√ Kunci Jawaban Halaman 41, 42, 44, 45, 47 Tema 6 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 5 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 41, 42, 44, 45, 47 Tema 6 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 5

Kunci jawaban Tema 6 Energi dan Perubahannya Kelas 3 halaman 41, 42, 44, 45, 47 subtema 1 Sumber Energi pembelajaran 5 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami sediakan dibawah ini dapat dimanfaatkan sebagai jawaban untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah adik-adik. Kami tahu jika saat ini adik-adik dan para orang tua yang turut membantu mengerjakan tugas anaknya, sedang sibuk mencari jawaban untuk mengisi dan menyelesaikan soal-soal yang ada.

Kunci Jawaban Halaman 41, 42, 44, 45, 47 Tema 6 Kelas 3

Memang saat ini alternatif jawaban cukup banyak dimanfaatkan untuk membantu menyelesaikan tugas sekolah. Melihat hal tersebut, kami berkomitmen untuk berusaha simaksimal mungkin menyediakan jawaban-jawaban yang terbaik yang kami anggap sudah tepat dan benar yang nantinya bisa adik-adik manfaatkan. Kami membuat jawaban ini berdasarkan pemahaman kami setelah membaca dan mempelajari materi pada buku pelajaran.

Setelah kami memahaminya, barulah kemudian kami mencari jawaban yang benar dan tepat untuk menjawab soal-soal tersebut. Dan kami cukup yakin sekali dengan jawaban ini, bisa membantu adik-adik menyelesaikan tugas sekolah. Dan tentunya kamipun berharap nilai yang adik-adik peroleh bisa bagus. Namun tentu kami tidak bisa menjamin semua jawaban yang kami buat ini pasti benar, maka dari itu selalu teliti dalam mengerjakannya.

Dan sebelumnyapun kami sudah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 yang bisa adik-adik lihat pada artikel kami sebelumnya, dan kami harap jawaban tersebut bisa membantu adik-adik. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 35, 36, 37 yang juga sudah kami sediakan pada blog ini, silahkan adik-adik cari dan manfaatkan dengan sebaik mungkin.

Kunci Jawaban Halaman 41, 42, 44, 45, 47 Tema 6 Kelas 3

Adik-adik harus tahu bahwa nilai yang didapat dari tugas sekolah sangatlah penting. Karena nilai yang diperoleh akan guru kelas catat pada buku nilai untuk kemudian pada akhir semester semua nilai akan dihitung dan dimasukan ke raport semester. Maka dari itu maksimalkan dalam mengerjakan tugas sekolah, raih nilai terbaik pada setiap tugas yang dikerjakan.

Adik-adik tahu jika saat ini sudah memasuki semester genap dan semua nilai yang adik-adik peroleh pada semester ini sangatlah menentukan, apakah nantinya adik-adik bisa naik ke kelas 4 dengan nilai bagus, atau malah akan tinggal kelas karena tidak tuntas nilai-nilainya. Kami berharap jawaban yang kami sediakan ini bisa turut berperan dalam meningkatkan nilai adik-adi, sehingga nantinya bisa naik kelas dengan nilai yang bagus.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 41

Kalian telah membaca percakapan di atas. Sekarang, kerjakan tugas-tugas berikut!

1. Tuliskan paling sedikit 3 hal terkait sumber energi sesuai isi percakapan.

Beberapa hal isi percakapannya yaitu:

  • Bensin adalah salah satu jenis bahan bakar minyak untuk kendaraan
  • Bahan bakar minyak (BBM) berasal dari fosil hewan yang mati jutaan tahun yang lalu.
  • BBM idapat digunakan untuk kendaraan, menyalakan kompor, dan menghidupkan mesin-mesin pabrik. 
  • Kita harus menghemat penggunaan BBM karena cadangan BBM di bumi makin sedikit.

2. Buatlah kalimat dengan kata-kata berikut!

Kalimat yang dapat dibuat:

  • Fosil : Bahan bakar minyak berasal dari fosil hewan dan tumbuhan.
  • BBM : BBM banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mogok : Kendaraan mogok karena kehabisan bahan bakar.
  • Bensin : Bensin dapat digunakan untuk menjalankan kendaraan bermotor.
  • Energi : Energi yang ada di alam semakin sedikit.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 42

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan percakapan di atas, kita dapat mengetahui tentang BBM. Untuk menghasilkan BBM membutuhkan butuh waktu yang lama. Penduduk dunia semakin padat, sehingga kebutuhan terhadap BBM semakin banyak. BBM dipakai setiap hari oleh manusia. Untuk menghasilkannya dibutuhkan waktu jutaan tahun. Itulah sebabnya, kita berkewajiban untuk melakukan penghematan BBM agar tidak cepat habis.

Kalian adalah warga negara yang baik, kita harus peduli terhadap hal ini. Sekarang diskusikan cara untuk menghemat BBM. Lakukan dengan temanmu secara berpasangan. 

Tuliskan hasilnya pada tabel berikut!

Kunci Jawaban Halaman 41, 42, 44, 45, 47 Tema 6 Kelas 3

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 44-45

Perhatikan gambar-gambar berikut!

Tentukan letak jarum jam untuk waktu-waktu berikut ini!

Kunci Jawaban Halaman 41, 42, 44, 45, 47 Tema 6 Kelas 3

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 47

Sekarang cobalah jawab soal-soal berikut!

Jawab:

  1. Siti mulai belajar di sekolah pukul 07.00. Sekolah selesai pukul 12.00. Lamanya Siti belajar (12 - 7)  = 5 jam.
  2. Pukul 15.00 sama dengan pukul  3 sore.
  3. Pukul lima sore ditulis dengan angka 17.00
  4. Siti mulai belajar pukul 19.00. Siti selesai belajar pukul 21.00. Siti belajar selama  (21-19 = 2 ) jam
  5. Pukul 3 sore Siti harus mengaji sampai pukul 5 sore. Lama waktu Siti mengaji adalah (5-3 = 2) jam.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Orang tua membimbing siswa berlatih menggambar jarum jam pada suatu lingkaran.

Demikianlah Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 41, 42, 44, 45, 47 ini yang bisa kami ulas untuk adik-adik semua. Semoga jawaban yang kami sediakan ini bisa membantu dalam menyelesaikan tugas sekolah adik-adik. Dan selain itu, semoga nilai yang diperoleh bisa maksimal dan bagus sehingga bisa membantu adik-adik dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester.

Untuk bisa mendapatkan nilai yang maksimal tentunya adik-adik juga harus maksimal dalam mengerjakan tugas sekolah. Kami selalu menyarankan kepada adik-adik untuk selalu teliti dalam mengerjakan soal-soal yang ada. Meskipun kami disini sudah menyediakan alternatif jawaban, namun adik-adik juga harus teliti dalam mengerjakannya, pastikan jawaban yang kami sediakan sudah sesuai dengan soal yang ada.

Setelah adik-adik yakin dengan jawaban yang kami sediakan, barulah adik-adik salin jawaban tersebut ke buku tugas. Dengan begitu tugas yang adik-adik kerjakan lebih maksimal. Dan jikapun nantinya masih adik-adik temukan ada jawaban yang kurang tepat, maka silahkan saja di perbaiki dan jawab dengan jawaban sendiri.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas III

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 41, 42, 44, 45, 47 Tema 6 Kelas 3 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 5"