√ Kunci Jawaban Halaman 144, 145, 146, 147, 148, 149 Tema 6 Kelas 3 Buku Siswa Tematik K13 Revisi - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 144, 145, 146, 147, 148, 149 Tema 6 Kelas 3 Buku Siswa Tematik K13 Revisi

Kunci jawaban Tema 6 Energi dan Perubahannya Kelas 3 halaman 144, 145, 146, 147, 148, 149 subtema 3 Energi Alternatif pembelajaran 6 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi dibawah ini bisa adik-adik manfaatkan sebagai jawaban untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang belum ditemukan jawabannya. Kami mengerti kenapa adik-adik lebih memelih alternatif jawaban sepert ini dari pada mencari sendiri jawabannya pada buku pelajaran. Mungkin saja adik-adik sudah mencoba mencari  jawaban pada buku, namun belum menemukan jawaban tersebut.

Dan tak hanya siswa saja, kamipun tahu jika tak sedikit juga para orang tua ikut serta mencari alternatif jawaban seperti ini untuk membantu anaknya mengerjakan tugas sekolah. Maka dari itu, kami selalu berupaya mencari jawaban yang benat dan tepat agar dengan jawaban tersebut adik-adik bisa menyelesaikan tugas sekolah serta dengan jawaban tersebut adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Namun tentunya kami disini hanya berusaha sesuai pemahaman dan kemampuan kami. Kami tidak bisa menjamin semua jawaban yang kami buar dan bagikan kepada adik-adik ini akan benar semuanya. Tentu semua itu tergantung kepada guru kelas saat mengoreksi tugas sekolah. Maka dari itu, selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Jikapun masih adik-adik temukan jawaban yang salah atau kurang tepat, maka silahkan saja adik-adik ganti dan perbaiki dengan jawaban sendiri.

Sebelumnya kamipun telah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3, adik-adik tentunya pasti sudah pernah melihat dan menggunakan jawaban tersebut. Kami berharap jawabannya bisa mengantarkan adik-adik untuk meraih nilai yang bagus. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 138, 139, 140, 141, 142 yang juga sudah kami bagikan beberapa waktu yang lalu.

Kunci Jawaban Halaman 144, 145, 146, 147, 148, 149 Tema 6 Kelas 3

Seperti yang adik-adk tahu kalau saat ini adik-adik tengah mengerjakan tugas pada kegiatan belajar 6 di subtema 3 buku siswa tema 6 kelas 3. Tugas ini merupakan tugas terakhir pada subtema 3, selanjutkan adik-adik akan mempelajari materi dan mengerjakan tugas pada subtema 4. Kami sudah menyediakan alternatif jawaban untuk tugas kali ini.

Dan seperti yang adik-adik lihat, bahwa kami hanya mengulas saol-soalnya saja, kami tidak menyertakan materinya, karena kami rasa adik-adik bisa melihat materinya pada buku pelajaran. Dan kami ingatkan adik-adik untuk mulai serius dalam belajar dan persiapkan diri untuk kegiatan lainnya seperti ulangan harian dan ulangan akhir semester.

Pada semester genap ini, nilai adik-adik peroleh akan sangat menentukan sekali untuk kenaikan kelas nantinya. Maka dari itu mulailah serius dan giat dalam belajarnya. Serta perbanyak mengulang materi pelajaran yang belum dipahami.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 144-145

Ayo Berdiskusi

Diskusikan beberapa hal berikut bersama temanmu!

1. Berikan dua alasan biogas dapat dijadikan energi aternatif!

Biogas dapat dijadikan sebagai energi alternatih karena:

  • Sumber daya yang tidak terbatas karena biogas dihasilkan dari reaksi gas metan yang berasal dari kotoran binatang.
  • Harga yang lebih terjangkau sehingga memenuhi kebutuhan harian masyarakat.

2. Apakah pengembangan biogas termasuk kegiatan yang ramah lingkungan? Jelaskan!

Energi biogas termasuk ramah lingkungan karena  terbuat dari bahan dasar kotoran ternak dan aneka limbah yang diolah sedemikian rupa, seperti limbah peternakan, limbah pertanian, limbah perairan, limbah industri, dan sampah organik.

3. Berikan 2 contoh keuntungan menggunakan biogas!

Keuntungan menggunakan biogas antara laian : 

  • Lebih ramah lingkungan
  • Proses penggunaan tidak mengeluarkan asap
  • Bisa mengurangi penggunaan bahan bakar fosil
  • Lebih ekonomis dan efisien, dan
  • Bahan bahan pembentuk biogas mudah di dapat seperti kotoran hewan, sampah organik 

4. Berikan 2 contoh hambatan menggunakan biogas!

Beberapa hambatan menggunakan biogas antara lain:

  • Karena memerlukan biaya tinggi untuk peralatan instalasi biogas.
  • Kurangnya tenaga terampil dalam proses produksi biogas.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 146-147

Ayo Berlatih

Disuatu desa masyarakat memilih menggunakan biogas sebagai energi alternatif. Setiap satu ekor sapi menghasilkan 25 kg limbah kotoran. Sebanyak 25 kg limbah kotoran tersebut diolah menjadi biogas yang digunakan untuk memasak selama 4 jam. Sehingga jika kegiatan memasak setiap keluarga hanya 4 jam. Maka memiliki satu ekor sapi cukup untuk memenuhi kebutuhan. Sekarang cobalah menjawab pertanyaan berikut!

1. Ibu memiliki biogas yang dapat digunakan memasak selama 8 jam. Jika ibu memasak setiap hari selama 4 jam. Berapa hari biogas dapat digunakan?

8 : 4 = 2 hari

2. Seorang pedagang memiliki biogas yang dapat digunakan memasak selama 16 jam. Jika pedagang tersebut memasak setiap hari selama 4 jam. Berapa hari biogas dapat digunakan?

16 : 4 = 4 hari

3. Kakak dan teman-teman sedang menyiapkan masakan untuk acara besar. Kakak menggunakan biogas yang dapat digunakan untuk memasak selama 10 jam. Jika kakak mulai memasak pukul 12.15. Maka, pukul berapa biogas akan habis?

12.15

10.00 +

22.15

Jadi biogas akan habis pada pukul 22.15.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 148-149

Perhatikan gambar berikut!

Berikan saran dan alasan!

Apa saran yang akan kamu sampaikan kepada anak tersebut?

Sebaiknya jangan membuang sampah di sungai.

Mengapa? Jelaskan!

Membuang sampah di sungan dapat menyebabkan banjir dan pencemaran lingkungan

Sekarang cobalah amati lingkungan sekolahmu!

Sebutkan cara yang dapat kamu lakukan untuk ikut menjaga lingkungan di sekolahmu!

Cara menjaga lingkungan:

  • Membuang sampah pada Tempatnya 
  • Mengurangi penggunaan plastik
  • Menjaga kebersihan toilet/kamar mandi
  • Melakukan kegiatan Jumat bersih secara rutin.
  • Melakukan piket kelas secara rutin.
  • Membersihkan saluran air yang ada di sekolah.

Demikianlah Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 144, 145, 146, 147, 148, 149 ini. Kami berharap apa yang kami sediakan ini bisa bermanfaat buat adik-adik dan jawaban ini bisa menjadi penyebab adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus. Dengan mendapatkan nilai yang bagus pada tugas sekolah, tentunya akan sangat membantu sekali untuk meningkatkan nilai akhir pada raport semester nantinya.

Kami juga mengingatkan kepada adik-adik untuk mulai serius dalam belajarnya, karena kita tahu bahwa saat ini sudah masuk pada semester genap. Dan semester genap ini merupakan semester penentu, apakah nantinya adik-adik bisa naik kelas atau sebaliknya. Kami berharap jawaban ini dapat membantu adik-adik mendapatkan nilai yang bagus.

Selain tugas harian seperti ini, adik-adik juga harus mulai mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar dan mengulang kembali pelajaran yang pernah dipelajari sebelumnya. Karena untuk mengikuti kegiatan ulangan harian dan ulangan semester, adik-adik harus memahami materinya untuk bisa menjawab soal-soalnya.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas III

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 144, 145, 146, 147, 148, 149 Tema 6 Kelas 3 Buku Siswa Tematik K13 Revisi"