinggal. Uap air yang naik dan membentuk awan merupakan uap air yang bersih. Saat awan menjadi mendung lalu turun menjadi hujan, air yang turun merupakan air bersih.

3. Apa yang dimaksud dengan air tanah?

Air tanah adalah air yang terserap masuk ke dalam lapisan tanah dan mengalir di bawah permukaan tanah. Air tanah lebih jernih dan bersih karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Manusia biasa memanfaatkan air tanah dengan membuat sumur.

4. Bagaimana perbedaan air tanah dengan air permukaan?

Air tanah lebih jernih dan bersih daripada air permukaan karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Oleh karena itu manusia biasa memanfaatkan air tanah untuk keperluan sehari-hari dengan membuat sumur

5. Mengapa air permukaan biasanya lebih kotor dibandingkan dengan air tanah? Jelaskan!

Air permukaan merupakan air hujan yang tidak terserap oleh tanah. Air permukaan lebih kotor karena mengandung lumpur dan benda-benda lain yang terbawa aliran air di permukaan tanah.

6. Apa akibat dari musim kemarau yang panjang?

Saat musim kemarau panjang, air permukaan dan air tanah menyusut. Kekurangan air akan menyebabkan bencana kekeringan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 66

Ayo Berkreasi

Berdasarkan bacaan “Siklus Air dan Bencana Kekeringan”, buatlah poster tentang dampak siklus air bagi kehidupan. Buatlah semenarik mungkin. Pada Pembelajaran 5 nanti kamu akan mempresentasikan poster yang kamu buat.

Ayo Renungkan

Hari ini saya belajar tentang

Hari ini saya belajar tentang mengidentifikasi berbagai bentuk pola lantai tari. menjelaskan pengertian pola lantai. memperagakan pola lantai gerak tari kreasi daerah, peristiwa pada teks, menjelaskan tentang ketersediaan air bersih, dan membuat karya poster tentang dampak siklus air bagi kehidupan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 67

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bersama orang tuamu, buatlah gambar bagan sederhana tentang siklus air. Siklus Air berikut.

Cukup sekian ulasan kami untuk Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 60, 63, 65, 66, 67 ini. Mengerjakan dengan sungguh-sungguh setiap tugas yang diberikan guru merupakan hal yang sudah sepatutnya adik-adik lakukan, karena dengan begitu kami yakin adik-adik bisa meraih nilai yang diharapkan. Jawaban yang kami bagikan ini memang dibuat dengan semaksimal mungkin. Meskipun kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini, namun kami selalu menyarankan kepada adik-adik agar selalu teliti dan memastikan jawabannya sudah sesuai soal yang ada, baru kemudian adik-adik salin ke buku siswa.

Semester genap ini merupakan semester penentu bagi adik-adik, apakah nantinya bisa naik ke kelas 6 dengan nilai yang bagus, atau malah sebaliknya. Dan kami tahu kalau adik-adik pastinya akan sangat berharap bisa naik kelas. Perlu adik-adik ketahui jika syarat untuk bisa naik kelas, salah satunya adalah lulus KKM untuk nilai-nilai raport adik-adik. Maka hal pertama yang perlu adik-adik kejar adalah nilai terbaik, mulai dari tugas harian seperti ini, tugas praktek, ulangan harian dan ulangan akhir semester.

Kami juga tak henti-hentinya mengingatkan adik-adik untuk selalu giat dalam belajar, karena dengan belajar adik-adik akan lebih siap dan punya persiapan yang bagus dalam mengikuti kegiatan ulangan harian dan ulangan akhir semester. Perbanyak mempelajari materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik, karena untuk bisa mengerjakan soal-soal pada kegiatan ulangan, adik-adik harus memahami materinya.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 60, 63, 65, 66, 67 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 2"