√ Kunci Jawaban Halaman 40, 42, 47, 48, 50, 51 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 40, 42, 47, 48, 50, 51 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi

Kunci jawaban Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 halaman 40, 42, 47, 48, 50, 51 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku pembelajaran 5 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi dibawah ini kami sediakan untuk memudahkan adik-adik dalam mengerjakan soal-soal pada buku siswa yang menjadi tugas sekolah adik-adik. Kami mengerti jika alternatif jawaban seperti ini sangat membantu adik-adik dalam menjawab soal-soal yang sulit yang mungkin belum adik-adik temukan jawabannya pada buku siswa. Kami harap jawaban ini bisa membantu adik-adik dalam menjawab soal-soal tersebut.

Kami akan selalu berusaha untuk menyediakan jawaban yang terbaik yang kami anggap jawaban tersebut sudah benar dan tepat. Karena seperti yang sering kami sampaikan, bahwa kami membuat jawaban ini berdasarkan pemahaman kami setelah membaca, mempelajari dan memahami materi dan soal-soal pada buku pelajaran. Setelah memahami materinya, baru kemudian kami mencari jawaban yang benar dan tepat, baik itu pada buku pelajaran maupun referensi lainnya. Dan kami harap dengan jawaban ini adik-adik akan termudahkan dalam mengerjakan soal-soal tersebut.

Namun meskipun kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan untuk adik-adik ini, kami masih menyarankan kepada adik-adik, untuk selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Sebelum menyalin jawaban pada buku siswa, adik-adik harus mengecek dan memastikan jawabannya sudah sesuai dengan soal yang ada, jangan sampai nantinya masih ada jawaban yang tak sesuai, karena kami juga tentunya tak lepas dari kekeliruan. Jikapun nantinya masih adik-adik temukan jawaban yang keliru atau dianggap kurang tepat, silahkan adik-adik cari saja jawaban yang lain, atau sampaikan kepada kami agar bisa kami lihat dan perbaiki jika memang ada kesalahan.

Sebelum inipun, kami sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 yang mungkin saja sudah pernah adik-adik lihat dan gunakan jawaban tersebut. Kami berharap jawaban yang kami buat dan sediakan ini, bisa mengantarkan adik-adik untuk mendapatkan nilai yang bagus dan maksimal. Karena nilai yang adik-adik dapatkan akan sangat menentukan sekali dalam kenaikan kelas semester ini. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 32, 33, 35, 36, 37, 38, 39 yang sudah kami sediakan beberapa waktu yang lalu pada blog ini.

Kunci Jawaban Halaman 40, 42, 47, 48, 50, 51 Tema 8 Kelas 4

Semester genap ini akan sangat menentukan sekali bagi adik-adik dalam kenaikan kelas. Maka dari itu, kami sering mengingatkan dan memotivasi adik-adik, agar selalu maksimal dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah dan mengejar nilai yang bagus, agar nantinya dengan nilai tersebut adik-adik bisa meningkatkan nilai akhir pada raport semester. Dan tentunya tak hanya nilai dari tugas sekolah saja, ada beberapa kegiatan lagi yang perlu adik-adik persiapkan.

Ulangan harian dan ulangan akhir semester menjadi sangat penting karena juga sangat menentukan sekali nilai akhir pada raport nantinya. Untuk itu perbanyak berlajar dan mengulang pelajaran yang masih belum dipahami dengan baik. Dengan begitu kami yakin adik-adik akan punya persiapan dengan baik dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 40

Ayo Mengamati

Pada kegiatan ini anda diminta mengamati peta Pulau Sumatra. Kemudian diminta mencari gambar peta Indonesia lalu melingkari letak daerah tempat tinggalnya. Dengan kegiatan mengamati peta Indonesia, siswa mengetahui letak daerah tempat tinggalnya.

  1. Lingkarilah letak tempat tinggal paman Tagor di Jambi! Lingkarilah tempat tinggal keluarga besar Beni di Medan! 
  2. Carilah gambar peta Indonesia. Kemudian, lingkarilah letak daerah tempat tinggalmu

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 42

Ayo Mengamati

Amatilah gambar berikut. Identifikasilah keragaman sifat individu berdasarkan gambar berikut. Tuliskan jawabanmu di bawah gambar.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 47-48

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita berjudul Kisah Putri Tangguk

1. Apa jenis cerita fiksi berjudul Kisah Putri Tangguk?

Cerita berjudul Kisah Putri Tangguk termasuk dalam cerita rakyat, yaitu legenda.

2. Siapa tokoh dalam cerita berjudul Kisah Putri Tangguk?

Tokoh dalam cerita berjudul Kisah Putri Tangguk, yaitu Putri Tangguk, Suami Putri Tangguk,dan Si sulung anak putri Tangguk

3. Siapa tokoh utama dan tokoh tambahan dalam cerita di depan?

Berikut tokoh utama dan tokoh tambahan dalam cerita berjudul Kisah Putri Tangguk :

  • Tokoh utama dalam cerita berjudul Kisah Putri Tangguk, yaitu putri Tangguk dan Suami Putri Tangguk.
  • Tokoh tambahan dalam cerita berjudul Kisah Putri Tangguk, yaitu Si sulung

4. Siapa tokoh protagonis dalam cerita di depan? Jelaskan alasanmu.

Tokoh protagonis dalam cerita berjudul Kisah Putri Tangguk adalah Suami Putri Tangguk dan Si Bungsu. Alasanya, tokoh tersebut bersifat baik. Mereka mau mengingatkan Putri Tangguk untuk tidak membuang-buang padi.

5. Siapa tokoh antagonis dalam cerita di depan? Jelaskan alasanmu

Tokoh antagonis dalam cerita berjudul Kisah Putri Tangguk adalah Putri Tangguk. Alasannya, tokoh tersebut bersifat jahat. Ia membuang-buang padi. Padi harusnya untuk bahan membuat nasi dan di makan bukan dibuang

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 50-51

Ayo Berlatih

1. Amatilah teks lagu “Injit-Injit Semut”. Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi angka lagu di depan. Apa yang kamu temukan? Buatlah garis melodi pada syair yang kamu tulis.

2. Sekarang giliranmu mempelajari lagu tersebut. Dengarkan penjelasan guru. Bersama dengan kelompokmu, nyanyikan lagu “Injit-Injit Semut” dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat. Simaklah saat kelompok lain menyanyikan lagu tersebut!

Untuk soal ini, adik-adik menyimak penjelasan guru.

3. Apa yang kamu rasakan ketika menyanyikan lagu tersebut? Jelaskan jawabanmu!

Pada notasi angka lagu ” Injit-Injit Semut” menggunakan nada tinggi, sedang, dan rendah.

4. Jelaskan tempo dan tinggi rendah nada dalam lagu tersebut!

Lagu ”Injit-Injit Semut” menggunakan tempo agak cepat yang artinya sedang. 

5. Apa saja lagu daerahmu? Tuliskan judul dan makna lagu tersebut!

Lagu daerah saya Gundul Pacul dan Gek Kepriye (Jawa Tengah)

Ayo Renungkan

Apa yang telah kamu pelajari hari ini?

Hari ini saya telah belajar tentang  keragaman karakteristik individu berdasarkan ciri fiksi dan tempo pada lagu

Apa keragaman sifat yang ada dalam keluargamu?

Keragaman sifat yang ada dalam keluargaku misalnya ada yang pemalas, suka menolong, rajin belajar, dan rajin ibadah

Apa manfaat keragaman sifat dalam keluargamu?

Manfaat keragaman sifat dalam keluargaku diantarnya adalah dapat memahami sifat antar anggota keluarga dan memupuk rasa saling menghormati dan menghargai

Kerja Sama dengan Orang Tua

Pada Pembelajaran 2 kamu sudah mencatat syair lagu daerah yang dinyanyikan oleh orang tuamu. Sekarang, mintalah kepada orang tuamu untuk mengajarimu menyanyikan lagu daerahmu.

Cara menyanyikan lagu daerah:

  1. Harus tau dan hafal nada dan lirik lagunya
  2. Dapat menghayati lagu tersebut
  3. Menggunakan intonasi yang benar sesuai dengan lagunya
  4. Improvisasi dan mimiknya harus sesuai dengan lagu yang dinyanyikan
  5. Sesuaikan logat bahasa daerah tersebut, supaya lebih bagus.

Demikianlah postingan kami kali ini yang membahas tentang Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 40, 42, 47, 48, 50, 51. Semoga dengan memanfaatkan alternatif jawaban ini, adik-adik dapat terbantu dan segera menyelesaikan tugas-tugas sekolah untuk nantinya bisa dikumpulkan kepada guru kelas. Serta kamipun berharap nilai yang adik-adik peroleh nantinya akan bagus dan maksimal. Dengan begitu adik-adik dapat meningkatkan nilai akhir pada raport semester.

Kami juga mengingatkan adik-adik, agar mulai serius dan giat lagi dalam belajarnya, apalagi saat ini sudah akan menyelesaikan kegiatan belajar pada semester genap, setelah ini hanya tinggal satu buku tema lagi. Adik-adik harus lebih sering mempelajari kembali materi pelajaran yang masih belum dipahami dengan baik. Karena adik-adik sangat perlu sekali persiapan untuk menghadapi ulangan harian dan ulangan akhir semester.

Nilai-nilai yang nantinya adik-adik peroleh, baik dari tugas harian, ulangan harian, tugas praktek, dan ulangan akhir semester, akan sangat menentukan sekali, apakah dengan nilai tersebut adik-adik bisa naik ke kelas 5 atau malah sebaliknya. Dan kami berharap jawaban yang kami buat ini bisa membantu adik-adik dalam meningkatkan nilai tugas.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 40, 42, 47, 48, 50, 51 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi"