√ Kunci Jawaban Halaman 23, 24, 25, 26, 28, 29, 30 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 23, 24, 25, 26, 28, 29, 30 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi

Kunci jawaban Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 halaman 23, 24, 25, 26, 28, 29, 30 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku pembelajaran 3 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami bagikan ini dapat adik-adik pergunakan sebagai alternatif jawaabn untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang kini menjadi tugas sekolah adik-adik. Kami tahu jika saat ini banyak siswa maupun orang tua yang mencari dan memanfaatkan jawaban seperti ini untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Bukan tanpa sebab, kenapa adik-adik lebih memilih alternatif jawaban untuk menyelesaikan tugas sekolah.

Kami tahu jika sebagian soal yang ada pada buku tematik kurikulum 2013, adik-adik anggap sulit untuk dijawab, dan bahkan jawabannya tidak terdapat pada buku dan harus dijawab dengan pendapat sendiri atau mencari di beberapa referensi lainnya. Melihat hal tersebutlah kami hadir dan terus berupaya untuk menyediakan jawaban terbaik yang tepat dan benar, yang nantinya dapat adik-adik pergunakan sebagai jawaban untuk mengerjakan tugas sekolah yang masih belum selesai.

Dalam menjawab soal-soal pada buku siswa, kami terlebih dahulu sudah membaca, mempelajari dan kemudian sudah memahami materi dan soal-soal pada buku pelajaran. Baru kemudian kami menjawab soal-soal tersebut dengan mencari jawabannya pada buku pelajaran, beberapa referensi lainnya, dan pemahaman kami sendiri. Maka dari itu kami cukup yakin dengan jawaban yang kami buat dan sediakan ini.

Namun meskipun demikian, kami selalu menyarankan kepada adik-adik, agar sebelum menyalin jawaban untuk selalu memastikan jawabannya sudah sesuai dengan soal yang ada, dan pastikan tidak ada kekeliruan pada jawabannya, baru kemudian adik-adik salin ke buku tugas. Jikapun masih adik-adik temukan jawaban yang kurang tepat, maka silahkan diperbaiki dan jawab dengan jawaban yang lebih tepat atau sampaikan pada kami.

Sebelumnya kami juga telah berbagi Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 yang bisa adik-adik cari pada artikel kami sebelumnya. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21, yang beberapa waktu lalu juga telah kami posting pada blog Pojok Edukasi ini, adik-adik dapat memanfaatkan jawaban tersebut untuk mengerjakan tugas pada kegiatan belajar sebelum ini.

Kunci Jawaban Halaman 23, 24, 25, 26, 28, 29, 30 Tema 8 Kelas 4

Adik-adik harus mengerjakan tugas sekolah dengan maksimal dan selalu teliti dalam mengerjakannya. Karena nilai yang nantinya adik-adik peroleh akan sangat menentukan sekali dalam kenaikan kelas. Adik-adik tentu tidak ingin bukan tinggal kelas, maka mulailah bersemangat dalam mengerjakan tugas sekolah. Dan selalu persiapkan diri untuk kegaitan lainnya seperti ulangan harian, dan ulangan aakhir semester.

Perbanyak belajar dan mengulangi materi pelajaran yang belum dipahami dengan baik, agar adik-adik lebih siap dalam mengikuti kegiatan tersebut. Syarat untuk bisa naik kelas, yaitu adik-adik harus tuntas pada nilai dan berprilaku yang baik di sekolah adik-adik. Nilai yang adik-adik peroleh dari semua kegiatan sekolah akan dihitungkan pada akhir semester untuk dimasukan ke raport semester.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 23-24

Ayo Berdiskusi

Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman sebangkumu. Tuliskan hasilnya pada tempat yang disediakan.

1. Mengapa mata pencaharian penduduk berbeda sesuai lingkungan tempat hidupnya?

Penduduk di suatu daerah cenderung memanfaatkan kekayaan alam di daerah tempat tinggalnya untuk memenuhi kebutuhannya. Karena kekayaan alam suatu daerah dengan daerah lain berbeda, menyebabkan keragaman jenis mata pencaharian penduduknya. Selain itu, keadaan lingkungan suatu daerah juga memengaruhi jenis pekerjaan penduduknya.

2. Mengapa penduduk di desa dan di kota memiliki mata pencaharian yang berbeda?

Masyarakat di desa bekerja sebagai petani karena banyak lahan pertanian yang tersedia. Sedang penduduk di kota lebih banyak bekerja sebagai pekerja jasa karena di kota merupakan pusat pemerintahan dan perdagangan.

3. Apa perbedaan petani di daerah dataran rendah dan petani di daerah dataran tinggi?

Perbedaan petani di daerah dataran rendah dan petani di daerah dataran tinggi terletak pada tanaman yang mereka tanam. Petani di daerah dataran rendah menanam padi dan palawija. Sedangkan petani di daerah dataran tinggi menanam sayuran seperti kol, wortel, bawang, dan kubis.

4. Apa yang dimaksud dengan pekerja jasa? Sebutkan contohnya.

Pekerja jasa adalah orang-orang yang memberikan pelayanan sesuai keahlian yang dimiliki. Contoh dari pekerja jasa yaitu, dokter, guru, penjahit, konsultan, dan pengacara.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 25-26

Ayo Mengamati

  1. Bentuklah kelompok terdiri atas 3 siswa. Pilihlah teman yang tempat tinggalnya dekat dengan rumahmu.
  2. Amatilah keadaan lingkungan tempat tinggalmu. Apakah termasuk lingkungan kota, perdesaan, pesisir, atau pegunungan?
  3. Amatilah pula penduduk di lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Kemudian, catatlah mata pencaharian penduduk di lingkungan sekitarmu.
  4. Buatlah laporan sederhana berdasarkan hasil pengamatanmu. Buatlah seperti contoh berikut.

Gambar 1

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 28

Jawablah pertanyaan berikut. Kemudian, bacakan hasil tulisan jawabanmu di depan kelas.

1. Siapa tokoh dalam cerita berjudul ”Asal Mula Bukit Catu”?

Tokoh dalam cerita berjudul ”Asal Mula Bukit Catu” adalah suami, istri, dan penduduk desa.

2. Apa saja peranan tokoh dalam cerita tersebut?

Dalam cerita berjudul Asal Mula Bukit Catu, tokoh suami, istri, dan penduduk desa memiliki peranan sebagai pengemban peristiwa dalam sebuah cerita sehingga peristiwa tersebut mampu terjalin sebagai cerita. Selain itu, mereka juga berfungsi sebagai pembawa pesan, amanat, moral atau sesuatu yang ingin disampaikan pengarang

3. Apa pesan yang terdapat pada cerita tersebut?

Amanat dari cerita berjudul Asal Mula Bukit Catu adalah kita harus bersyukur atas segala sesuatu yang telah diberikan oleh Tuhan. Kita tidak boleh sombong dan memaksakan kehendak untuk mengikuti keinginan yang tidak dapat kita penuhi.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 29

Ayo Berlatih

  1. Amatilah gambar di atas.
  2. Apa keragaman yang terdapat pada gambar?

Keragaman yang ada pada gambar adalah keragaman fisik pada individu dalam sebuah keluarga.

Keragaman berarti bermacam-macam atau berjenis-jenis. Pada manusia, keragaman yang dimaksud adalah perbedaan yang dimiliki oleh setiap individu. Perbedaan pada individu itu ada karena setiap manusia memiliki ciri khas tersendiri. Dengan demikian, keragaman karakteristik individu berarti perbedaan ciri-ciri khusus pada setiap manusia.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 30

Ayo Mengamati

  1. Amatilah keragaman fisik dalam keluargamu.
  2. Lengkapi tabel berikut sesuai hasil pengamatanmu
  3. Tulislah kesimpulan dari hasil pengamatanmu.(hanya contoh)

Gambar 2

Kesimpulan :

Hasil pengamatan keluargaku yaitu dalam sebuah keluarga memiliki keberagaman dan bentuk fisik yang berbeda, namun jenis rambut yang sama, hanya saja warna kulit, berat badann dan tinggi badan masing-masing anggota keluarga berbeda.

Ayo Renungkan

Apa yang telah kamu pelajari hari ini?

Hari ini saya telah belajar tentang jenis mata pencaharian penduduk berdasarkan tempat tinggal, tokoh pada teks cerita fiksi dan keragaman karakteristik individu di lingkungan keluarga.

Dalam keluargamu, pasti terdapat keragaman. Bagaimana keluargamu menyikapi keragaman yang ada? Jelaskan alasannya.

Sikap keluargaku dalam menghargai keragaman antara lain dengan saling menhormati keragaman yang ada sehingga tercipta keluarga yang harmonis.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Lakukan wawancara kepada kedua orang tuamu. Tanyakan mengenai cerita rakyat yang ada di daerahmu. Tulislah ceritamu dalam buku tugas. Bacakan hasilnya di depan teman-temanmu.

Wawancara Cerita Timun Mas 

Shafa : Ma, cerita rakyat apa saja dari Jawa tengah?
Mama : Timun mas
Shafa : Coba Ma, ceritakan timun mas
Mama : Maiklah, Mama akan ceritakan!

Cerita timun mas mengisahkan tentang perjalanan hidup seorang nenek tua dan anaknya,timun mas. Timun mas adalah anak yang ajaib, dia berasal dari dalam timun berwarna keemasan. Saat dewasa ada seorang raksasa yang akan memakan timun mas. Sebelum kejadian itu timun mas sudah dikabari oleh ibunya. Jadi dia diberi beberapa bibit tanaman, bibit ini dapat memberi kekuatan yang dahsyat. Saat kejadian timun mas berlari, dia melempar satu per satu bibit ajaib. Hingga akhirnya sang raksasa mati. Timun mas dan ibunya pun hidup damai.

Shafa : Makasih Mama

Sekian artikel yang bisa kami ulas untuk adik-adik terkait dengan Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 23, 24, 25, 26, 28, 29, 30 ini. Kami tahu kalau adik-adik akan berharap dari tugas kali ini bisa mendapatkan nilai yang bagus. Jika adik-adik selalu mengerjakan soal-soalnya dengan maksimal, dan selalu teliti dan memastikan kembali jawabannya sudah sesuai dengan soal yang ada sebelum disalin ke buku tugas, pasti adik-adik akan memperoleh nilai yang bagus.

Bisa mendapatkan nilai yang bagus pada tugas sekolah tentu menjadi hal yang baik. Karena semua nilai yang diperoleh baik dari tugas harian, tugas praktek, ulangan harian, ulangan akhir semester, semua akan dihitungkan dan dimasukan ke raport semester. Maka dari itu, selalu kerjakan dengan sungguh-sungguh tugas sekolah yang diberikan oleh guru.

Apalagi saat ini sudah semester genap, nilai-nilai yang adik-adik peroleh akan sangat menentukan sekali pada kenaikan kelas nantinya. Selain nilai adik-adik juga harus berprilaku baik di sekolah. Dan kami juga mengingatkan agar adik-adik selalu giat dalam belajarnya, perbanyak mengulang pelajaran yang belum dipahami dengan baik, agar adik-adik semakin mantap dalam mempersiapkan diri untuk kegaitan ulangan harian dan ulangan akhir semester.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 23, 24, 25, 26, 28, 29, 30 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi"