√ Kunci Jawaban Halaman 52, 54, 55, 57, 58, 59 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 52, 54, 55, 57, 58, 59 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi

Kunci jawaban Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 halaman 52, 54, 55, 57, 58, 59 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku pembelajaran 6 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami siapkan buat adik-adik yang saat ini tengah sibuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Kami membuat jawaban ini sebagai alternatif jawaban untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran adik-adik yang mungkin saja sampai saat ini belum adik-adik temukan jawabannya. Kami berusaha untuk terus menyediakan jawaban terbaik yang bisa adik-adik pergunakan untuk menyelesaikan tugas sekolah.

Kami tahu bahwa pada kenyataannya, cukup banyak siswa yang memilih mencari jawaban di internet dan memanfaatkan alternatif jawaban untuk mengisi dan menjawab soal-soal pada buku pelajaran. Bukan hanya siswa saja, namun juga tak sedikit dari para orang tua yang turut serta membantu anaknya mencari jawaban yang tepat dan benar untuk menjawab soal-soal yang belum ditemukan jawabannya. Maka dari itu, kami turut andil dalam menyediakan apa yang sekarang ini tengah adik-adik perlukan.

Seperti yang sering kami jelas kepada adik-adik, bahwa dalam membuat jawaban ini, dan menjawab soal-soal pada buku pelajaran, kami terlebih dahulu tentunya sudah membaca, mempelajari serta memahami materi yang ada dan soal-soalnya. Baru setelahnya, kami mencari jawaban yang tepat dan benar, baik itu dari buku pelajaran itu sendiri, sumber lainnya, dan pemahaman kami terkait materi tersebut. Maka dari itu, kami cukup yakin dengan jawaban yang kami buat ini, dan adik-adik juga tak perlu ragu dalam memanfaatkannya.

Kami juga selalu menyarankan kepada adik-adik, untuk selalu teliti dalam mengerjakan soal-soal yang ada. Meskipun disini kami sudah menyediakan jawabannya kepada adik-adik, namun adik-adik harus tetap teliti dalam mengerjakannya. Pastikan terlebih dahulu jawabannya sudah sesuai dengan soal yang ada, baru kemudian adik-adik salin ke buku tugas. Hal ini kami maksudkan, agar adik-adik teliti dalam mengerjakan tugas tersebut, dan tidak ada kesalahan dan kekeliruan.

Sebelumnyapun kami telah berbagi Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 yang dapat adik-adik cari kembali pada blog ini. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 40, 42, 47, 48, 50, 51 yang baru-baru in juga sudah kami posting pada blog ini. Kami berharap jawaban yang kami sediakan ini dapat membantu adik-adik dalam mengerjakan semua tugas sekolah. Dan jawaban ini bisa menjadi penyebab adik-adik mendapatkan nilai yang bagus.

Kunci Jawaban Halaman 52, 54, 55, 57, 58, 59 Tema 8 Kelas 4

Seperti yang sering kami sampaikan kepada adik-adik sekalian, bahwa saat ini adik-adik sudah berada pada semester dua. Dan saat ini juga, adik-adik tengah mengerjakan tugas pada kegiatan belajar 6 di subtema 1 buku siswa tema 8 kelas 4. Setelah menyelesaikan kegiatan belajar pada buku siswa tema 8 ini, adik-adik akan melanjutkan pembelajaran pada buku siswa tema 9, dan tema 9 menjadi buku tema terkahir yang akan dipelajari pada semester genap ini.

Sudah semakin dekat sekali dengan kegiatan ulangan akhir semester. Adik-adik harus lebih giat lagi dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan tersebut. Perbanyak belajar di rumah, dan mengulang pelajaran yang belum dipahami  dengan baik. Serta raih nilai terbaik pada setiap kegiatan yang dilaksanakan disekolah, baik dari tugas harian, ulangan semester, tugas praktek, dan ulangan akhir semester.

Nilai yang nantinya adik-adik peroleh, akan sangat menentukan sekali, apakah nantinya dengan nilai itu adik-adik bisa lulus standar minimal nilai, dan bisa naik ke kelas 5, atau malah sebaliknya. Kami berharap, jawaban ini bisa menjadi salah satu penyebab, adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus, pada tugas-tugas sekolah. Karena nilai yang diperoleh dari tugas sekolah akan sangat membantu sekali dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 52

Ayo Menulis

Bagaimana keadaan lingkungan tempat tinggalmu? Ceritakan secara tertulis.

Di lingkungan tempat tinggal saya sangat asri. Masyarakatnya sangat rukun dan damai. Salah satu yang menjadi masalah dilingkungan ini adalah sampah yang menumpuk berhari-hari di tong sampah karena para petugas yang malas membiarkan sehingga sampah yang menumpuk tidak tertampung lagi. Hal ini akan berakibat menimbulkan bau busuk yang tak sedap akan mempengaruhi pencemaran udara.(ini hanya contoh saja)

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 54-55

Ayo Berlatih

Identifikasilah cerita Si Pitung dengan menjawab soal-soal berikut.

1. Apa jenis cerita fiksi teks berjudu Si Pitung ? Berikan alasanmu.

Cerita Si Pitung merupakan jenis cerita rakyat, yaitu saga. Cerita tersebut mengandung unsur sejarah dan kepahlawanan. Dalam cerita, tokoh Si Pitung dianggap sebagai sosok pahlawan karena melawan Babah Liem dan pemerintah Belanda untuk membela rakyat jelata.

2. Sebutkan nama tokoh-tokoh dalam cerita tersebut!

Tokoh-tokoh dalam cerita Si Pitung yaitu Si Pitung, Haji Naipin, Babah Liem, anak buah Babah Liem, Pak Piun, dan Schout Heyne.

3. Sebutkan tokoh utama dan tokoh tambahan pada cerita tersebut. Jelaskan.

Tokoh utama dalam cerita Si Pitung adalah Si Pitung. Alasannya, tokoh Si Pitung mendominasi keseluruhan cerita

4. Sebutkan tokoh tambahan, tokoh protagonis dan tokoh antagonis pada cerita tersebut. Jelaskan.

Tokoh tambahannya yaitu Haji Naipin, anak buah Babah Liem, Schout Heyne, Babah Liem, dan Pak Piun. Alasannya, tokoh-tokoh tersebut hanya muncul pada saat adegan-adegan tertentu. Tokoh protagonis dalam cerita Si Pitung yaitu Si Pitung dan Haji Naipin. Alasannya, mereka memiliki sifat baik, yaitu mereka membela orang-orang tertindas.Tokoh antagonisnya yaitu Babah Liem, anak buah Babah Liem, dan Schout Heyne. Alasannya, mereka menindas rakyat jelata.

Kemudian, ceritakan hasil identifikasimu di depan guru dan teman-temanmu.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 57-58

Ayo Berlatih

Tentu kamu sudah memahami tentang tempo dan tinggi rendah nada. Sekarang identifikasilah lagu ”Kicir-Kicir” tersebut.

1. Bagaimana tempo lagu ”Kicir-Kicir”?

Lagu ”Kicir-Kicir” dinyanyikan dengan tempo sedang

2. Amatilah notasi angka lagu ”Kicir-Kicir”. Sebutkan suku kata atau kata yang dinyanyikan dengan nada tinggi. Salinlah notasi 2 baris kalimat, lalu buatlah garis melodinya tanpa melihat notasi balok.

Dalam notasi angka lagu ”Kicir-Kicir” tidak terdapat nada tinggi karena tidak ada not angka yang ditulis dengan titik di atas angka.

3. Amatilah notasi angka lagu ”Kicir-Kicir”. Sebutkan suku kata atau kata yang dinyanyikan dengan nada sedang. Tulislah alasanmu.

Kicir-kicir ini lagunya.
Lagu lama ya tuan dari Jakarta.
Saya menyanyi ya tuan memang sengaja.
Untuk menghibur menghibur hati nan duka.

Kata bercetak tebal dinyanyilan dengan nada sedang

4. Amatilah notasi angka lagu ”Kicir-Kicir”. Sebutkan suku kata atau kata yang dinyanyikan dengan nada rendah. Tulislah alasanmu.

Kicir-kicir ini lagunya., Lagu lama ya tuan dari Saya menyanyi ya tuan, sengaja. Untuk menghibur menghibur

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 59

Ayo Renungkan

Apa kamu telah memahami materi pada pembelajaran hari ini?

Hari ini saya telah belajar tentang tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi, tokoh utama dan tokoh tambahan serta tempo lagu.

Bagaimana caramu melestarikan cerita rakyat dan lagu daerah di lingkungan tempat tinggalmu?

Cara melestarikan cerita rakyat salah satunya adalah dengan membaca buku-buku cerita rakyat, sedangkan cara melestarikan lagu daerah adalah dengan menyanyikannya pada kegiatan-kegiatan di lingkungan sekitar misanya pada saat peringatan proklamasi.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Carilah beberapa lagu daerah. Tulislah tempo lagu dan asal lagu daerah tersebut. Kemudian, bersama orang tuamu identifikasilah tinggi rendah nada lagu tersebut.

Beberapa lagu daerah yaitu:

  • Bungong Jeumpa : dari daerah Aceh dan temponya Andante.
  • Jali-jali : dari daerah Jakarta dan temponya Moderato.
  • Surilang : dari daerah Jakarta dan temponya Moderato.
  • Bubuy Bulan : dari daerah Jawa Barat dan temponya Moderato.
  • Cing Cangkeling : dari daerah Jawa Barat dan temponya Moderato.

Sekian artikel yang bisa kami ulas untuk adik-adik sekalian terkait dengan Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 52, 54, 55, 57, 58, 59 ini. Kami cukup yakin, bahwa dengan memanfaatkan jawaban ini, adik-adik akan terbantu dan bisa segera menyelesaikan tugas sekolah dan mengumpulkannya kepada guru kelas. Selain itu kami juga yakin kalau nantinya nilai yang akan adik-adik peroleh bisa bagus dan maksimal.

Bisa mendapatkan nilai yang bagus memang menjadi harapan adik-adik, karena nilai yang bagus akan sangat membantu sekali dalam hal meningkatkan nilai akhir di raport semester. Apalagi adik-adik tahu kalau saat ini sudah masuk semester genap, dan pembelajaran sudah di pertengahan semester dua. Sangat penting sekali bisa mendapatkan nilai yang bagus, agar nantinya bisa memenuhi syarat lulus nilai dan bisa naik ke kelas 5.

Dan kami selalu mengingatkan, supaya adik-adik selalu giat dalam belajarnya, perbanyak mengulang materi pelajaran yang belum adik-adik kuasai atau pahami dengan baik. Persiapkan diri adik-adik untuk mengikuti kegiatan ulangan harian dan ulangan akhir semester yang pasti akan adik-adik ikuti nantinya. Raih nilai terbaik dari kegaitan tersebut.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 52, 54, 55, 57, 58, 59 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi"