√ Kunci Jawaban Halaman 152, 153, 154, 155, 157, 158 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 152, 153, 154, 155, 157, 158 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi

Kunci jawaban Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 halaman 152, 153, 154, 155, 157, 158 subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku pembelajaran 4 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini dapat adik-adik jadikan sebagai jawaban untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang mana soal tersebut menjadi tugas sekolah saat ini. Kami yakin jawaban yang kami buat ini akan memudahkan adik-adik dalam menjawab soal-soal yang sulit yang belum terjawab oleh adik-adik. Selain itu kami juga cukup yakin, nantinya adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Kami tahu kalau saat ini cukup banyak siswa sekolah dasar yang mencari jawaban di internet untuk membantu menjawab soal-soal yang sulit yang mungkin belum adik-adik temukan jawabannya pada buku siswa. Dan tak hanya siswa saja, namun juga tak sedikit para orang tua turut andil dalam membantu anaknya mengerjakan tugas sekolah. Dan alternartif jawaban seperti ini menjadi pilihan. Maka dari itu, kami selalu berupaya untuk terus memberikan jawaban terbaik kepada adik-adik. Agar dengan jawaban tersebut, tugas adik-adik bisa terselesaikan tepat waktu dan nilai yang diperolehpun akan maksimal.

Dalam menjawab soal-soal latihan, kami sebelumnya sudah membaca, mempelajari dan memahami materi yang ada pada buku siswa. Setelah paham, kami mencari jawaban untuk menjawab soal-soal tersebut baik dari buku pelajaran, internet maupun pemahaman kami sendiri. Maka dari itulah kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini bisa mengantarkan adik-adik untuk bisa meraih nilai yang bagus. Nila yang bagus memang sangat diperlukan sekali, apalagi semester genap ini merupakan semester penentu dalam kenaikan kelas.

Sebelumnya kami juga telah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 yang mungkin saja sudah pernah adik-adik lihat dan gunakan sebagai jawaban untuk menyelesaikan tugas sekolah pada kegiatan belajar sebelumnya. Kami berharap nilai yang adik-adik peroleh akan maksimal dan bagus. Serta lihat juga Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, 150 yang belum lama ini juga telah kami posting. Kami yakin jawaban tersebut dapat membantu adik-adik.

Kunci Jawaban Halaman 152, 153, 154, 155, 157, 158 Tema 8 Kelas 4

Tugas sekolah yang adik-adik kerjakan ini merupakan tugas pada kegiatan belajar 4 di subtema 3 buku siswa tema 8 kelas 4. Pada semester genap ini, nilai dari tugas harian akan sangat membantu sekali dalam meningkatkan nilai raport nantinya. Maka dari itu, kejarlah nilai terbaik pada setiap tugas yang diberikan oleh guru. Dan manfaatkan dengan baik jawaban yang kami sediakan ini.

Meskipun kami cukup yakin dengan jawaban yang kami buat ini, tetap saja kami sarankan adik-adik untuk teliti dalam mengerjakannya. Sebelum menyalin jawaban ke buku tugas, pastikan adik-adik sudah mengecek dan memastikan jawabannya sudah sesuai dengan soal yang ada, baru kemudian adik-adik salin ke buku tugas.

Dan kalaupun nantinya adik-adik masih menemukan jawaban yang salah atau keliru, maka silahkan cari jawaban lainnya, atau sampaikan kepada kami agar bisa kami cek dan perbaiki. Kami berharap setidaknya jawaban yang kami buat ini bisa turut andil dalam membantu meningkatkan nilai tugas adik-adik.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 152

Ayo Mengamati

Pernahkah kamu membaca cerita Cindelaras ? Atau mungkin kamu melihat video drama Cindelaras ? Coba, kamu cari informasi tentang cerita Cindelaras. Kamu bisa membaca buku atau kamu bisa memutar video. Kemudian, tuliskan ringkasan mengenai cerita Cindelaras pada kotak di bawah.

Cerita Tentang Cindelaras

Cindelaras tinggal bersama ibunya di sebuah hutan terpencil. Meskipun tinggal di hutan, Cindelaras tidak kesepian. Dia bersahabat dengan binatang-binatang di hutan. Suatu hari, seekor burung rajawali menghadiahi sebutir telur ayam kepada Cindelaras. Cindelaras amat senang. Kemudian, dia menghangatkan telur itu supaya bisa menetas dengan baik.

Selang beberapa minggu, telur itu pun menetas. Dengan sabar Cindelaras memiara anak ayamnya. Dia tidak pernah lupa memberi makan dan memandikannya. Ayam itu pun tumbuh menjadi ayam jantan yang besar dan kuat.

Namun, ada yang aneh pada ayam itu. Saat berkokok, ayam mengeluarkan suara, ”Kukuruyuuk...Tuanku Cindelaras, wajahnya tampan rupawan, rumahnya di hutan rimba, ayahnya Raden Putra.”Rupanya ayam itu adalah ayam ajaib. Karena penasaran, Cindelaras bertanya kepada ibunya, ”Benarkan Raden Putra adalah ayahku?”

Akhirnya, ibunya menceritakan kejadian bertahun-tahun yang lalu. Raden Putra mengusir ibu Cindelaras dari istana karena dituduh telah meracuni adik Raden Putra. Saat itu, Raden Putra tidak mengetahui bahwa ibu Cindelaras sedang mengandung.

Mendengar cerita ibunya, Cindelaras bertekad untuk menemui Raden Putra. Setelah menempuh perjalanan jauh, Cindelaras sampai di Kerajaan Jenggala.

”Aku ingin mengadu ayamku dengan ayam Raden Putra,” kata Cindelaras kepada para pengawal.

Raden Putra menemui Cindelaras. Saat melihat Cindelaras, Raden Putra terkesiap. Beliau merasa mengenal wajah itu. ”Siapa kau? Berani sekali menantang ayamku. Apa yang akan kau berikan kepadaku jika ayammu kalah?” tantang Raden Putra.

Cindelaras menunduk hormat, ”Hamba akan mengabdikan seluruh hidup hamba pada Kerajaan Jenggala.”

Raden Putra setuju. Cindelaras pun mengeluarkan ayamnya dari keranjang. Begitu keluar, ayam Cindelaras langsung berkokok, ”Kukuruyuuuk...Tuanku Cindelaras, wajahnya tampan rupawan, rumahnya di hutan rimba, ayahnya Raden Putra.”

Semua yang ada di situ terkejut. Wajah Raden Putra memucat. ”Siapakah dirimu sebenarnya? Mengapa ayam ini berkata bahwa kau adalah putraku?” tanya Raden Putra.

Cindelaras pun menceritakan siapa dirinya. Raden Putra terduduk mendengarnya.

”Aku telah menyia-nyiakan anakku sendiri,” sesal Raden Putra. Raden Putra memandang Cindelaras, lalu berkata, ”Anakku, maukah kau memaafkan kesalahan ayahmu ini?”

Cindelaras mengangguk mantap. Raden Putra lega. Kemudian, beliau memerintahkan para pengawal untuk menjemput ibu Cindelaras di hutan.

Sebenarnya, setelah mengusir ibu Cindelaras, Raden Putra menyadari bahwa dia telah melakukan kesalahan. Namun, dia tidak dapat menemukan istrinya. Sekarang berkat ayam jantan Cindelaras, mereka semua dapat berkumpul kembali.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 153

Berdasarkan cerita ”Cindelaras”, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Siapakah yang menjadi tokoh utama dalam cerita ”Cindelaras”?

Tokoh utama dalam cerita Cindelaras adalah Cindelaras

2. Siapakah yang menjadi tokoh pembantu atau tokoh tambahan dalam cerita ”Cindelaras”?

Tokoh pembantu atau tambahan dalam cerita Cindelaras yaitu ibu, burung rajawali, ayam, pengawal, dan Raden Putra

3. Siapakah tokoh yang berperan antagonis dalam cerita ”Cindelaras”?

Tokoh antagonis dalam cerita adalah Raden Putra.

4. Mengapa tokoh dalam soal nomor 2 dikatakan berperan antagonis?

Raden Putra termasuk tokoh antagonis karena menuduh ibu Cindelaras meracuni adiknya, lalu mengusir ibu Cindelaras dari istana.

5. Siapa lawan dari tokoh antagonis? Tuliskan contoh tokoh yang berperan protagonis dalam cerita ”Cindelaras”?

Lawan dari tokoh antagonis adalah tokoh protagonis. Tokoh protagonis dalam cerita tersebut yaitu Cindelaras, ibu, burung rajawali, ayam, dan pengawal

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 154

Ayo Menulis

Coba, kamu ingat kembali pengertian tokoh, tokoh utama, dan tokoh pembantu atau tambahan. Selanjutnya, tuangkan kembali dalam bentuk tulisan tentang pengertian tokoh, tokoh utama, dan tokoh pembantu atau tambahan sesuai ingatanmu. Tuliskan dalam kolom berikut.

Tokoh adalah para pelaku yang terdapat pada cerita fiksi. Tokoh berperan sebagai pembawa cerita. Tokoh utama adalah tokoh yang mendominasi keseluruhan cerita. Jadi, tokoh utama paling terlibat dengan makna dan teman, paling banyak berhubungan dengan tokoh lain, dan paling banyak memerlukan waktu penceritaan. Sebaliknya, tokoh tambahan adalah tokoh yang kehadirannya dalam cerita sekadar mendukung tokoh utama, tetapi pemunculannya diperlukan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 155

Ayo Mengamati

Kamu telah memahami berbagai jenis pekerjaan berdasarkan corak kehidupan penduduk setempat. Lakukan pengamatan terhadap kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitarmu! Apa saja jenis pekerjaan yang ditekuni penduduk di lingkungan tempat tinggalmu? Apakah semua penduduk di sekitarmu menekuni pekerjaan sesuai corak kehidupan sederhana atau sebaliknya sesuai corak kehidupan modern? Tuliskan kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitarmu sesuai hasil pengamatanmu! Buat kesimpulan sesuai dengan corak kehidupan kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitarmu? Tuliskan dalam kotak berikut.

(Contoh) Kebanyakan penduduk dilingkungan saya hidup dalam lingkungan dengan corak kehidupan sederhana sebagai petani

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 157

Ayo Menulis

Sudahkah kamu memupuk sikap toleransi dalam keragaman dengan masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu? Apa bentuk tindakan memupuk sikap toleransi dalam keragaman masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu. Coba, kamu tuliskan tindakan-tindakanmu yang mencerminkan sikap toleransi dalam keragaman masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu. Tuliskan dalam kotak berikut.

Bentuk tindakan memupuk sikap toleransi di lingkungnku antara lain :

  1. Tidak mengganggu ibadah orang lain.
  2. Membiarkan teman melaksanakan ibdah sesuai agamanya.
  3. Mau menghargai agama orang lain.
  4. Tetap bergaul walaupun beda Ras, Suku, Agama, dll
  5. Membantu tetangga tanpa melihat Ras, Suku, dan AGama
  6. Tidak memaksakan agama kepada orang lain.

Ayo Renungkan

Apa yang sudah kamu pelajaran pada hari ini?

Hari ini saya telah belajar tentang kegiatan ekonomi di suatu daerah berkaitan dengan mata pencaharian, tokoh pada cerita fiksi, dn manfaat keberagaman karakteristik individu.

Bagaimana perasaanmu saat melakukan kegiatan pada pembelajaran ini. Tuliskan pada kolom berikut. Hasil renungan

Pembelajaran pada hari ini sangat menyenangkan dan bermanfaat.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 158

Kerja Sama dengan Orang Tua

Dalam kegiatan ekonomi, banyak jenis pekerjaan yang ditekuni masyarakat. Semua dilakukan dengan tujuan yang sama yaitu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Keragaman jenis pekerjaan dalam kegiatan ekonomi masyarakat tersebut sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Coba, kamu diskusikan bersama orang tuamu hal yang akan terjadi jika semua masyarakat hanya menekuni satu jenis pekerjaan. Semua menekuni pekerjaan yang sama. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Jika Semua Masyarakat Tetap Menekuni 1 Pekerjaan Contoh Seperti Pedagang, Maka Otomatis Semua Masyarakat Akan Bersaing Dan Menjadikan Pedagang Dengan Pedagang Lainnya Akan Terus mengalami Penghasilan Yang tetap,Karena Semua Pedagang Tersebut mencari Tempat Yang Banyak Pembeli Dan Penjual.

Demikian postingan kami untuk Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 152, 153, 154, 155, 157, 158 ini. Kami berharap jawaban yang kami sediakan untuk adik-adik ini bisa menjadi jawaban yang benar dan tepat saat guru kelas mengoreksi tugas ini nantinya. Dengan begitu nilai yang kelak akan adik-adik peroleh bisa maksimal dan bagus. Bisa mendapatkan nilai yang bagus memang menjadi hal yang baik sekali, apalagi di semester genap ini, dimana nilai yang adik-adik peroleh akan menjadi penentu dalam kenaikan kelas.

Kami juga selalu mengingatkan, agar adik-adik mulai serius dan lebih giat lagi dalam belajarnya. Persiapkan diri adik-adik sesiap mungkin untuk mengikuti ulangan harian maupun ulangan akhir semester. Dan pelajari lagi materi pelajaran yang belum adik-adik kuasai dengan baik, agar nantinya saat mengikuti kegiatan tersebut, adik-adik bisa dengan mudah mengerjakan soal-soalnya.

Manfaatkan juga alternatif jawaban yang kami buat ini sebagai bahan belajar di rumah nantinya. Semoga dengan adanya jawaban ini adik-adik lebih mudah dalam menyelesaikan tugas sekolah. Dan semoga juga jawaban yang kami buat ini menjadi jalan bagi adik-adik dalam mendapatkan nilai yang bagus.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 152, 153, 154, 155, 157, 158 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi"