√ Kunci Jawaban Halaman 4, 5, 6, 9, 10 Tema 6 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 4, 5, 6, 9, 10 Tema 6 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 1

Kunci jawaban Tema 6 Energi dan Perubahannya Kelas 3 halaman 4, 5, 6, 9, 10 subtema 1 Sumber Energi pembelajaran 1 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini merupakan alternatif jawaban yang kami siapkan untuk adik-adik, ataupun orang tua yang juga terlibat membantu anaknya mengerjakan tugas sekolah. Jawaban yang kami sediakan ini merupakan jawaban yang kami yakin sudah benar dan tepat, maka silahkan dimanfaatkan dengan baik.

Kunci Jawaban Halaman 4, 5, 6, 9, 10 Tema 6 Kelas 3

Kami tahu jika saat ini alternatif jawaban seperti ini tengah banyak dimanfaatkan oleh para siswa dalam membantu mengisi dan menjawab soal-soal yang sulit yang menjadi tugasnya saat ini. Kami menyadari hal tersebut, bahwa memang sebagian soal yang ada pada buku pelajaran adik-adik saat ini cukup sulit untuk dijawab, karena memang terkadang ada soal yang tidak ada jawabannya pada buku dan harus dijawab dengan pendapat sendiri.

Sebelumnya, kami sudah berbagi lengkap Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 yang mungkin sebelumnya juga sudah pernah adik-adik lihat dan manfaatkan sebagai jawaban untuk menyelesaikan tugas sekolah. Kami berharap nilai yang adik-adik peroleh dari tugas-tugas sebelumnya dapat maksimal. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 217, 218 yang juga sudah kami sediakan pada blog ini.

Kami cukup yakin dengan jawaban-jawaban yang kami buat dan sediakan pada blog ini dapat membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Dan tentu bukan hanya itu saja, nilai yang nantinya akan adik-adik peroleh, kami yakin juga akan maksimal. Namun meskipun begitu, kami selalu menyarankan adik-adik untuk selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya, teliti kembali jawaban yang kami sediakan, pastikan jawaban sudah sesuai dengan soal yang ada.

Kunci Jawaban Halaman 4, 5, 6, 9, 10 Tema 6 Kelas 3

Saat ini adik-adik sudah mulai mempelajari materi pada buku siswa tema 6, dan sekarang ini sedang mengerjakan tugas-tugas pada kegiatan belajar 1. Mengerjakan tugas memang sudah menjadi tanggung jawab adik-adik, karena dengan mengerjakan tugas ini, adik-adik bisa mendapatkan nilai tugas. Nilai tugas sendiri menjadi salah nilai yang penting, karena nilai tugas akan sangat membantu untuk meningkatkan nilai akhir di raport semester.

Apalagi adik-adik tahu jika saat ini sudah masuk semester genap, dan nilai yang adik-adik peroleh dari kegiatan belajar, baik tugas sekolah, ulangan harian, nilai praktek dan ulangan akhir semester sangat menentukan sekali, apakah nantinya adik-adik bisa naik kelas atau malah akan tinggal kelas. Serta kami juga menghimbau dan mengingatkan agar adik-adik mulai giat dalam belajar, persiapkan diri adik-adik untuk kegiatan ulangan harian dan ulangan semester.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 4-5

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Tuliskan informasi yang terdapat pada paragraf pertama!

Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi. Air, udara, tumbuhan dan hewan adalah sumber energi.

2. Paragraf keberapakah terdapat informasi tentang sumber energi ?

Paragraf pertama.

3. Apa manfaat energi panas matahari? Tuliskan 3 contoh!

Manfaat energi matahari yaitu:

  • Sebagai sumber energy yang tak terbatas
  • Sebagai pembangkit listrik tenaga matahari 
  • Membantu proses pengeringan, membantu proses fotosintesis
  • Membantu kesehatan tulang

4. Apa yang dihasilkan dari proses fotosintesis?

Dari proses fotosintesis dihasilkan makanan dan oksigen.

5. Mengapa matahari disebut sebagai sumber energi terbesar di bumi?

Karena cahaya dan panas matahari merupakan sumber kehidupan di bumi.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 6

Ayo Bercerita

Coba ceritakan kembali isi bacaan di atas! Gunakan bahasamu sendiri!

Sumber energi adalah semua benda yang menghasilkan energi. Air, udara, tumbuhan dan hewan adalah sumber energi. Sumber energi lainnya adalah matahari. Cahaya dan panas matahari merupakan sumber kehidupan di bumi.

Matahari membantu tumbuhan melakukan fotosintesis untuk makanan dan oksigen. Sinar matahari juga merupakan sumber energi listrik. Energi cahaya matahari diubah menjadi energi listrik melalui PLTS. Salah satu PLTS terbesar di Indonesia terdapat di Kabupaten Karangasem, Bali.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 9-10

Perhatikan gambar berikut ini! Beri tanda centang (√) pada gambar kegiatan yang waktunya lebih lama! Beri tanda silang (X) untuk kegiatan yang lebih singkat!

Kunci Jawaban Halaman 4, 5, 6, 9, 10 Tema 6 Kelas 3

Kalian sudah dapat membedakan mana kegiatan yang lebih lama dan mana yang lebih singkat. Carilah contoh lainnya!

Kegiatan Bersama Orang Tua

Siswa bersama orang tua mencatat kegiatan-kegiatan di rumah. Siswa membandingkan mana yang lebih lama dan mana yang lebih singkat.

Demikianlah ulasan kami untuk Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 4, 5, 6, 9, 10 ini. Kami berharap adik-adik maupun orang tua yang juga turut membantu anaknya mengerjakan tugas sekolah bisa terbantu dengan jawaban ini. Dan tentunya yang lebih utama lagi, semoga jawaban ini bisa mengantarkan adik-adik meraih nilai yang bagus.

Kami juga mengingatkan adik-adik untuk selalu giat dalam belajarnya, apalagi saat ini sudah masuk semester 2 dan kegiatan belajar mengajar sudah masuk pertengahan. Dan semester genap ini sangat menentukan sekali, apakah adik-adik bisa naik ke kelas 4 atau malah akan tinggal kelas. Maka dari itu mulailah serius dalam belajar.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas III

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 4, 5, 6, 9, 10 Tema 6 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 1"