√ Kunci Jawaban Halaman 70, 71, 73, 74 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 3 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 70, 71, 73, 74 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 3

Kunci jawaban Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas 5 halaman 70, 71, 73, 74 subtema 2 Perubahan Lingkungan pembelajaran 3 buku siswa tematik SD K13 berikut ini kami bagikan kepada adik-adik sebagai alternatif jawaban yang bisa digunakan untuk menjawab soal-soal pada buku siswa yang sekarang ini menjadi tugas sekolah. Saat ini memang cukup banyak siswa yang mencari dan menggunakan alternatif jawaban seperti ini untuk mengerjakan tugas sekolah. Bahkan bukan hanya siswa saja, namun kami juga melihat ternyata tak sedikit para orang tua yang turut andil mencari alternatif jawaban seperti ini untuk membantu anaknya mengerjakan tugas sekolah.

Kami memahami hal tersebut, karena memang sekarang ini para siswa sedang disibukan dengan tugas-tugas sekolah. Apalagi bagi adik-adik yang masih menerapkan siswa pembelajaran online atau belajar dari rumah, tentu hal tersebut akan berdampak kepada adik-adik selaku siswa. Guru akan lebih banyak memberikan tugas kepada adik-adik untuk dikerjakan di rumah dan tugas tersebut harus segera dikumpulkan kepada guru segere, untuk nantinya dapat dikoreksi dan diberikan nilai. Dan nilai yang adik-adik peroleh akan dicatat ke buku nilai guru dan pada akhir semester kelak, semua nilai yang adik-adik peroleh akan dimasukan ke nilai raport.

Melihat hal itulah, kami berkomitemen untuk bisa turut andil menyediakan jawaban terbaik yang kai yakini jawaban tersebut sudah tepat dan benar. Yang kemudian bisa adik-adik manfaatkan sebagai jawaban untuk mengisi atau menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah adik-adik sekarang ini. Namun meskipun begitu kami juga berharap adik-adik bisa berusaha sendiri menjawab soal-soalnya dan mencari jawabannya pada buku pelajaran. Karena dengan begitu adik-adik bisa membaca dan mempelajari materi yang ada, dan pasti akan menambah pemahaman adik-adik.

Pada postingan kami yang lalu, kami sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 yang mungkin saja sudah pernah adik-adik lihat dan manfaatkan sebagai jawaban untuk mengisi soal-soal yang sulit, yang belum adik-adik temukan jawabannya. Semoga saja dengan jawaban itu adik-adik bisa meraih keinginan untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 60, 63, 65, 66, 67 yang belum lama ini juga telah kami posting pada blog ini, kami yakin jawaban tersebut dapat menyelesaikan tugas adik-adik pada kegiatan belajar sebelum ini.

Kunci Jawaban Halaman 70, 71, 73, 74 Tema 8 Kelas 5

Sudah seharusnya adik-adik maksimal dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, karena nilai yang diperoleh dari tugas sekolah akan sangat membantu adik-adik dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester. Untuk itulah kami sering mengingatkan dan menyarankan adik-adik agar selalu teliti dalam mengerjakan tugas sekolah. Meskipun kami berbagi kunci jawaban seperti ini, namun adik-adik juga harus memastikan jawabannya sudah sesaui dengan soal, baru kemudian adik-adik salin ke buku tugas.

Semester genap ini merupakan semester penentu bagi adik-adik dalam kenaikan kelas. Kami yakin adik-adik bisa meraih nilai yang bagus jika selalu bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas sekolah. Dan kami juga mengingatkan adik-adik agar selalu giat dalam belajarnya dan persiapkan diri untuk kegiatan ulangan harian dan ulangan akhir semester yang kelak pasti akan adik-adik ikuti. Manfaatkan juga alternatif jawaban ini sebagai bahan belajar di rumah untuk mendalami pemahaman adik-adik. Dan perbanyak mempelajari materi pelajaran yang belum dipahami dengan baik.

Dengan begitu pasti adik-adik akan lebih siap dalam mengikuti kegiatan ulangan harian yang bisa saja sewaktu-waktu guru kelas adik-adik adakan dan juga kegiatan ulangan harian yang pada akhir semester akan diadakan oleh sekolah. Kami yakin adik-adik bisa mengerjakan soal-soalnya dengan mudah. Dan tak menutup kemungkinan adik-adik bisa meraih nilai terbaik di kelas dan bisa juara kelas.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 70

Ayo Mengamati

Amatilah lingkungan sekitarmu. Identifikasilah jenis-jenis usaha ekonomi yang dikelola secara perorangan berdasarkan setiap jenisnya. Buatlah laporan dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 71

Ayo Berkreasi

Buatlah kliping mengenai jenis-jenis usaha yang dikelola perorangan. 

  1. Siapkan buku gambar atau buku tulis tipis. 
  2. Carilah gambar dari buku, surat kabar, atau majalah lama. 
  3. Guntinglah gambar dengan rapi, lalu tempelkan pada buku gambar atau buku tulis. 
  4. Berilah keterangan di bawah setiap gambar: 

  • Nama jenis usaha 
  • Sumber gambar

Usaha masyarakat banyak dipengaruhi oleh kondisi geografis tempat tinggalnya. Sebagai contoh di Bali. Keindahan alam dan keunikan budaya di pulau Bali menjadikan industri pariwisata berkembang pesat.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 73

Ayo Berdiskusi

Buatlah kelompok diskusi bersama 4-5 orang temanmu. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apa saja keunikan desa-desa pada bacaan “Desa Unik di Bali”?

Desa Tenganan terkenal dengan kesederhanaannya. Desa Trunyan memiliki keunikan jenazah orang meninggal hanya diletakkan di atas tanah di dalam gua, bahkan di atas pohon, masyarakat Desa Penglipuran banyak melakukan acara adat, seperti pemasangan dan penurunan odalan serta perayaan Galungan, dan hari besar lainnya.

2. Adakah keunikan dari daerah tempat tinggalmu? Apa sajakah itu?

Salah satu keunikan desaku adalah adanya upacara adat sedekah bumi.

3. Bagaimana sikapmu atas perbedaan budaya dan adat istiadat daerahmu dengan daerah lain?

Kita harus saling menghargai walaupun saling berbeda suku/budaya/adat istiadat,tidak saling menghina.

Tuliskan hasil diskusi kalian, lalu bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 74

Ayo Renungkan

Apa yang telah aku pelajari hari ini?

Hari ini saya telah belajar tentang sikap menghargai perbedaan pendapat dengan orang lain, dan sikap cermat. Pengetahuan yang saya pelajari antara lain : peristiwa atau tindakan dalam bacaan., keragaman jenis-jenis usaha di Indonesia, keunikan adat istiadat di Indonesia. Sedangkan keterampilan yang saya pelajari adalah membuat kliping

Pengetahuan apa yang dapat kumanfaatkan dalam kehidupanku sehari-hari?

Pengetahuan yang ingin kumanfaatkan adalah pengetahuan tentang keragaman jenis-jenis usaha di Indonesia. Dengan memahami keragaman jenis usaha akan meningkatkatkan rasa persatuan.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bagaimana bentuk sikap toleransi atas keragaman jenis budaya di lingkungan tempat tinggalmu? Diskusikan bersama orang tuamu, lalu tuliskan.

Bentuk bentuk sikap toleransi atas keragaman budaya di lingkungan tempat tinggal adalah:

  • Menghormati perbedaan agama dan suku bangsa dari warga yang berada di sekitar tempat tinggal.
  • Tidak memenedakan terhadap warga setempat yang berbeda agama atau suku bangsanya.
  • Tidak mengganggu kegiatan ibadah pemeluk agama lain

Demikianlah adik-adik ulasan kami pada artikel kali ini yang membahas mengenai Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 70, 71, 73, 74. Adik-adik pastinya akan berharap tugas yang adik-adik kerjakan dan kumpulkan kepada guru kelas bisa mendapatkan nilai yang bagus. Begitupun dengan kami, kami menyediakan jawaban ini tak hanya untuk membantu adik-adik menyelesaikan tugas sekolah saja, akan tetapi kami berharap dengan jawaban ini adik-adik juga bisa mendapatkan nilai yang bagus. Karena dengan begitu, setidaknya nilai tugas bisa turut andil dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester.

Sangat penting bagi adik-adik bisa mendapat nilai yang bagus, baik itu dari tugas harian seperti ini, tugas praktek, ulangan harian bahkan ulangan akhir semester. Adik-adik akan terbantu tentunya dengan adanya alternatif jawaban seperti ini, bahkan nilai yang didapatpun kai yakin bisa maksimal. Akan tetapi untuk ulangan harian dan ulangan akhir semester, adik-adik tidak bisa mengandalkan alternatif jawaban, ataupun mengandalkan orang lain. Karena yang akan mengerjakan dan menjawab soal-soalnya adalah adik-adik sendiri.

Maka dari itulah, kami selalu mengingatkan, untuk selalu giat dalam belajar dan kurangi waktu bermain adik-adik. Apalagi adik-adik tahu jika sekarang ini sudah masuk pada kegiatan akhir pembelajaran di semester genap. Dan semester ini merupakan penentu bagi adik-adik dalam kenaikan kelas nantinya. Untuk bisa naik kelas pastilah adik-adik harus mendapatkan nilai yang bagus dan tuntas pada KKM di raport semester ini.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 70, 71, 73, 74 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 3"