√ Kunci Jawaban Halaman 87, 88, 89, 90, 93, 94 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 87, 88, 89, 90, 93, 94 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi

Kunci jawaban Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 halaman 87, 88, 89, 90, 93, 94 subtema 2 Keunikkan Daerah Tempat Tinggalku pembelajaran 3 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami posting agar adik-adik bisa memanfaatkannya, untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah adik-adik. Kami melihat bahwa saat ini cukup banyak siswa yang memilih alternatif jawaban untuk membantu menjawab soal-soal pada buku siswa. Maka dari itu kami turut andil dalam menyediakan jawaban yang adik-adik perlukan.

Dalam situasi seperti saat ini, dimana banyak sekolah yang mengharus siswanya belajar dari rumah, tentu juga akan berdampak pada siswa. Salah satunya yaitu, siswa akan lebih banyak diberikan tugas individu untuk dikerjakan di rumah dan nantinya dikumpulkan kepada guru kelas. Maka tidak heran jika kami masih menemukan ada siswa yang mengeluh karena terlalu banyak tugas yang harus dikerjakan. Dan kamipun jadi mengerti, kenapa siswa banyak memilih alternatif jawaban untuk menyelesaikan tugasnya.

Seperti yang sering kami sampaikan kepada adik-adik, bahwa dalam menjawab soal-soal pada buku pelajaran, kami terlebih dahulu telah membaca, mempelajari dan memahami materi dan soal-soalnya, baru kemudian setelah itu mencari jawaban terbaik yang kami anggap benar dan tepat untuk menjawab soal-soal tersebut. Namun meskipun begitu, kami tetap menyarankan kepada adik-adik agar terlebih dahulu dapat berusaha sendiri mencari jawaban untuk soal tersebut, sebelum memanfaatkan jawaban yang kami sediakan ini.

Dan pada postingan kami yang lalupun, kami sudah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 yang mungkin juga pernah adik-adik lihat dan pergunakan jawabannya. Jika pernah, kami berharap nilai yang adik-adik peroleh dari jawaban yang kami buat tersebut bisa maksimal dan bagus. Serta lihat juga Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 73, 75, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 yang juga telah kami posting pada blog Pojok Edukasi ini. Mungkin adik-adik masih memerlukannya, karena jawaban tersebut merupakan jawaban untuk tugas pada kegiatan belajar sebelum ini.

Kunci Jawaban Halaman 87, 88, 89, 90, 93, 94 Tema 8 Kelas 4

Sering kami sampaikan pada setiap postingan kami, bahwa mengerjakan tugas sekolah memang sudah menjadi kewajiban bagi adik-adik selaku siswa. Karena dengan mengerjakan tugas sekolah, adik-adik bisa mendapatkan nilai. Dan nilai yang diperoleh, baik dari tugas harian, ulangan harian, dan ulangan akhir semester, semuanya akan dimasukan ke dalam raport. Maka dari itu, selalu maksimalkan dalam mengerjakan tugas sekolah, jangan anggap sepeleh, sehingga adik-adik bermalas-malasan dalam mengerjakannya.

Apalagi saat ini adik-adik sedang berada pada semester akhir, dimana semua nilai yang diperoleh nantinya, akan sangat menentukan sekali dalam kenaikan kelas. Serta prilaku adik-adik di sekolah juga akan dinilai. Selain mengerjakan tugas harian seperti ini, kami juga menghimbau adik-adik untuk selalu giat dalam belajarnya. Persiapkan diri untuk kegiatan lainnya, seperti ulangan harian dan ulangan akhir semester.

Dengan memperbanyak belajar, dan mengulang materi yang belum dipahami dengan baik, kami yakin nantinya adik-adik akan punya persiapan yang bagus untuk mengikuti kegiatan tersebut. Dengan begitu adik-adik pasti akan bisa mengerjakan semua soal-soalnya. Dan nilai yang diperolehpun tentu akan bagus.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 87-88

Ingatkah kalian kegiatan ekonomi? Kegiatan ekonomi terdiri atas produksi, distribusi, dan konsumsi. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apakah yang dimaksud produksi dan produsen?

Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang dan jasa. Sedangkan produsen adalah pelaku kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang atau jasa.

2. Apakah yang dimaksud distribusi dan distributor?

Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dan jasa. Barang dan jasa tersebut didistribusikan dari produsen kepada konsumen. Distributor adalah pelaku kegiatan ekonomi yang menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen.

3. Apakah yang dimaksud konsumsi dan konsumen?

Konsumsi adalah kegiatan menggunakan barang dan jasa. Konsumen adalah pelaku kegiatan ekonomi yang menggunakan barang atau jasa yang dihasilkan produsen.

4. Apa kegiatan penduduk pada gambar rubik “Ayo Mengamati” ?

Pada gambar tersebut terdapat tiga pelaku kegiatan ekonomi, yaitu produsen, distributor, dan konsumen. Ketiga pelaku kegiatan ekonomi tersebut saling berkaitan. Pengusaha memproduksi barang berupa buku. Agar buku tersebut sampai ke tangan konsumen (pelajar), buku tersebut didistribusikan ke toko-toko buku. Toko buku bertindak sebagai penjual buku. Dengan demikian, pelajar sebagai konsumen dapat membeli buku di toko buku dan menggunakannya untuk belajar.

5. Dalam memproduksi buku, seorang produsen melibatkan banyak pekerja. Di antaranya ada penulis buku, ada yang menata isi buku, ada yang menggambar isi buku, ada yang mencetak, ada yang menjilid, ada yang menata buku dalam kardus, ada sopir yang mengantar ke toko-toko buku, dan lain sebagainya. Nah, pilih salah satu diantara pekerja yang ada pada produksi buku. Kemudian, cari tahu syarat menjadi pekerja sesuai pilihanmu dan tuliskan di tempat berikut.

Syarat menjadi seorang penulis buku antara lain :

  1. Memiliki ketrampilan menulis yang baik
  2. Memiliki pengalaman yang luas
  3. Memiliki pengetahuan mendalam
  4. Memiliki wawasan yang luas dalam berbagai bidang

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 89-90

Ayo Mengamati

Apakah gambar di atas menunjukkan keragaman karakteristik? Apa yang sedang dilakukan anak-anak pada gambar di atas? Tuliskan pendapatmu pada tempat di bawah.

Terdapat keberagaman karakteristik pada gambar anak-anak tersebut, yaitu keberagaman fisik. Ada anak berkulit gelap. Ada juga anak berkulit putih. Meskipun berbeda warna kulit, mereka tetap bekerja sama dalam melakukan tugas kelompok.

Kamu di sekolah mempunyai banyak teman dengan keragamannya. Ada teman dengan ciri fisik berbeda-beda. Ada teman berbeda agama. Ada juga teman dengan asal daerah tempat tempat tinggal berbeda. Bagaimana kamu menyikapi keragaman karakteristik di sekolahmu? Tuliskan dalam kolom berikut.

Cara menyikapi keberagaman karakteristik di sekolah yaitu dengan menghormati dan menghargai teman yang berbeda fisik, agama, dan asal daerah. Kita harus tetap menjalin persahabatan dengan semua teman tanpa membeda-bedakan, baik fisik, agama, maupun asal daerah.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 93-94

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks cerita di atas. 

1. Siapa saja tokoh pada cerita di atas?

Tokoh-tokoh pada cerita Kali Gajah Wong yaitu Ki Sapa Wira, Kyai Dwipangga, Ki Kerti Pejok, dan Sultan Agung

2. Adakah tokoh antagonis dan protagonis pada cerita? Siapakah tokoh itu? 

Tokoh-tokoh yang diceritakan dalam cerita merupakan tokoh protagonis, yaitu Ki Sapa Wira, Kyai Dwipangga, Ki Kerti Pejok, dan Sultan Agung. Semua tokoh tersebut tidak menunjukkan sifat buruk. Jadi, dalam cerita tersebut tidak terdapat tokoh antagonis

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari pada hari ini? Kegiatan apa yang paling menyenangkan bagi kamu? Tuliskan dalam kolom berikut.

Hari ini saya telah belajar tentang kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan., keragaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari., dan tokoh dalam teks fiksi. Kegiatan yang paling menyenangkan adalag saat membaca cerita tentang Gajah Wong.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Apa saja keunikan daerah tempat tinggalmu. Diskusikan bersama anggota keluargamu. Kemudian, tuliskan pada tempat berikut.

Jawaban menyesuaikan dengan daerah masing masing!

Contoh:

Daerah tempat tinggalku : Yogyakarta 
Keunikan : Adat/ Tradisi yang masih dilakukan dan kebudayaan yg masih lestari 
Apa sajakah itu:

  • Tradisi Sekaten 
  • Rumah adat Joglo yg masih lestari 
  • Kegiatan Gotong royong 
  • Kesenian Krawitan 
  • Kesenian Tari

Demikianlah postingan kami untuk Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 87, 88, 89, 90, 93, 94 ini. Kami yakin adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus pada setiap tugas yang dikerjakan, asalkan adik-adik selalu teliti dalam mengerjakannya. Kami sering mengingatkan adik-adik, untuk selalu teliti dalam mengerjakan soalnya, sebelum menyalin jawaban ini ke buku tugas adik-adik. Pastikan dulu jawaban tersebut sudah sesuai dengan soalnya. Hal ini kami maksudkan agar tidak ada kekeliruan pada jawaban, karena kamipun tentu tak lepas dari kesalahan.

Seperti yang adik-adik ketahui bahwa pada semester genap ini nilai-nilai yang adik-adik peroleh akan sangat menentukan sekali pada kenaikan kelas nantinya. Baik nilai tugas harian, tugas praktek, ulangan harian, dan ulangan akhir semester, semuanya akan dihitung dan dimasukkan ke raport semester. Maka berlombalah untuk meraih nilai terbaik pada setiap kegiatan yang adik-adik ikuti.

Dan kami selalu mengingatkan adik-adik, untuk mulai giat dalam belajar dan mengurangi waktu bermainnya. Apalagi saat ini sudah masuk akan masuk pada kegiatan akhir semester genap. Adik-adik harus sering mengulang dan mempelajari materi yang belum begitu dimengerti dengan baik. Dengan begitu, kami yakin adik-adik akan punya persipan yang bagus untuk mengikuti ulangan harian dan ulangan akhir semester.

Source: Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 87, 88, 89, 90, 93, 94 Tema 8 Kelas 4 Buku Siswa Tematik K13 Revisi"