√ Kunci Jawaban Halaman 161, 162, 165, 166, 168, 169 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 161, 162, 165, 166, 168, 169 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi

Kunci jawaban Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 halaman 161, 162, 165, 166, 168, 169 subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku pembelajaran 5 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami buat untuk membantu adik-adik yang kesulitan menjawab soal-soal yang sulit pada buku pelajaran yang kini menjadi tugas sekolah. Kami mengerti sekali akan kebutuhan siswa saat ini, dimana dalam situasi pembelajaran seperti saat ini, tentu adik-adik akan lebih banyak diberikan tugas oleh guru. Maka tak heran jika kami melihat cukup banyak siswa yang lebih memilih memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini untuk mengerjakan tugasnya.

Kami selalu berupaya untuk menyediakan jawaban terbaik kepada adik-adik. Dan dalam menjawab soal-soalnyapun kami tidaklah asal jawab saja. Akan tetapi, sebelumnya kami sudah membaca materi, serta memahaminya. Baru kami mencari jawaban yang tepat untuk  menjawab soal-soal tersebut. Dan kami yakin jika jawaban yang kami siapkan untuk adik-adik ini dapat membantu dan bisa menjadi solusi dalam mengerjakan tugas sekolah. Dan tak hanya itu saja, kami juga yakin jika nantinya adik-adik bisa meraih nilai yang bagus.

Namun meskipun kami sudah menyediakan jawaban untuk adik-adik, kami tetap saja menyarankan, jika adik-adik masih bisa berusaha sendiri, maka silahkan dicari dulu jawabannya pada buku pelajaran. Dan kalau ternyata masih saja ada soal yang sulit, barulah manfaatkan alternatif jawaban yang kami buat ini. Dan juga kami ingin sampaikan kepada adik-adik, meskipun kami cukup yakin dengan jawaban yang kami buat ini, namun adik-adik tidak lantas berharap semua jawaban ini benar, karena mungkin saja masih ada jawaban yang kurang tepat.

Untuk itu kami selalu menyarankan, agar adik-adik teliti dulu jawabannya, sebelum disalin ke buku tugas. pastikan jawaban yang kami sediakan ini sudah sesuai dengan soalnya, baru kemudian adik-adik salin. Dan semoga kami bisa terus berkontribusi memberikan jawaban yang bagus, benar dan tepat kepada adik-adik sekalian.

Sebelum inipun kami sudah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 yang bisa adik-adik lihat kembali pada artikel kami yang lalu. Semoga nilai yang adik-adik dapatkan lebih bagus dari tugas sebelumnya. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 152, 153, 154, 155, 157, 158 yang juga telah kami bagikan di blog ini beberapa waktu yang lalu.

Kunci Jawaban Halaman 161, 162, 165, 166, 168, 169 Tema 8 Kelas 4

Sering kami sampaikan pada setiap postingan kami, bahwa semester genap ini merupakan semester penentu bagi adik-adik dalam kenaikan kelas. Nilai menjadi salah satu tolak ukur sekolah dalam menentukan kenaikan siswanya. Maka dari itu kami selalau berpesan untuk lebih giat lagi dalam belajarnya dan maksimal dalam mengerjakan tugas-tugas sekolahnya. Meskipun kami sudah menyediakan jawaban, tetap saja adik-adik harus teliti dulu sebelum menyalinnya ke buku tugas.

Mendapatkan nilai yang bagus pada setiap kegiatan yang diadakan oleh guru merupakan hal yang wajib yang harus adik-adik perjuangkan dan raih. Karena nilai-nilai yang bagus akan membantu adik-adik dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester nantinya. Dan perbanyak belajar di rumah serta pelajari kembali materi yang sulit yang belum adik-adik pahami dengan baik.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 161

Ayo Mengamati

Di lingkungan masyarakat tempat tinggalmu tentu banyak keberagaman karakteristik individu. Coba, kamu tuliskan ragam karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat tempat tinggalmu. Tuliskan pula manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan seharihari di lingkungan masyarakat tempat tinggalmu. Tuliskan dalam tabel berikut.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 162

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Jelaskan yang dimaksud tokoh antagonis!

Tokoh antagonis adalah tokoh yang bersifat jahat dalam cerita.

2. Jelaskan yang dimaksud tokoh utama!

Tokoh utama adalah tokoh yang memiliki peran penting dalam cerita, ditampilkan terus-menerus dan mendominasi cerita

3. Jelaskan yang dimaksud tokoh pembantu atau tambahan!

Tokoh pembantu atau tambahan adalah tokoh yang dimunculkan sekali atau beberapa kali saja. Tokoh ini biasanya untuk menghidupkan cerita atau sekedar pemanis cerita.

4. Apakah lawan sikap antagonis?

Lawan sifat antagonis adalah sifat protagonis.

