√ Kunci Jawaban Halaman 35, 36, 37 Tema 6 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 4 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 35, 36, 37 Tema 6 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 4

Kunci jawaban Tema 6 Energi dan Perubahannya Kelas 3 halaman 35, 36, 37 subtema 1 Sumber Energi pembelajaran 4 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi dibawah ini kami siapkan sebagai alternatif jawaban yang dapat dijadikan sebagai jawaban dalam menjawab soal-soal pada buku siswa yang menjadi tugas sekolah adik-adik. Saat ini memang alternatif jawaban seperti ini tengah banyak dicari oleh para siswa, maupun oleh orang tua. Karena memang jawaban ini sangat membantu adik-adik dalam menjawab soal-soal yang sulit yang mungkin belum adik-adik temukan jawabannya.

Kunci Jawaban Halaman 35, 36, 37 Tema 6 Kelas 3

Dasar kami dalam membuat jawaban ini tentunya kami terlebih dahulu membaca, mempelajari dan memahami materi pelajaran yang ada. Setelah itu barulah kemudian kami mencari jawaban dari soal-soal tersebut dan menjawabnya dengan jawaban yang benar dan tepat. Akan tetapi tentunya kami selalu menyarankan, agar adik-adik teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Periksa kembali jawaban yang kami sediakan untuk memastikan jawabannya sudah sesuai dengan soal yang ada, baru kemudian adik-adik salin pada buku tugas.

Pada artikel kami yang lalu, kami juga sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 yang bisa adik-adik cari dan manfaatkan jawabannya, jika jawaban tersebut masih diperlukan. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 23, 24, 27 yang baru-baru ini juga sudah kami posting pada blog ini. Dan kami berharap semua jawaban yang kami buat ini dapat membantu adik-adik dalam mengerjakan soal-soal yang sulit pada buku siswa.

Karena kami tahu betul, sebagian soal yang ada pada buku siswa tematik kurikulum 2013 cukup sulit untuk dijawab. Cukup sulit yang kami maksudkan ialah, karena memang soal tersebut harus dijawab dengan pendapat sendiri, dan tak sedikit juga jawabannya tidak ada pada buku siswa dan harus dicari diluar buku pelajaran. Maka dari itu kami hadir menyediakan jawaban yang tepat dan benar.

Kunci Jawaban Halaman 35, 36, 37 Tema 6 Kelas 3

Memang sudah menjadi tugas adik-adik untuk menyelesaikan tugas sekolah, karena dengan tugas inilah adik-adik bisa mendapatkan nilai tugas harian. Dan nilai yang diperoleh akan dicatat oleh guru untuk nantinya pada akhir semester akan dihitung dan dimasukan pada raport semester. Maka dari itu berlombalah untuk meraih nilai terbaik.

Selain tugas harian, kami juga ingin mengingatkan adik-adik untuk terus giat dalam belajarnya. Karena selain nilai tugas, nilai ulangan harian juga sangat membantu dalam meningkatkan nilai raport. Maka dari itu, mulailah giat dalam belajarnya, pelajari kembali materi sebelumnya agar pemahaman adik-adik semakin bertambah. 

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 35

Ayo Berlatih

1. Perhatikan huruf-huruf pada kotak berikut!

Temukan 8 kata tersembunyi di dalam kotak. Kata-kata tersebut terdapat pada bacaan di atas. Cari secara mendatar, menurun, atau diagonal (miring). Berikan tanda jika sudah menemukan.

Kunci Jawaban Halaman 35, 36, 37 Tema 6 Kelas 3

2. Tuliskan 5 informasi tentang sumber energi pada wacana di atas !

Beberapa sumber energi tersebut yaitu:

  • Air merupakan sumber energi bagi tubuh dan sumber energi listrik
  • Aliran air dari bendungan memiliki energi kinetik yang berguna untuk menggerakkan kincir atau turbin.
  • Bendungan atau waduk dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA.
  • Udara bukan hanya sumber energi bagi tubuh tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai energi listrik.
  • Angin memiliki energi kinetik yang dapat menggerakkan kincir.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 36

3. Lengkapilah kalimat berikut ini dengan kata yang tepat!

Kalimat yang telah dilengkapi:

  1. Gerak air dapat menghasilkan energi listrik.
  2. Kincir angin dapat menggerakkan generator yang akan membangkitkan energi listrik
  3. Air adalah contoh sumber energi.
  4. Energi kinetik air dapat menggerakkan kincir air.
  5. Saat bernapas manusia menghirup udara

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 37

Ayo Mencoba

Kita wajib menjaga dan melestarikan lingkungan, karena lingkungan adalah tempat hidup. Lingkungan memberi sumber energi untuk kita. Namun, energi tersebut terbatas persediaannya. Apa yang harus kita lakukan sebagai bagian dari lingkungan, untuk menghemat energi?

Lakukan wawancara kepada temanmu. Pilihlah satu orang teman untuk diwawancara. Susunlah beberapa pertanyaan tentang menghemat energi. Lakukan wawancara secara bergantian. Catatlah hasil wawancaramu!

Hasil wawancara:

  1. Apa manfaat menghemat energi?
  2. Di mana saja kita bisa menghemat energi?
  3. Kapan kita menghemat energi?
  4. Siapa yang harus menghemat energi?
  5. Mengapa kita harus menghemat energi?
  6. Bagaimana cara menghemat energi?

A  :  Apa manfaat menghemat energi?

B  :  Menghemat energi dapat menjaga ketersediaan energi untuk masa yang akan datang

A  :  Di mana saja kita bisa menghemat energi?

B  :  Kita bisa menghemat energi di mana saja, di sekolah, di rumah dan lain-lain

A  :  Kapan kita menghemat energi?

B  :  Kita bisa menghemat energi kapan saja.

A  :  Siapa yang harus menghemat energi?

B  :  Setiap anggota masyarakat harus melakukan penghematan energi.

A  :  Mengapa kita harus menghemat energi?

B  :  Energi yang tersedia di alam suatu saat akan mengalami kekurangan.

A  :  Bagaimana cara menghemat energi?

B  :  Menghemat energi dapat dilakukan dengan cara menggunakan energi seperlunya saja dan tidak boros menggunakan energi

Laporkan hasil wawancaramu di depan kelas. Sampaikan dengan bahasa yang santun. Tampillah dengan percaya diri!

Demikianlah ulasan kami untuk Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 35, 36, 37 ini. Semoga jawaban ini membantu adik-adik menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah adik-adik. Dan setelah tugas ini dikumpulkan dan dikoreksi oleh guru kelas, semoga nilai yang adik-adik dapatkan bisa bagus dan maksimal.

Kami juga mengingatkan adik-adik, agar mulai serius dan rajin dalam belajarnya. Selain mengerjakan tugas sekolah, adik-adik juga harus mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar untuk nantinya punya persiapan dalam mengikuti ulangan harian dan ulangan akhir semester. Dan kami juga mengajak adik-adik untuk turut berbagi jawaban ini kepada teman sekelas lainnya dengan share artikel kami ini.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas III

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 35, 36, 37 Tema 6 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 4"