√ Kunci Jawaban Halaman 138, 139, 140, 141, 142 Tema 6 Kelas 3 Buku Siswa Tematik K13 Revisi - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 138, 139, 140, 141, 142 Tema 6 Kelas 3 Buku Siswa Tematik K13 Revisi

Kunci jawaban Tema 6 Energi dan Perubahannya Kelas 3 halaman 138, 139, 140, 141, 142 subtema 3 Energi Alternatif pembelajaran 5 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami buat dan sediakan untuk adik-adik yang saat ini tengah sibuk-sibuknya mengerjakan tugas sekolah. Kami tahu jika alternatif jawaban seperti ini banyak dimanfaatkan oleh siswa dan juga oleh orang tua yang turut membantu anaknya mengerjakan tugas sekolah. Alternatif jawaban seperti ini dipilih karena memang akan lebih memudahkan dalam menjawab soal-soal yang ada. Apalagi jika soalnya sulit untuk dijawab dan dicari jawabannya pada buku pelajaran.

Maka dari itu, kami hadir menyediakan alternatif jawaban ini, sebagai solusi dan memberikan kemudahan bagi adik-adik. Seperti yang sering kami sampaikan pada setiap postingan kami terkait jawaban ini. Bahwa kami membuat jawaban ini berdasarkan pemahaman sendiri. Setelah sebelumnya kami mempelajari materi dan soal yang ada. Baru kemudian mencari jawaban yang benar dan tepat untuk nantinya bisa adik-adik manfaatkan.

Maka dari itu, kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini. Akan tetapi meskipun begitu, kami selalu menyarankan kepada adi-adik, agar terlebih dahulu bisa mencari sendiri jawabannya pada buku pelajaran. Jikapun tidak menemukannya, barulah memanfaatkan alternatif jawaban ini. Dan kami juga menghimbau, agar adik-adik selalu teliti dalam mengerjakan soalnya. Pastikan jawaban yang kami sediakan sudah sesuai dengan soal yang ada, baru kemudian adik-adik salin pada buku tugas.

Pada postingan kami yang lalu, kami juga sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 yang mungkin sudah pernah adik-adik lihat dan manfaatkan sebagai jawaban. Kami berharap jawaban tersebut bisa mengantarkan adik-adik meraih nilai yang bagus. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 131, 134, 135 yang beberapa waktu lalu juga telah kami posting. Kami harap jawaban tersebut membantu adik-adik.

Kunci Jawaban Halaman 138, 139, 140, 141, 142Tema 6 Kelas 3

Buku siswa tema 6 kelas 3 ini menjadi buku materi ke dua yang adik-adik pelajari pada semester genap ini. Setelah adik-adik menyelesaikan pembelajaran pada buku siswa tema 6 ini, adik-adik masih akan mempelajari materi pada dua buku tema lagi, baru kemudian mengikut kegiatan ulangan akhir semester.

Sama dengan tugas yang ada pada pelajaran sebelumnya, disini juga adik-adik akan mengerjakan tugas sekolah, seperti soal-soal, dan beberapa jenis tugas lainnya. Kami berupaya untuk selalu memberikan jawaban terbaik, yang nantinya jawaban ini akan membantu adik-adik meraih nilai yang bagus.

Karena nilai yang bagus akan sangat membantu dalam kenaikan kelas. Dan kami juga mengingatkan adik-adik, untuk selalu giat dalam belajarnya, persiapkan diri untuk kegiatan ulangan harian dan ulangan akhir semester. Perbanyak belajar dan mengulang kembali materi pelajaran yang sebelumnya sudah dipelajari, agar pemahaman adik-adik lebih baik lagi.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 138-139

Ayo Berlatih

Kalian telah membaca wacana di atas. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Sebutkan fungsi briket!

Fungsi briket adalah sebagai pengganti bahan bakar minyak.

2. Sebutkan alat dan bahan yang dapat digunakan untuk membuat briket!

Alat dan bahan untuk membuat briket antara lain : bambu, serbuk gergaji, atau batok kelapa (tempurung kelapa).

3. Jelaskan paling sedikit 2 kelebihan briket dari bahan bakar minyak (BBM)!

Kelebihan briket dari bahan bakar minyak antara lain briket dapat mengurangi pencemaran akibat bahan bakar fosil, briket mudah terbakar, namun, briket tidak cepat habis.

4. Mengapa briket dapat dijadikan energi alternatif?

Briket dapat dijadikan energi alternatif karena dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak.

5. Briket dapat mengurangi sampah. Bagaimana menurut pendapatmu?

Jelaskan alasannya! Briket dapat mengurangi sampah karena briket terbuat dari bahan-bahan sisa seperti serbuk gergaji dan tempurung kelapa.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 140

Ayo Berdiskusi

Diskusikan cara mengurangi sampah yang bisa kamu lakukan!

Diskusikan bersama temanmu.

Tuliskan dan sampaikan hasil diskusimu di depan kelas.

Hasil diskusi:

  • Gunakan botol minum yang dapat dipakai berulang
  • Membeli kemasan isi ulang untuk deterjen,shampo,sabun,atau kecap daripada selalu memberi kemasan yang baru setiap kali habis 
  • Gunakan kotak bekal untuk membawa makanan ke sekolah.
  • Kurangi makanan yang menggunakan kantong plastik sebagai pembungkus.
  • Membuang kertas jika kedua halaman sudah terisi.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 141-142

Ayo Berlatih

Siti dan teman-teman sedang berkemah. Selama berkemah mereka memasak makanan sendiri. Selama berkemah mereka juga memasak air sendiri. Mereka memasak menggunakan bahan bakar briket.

Selesaikan masalah berikut ini!

1. Siti menggunakan sebuah briket untuk memasak. Sebuah briket bisa digunakan untuk 2 jam memasak. Jika Siti memasak pukul 14.30, pukul berapa briket akan habis?

14.30

02.00 +

16.30

Jadi briket akan habis pada pukul 16.30

2. Udin ingin memasak air untuk minum. Udin menggunakan 2 buah briket untuk memasak. Setiap briket dapat digunakan untuk 2 jam memasak. Jika Udin mulai memasak pukul 10.00, pukul berapa briket akan habis?

10.00

04.00 +

14.00

Jadi briket akan habis pada pukul 14.00.

3. Kelompok Edo terdiri dari 5 orang. Setiap anggota membawa 1 buah briket berukuran kecil. Setiap briket dapat digunakan untuk memasak selama 1 jam. Berapa lama briket kelompok tersebut dapat digunakan?

5 x 1 jam = 5 jam

Kegiatan Bersama Orang Tua

Orang tua mengajak siswa mengamati energi pengganti BBM yang digunakan di rumah.

Nah adik-adik, itulah Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 138, 139, 140, 141, 142, yang bisa kami ulas pada artikel kami kali ini. Semoga dengan memanfaatkan alternatif jawaban ini, adik-adik bisa segera menyelesaikan tugas sekolah yang belum selesai. Dan dengan jawaban ini, semoga bisa mengantarkan adik-adik mendapatkan nilai yang bagus. Karena dengan nilai yang bagus,  akan mengantarkan pula adik-adik untuk naik ke kelas 4 nantinya.

Dan kami selalu mengingatkan kepada adik-adik, supaya giat dalam belajarnya. Apalagi saat ini sudah masuk semester genap. Semester ini sangat menentukan sekali, apakah nantinya adik-adik akan naik kelas 4 atau malah sebaliknya. Dan tentunya kami berharap jawaban ini bisa menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan nilai tugas adik-adik yang mungkin sebelumnya kurang baik.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas III

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 138, 139, 140, 141, 142 Tema 6 Kelas 3 Buku Siswa Tematik K13 Revisi"