√ Kunci Jawaban Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi

Kunci jawaban Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku pembelajaran 2 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami bagikan ini merupakan alternatif jawaban yang kami buat dengan sebaik mungkin untuk nantinya adik-adik manfaatkan sebagai jawaban dalam menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang mejadi tugas adik-adik saat ini. Kami melihat memang alternatif jawaban seperti ini cukup banyak dimanfaatkan oleh siswa dalam mengerjakan tugas sekolahnya. Maka dari itu, kami hadir untuk menyediakan jawaban yang adik-adik perlukan.

Jawaban yang kami sediakan ini dibuat dengan terlebih dahulu membaca, mempelajari dan memahai materi dan soal-soal yang ada pada buku pelajaran adik-adik. Baru setelah kami memahaminya, kami mencari jawaban yang tepat dan benar baik di buku pelajaran, referensi lainnya da pemahaman kami sendiri untuk menjawab soal-soal yang ada. Maka dari itu kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini dapat membantu adik-adik dalam menyelesaiakn tugas sekolah dan nilai yang diperolehpun akan bagus.

Sebelumnyapun kami rasa adik-adik sudah banyak memanfaatkan jawaban yang kami sediakan ini untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Kami berharap adik-adik terbantu dengan adanya jawaban ini. Kami juga selalu mengingatkan dan menyarankan kepada adik-adik, untuk selalu teliti dalam mengerjakan soal-soal tersebut. Meskipun kami sudah yakin dengan jawaban ini, kami tetap menyarankan agar adik-adik teliti dan memastikan lagi jawabannya sudah sesuai dengan soal yang ada, baru kemudian adik-adik salin ke butu tugas.

Pada postingan kami yang lalu, kami juga sudah memposting Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 yang mungkin sudah pernah adik-adik lihat dan gunakan jawabannya. Adik-adik bisa melihatnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 4, 5, 8, 9, 10. Kami berharap jawaban tersebut membantu adik-adik, serta bisa mengantar adik-adik untuk meraih nilai yang bagus. Karena nilai yang bagus sangat diperlukan adik-adik untuk syarat kenaikan kelas. Dan bahkan jika adik-adik sering mendapatkan nilai yang bagus, tidak menutup kemungkinan adik-adik bisa juara kelas.

Kunci Jawaban Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21 Tema 8 Kelas 4

Dalam situasi pembelajaran seperti saat ini, dimana tak sedikit sekolah yang masih menerapkan kegiatan belajar dari rumah, tentu juga akan berdampak kepada siswa. Siswa tentu akan lebih banyak diberikan tugas mandiri oleh gurunya. Maka tak heran jika kami masih melihat ada siswa yang mengeluhkan karena banyak tugas sekolah yang harus dikerjakan. Mengerjakan tugas sekolah memang sudah menjadi tugas para siswa, namun akmi juga tahu kalau tak sedikit juga pada orang tua yang ikut memabntu anaknya mencari jawaban untuk menyelesaiakn tugas sekolah.

Mengerjakan tugas sekolah dengan maksimal dan bisa meraih nilai yang bagus merupakan hal yang perlu adik-adik lakukan. Karena nilai-nilai yang diperoleh nantinya akan sangat menentukan sekali, apakah adik-adik bisa naik kelas dengan nilai yang tuntas atau malah sebaliknya, adik-adik akan tinggal kelas karena nilai yang masih kurang.

Kami berharap jawaban yang kami sediakan ini bisa membantu dalam meningkatkan dan memperbaiki nilai-nilai tugas sekolah adik-adik. Setidaknya nilai dari tugas harian dapat membantu adik-adik dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester. Selain itu adik-adik juga harus lebih giat lagi dalam belajar dan mempersiapkan diri untuk kegiatan ulangan harian dan ulangan akhir semester nantinya.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 14-15

Ayo Berlatih

Amatilah teks lagu “Yamko Rambe Yamko”. Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi lagu di depan. Apa yang kamu temukan?

Hee yamko Rambe Yamko
Aronawa kombe
Hee Yamko Rambe Yamko
Aronawa Kombe

Temino Kibe Kubano Ko Bombe Ko
Yuma No Bungo Awe Ade
Temino Kibe Kubano Ko Bombe Ko
Yuma No Bungo Awe Ade

Hongke Hongke, Hongke Riro
Hongke Jombe, Jombe Riro
Hongke Hongke, Hongke Riro
Hongke Jombe, Jombe Riro

Keterangan :

Warna merah : lebih tinggi
Warna hitam : lebih rendah

Nyanyikan lagu ”Yamko Rambe Yamko” bersama gurumu sesuai dengan tempo atau kecepatan dan tinggi rendah nada. Gurumu akan memberikan aba-aba tempo atau kecepatan dengan ketukan. Jelaskan tinggi rendah nada pada lagu ”Yamko Rambe Yamko”! Kamu dapat pula mengetuk tempo lagu yang dinyanyikan. Rasakan bila tempo itu dipercepat.

Adik-adik menyanyikan lagu tersebut.

Apa makna yang terkandung dari lagu ”Yamko Rambe Yamko”?

Yamko Rambe Yamko lagu tentang peperangan yang menyedihkan. Lagu ini mengisahkan sebuah pertikaian dalam negeri. Di dalam lirik lagu ini, si penyanyi hendak menjadi pahlawan (disebut bunga bangsa) dan mempertahankan kemerdekaan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 17

Ayo Berlatih

Siapa saja tokoh-tokoh dalam cerita tersebut? Sebutkan tokoh-tokoh dalam cerita. Kemudian, ceritakan secara lisan cerita tersebut di depan teman-teman dan gurumu.

Ada berbagai jenis cerita fiksi, di antaranya cerita rakyat, cerpen, dan novel. Adapun jenis cerita rakyat antara lain cerita jenaka, mite, fabel, legenda, dan saga.

Tokoh Cerita :

Burung Kasuari, Burung Dara Makota, Burung Pipit dan burung lannya.

Cerita Lisan :

Kasuari merupakan burung yang amat serakah. Dia memetik banyak sekali buah yang telah masak sehingga burung-burung lain tidak kebagian. Burung-burung lain tak mau berteman dengannya dan mencari cara agar Kasuari sadar dari sifat serakahnya.

Dara Makota mengusulkan lomba terbang, siapa yang mampu terbang tinggi dan paling jauh, dialah pemenangnya. Burung Pipit merasa pesimis tidak akan bisa melawan burung Kasuari. Dara Makota meyakinkan teman-temanya bahwa dia mampu mengalahkan Burung Kasuari.

Kasuari dan Dara Makota pun bertanding. Sesekali Kasuari menoleh Dara Makota yang berada di belakangnya. Saat asyik menoleh, tiba-tiba... BRAAK.... Kasuari menabrak batang pohon. Kasuari hanya dapat memandang Dara Makota dengan rasa malu karena dia tidak mampu terbang lagi.

Sejak saat itu, Kasuari sadar dan mengubah perilakunya. Namun sayang sekali, sejak saat itu pula Kasuari tidak bisa terbang lagi. Dia harus mencari makan di tanah.

Ayo Berdiskusi

Carilah informasi tentang jenis-jenis cerita fiksi berikut!

Jawaban:

  1. Cerita jenaka adalah cerita pendek berisi kebodohan atau kecerdikan seseorang dan menimbulkan senyum atau tawa bagi pembaca atau pendengar. Contoh: Pak Pandir, Pak Belalang, dan Lebai Malang.
  2. Mite adalah cerita berhubungan dengan kepercayaan suatu benda, peristiwa gaib, alam gaib, atau yang dipercayai mempunyai kekuatan gaib, seperti dewa, peri, dan Tuhan.
  3. Fabel adalah cerita dengan tokoh-tokoh binatang yang diceritakan hidup dan bermasyarakat seperti manusia. Contoh: Kancil dengan Buaya dan Burung Bangau.
  4. Legenda adalah cerita lama mengisahkan riwayat terjadinya suatu tempat atau wilayah, kejadian alam, asal-usul suatu benda, atau kejadian di suatu tempat atau daerah. Contoh: Terjadinya Gunung Tangkuban Perahu dan
  5. Saga adalah cerita lama yang mengandung unsur sejarah, misalnya kepahlawanan. Contoh: Calon Arang dan Lutung Kasarung.
  6. Cerpen adalah cerita fiksi yang memaparkan kisah ataupun cerita tentang kehidupan manusia melalui tulisan pendek. Cerpen dapat selesai dibaca dalam sekali duduk. Contoh: cerpen-cerpen anak pada majalah atau surat kabar. Contoh: Putri Tunjung Buih dan Putri dari Bambu
  7. Novel adalah cerita fiksi yang panjang dan mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak setiap tokoh. Contoh: Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 18

Ayo Berlatih

Bacalah kembali cerita Asal Mula Telaga Warna dan Kasuari dan Dara Makota. . Kemudian, identifikasilah jenis cerita fiksi tersebut.

Jenis cerita fiksi Kasuari dan Mara Makota adalah Fabel

Penjelasan: Cerita fiksi Kasuari dan Dara Mahkota merupakan cerita rakyat dengan tokoh-tokoh berupa binatang, yaitu burung yang hidup dan berbicara seperti manusia

Jenis cerita fiksi Asal Mula Telaga Warnaa dalah Legenda

Penjelasan: Asal Mula Telaga Warna tersebut mengisahkan asal mula terjadinya suatu tempat, yaitu Telaga Warna.

Kasuari dan Dara Mahota dalam cerita di depan memiliki sayap untuk terbang. Dengan terbang, mereka dapat menuju tempat tertentu. Demikian juga dengan manusia. Manusia seringkali menggunakan sarana transpotasi, seperti sepeda, sepeda motor, mobil, pesawat, dan kapal untuk menuju tempat tertentu.

Apa kamu masih ingat tentang gaya dan gerak?

Gaya adalah suatu kekuatan yang mengakibatkan benda yang dikenainya dapat mengalami gerak, perubahan kedudukan, atau perubahan bentuk. Gaya juga dapat diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang dapat memengaruhi keadaan suatu benda. Sementara itu, gerak adalah perpindahan kedudukan suatu benda terhadap benda lainnya, baik perpindahan kedudukan yang mendekati maupun menjauhi suatu benda atau tempat asal akibat benda itu dikenai gaya. Jadi, gaya memengaruhi gerak suatu benda.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 20-21

Ayo Menulis

Tulislah hasil percobaanmu dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apa perbedaan yang kamu rasakan saat mendorong meja sendiri dan berdua?

Saat mendorong meja sendirian lebih berat jika dibandingkan saat mendorong meja berdua.

2. Bagaimana pergerakan meja saat didorong sendiri dan berdua?

Saat didorong sendiri pergerakan meja lebih lambat jika dibandingkan saat didorong berdua.

3. Apa kesimpulanmu dari percobaan ini?

Meja yang didorong oleh seorang anak dengan kekuatan penuh dengan meja didorong oleh dua orang anak yang sama-sama menggunakan kekuatan penuh berbeda. Jumlah gaya yang diperoleh meja yang didorong dua anak dua kali lebih besar dibandingkan jumlah gaya pada meja yang didorong satu anak. Akibatnya, gerakan meja yang didorong dua anak menjadi lebih cepat. Sebaliknya, gerakan meja yang didorong satu anak menjadi lambat. Jadi, pemberian gaya berpengaruh terhadap kecepatan gerak benda.

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari hari ini? 

Hari ini saya telah belajar tentang tempo pada lagu , tokoh-tokoh pada teks fiksi, jenis teks fiksi, dan gaya dan kecepatan gerak

Apa yang harus kamu perhatikan saat menyanyi? 

Saat menyanyi salah satu yang harus diperhatikan adalah tempo lagu dan tinggi rendah nada yang dinyanyikan

Apakah pengaruh gaya terhadap gerak benda?

Pemberian gaya berpengaruh terhadap kecepatan gerak benda.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bertanyalah kepada orang tuamu tentang lagu daerah di lingkungan tempat tinggalmu. Apa saja lagu daerahmu? Kemudian, pilih satu lagu daerahmu. Mintalah orang tuamu untuk menyanyikannya. Tuliskan syair lagu yang dinyanyikan orang tuamu.

Judul : Gundul – Gundul Pacul
Bahasa : Jawa 
Asal : Jawa Tengah 
Makna dan Arti : Menjunjung amanah rakyat

Lirik:

Gundul gundul pacul cul gelelengan
Nyunggi nyunggi wakul kul gembelengan
Wakul ngglimpang segane dadi sak ratan
Wakul ngglimpang segane dadi sak ratan

Demikianlah artikel kami tentang Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21 ini. Dengan adanya alternatif jawaban ini, kami berharap adik-adik bisa segera menyelesaikan tugas sekolah yang masih belum selesai dan segera mengumpulkannya kepada guru kelas untuk nantinya bisa dikoreksi dan diberi nilai sesuai dengan jumlah benarnya. Kami cukup yakin jika jawaban ini bisa mengantarkan adik-adik untuk bisa meraih nilai yang bagus.

Adik-adikpun tahu kalau nilai merupakan hal yang sangat penting dan kegiatan belajar. Nilai yang adik-adik peroleh, baik dari tugas harian, tugas praktek, ulangan harian, dan ulangan akhir semester akan dimasukan pada raport semester. Dan nilai tersebut nantinya menjadi penentu, apakah adik-adik tuntas sesuai KKM atau malah sebaliknya.

Dan untuk bisa naik ke kelas 5, adik-adik haruslah tuntas dalam nilai. Maka dari itu, selalu maksimalkan dalam mengerjakan tugas sekalo, serta persiapkan diri dengan memperbanyak belajar di rumah. Pelajari lagi pelajaran yang masih belum dipahami dengan baik, agar nantinya adik-adik punya persiapan dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi"