√ Kunci Jawaban Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi

Kunci jawaban Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 subtema 2 Keunikkan Daerah Tempat Tinggalku pembelajaran 2 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami buat dan bagikan ini dapat adik-adik jadikan sebagai jawaban untuk menjawab soal-soal yang sulit di buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah adik-adik saat ini. Kami tahu kalau saat ini adik-adik sedang sibuk mencari jawaban untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang harus segera diselesaikan untuk dikumpulkan ke guru kelas. Melihat hal itu, kami memahami kebutuhan adik-adik saat ini, bahwa memang jawaban seperti ini sangat diperlukan.

Kami selalu berupaya untuk menyediakan jawaban terbaik, yang kami anggap jawaban tersebut sudah benar dan tepat untuk mengisi dan menjawab soal-soalnya. Dalam membuat jawaban atau menjawab soal-soal pada buku siswa, kami tentu terlebih dahulu membaca materi yang ada, dan mempelajarinya. Setelah memahami materi dan soalnya, barulah kami mencari jawaban yang tepat untuk soal tersebut. Dan ada juga beberapa jawaban yang kami ambil dari beberapa sumber untuk kemudian kami cari jawaban terbaik dan kami jadikan dalam satu artikel lengkap seperti ini.

Kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini, nantinya bisa menjadi jawaban yang benar dan tepat dan bisa mengantarkan adik-adik meraih nilai yang bagus dan maksimal. Namun tetap saja, kami tak henti-hentinya mengingatkan dan menyarankan kepada adik-adik. Agar selalu teliti dalam mengerjakan tugasnya. Dan selalu periksa kembali jawaban yang kami sediakan ini, baru kemudian adik-adik salin ke buku tugas, jika jawabannya sudah sesuai soal yang ada. Dan jikapun nantinya masih terdapat jawaban yang kurang tepat menurut adik-adik, maka silahkan cari jawaban yang lain, atau sampaikan kepada kami, agar bisa kami periksa.

Sebelum inipun kami sudah cukup banyak memposting Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 yang tentunya bisa adik-adik cari dan lihat pada blog ini. Jika sebelumnya adik-adik sudah pernah memanfaatkan jawaban yang kami buat ini, kami berharap jawaban itu dapat membantu adik-adik. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 61, 63, 64, 65, 66, 67, 68, 69, 70, 71 yang beberapa waktu lalu juga telah kami posting pada blog ini. Kami harap adik-adik bisa terbantu dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Kunci Jawaban Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 Tema 8 Kelas 4

Mengerjakan tugas sekolah memang terkadang ada malasnya, namun bagaimanapun juga adik-adik harus tanggung jawab untuk menyelesaikan dan mengumpulkan tugas tersebut kepada guru. Tugas seperti ini juga menjadi alat penilaian bagi guru dalam menilai keberhasilan kegiatan pembelajaran yang dilakukannya. Serta melihat kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran yang telah disampaikan. Selain itu nilai-nilai yang nantinya adik-adik peroleh, akan sangat membantu dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester.

Apalagi adika-dik tahu kalau saat ini sudah masuk semester akhir, dan sekarang ini sudah di pertengah semester genap. Nilai-nilai yang adik-adik peroleh akan sangat menentukan sekali dalam kenaikan kelas nantinya. Selain nilai, prilaku di sekolah juga sangat menjadi penilaian guru. Maka dari itu, kami selalu mengingatkan adik-adik, untuk selalu berjuang meraih nilai terbaik, baik pada tugas harian, ulangan harian, maupun ulangan semester nantinya.

Mulailah untuk giat dalam belajar dan mengurangi waktu bermainnya. Perbanyak mempelajari materi yang belum dikuasi dengan baik. Agar pada saat kegiaatn ulangan dilaksanakan, adik-adik bisa dengan mudah menyelesaikan soal-saolnya. Kami yakin jika adik-adik sungguh-sungguh, maka hasilnyapun akan bagus.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 73

Ayo Berdiskusi

Apa saja karya tari yang kamu ketahui? Dari daerah mana karya tari itu? Coba cari tahu berbagai karya tari dan daerah asalnya. Kemudian, tuliskan dalam kolom berikut.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 75

Carilah contoh tari tradisional yang ada di Indonesia. Tuliskan nama tari tradisional beserta daerah asalnya. Tuliskan dalam tabel di bawah ini.

1. Tari Tradisional

Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan tari kreasi baru? Tari kreasi baru sering disebut tari modern. Tari kreasi baru merupakan karya tari garapan baru. Contoh tari kreasi baru yaitu tari Manuk Rawe, Garuda Wisnu, dan Belibis dari Bali.

Carilah contoh tari kreasi baru yang ada di Indonesia. Tuliskan nama tari kreasi baru beserta daerah asalnya. Tuliskan dalam tabel di bawah ini.

2. Tari Kreasi

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 78

1. Sebutkan tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali”!

Tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali” yaitu Manik Angkeran, Sidhimantra, dan Naga Besukih

2. Pada Pembelajaran di Subtema 1 kamu telah mempelajari tentang tokoh protagonis dan tokoh antagonis. Apa yang dimaksud dengan tokoh protagonis? Apa yang dimaksud dengan tokoh antagonis? Jelaskan!

Tokoh protagonis adalah tokoh yang bersifat baik. Tokoh antagonis adalah tokoh yang bersifat tidak baik.

3. Tuliskan tokoh antagonis yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali”!

 Tokoh antagonis yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali” yaitu Manik Angkeran.

4. Tuliskan tokoh protagonis yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali”!

Tokoh protagonis yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali” yaitu Sidhimantra dan Naga Besukih.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 79-80

Ayo Menulis

Carilah sebuah cerita rakyat yang berasal dari daerahmu. Tulis kembali cerita rakyat dari daerahmu dalam kolom di bawah ini.

Legenda Jaka Tarub dan Tujuh Bidadari

Jaka Tarub adalah seorang pemuda gagah yang memiliki kesaktian. Ia sering keluar masuk hutan untuk berburu di kawasan gunung keramat. Di gunung tersebut terdapat sebuah danau bernama Toyawening.. Saat berburu, tanpa sengaja, ia melihat dan kemudian mengamati tujuh bidadari yang sedang mandi di danau tersebut.

Karena terpikat, Jaka Tarub mengambil selendang berwarna oranye yang tengah disampirkan milik salah seorang bidadari. Ketika para bidadari selesai mandi, mereka berdandan dan siap kembali ke kahyangan. Salah seorang bidadari bernama Nawangwulan tidak mampu ikut kembali ke kahyangan karena tidak menemukan selendangnya. 

Ia pun akhirnya ditinggal pergi oleh kawan-kawannya karena hari sudah beranjak senja. Jaka Tarub lalu muncul dan berpura-pura menolong. Dewi Nawangwulan pun bersedia ikut pulang ke rumah Jaka Tarub dan singkat cerita, Dewi Nawangwulan menyetujui lamaran Jaka Tarub dan akhirnya menikah.

Dari pernikahan ini lahirlah seorang putri yang dinamai Nawangsih. Sebelum menikah, Nawangwulan mengingatkan pada Jaka Tarub agar tidak sekali-kali menanyakan rahasia kebiasaan dirinya kelak setelah menjadi isteri. Rahasia tersebut adalah bahwa Nawangwulan selalu menanak nasi menggunakan hanya sebutir beras dalam penanak nasi namun menghasilkan nasi yang banyak.

Jaka Tarub yang penasaran tidak menanyakan tetapi langsung membuka tutup penanak nasi. Akibat tindakan ini, kesaktian Nawangwulan hilang. Sejak itu ia menanak nasi seperti umumnya wanita biasa.

Akibat hal ini, persediaan gabah di lumbung menjadi cepat habis. Ketika persediaan gabah tinggal sedikit, Nawangwulan menemukan selendangnya, yang ternyata disembunyikan suaminya di dalam lumbung agar ia tidak bisa kembali ke kahyangan.

Nawangwulan yang marah mengetahui kalau suaminya yang telah mencuri benda tersebut mengancam meninggalkan Jaka Tarub. Jaka Tarub memohon istrinya untuk tidak kembali ke kahyangan. Namun tekad Nawangwulan sudah bulat. Nawangwulan pun terbang menuju kahyangan tempat asalnya.

Hanya saja, pada waktu-waktu tertentu ia rela datang ke bumi untuk menyusui bayi Nawangsih. Hanya saja saat Nawangwulan menemui Nawangsih Jaka Tarub tidak boleh bersama Nawangsih.

Sebutkan tokoh protagonis dan antagonis dalam cerita yang telah kamu tulis!

Tokoh protagonis dalam legenda Jaka Tarub dan Tujuh Bidadari adalah Nawangwulan

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 81

Ayo Berlatih

Kamu telah mengenal tentang gaya. Gaya dapat memengaruhi gerakan benda. Ayo ingat kembali, apa saja macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda? Tuliskan dalam kotak di bawah ini. 

Macam Pengaruh Gaya Terhadap Gerakan Benda:

  1. Gaya dapat menggerakkan benda diam
  2. Gaya dapat membuat benda bergerak menjadi diam
  3. Gaya dapat mengubah kecepatan gerak benda
  4. Gaya dapat mengubah arah gerak benda

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 82

Setelah menuliskan pengaruh gaya terhadap benda, lakukan kegiatan berikut.

  1. Carilah gambar peristiwa gerakan benda, misalnya seorang bapak sedang mendorong mobil, motor, dan gerobak, anak sedang memantulkan bola, dan anak sedang mengayuh sepeda.
  2. Tempelkan gambar yang telah kamu peroleh pada kotak dalam tabel berikut. Berilah keterangan mengenai pengaruh gaya terhadap gerakan bendanya.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 83-84

Ayo Renungkan

Apa pengetahuan yang kamu pelajari dari pembelajaran hari ini?

Hari ini saya telah belajar tentang karya tari daerah, tokoh Antagonis dan protagonis, dan pengaruh gaya terhadap gerak benda

Tuliskan dalam kotak di bawah ini. Apa manfaat pembelajaran yang telah kamu lakukan hari ini?Jelaskan!

Manfaat pembelajaran pada hari ini adalah saya dapat mengetahui beberapa karya tari daerah yang ada di Indonesia

Bagaimana perasaanmu selama belajar?

Selama proses pembelajaran saya merasa sangat senang

Kerja Sama dengan Orang Tua

Setiap daerah memiliki tari kreasi tersendiri. Carilah informasi dengan berdiskusi bersama orang tuamu mengenai ragam tari kreasi daerah yang berasal dari daerahmu.

Contoh tari tunggal beserta asal daerahnya:

  • Jawa Barat : tari Jaipong, Tari Topeng Cisalak, Tari Sintren
  • Sumbawa : tari Batek

Contoh tari berpasangan beserta asal daerahnya:

  • Sumatra Utara : tari Serampang Dua Belas
  • Sumatra Barat : tari Payung, Tari Piring

Contoh tari kelompok beserta asal daerahnya:

  • Aceh : tari Saman, Tari Ranup Lampuan
  • Bali : tari Kecak

Sekian artikel kami untuk Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 ini. Tugas sekolah memang menjadi hal yang tak bisa dipisahkan dalam kegiatan belajar mengajar. Apalagi dalam situasi pembelajaran seperti saat ini, dimana adik-adik lebih banyak diberikan tugas oleh guru untuk dikerjakan di rumah. Dengan memanfaatkan jawaban ini kami yakin adik-adik akan terbantu dan bisa segera menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan maksimal dan teliti merupakan hal yang harus adik-adik lakukan. Karena bisa mendapatkan nilai yang bagus merupakan hal yang sanga baik sekali. Nilai-nilai tugas ini nantinya akan dimasukan guru ke raport semester. Maka dari itu kerjakan dengan maksimal soal-soal yang ada. Selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya, dan pastikan adik-adik mengecek kembali jawaban yang kami sediakan ini sebelum menyalinnya ke buku tugas.

Semester genap ini akan sangat menentukan bagi adik-adik. Apakah pada semester ini nilai-nilai yang adik-adik peroleh bisa mengantarkan adik-adik untuk naik ke kelas 5, atau malah sebaliknya. Kami tentunya berharap jawaban yang kami sediakan ini bisa membantu adik-adik dalam meningkatkan nilai tugas. Dan kami juga ingatkan adik-adik untuk selalu giat dalam belajarnya. Pelajari kembali materi yang belum dipahami dengan baik.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi"