√ Kunci Jawaban Halaman 11, 13, 14, 15, 16, 18, 19 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 11, 13, 14, 15, 16, 18, 19 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2

Kunci jawaban Tema 8 Bumiku Kelas 6 halaman 11, 13, 14, 15, 16, 18, 19 subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya pembelajaran 2 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi yang kami bagikan berikut ini dapat adik-adik manfaatkan sebagai jawaban untuk menjawab soal-soal pada buku sekolah, yang mana soal-soal tersebutlah yang saat ini menjadi tugas adik-adik. Kami tahu akan kebutuhan siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Maka tak heran jika saat ini masih cukup banyak siswa yang memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini untuk menjawab soal-soal yang sulit yang belum ditemukan jawabannya pada buku pelajaran.

Apalagi kita tahu jika saat ini masih banyak daerah dan sekolah yang masih menerapkan kegiatan belajar dari rumah. Tentu hal tersebut juga akan berdampak kepada siswa. Siswa dituntut untuk bisa belajar lebih dan berusaha memahami sendiri materi yang ada pada buku. Serta guru tentunya akan lebih banyak memberikan tugas individu kepada siswanya. Dan tugas tersebut tentunya harus segera dikumpulkan ke sekolah untuk guru koreksi dan berikan nilai. Maka melihat hal tersebut, tak heran jika masih kami temukan siswa yang terkadang masih mengeluhkan, banyaknya tugas yang harus mereka kerjakan.

Dan disinilah kami hadir dan akan terus berupaya memberikan jawaban terbaik yang kami anggap jawaban tersebut sudah tepat dan benar yang bisa mengantarkan adik-adik untuk meraih nilai yang bagus dan tinggi. Dan seperti yang sering kami sampaikan, bahwa dalam menjawab soal-soal pada buku siswa, kami tentunya terlebih dahulu sudah membaca, mempelajari dan memahami materi dan soalnya. Barulah kemudian kami mencari jawaban yang tepat untuk menjawab soal-soal tersebut, baik jawbaan itu kami cari pada buku pelajaran maupun diluar buku.

Dan sebelumnyapun kami sudah pernah memposting Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 yang mungkin juga sudah pernah adik-adik lihat dan pergunakan jawaban tersebut. Jika belum, aidk-adik bisa melihatnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 2, 3, 6, 7, 8. Kami berharap apa yang kami sediakan ini dapat menjadi solusi dan memberikan kemudahan bagi adik-adik yang kesulitan dalam menjawab soal-soal tersebut. Dan yang lebih penting lagi, semoga saja dengan jawaban ini, nilai yang adik-adik peroleh bisa maksimal.

Kunci Jawaban Halaman 11, 13, 14, 15, 16, 18, 19 Tema 8 Kelas 6

Mengerjakan tugas sekolah sudah menjadi rutinitas dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh adik-adik dan guru. Guru akan memberikan tugas kepada siswanya sebagai bahan penilaian dan mengevaluasi kegiatan belajar. Dan nilai yang adik-adik peroleh dari tugas yang diberikan oleh guru juga akan sangat penting. Karena semua nilai tugas yang adik-adik dapatkan selama satu semester, nantinya akan dihitung dan dimasukan pada raport semester. Untuk itu selalu kerjakan dengan maksimal semua tugas yang guru berikan.

Apalagi adik-adik saat ini sedang berada di semester akhir yang mana semester ini akan sangat menentukan sekali dalam kelulusan adik-adik. Dan untuk bisa lulus adik-adik harus tuntas dalam nilai. Maka dari itu, kami selalu mengingatkan, agar adik-adim mulai serius dalam belajarnya, dan mengurangi kegiatan bermain. Serta lebih sering mengulang dan mempelajari materi yang belum dikuasai dengan baik.

Karena untuk mengikuti kegiatan ulangan harian maupun ulangan akhir semester, adik-adik harus punya persiapan yang bagus, dengan begitu nantinya bisa menjawab soal-soal yang ada. Dan tak menutup kemungkinan, jika adik-adik punya persiapan yang bagus, adik-adik bisa juara kelas dan berprestasi di sekolah.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 11

Amati kembali peta perbedaan waktu yang disajikan di halaman sebelumnya. Tuliskan perbedaan waktu yang kamu temui berdasarkan wilayah pada peta. Bagaimana perbedaan itu memengaruhi kegiatan teman-teman Udin yang diceritakan di atas?

Menurutmu, apa penyebab perbedaan waktu tersebut?

Penyebab perbedaan waktu adalah akibat rotasi bumi pada orbitnya sehingga  terjadi perbedaan waktu, dimana bagian timur Bumi mengalami matahari terbit terlebih dahulu. 

Dari cerita tentang kegiatan teman-teman Udin yang tinggal di tempat berbeda, apa yang dapat kamu simpulkan?

Perbedaan waktu di bumi akibat rotasi bumi berpengaruhi pada kegiatan sehari hari manusia

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 13

Kamu akan membantu Udin untuk memahaminya melalui kegiatan berikut.

  1. Amati gambar peta berikut atau bola dunia yang ada di kelasmu!
  2. Amati garis yang melintang pada globe/ petamu yang membelah Bumi menjadi belahan utara dan selatan !
  3. Amati pula garis membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan timur !

Tuliskan hal-hal lain yang kamu temui dari hasil pengamatanmu pada kotak berikut !

Saya ingin mengetahui garis melintang dan garis yang membujur pada peta.

Ayo Membaca

Bacalah dan cermati teks informasi berikut ini!

Sebelum kamu mulai membaca, lakukan kegiatan di bawah ini!

1. Sebutkan kata kunci yang kamu temukan pada judul bacaan!

Perputaran bumi

2. Berdasarkan kata kunci tersebut, perkirakan informasi yang akan kamu dapatkan dari bacaan.

Perkiraan informasi yang akan saya dapatkan adalah lamanya waktu yang dibutuhkan bumi untuk satu kali putaran, garis bujur dan garis lintang, dan akibat yang ditimbulkan dari perputaran bumi.

3. Buatlah kelompok yang terdiri atas empat orang. Secara bergantian, sebutkan kata kunci yang ditemukan pada judul dan perkiraan informasi yang akan didapatkan dari bacaan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 14

Ayo Berlatih

Dari bacaan di atas, temukan kosakata-kosakata baru. Tuliskan kosakata-kosakata tersebut pada kolom yang disediakan. Carilah definisinya dengan melihat Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gunakan kosakata tersebut dalam kalimat. Jelaskan makna kosakata tersebut kepada temanmu sesuai dengan kalimat yang kamu buat.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 15

Ayo Membaca

Bacalah kembali teks bacaan yang berjudul “Perputaran Bumi dan Akibatnya”. Garis bawahi kata-kata yang menunjukkan informasi-informasi penting. Tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam tabel berikut.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 16

Ayo Berkreasi

Ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Bagilah kertas A4 menjadi empat bagian yang sama besarnya. Tentukan judul bukumu. Buatlah judul yang menarik sehingga membuat orang ingin membacanya.
  2. Tentukan gambar yang akan kamu gunakan untuk sampul depan buku informasimu.
  3. Halaman 2 berisi penjelasan tentang peristiwa rotasi Bumi dan akibatnya.
  4. Halaman 3 berisi kegiatan percobaan yang dapat dilakukan untuk menunjukkan fenomena rotasi bumi dan akibatnya.
  5. Halaman 4 berisi kosakata-kosakata yang berkaitan dengan peristiwa rotasi bumi dan definisinya.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 18-19

Identifikasilah interval nada pada lagu “Ambilkan Bulan, Bu” dengan tangga nada C mayor. Gunakan gambar interval nada di bawah ini sebagai acuanmu !

Dapatkah kamu menemukan interval dalam lagu “Ambilkan Bulan, Bu”?

Interval seperti apa yang kamu temukan dalam lagu tersebut?

Interval Prim :1↠1, 3↠3, 4↠4, 5↠5, 6↠6, 7↠7
Interval Sekon : 3 ↠2, 2 ↠1, 3↠4, 5↠4, 7↠6, 4↠3, 6↠5
Interval Terts : 3↠5, 5↠3

Ayo Renungkan

Kamu sudah belajar tentang banyak hal hari ini. Buatlah ringkasan sederhana untuk mengingatkanmu kembali tentang hal-hal yang sudah kamu pelajari. Kamu dapat menggunakan poin-poin di bawah ini sebagai acuan untuk membuat ringkasanmu.

1. Jelaskan kosakata-kosakata yang terkait dengan topik (rotasi, garis lintang, garis bujur).

Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya, garis lintang adalah garis khayal horizontal yang melingkari Bumi, garis bujur adalah garis khayal membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan belahan timur.

2. Jelaskan pembagian waktu khususnya di Indonesia.

Indonesia terbagi menjadi tiga daerah waktu yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia bagian Timur (WIT) dan Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA).

3. Jelaskan pengaruh dari peristiwa rotasi bumi.

Peristiwa rotasi bumi menyebabkan perbedaan waktu, terjadinya siang malam, dan gerak semu harian matahari

Kerja Sama dengan Orang Tua

Presentasikan ringkasan yang kamu buat di depan orang tuamu. Mintalah mereka untuk memberi 5 pertanyaan berkaitan dengan topik yang kamu pelajari.

5 Pertanyaan:

  1. Apa contoh peristiwa rotasi bumi?
  2. Penyebab siang dan malam?
  3. Pengertian garis lintang dan bujur?
  4. Perbandingan wit wita wib?
  5. Mengapa bumi berputar?

Sekian postingan kami untuk Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 11, 13, 14, 15, 16, 18, 19 ini. Seperti yang pernah kami sampaikan kepada adik-adik, bahwa untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus atau tinggi, perlu kesungguhan dalam mengerjakan soal-soalnya. Meskipun kami disini sudah menyediakan jawaban untuk adik-adik, tetap saja adik-adik harus teliti terlebih dahulu jawabannya sebelum disalin ke buku tugas. Hal tersebut agar tidak ada kekeliruan pada jawaban.

Bisa mendapatkan nilai yang bagus atau tinggi pada setiap tugas yang dikerjakan atau pada kegiatan lainnya, seperti ulangan harian, tugas praktek, dan ujian sekolah memang hal yang sangat bagus sekali. Karena adik-adik tahu jika dalam menentukan kenaikan atau kelulusan sekolah, nilai merupakan hal yang menjadi standar acuan. Untuk itu selalu maksimalkan dalam mengerjakan tugas sekolah, karena nilai yang adik-adik peroleh dari kegiatan tugas sekolah juga akan sangat membantu dalam meningkatkan nilai akhir di raport semester.

Apalagi adik-adik saat ini berada pada semester akhir, dan semester ini akan menjadi penentu, apakah nantinya adik-adik bisa lulus dengan nilai yang bagus, atau malah tinggal di kelas 6 karena nilai yang kurang. Kami tentunya berharap, semoga jawaban yang kami buat ini bisa turut andil dalam membantu meningkatkan nilai dari tugas sekolah adik-adik.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 11, 13, 14, 15, 16, 18, 19 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2"