5. Jelaskan yang dimaksud sikap lawan antagonis!

Sifat lawan antagonis adalah protagonis. Sifat protagonis adalah sifat baik hati.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 165-166

Berdasarkan bacaan yang telah disajikan, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Siapakah tokoh utama dalam cerita ‘Kendi Emas dan Ular’?

Tokoh utama dalam cerita ”Kendi Emas dan Ular” adalah petani.

2. Siapakah tokoh pembantu tambahan dalam cerita ‘Kendi Emas dan Ular’?

Tokoh pembantu atau tokoh tambahan dalam cerita ”Kendi Emas dan Ular” yaitu Istri Petani, Ibu Tetangga dan Suaminya. 

3. Siapakah yang menjadi tokoh antagonis?

Tokoh antagonis dalam cerita ”Kendi Emas dan Ular” yaitu Ibu Tetangga dan Suaminya.

4. Mengapa tokoh pada jawaban soal nomor 3 disebut tokoh antagonis?

Tokoh pada jawaban soal nomor 3 disebut tokoh antagonis karena sifat tokoh-tokoh tersebut jahat.

5. Sikap apakah yang tecermin pada tokoh utama dalam cerita ‘Kendi Emas dan Ular’?

Sifat yang tercermin pada tokoh utama dalam cerita ”Kendi Emas dan Ular” yaitu baik, tidak mau memiliki barang atau benda yang bukan haknya.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 168

Ayo Mencoba

Kamu telah memahami langkah-langkah menggambar benda tiga dimensi. Sekarang, buatlah sketsa gambar benda tiga dimensi berupa lingkungan tempat tinggalmu. Dapat berupa rumah dengan pepohonan di sekitarnya, dapat berupa rumah dengan binatang-binatang di sekitarnya, atau sesuai dengan keinginanmu di dalam menggambar. Buatlah sketsa pada kotak berikut.

Gambar sketsa silahkan adik-adik buat dengan kreasi sendiri.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 169

Ayo Renungkan

Banyak kegiatan yang sudah kamu lakukan pada Pembelajaran 5 ini, diantaranya membuat sketsa gambar tiga demensi. Apakah kamu merasa kesulitan dalam membuat sketsa? Apa pentingnya membuat sketsa dalam menggambar tiga dimensi? Bagaimanakah jika menggambar karya tiga dimensi tanpa membuat sketsa? Coba kamu renungkan, lalu tuliskan hasilnya dalam dalam kotak berikut.

Saya tidak merasa kesulitan membuat sketsa gambar. Sektsa sangat penting dalam menggambar tiga dimensi karena dapat memudahkan dalam menggambar/melukis. Jika menggambar tiga dimensi tanpa menggunakan sektsa tentunya akan lebih sulit. Kecuali mereka yang sudah profesional dalam menggambar.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Tunjukkan sketsa gambar benda tiga demensi yang sudah kamu buat kepada orang tuamu atau kakakmu. Mintalah saran kepada Bapak/Ibu atau kakak tentang sketsa yang kamu buat. Kemudian, selesaikan sketsa yang kamu buat menjadi gambar yang sempurna.

Untuk tugas ini, silahkan adik-adik tunjukan hasik kerja adik-adik kepada orang tua, kemudian mintalah komentarnya. Lalu adik-adik catat komentar dari orang tua adik-adik.

Sekian postingan kami kali ini yang mengulas tentang Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 161, 162, 165, 166, 168, 169. Kami berharap jawaban ini dapat mempermudah adik-adik dalam menjawab soal-soal yang sulit dan bisa segera menyelesaiakn tugas tersebut. Dan ketika tugas ini nantinya dikoreksi oleh guru kelas adik-adik, nilai yang diperoleh akan maksimal dan bagus. Karena adik-adik sangat membutuhkan sekali nilai-nilai yang bagus, untuk membantu meningkatkan nilai akhir di raport semester nantinya.

Dan perbanyak belajar di rumah, karena adik-adik tahu kalau semester ini merupakan semester akhir dan menjadi semester penentu dalam kenaikan kelas adik-adik. Perbanyak mempelajari materi pelajaran yang belum adik-adik kuasai dengan baik. Serta manfaatkan juga alternatif jawaban ini sebagai bahan belajar adik-adik di rumah nantinya. Dengan begitu kami cukup yakin adik-adik akan lebih siap dalam mengikuti kegiatan lainnya, seperti ulangan harian dan ulangan akhir semester.

Untuk bisa mengerjakan dan menjawab soal-soal pada kegiatan ulangan harian maupun ulangan akhir semester, adik-adik tentunya harus memahami materi yang ada. Kami tidak bisa membantu adik-adik ketika kegiatan tersebut, hanya alternatif jawaban ini yang dapat adik-adik manfaatkan sebagai bahan belajar. Namun tentunya kami berharap adik-adik bisa naik ke kelas 5 dengan nilai yang bagus.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 161, 162, 165, 166, 168, 169 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi"