√ Kunci Jawaban Halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, 150 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, 150 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi

Kunci jawaban Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, 150 subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku pembelajaran 3 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami siapkan untuk adik-adik yang tengah sibuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Alternatif jawaban ini dapat adik-adik jadikan sebagai jawaban untuk menjawab soal-soal yang sulit bagi adik-adik yang sampai saat ini belum ditemukan jawabannya. Kami yakin jika jawaban ini bisa membantu dalam menyelesaikan tugas sekolah adik-adik. Tak hanya itu, kami juga cukup yakin jika dengan jawaban ini adik-adik bisa meraih nilai yang bagus.

Kami terus berusaha menyediakan jawaban terbaik yang tepat dan benar untuk adik-adik. Dalam menjawab soal-soal pada buku siswa, kami tentunya tidaklah asal jawab saja. Namun kami terlebih dahulu sudah mempelajari materi dan soal-soalnya, baru kemudian kami mencari jawaban yang tepat untuk menjawab soal-soal tersebut, baik jawabannya kami ambil dari buku maupun dari sumber lainnya. Maka dari itulah kenapa kami cukup yakin dengan jawaban yang kami buat ini. Jikapun nantinya masih terdapat soal yang belum kami sediakan jawabannya pada artikel kami, silahkan adik-adik sampaikan ke kami.

Seperti yang pernah kami sampaikan pada postingan kami, meskipun kami disini menyediakan jawaban untuk adik-adik, namun kami juga menyarankan agar adik-adk tidak sepenuhnya memanfaatkan jawabannya, setidaknya adik-adik bisa berusaha dulu mencari jawaban pada buku, dan kalaupun sudah berusaha namun belum juga menemukan jawabannya, barulah adik-adik gunakan alternatif jawaban ini. Dan kami juga ingin sampaikan, bahwa kami disini tidak bisa menjamin bahwa semua jawaban yang kami sediakan ini pasti tepat dan benar semuanya. Mungkin saja masih ada jawaban yang kurang tepat atau keliru, maka silahkan adik-adk periksa dulu sebelum menyalinnya ke buku tugas.

Pada postingan kami sebelum ini, kami juga telah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 yang kami yakin adik-adik sebelumnya sudah pernah menggunakan jawaban tersebut. Kami harap nilai yang adik-adik peroleh bisa bagus dan maksimal, sehingga nilai tersebut dapat membantu adik-adik dalam meningkatkan nilai raport. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 134, 135, 136, 137, 139, 140 yang beberapa waktu lalu juga telah kami posting pada blog kami.

Kunci Jawaban Halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, 150 Tema 8 Kelas 4

Mengerjakan tugas sekolah merupakan hal yang rutin yang tak bisa lepas dari kegaitan belajar. Apalagi dalam situasi belajar seperti saat ini, dimana banyak sekolah yang masih menerapkan kegiatan belajar dari rumah atau daring. Maka guru juga akan lebih banyak memberikan tugas kepada siswanya untuk dikerjakan secara individu di rumah. Dan dari tugas-tugas inilah seorang guru bisa menilai kemampuan masing-masing siswanya, serta mengambil nilai tugas.

Kami sering menyampaikan kepada adik-adik, agar bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas sekolah dan raih nilai terbaiknya. Karena semua nilai yang nantinya adik-adik peroleh akan sangat menentukan sekali dalam kenaikan kelas. Serta adik-adik juga harus sudah mulai serius dalam belajarnya, perbanyak mengulang materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik. Dengan begitu kami yakin adik-adik lebih siap dalam mengikuti kegiat tersebut.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 143-144

Berdasarkan cerita di atas, jawablah pertanyaan berikut!

1. Mengapa cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’ disebut sebagai cerita fiksi?

Cerita berjudul Nelayan dan Ikan Mas merupakan cerita fiksi, yaitu cerita rakyat. Alasannya, karena merupakan cerita rekaan yang dibuat oleh pengarang berdasarkan imajinasinya.

2. Siapa sajakah tokoh-tokoh yang ada dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’?

Tokoh dalam cerita berjudul Nelayan dan Ikan Mas adalah kakek, nenek, dan ikan mas.

3. Bagaimanakah sifat dari tokoh-tokoh dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’?

Berikut sifat dari tokoh-tokoh dalam cerita berjudul Nelayan dan Ikan Mas.
Kakek: kakek memiliki sifat penurut. Kakek menuruti semua keinginan nenek.
Nenek: nenek memiliki sifat serakah. Nenek tidak pernah puas dan selalu merasa kekurangan atas segala sesuatu yang telah ia miliki

4. Hikmah apa yang bisa kamu petik dari cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’?

Hikmah yang dapat diperoleh dari cerita berjudul Nelayan dan Ikan Mas adalah kita tidak boleh serakah. Kita harus bersyukur terhadap semua rezeki yang telah diberikan oleh Tuhan.

5. Sikap apakah yang harus kita hindari agar kita bisa bersyukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa?

Sikap yang harus dihindari agar kita bisa bersyukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa adalah serakah. Saat seseorang memiliki sifat serakah, mereka akan selalu merasa kekurangan degan segala sesuatu yang telah ia miliki. Ia tidak mau bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 145-146

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan penjelasan tentang tokoh dan jenisnya, diskusikan bersama dua orang temanmu tentang tokoh utama dan tokoh pembantu dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’. Selanjutnya berdasarkan peranannya, tuliskan tokoh protagonis dan tokoh antagonis dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’. Tulislah hasil diskusidalam cerita. Kehadiran tokoh pembantu sekadar menunjang tokoh utama. mu pada kotak berikut.

Tokoh utama, tambahan, protagonis, dan antagonis pada cerita Nelayan dan Ikan Mas adalah :

  1. Tokoh utama : Kakek, nenek dan Ikan Mas
  2. Tokoh tambahan : -
  3. Tokoh Protagonis : Ikan Mas dan Kakek
  4. Tokoh Antagonis. : Nenek

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 147

Ayo Berdiskusi

Kamu telah memahami berbagai jenis karakteristik individu dalam masyarakat. Teman-teman di sekolahmu tentu juga memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Bagaimanakah sikap kamu dalam menghadapi berbagai karakteristik teman di sekolahmu? Manfaat apa yang kamu peroleh dengan adanya karakteristik antarteman di sekolah? Diskusikan bersama dua orang temanmu. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 149

Ayo Mencoba

Kamu telah memahami jenis-jenis pekerjaan, baik pekerjaan yang menghasilkan barang maupun pekerjaan yang menghasilkan jasa. Sekarang lakukan pengamatan terhadap lingkungan tempat tinggalmu. Tuliskan jenisjenis pekerjaan yang ditekuni masyarakat tempat tinggalmu. Kelompokkan jenis-jenis pekerjaan tersebut dalam dua kelompok yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa atau pekerjaan yang berhubungan dengan sosial budaya. Tuliskan hasil pekerjaanmu dalam bentuk kolom seperti berikut dan kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 150

Ayo Renungkan

Keragaman karakteristik individu dalam masyarakat mempunyai peranan penting bagi kehidupan bersama. Manusia sebagai makhluk sosial selalu membutuhkan orang lain. Tidak ada seorang pun yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendirian. Coba renungkan hal berikut. Bagaimana jika dalam kehidupan masyarakat tidak ada petani? Apakah kita bisa memenuhi kebutuhan pangan secara terjangkau?

Jika dalam kehidupan masyarakat tidak ada petani maka seluruh warga masyarakat akan kekurangan bahan pangan karena petani adalah penghasil bahan pangan berupa beras. Tidak adanya beras mengakibatkan kekurangan salah satu kebutuhan pokok manusia yaitu pangan.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Apa pekerjaan orang tuamu? Apa cita-citamu kelak? Tentu ada keragaman pekerjaan dalam keluargamu, bukan? Kamu hendaknya bisa bekerja bekerja sama dengan orang tuamu terkait dengan keragaman pekerjaan dalam keluargamu. Bagaimanakah cara yang dapat kamu lakukan sebagai bentuk pencerminan sikap bekerja sama dengan orang tua atas perbedaan pekerjaanmu dan orang tuamu? Diskusikan dengan anggota keluargamu, lalu tuliskan pendapat kamu dan keluargamu dalam kolom berikut.

Hasil renungan :

  • Pekerjaan orangtua : petani wirausaha dan pegawai (pilih salah satu)
  • Cita-citaku : dokter, pilot, tentara dan lain lainya (pilih sesuai minatmu)
  • Bentuk kerjasama dengan orangtua : Saling mendukung dan memberikan semangat satu sama lain atas perbedaan pekerjaan tersebut

Nah itulah adik-adik ulasan kami untuk Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, 150 ini. Kami yakin bahwa jawaban yang kami buat dan sediakan ini dapat membantu adik-adik yang kesulitan dalam menjawab soal-soal pada buku siswa yang menjadi tugas sekolah. Dan yang lebih utama lagi, semoga dengan jawaban ini, nilai yang akan diperoleh dari tugas tersebut akan maksimal dan bagus. Untuk meningkatkan nilai raport semester memang perlu nilai yang bagus dari setiap kegiatan yang diadakan oleh sekolah maupun guru, seperti tugas harian, ulangan dan lainnya.

Seperti yang adik-adik tahu jika semester genap ini menjadi semester penentu bagi adik-adik dalam kenaikan kelas. Nilai-nilai yang diperoleh, baik itu nilai tugas sekolah, tugas praktek, ulangan harian, bahkan ulangan semester, semuanya akan dihitung dan dimasukan ke raport. Dan nantinya dari sekian nilai yang diperoleh akan menentukan kelulusan standar nilai yang telah ditetapkan sekolah. Kami berharap jawaban yang kami sediakan ini bisa membantu adik-adik dalam meningkatkan nilai tugas sekolah.

Selain itu kami juga mengingatkan supaya adik-adik lebih giat lagi dalam belajarnya, dan memperbanyak mengulang materi pelajaran yang belum dipahami dengan baik. Sangat perlu sekali persiapan yang bagus agar nantinya adik-adik bisa mengerjakan soal-soal pada kegaitan tersebut. Dengan persiapan yang bagus, kami yakin adik-adik bisa meraih nilai yang bagus pula.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, 150 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi"