√ Kunci Jawaban Halaman 122, 124 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 122, 124 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5

Kunci jawaban Tema 8 Bumiku Kelas 6 halaman 122, 124 subtema 3 Bumi, Matahari, dan Bulan pembelajaran 5 buku siswa tematik k13 revisi berikut ini kami bagikan untuk membantu adik-adik dalam menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang mungkin sampai saat ini masih ada soal-soal yang belum terjawab. Kami tahu jika adik-adik ini cukup banyak siswa yang memilih mencari jawaban di internet untuk menjawab soal-soal pada buku siswa yang soal-soal tersebut menjadi tugas sekolah saat ini. Dan tak hanya siswa saja, namun bagi orang tua yang ikut membantu anaknya menyelesaikan tugas sekolah, juga banyak mencari dan memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini.

Melihat hal tersebutlah, kami ingin turut andil dalam menyediakan jawaban terbaik yang kami yakini jawaban tersebut bisa menjadi jawaban yang tepat dan benar. Karena memang dalam menjawab soal-soal pada buku pelajaran, kami tidaklah asal dalam menjawabnya. Namun terlebih dahulu kami sudah mempelajari materi pada buku pelajaran dan mencari jawaban yang tepat untuk menjawab soal-soalnya, baik di buku siswa maupun dari internet, serta pemahaman kami sendiri. Kami mencari jawaban yang tepat, untuk kemudian kami sajikan dalam satu artikel lengkap seperti ini, agar adik-adik lebih mudah mencari dan memanfaatkannya.

Akan tetapi, meskipun disini kami cukup yakin dengan jawaban yang kami buat dan bagikan kepada adik-adik, kami tetap selalu menyarankan, agar adik-adik terlebih dahulu berusaha sendiri mencari jawabannya pada buku, jangan sampai mengharapkan sepenuhnya pada alternatif jawaban. Dengan adik-adik berusaha sendiri, dan mencari jawabannya pada buku, adik-adik bisa sekalian membaca dan belajar terkait materi tersebut. Dengan begitu setidaknya adik-adik bisa lebih paham dengan soal dan materinya. Namun jikapun ternyata, setelah adik-adik mencoba mencari sendiri jawabannya pada buku dan belum juga menemukan jawaban yang tepat, maka silahkan manfaatkan dengan baik jawaban yang kami posting ini.

Sebelum inipun kami sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 yang bisa adik-adik cari pada artikel kami sebelumnya, dan manfaatkan jawaban tersebut jika memang masih diperlukan adik-adik untuk menyelesaikan tugas sekolah. Dan kami juga menganjurkan adik-adik untuk melihat Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 114, 115, 116, 117, 118, 119 yang juga sudah kami posting pada blog Pojok Edukasi ini.

Kunci Jawaban Halaman 122, 124 Tema 8 Kelas 6

Mengerjakan tugas sekolah memang sudah menjadi bagian dari kegiatan belajar adik-adik. Tugas sekolah juga menjadi salah satu alat penilaian guru bagi siswanya untuk melihat keberhasilan dari proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dan bagi adik-adik, nilai yang diperoleh menjadi tolak ukur tingkat pemahaman adik-adik terkait materi yang dipelajari. Serta nilai yang diperoleh adik-adik akan sangat membantu sekali dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester.

Untuk itu kami selalu menyarankan, agar adik-adik selalu maksimalkan dalam mengerjakan soal-soal latihan yang menjadi tugas sekolah adik-adik. Meskipun disini kami sudah menyediakan jawaban terbaik, namun kami tetap menyarankan kepada adik-adik untuk selalu teliti dalam mengerjakannya. Jikapun ternyata masih adik-adik temukan jawaban yang kurang tepat, atau bahkan keliru dan tak sesuai soalnya, maka silahkan cari jawaban lain saja.

Dan semoga jawaban yang kami sediakan ini bisa menjadi penyebab adik-adik untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus. Serta dengan jawaban inipula adik-adik bisa meningkatkan nilai raport semester. Dengan begitu, setidaknya nilai tugas sekolah bisa membantu adik-adik.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 122

Banyak sekali informasi yang kita dapatkan dari bacaan di atas. Bersama dengan temanmu identifikasikan 5 informasi penting dari bacaan dan tuliskan informasi tersebut dalam format yang disediakan.

Lima Informasi Penting dari Bacaan

  1. Sistem penanggalan Masehi berdasarkan kala revolusi bumi, sistem penanggalan Hijriah berdasarkan kala revolusi bulan
  2. Tahun Masehi juga disebut tahun Syamsiah atau tahun Matahari.
  3. Tahun Kabisat adalah tahun yang bilangannya habis dibagi 4 (empat)
  4. Tahun hijriah juga disebut tahun komariyah atau tahun bulan
  5. Jumlah hari dalam tahun kabisat Hijriah 1 hari lebih lama dibandingkan tahun Hijriah biasa, yaitu 355 hari

Dengan menggunakan informasi penting yang kamu temukan, buatlah ringkasan bacaan dengan menggunakan kalimatmu sendiri.

Kesimpulanku:
Revolusi bumi dan revolusi bulan digunakan untuk menentukan tahun Masehi dan tahun Hijriah. Sistem penanggalan Masehi berdasarkan kala revolusi bumi, sedangkan sistem penanggalan Hijriah berdasarkan kala revolusi bulan. Tahun Masehi juga disebut tahun Syamsiah atau tahun Matahari. Tahun Kabisat adalah tahun yang bilangannya habis dibagi 4 (empat). Tahun hijriah juga disebut tahun komariyah atau tahun bulan. Jumlah hari dalam tahun kabisat Hijriah 1 hari lebih lama dibandingkan tahun Hijriah biasa, yaitu 355 hari.

Ayo Berkreasi

Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas empat orang. Sajikan kembali informasi yang sudah kamu dapatkan sebelumnya tentang kalender Masehi dan Hijriah secara visual dengan membuat kalender. Buatlah dua kalender dengan sistem penanggalan Masehi dan Hijriah yang dilengkapi dengan penjelasan tentang tahun Masehi dan Hijriah.

Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

  1. Kertas gambar A3
  2. Pensil warna/spidol warna
  3. Kalender Masehi dan Kalender Hijriah sebagai acuan

Kalender Masehi (Hanya contoh dan tidak lengkap 12 bulan)

Kalender Hijriah (Hanya 1 bulan karena tempat tidak muat)

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 124

Presentasikan kalender yang kamu buat. Jelaskan bagian-bagian kalender dan bagaimana cara menggunakan kalender tersebut.

Untuk membuat presentasimu menarik, buatlah reklame untuk mengiklankan presentasi yang akan kamu lakukan. Pilihlah salah satu jenis reklame yang menurutmu paling tepat untuk mengiklankan presentasimu.

Pastikan reklame yang kamu buat berisi informasi yang menarik dan mudah dipahami. Cantumkan topik presentasimu dan kapan presentasi itu akan dilakukan

Presentasi Kalender Masehi dan Kalender Hijriyah

Nama saya Udin dari kelas VI SDN Nusantara di sini saya akan mempresentasikan materi tentang Kelender Masehi dan Kalender Hijriah.

Perputaran Bumi mengelilingi Matahari dan perputaran Bulan mengelilingi Bumi digunakan untuk menentukan tahun Masehi dan tahun Hijriah. Sistem penanggalan Masehi ditentukan berdasarkan kala revolusi bumi. Sistem penanggalan Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan.

A. Tahun Masehi
Tahun Masehi pertama kali ditetapkan oleh Julius Cesar (Romawi) pada tahun 47. Julius Cesar menetapkan jumlah hari dalam satu tahun 365 hari.

Tahun Masehi juga disebut tahun Syamsiah atau tahun Matahari. Tahun Masehi ditentukan berdasarkan kala revolusi bumi. Kala revolusi bumi adalah 365 1/4 hari. Jumlah seperempat hari dikumpulkan dan dijadikan sehari pada tahun kabisat. Tahun kabisat adalah tahun bilangannya habis dibagi 4 (empat), misalnya tahun 2000, 2004, dan 2008. Pada tahun kabisat ini jumlah hari di bulan pebruari menjadi 29 hari. Pada tahun kabisat Masehi jumlah harinya menjadi 366 hari dalam setahun.

Satu tahun Masehi dibagi menjadi 12 bulan dengan pembagian jumlah hari sebagai berikut.: Januari 31, Pebruari 28/29 (kabisat), Maret 31, April 30, Mei 31, Juni 30, Juli 31, Agustus 31, September 30, Oktober 31, November 30, dan Desember 31 hari.

B. Tahun Hijriah
Kalender hijriah pertama kali digunakan pada masa pemerintahan Umar bin Khattab. Tahun 1 hijriah ditentukan berdasarkan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Nabi Muhammad SAW hijrah pada 622 masehi lalu. 

Tahun Hijriah juga disebut tahun Komariyah atau tahun Bulan. Tahun Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan (waktu yang diperlukan Bulan.. Kala revolusi bulan adalah 29 1/2 hari sehingga jumlah hari dalam satu tahun = 29 1 2 hari x 12 = 354 hari. Kalender Hijriah juga mengenal tahun kabisat. Pada tahun kabisat Hijriah, jumlah hari dalam bulan Zulhijah adalah 30 hari. Sehingga jumlah dalam 1 tahun kabisat kalender hijriyah adalah 355 hari. 

Satu tahun Hijriah dibagi menjadi 12 bulan dengan pembagian jumlah hari sebagai berikut. Muharam 30, Safar 29, Robiul Awal 30, Robiul Akhir 29, Jumadil Awal 30, Jumadil Akhir 29, Rajab 29, Syaban 30, Ramadhan 30, Syawal 29. Zulkaedah 30, dan Zulhijah 29/30.

Demikian presentasi yang dapat saya sampaikan kepada teman-teman semua mengenai Kalender Masehi dan Kalender Hijriah. Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat dan apabila ada kesalahan yang sengaja maupun tidak sengaja saya buat saya minta maaf. Terima kasih

Ayo Renungkan

Tuliskan lima hal baru yang kamu pelajari hari ini.

Belajar, Tolong menolong, Bersikap Sopan Santun, Beribadah, Mengerjakan sesuatu dengan baik.

Tuliskan manfaat dari lima hal baru yang kamu pelajari hari ini.

Menambah teman, persahabatan dan saling menolong.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan kembali kepada orang tuamu tentang apa yang kamu pelajari hari ini. Mintalah orang tuamu memberikan lima pertanyaan tentang hal yang kamu pelajari.

Hari ini aku belajar mengerjakan tugas disekolah dan mendapatkan nilai baik. aku berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, teman-temanku meminta bantuan untuk memahami soal soal, aku sangat senang sekali teman temanku yang ada dikelas karena baik baik dna suka menolong.

Pertanyaan :

  • Siapa nama temanm?
  • Di kelas mana kamu belajar?
  • Kapan kamu membantu temanmu?
  • Tugas apa yang diberikan oleh guru?
  • Kenapa temanmu tidak paham dengan soalnya?

Nah adik-adik, itulah postingan kami untuk Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 122, 124. Tugas sekolah memang menjadi salah satu kegiatan dalam proses pembelajaran yang tak bisa dipisahkan. Tugas sekolah akan diberikan oleh guru kepada muridnya pada akhir kegiatan belajar, setelah guru menjelaskan materi yang ada pada buku. Tugas sekolah bisa dikerjakan di sekolah maupun guru jadikan PR untuk adik-adik.

Mengerjakan tugas sekolah memang hal yang wajib bagi adik-adik selaku siswa. Karena nilai-nilai yang adik-adik peroleh dari tugas sekolah juga nantinya akan dimasukan ke nilai raport semester. Dan adik-adik tahu jika semester ini merupakan semester penentu dalam kelulusan sekolah. Sangat penting bagi adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus, agar nantinya dengan nilai tersebut adik-adik bisa meningkatkan nilai akhir.

Serta kami juga ingin mengingatkan adik-adik untuk mulai giat dalam belajar, serta perbanyak mempelajari materi pelajaran yang belum adik-adik kuasai dengan baik. Karena untuk bisa mengikuti dan mengerjakan soal pada kegiatan ulangan harian maupun ujian akhir semester, adik-adik harus paham dengan materinya.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 122, 124 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5"