Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LENGKAP! Kunci Jawaban Halaman 111, 114, 120, 121 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi

Kunci jawaban Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 halaman 111, 114, 120, 121 subtema 2 Keunikkan Daerah Tempat Tinggalku pembelajaran 6 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami sediakan guna memudahkan para siswa dalam menjawab soal-soal pada buku siswa yang menjadi tugas sekolah saat ini. Kami yakin dengan jawaban yang kami buat ini, adik-adik bisa segera menyelesaikan tugas sekolah yang mungkin saja ada sebagian soalnya yang masih belum adik-adik temukan jawabannya.

Kami melihat bahwa memang saat ini tengah banyak siswa yang mencari alternatif jawaban seperti ini, maka dari itu kami turut andil dalam menyediakan jawaban yang adik-adik butuhkan. Dalam menjawab soal-soal pada buku pelajaran, kami terlebih dahulu sudah membaca dan mempelajari materi pada buku siswa, baru setelah paham kami menjawab soal-soalnya dengan mencari jawaban pada buku siswa maupun referensi lainnya. Maka dari itu kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini bisa membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah.

Namun meskipun demikian, kami tetap menyarankan adik-adik untuk selalu teliti dalam mengerjakan soal-soal tersebut. Sebelum menyalin jawaban kek buku tugas, adik-adik harus memastikan jawaban tersebut sudah sesuai dengan soalnya. Dan jikapun nantinya masih ada jawaban yang kurang tepat menurut adik-adik, maka silahkan saja dicari jawaban yang lainnya, atau sampaikan ke kami, agar bisa kami periksa untuk nantinya kami perbaiki.

Pada postingan kami sebelumnya, kami juga sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 yang kami yakin adik-adik juga pernah menggunakan jawaban tersebut untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran. Kami berharap tak hanya tugas adik-adik bisa diselesaikan tepat waktu, namun nilai yang adik-adik peroleh juga akan maksimal. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 104, 105, 106, 108, 109, 110 yang beberapa waktu yang lalu juga telah kami posting pada blog ini.

Kunci Jawaban Halaman 111, 114, 120, 121 Tema 8 Kelas 4

Kami sering sampaikan kepada adik-adik, bahwa saat ini adik-adik sudah berada pada semester genap atau semester kahir dari kegiatan belajar di kelas 4. Semua nilai yang nantinya adik-adik peroleh, baik itu dari tugas harian, tugas praktek, ulangan harian dan ulangan akhir semester, akan sangat menentukan sekali dalam kenaikan kelas. Tentunya adik-adik sangat berharap bisa naik kelas, dan begitupun kami, kami berharap jawaban yang kami buat ini bisa mengantarkan adik-adik untuk meraih nilai-nilai terbaik.

Kami juga ingin mengingatkan adik-adik, untuk mulai giat dalam belajarnya. Perbanyak mempelajari materi yang belum adik-adik kuasai dengan baik, karena dengan mengulang kembali, kami yakin pemahaman adik-adik akan lebih bagus. Dan akan lebih siap dalam mengikuti ulangan harian dan ulangan akhir semester.

Serta manfaatkan juga alternatif jawaban yang kami sediakan ini sebagai bahan belajar mandiri di rumah. Dengan persiapan yang bagus, kami yakin kelak adik-adik bisa dengan mudah mengerjakan dan menyelesaikan soal-soal ulangan harian dan ulangan akhir semester.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 111

Ayo Mengamati

Gambar di atas menunjukkan peta daerah Papua. Apa keunikan daerah Papua menurutmu? Tuliskan pada tempat di bawah ini.

Papua memiliki beberapa keunikan diantaranya adalah puncak Jayawijaya yang memiliki salju abadi, Burung Cenderawasih, Raja Ampat, dan masih banyak yang lainnya.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 114

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok yang terdiri atas tiga anak. Diskusikan mengenai cerita fiksi di depan. Apa isi dari cerita fiksi di depan? Tuliskan hasil diskusi kelompokmu pada tempat di bawah.

Legenda “Asal Usul Burung Cenderawasih” bercerita tentang kisah seorang anak bernama Kweiya yang tinggal bersama ibu dan adik-adik tirinya. Adik-adik tiri Kweiya tidak menyukai Kweiya dan menjebak Kweiya sehingga dia tersesat di hutan.

Kweiya yang tersesat di hutan mencoba untuk bertahan hidup dengan membangun rumah kayu sederhana dan berburu. Kulit binatang hasil buruannya dia pintal menjadi benang.

Ibu Kweiya pergi ke hutan, dia melihat seekor burung muncul dari pepohonan. Ternyata burung itu adalah Kweiya yang telah berubah wujud menjadi seekor burung yang indah. Ibu Kweiya menyelipkan pintalan benang di bawah lengannya. Akhirnya ibu Kweiya berubah menjadi seekor burung. Adik-adik tiri Kweiya menyesali perbuatan jahatnya, namun,sudah terlambat. Kweiya dan ibunya telah berubah menjadi burung yang kini dikenal sebaga burung cenderawasih.

Ayo Berlatih

Masih bersama kelompokmu pada kegiatan sebelumnya, carilah cerita fiksi selain yang ada dalam buku ini. Kemudian, bacalah cerita fiksi yang telah kamu temukan. Tuliskan judul, isi, beserta tokoh-tokoh yang ada dari cerita fiksi tersebut. Tuliskan pada tempat berikut.

Kisah Empat Raja (hanya contoh)

Pada jaman dahulu di Teluk Kabui hiduplah sepasang suami istri yang belum dikaruniai buah hati. Suatu hari, sang suami mengajak istrinya mencari kayu bakar di hutan. Mereka mencari kayu bakar hingga sampai ke tepi Sungai Waikeo.

Saat sedang menikmati pemandangan, mata sang suami tertumbuk pada sebuah lubang besar. Dari kejauhan sang suami melihat sesuatu berwarna putih. Ia pun penasaran dan berjalan mendekati lubang tersebut. Benda putih tersebut ternyata adalah telur yang ukurannya besar sekali dan berjumlah enam butir.

Mereka pun membawa keenam telur tersebut pulang ke rumah, tanpa mengetahui bahwa sebenarnya itu adalah telur naga. Keesokan paginya, alangkah terkejutnya suami istri tersebut karena lima dari enam telur sudah menetas. Dari dalamnya keluar sosok manusia yang terdiri empat laki-laki dan satu perempuan.

Mereka pun menamai keempat anak laki-laki itu. Yang pertama bernama War, kedua Betani, ketiga Dohar, dan Mohammad. Sedangkan untuk anak perempuan diberi nama Pintolee. Kelima anak ini tumbuh dewasa dan menjadi anak-anak yang baik.

Sayangnya, sebuah kejadian membuat keluarga tersebut malu. Pintolee terpikat pada seorang pemdua dari desa lain. Meski orangtua dan keempat kakak Pintolee tak menyukai pemuda tersebut, namun Pintolee bersikeras ingin menikah dengannya. Pintolee pun nekat kabur dan mereka menikah di Pulau Numfor.

Tinggalah keempat anak laki-laki yang masih tinggal dengan ornagtua mereka. Sebelum ajalnya tiba, sang ayah membagi warisan. Setiap anak lelakinya mendapatkan satu buah pulau. War diberi pulai Waigeo, Betani diberi pulau Salawati, Dohar diberi pulau Lilinta, dan Mohamad mendapatkan pulau Waiga.

Sang ayah berpesan agar keempat anaknya menjaga warisannya tersebut. Setelah ayahnya meninggal mereka menjadi raja dari setiap pulau. Dari sinilah sebutan Raja Ampat, yang berarti empat orang raja, mulai dikenal. Sedangkan, satu butir telur naga yang tidak menetas hingga saat ini masih disimpan dan mendapat penghormatan khusus dari masyarakat setempat.

1. Judul : Kisah Empat Raja
2. Isi cerita : Cerita tersebut mengisahkan asal-usul nama daerah Raja Ampat di Papua
3. Tokoh : Sepasang suami istri, War, Betani, Dohar, Mohammad, Pintoloe, dan Pemuda dari desa lain

Unsur apalagi yang menjadikan Papua daerah unik? Ya, Papua memiliki kesenian yang terkenal di seluruh daerah di Indonesia berupa tarian dan lagu daerah yaitu tari Perang dan lagu Apuse.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 120

Ayo Renungkan

Apa yang sudah kamu pelajari hari ini?

Hari ini saya telah belajar tentang isi dan tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi serta gerak tari daerah

Bagaimana perasaanmu saat melakukan kegiatan secara kelompok?

Saat melakukan kegiatan kelompok sangat menyenangkan karena saling membantu dan pekerjaan menjadi lebih ringan

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 121

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bertanyalah kepada orang tua dan anggota keluargamu yang lain misalnya kakak, adik, kakek, dan nenek nama-nama tari daerah dan cerita rakyat yang dikenal. Tuliskan nama tari dan cerita rakyat yang dikenal oleh setiap anggota keluargamu.

Demikian postingan kami kali ini yang membahas tentang Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 111, 114, 120, 121. Sering kami sampaikan kepada adik-adik, bahwa dalam mengerjakan tugas sekolah harusnya maksimal dan teliti. Dengan begitu kami yakin adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus. Dan alternatif jawaban yang kami sediakan ini, kami yakin akan sangat membantu adik-adik, dan bisa mengantarkan adik-adik untuk meraih nilai yang bagus. Namun tentunya kami juga tetap mengingatkan, agar selalu mengecek kembali jawaban tersebut, untuk memastikan tidak ada jawaban yang keliru.

Semester genap ini akan sangat menentukan sekali bagi adik-adik dalam kenaikan kelas. Dan nilai-nilai yang diperoleh akan menjadi penentu, apakah nantinya bisa mengantarkan adik-adik naik ke kelas 5, atau malah sebaliknya. Tak hanya nilai tugas saja, adik-adik jugas bisa mendapatkan nilai yang bagus dari setiap kegiatan yang diadakan oleh guru dan sekolah, misalnya ulangan harian, tugas praktek, dan ulangan akhir semester nantinya.

Dan adik-adik juga harus mulai serius dalam belajar untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan tersebut. Kami selalu menyarankan, agar adik-adik mengulang kembali materi pelajaran yang belum dipahami dengan baik. Dan manfaatkan juga jawaban yang kami sediakan ini sebagai bahan belajar di rumah nantinya. Jika adik-adik selalu belajar dan mempersiapkan diri untuk kegiatan ulangan harian dan ulangan akhir semester, kami yakin adik-adik bisa dengan mudah mengerjakan soal-soalnya.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Posting Komentar untuk "LENGKAP! Kunci Jawaban Halaman 111, 114, 120, 121 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi"