√ Kunci Jawaban Halaman 2, 3, 6, 7, 8 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 2, 3, 6, 7, 8 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1

Kunci jawaban Tema 8 Bumiku Kelas 6 halaman 2, 3, 6, 7, 8 subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya pembelajaran 1 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami buat dan siapkan untuk adik-adik, sebagai alternatif jawaban yang bisa dimanfaatkan untuk menjawab atau mengisi soal-soal pada buku pelajaran yang belum adik-adik temukan jawabannya, dan soal-soal tersebut menjadi tugas sekolah adik-adik saat ini. Kami tahu kalau saat ini cukup banyak siswa yang lebih memilih memanfaatkan alternatif jawaban untuk membantu menjawab soal-soal pada buku siswa dan menyelesaikan tugas sekolahnya.

Bukan tanpa sebab, apalagi kita tahu kalau saat ini kegiatan belajar tatap muka di sekolah belum efektfi, dan siswa lebih banyak belajar di rumah. Tentu hal tersebut juga akan berdampak pada banyaknya tugas-tugas mandiri yang diberikan oleg guru kelas kepada siswanya. Dan pastinya aka nada siswa yang mengeluhkan karena banyaknya tugas yang harus mereka kerjakan dan harus segera dikumpulkan kepada guru kelas. Selain itu kita juga tahu jika materi pembelajaran pada kurikulum 2013 menuntut siswanya harus mandiri dan kreatif serta bisa berfikir dan berpendapat.

Tak terkecuali pada soal-soal latihan di buku pelajaran materi tematik. Sebagian soal harus dijawab dengan pendapat siswa sendiri dan tak sedikit juga yang jawabanny tidak terdapat pada buku pelajaran dan haru mencari jawaban diluar buku. Maka dari itu tak heran jika banyak siswa yang memilih memangfaatkan alternatif jawaban seperti ini. Dan kami disini tentunya akan terus berupaya untuk menyediakan jawaban terbaik yang kami anggap benar dan tepat yang nantinya bisa adik-adik manfaatkan dengan baik.

Dan sebenarnyapun, sebelum ini kami juga sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 yang bisa adik-adik lihat kembali pada blog ini. Atau mungkin adik-adik sudah pernah memanfaatkannya sebagai jawaban? Kami berharap nilai yang adik-adik dapatkan bisa bagus. Terkahir yang kami posting terkait Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 adalah Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 133, 134, 135, 136 yang dapat adik-adik lihat kembali dan manfaatkan jika memang masih diperlukan.

Kunci Jawaban Halaman 2, 3, 6, 7, 8 Tema 8 Kelas 6

Seperti yang adik-adik tahu jika saat ini adik-adik tengah mengerjakan tugas untuk kegiatan belajar 1 di subtema 1 buku siswa tema 8 kelas 6. Sama halnya dengan tugas pada buku tema sebelumnya, adik-adik disini juga akan mengerjakan berbagai tugas, seperti soal-soal latihan, melakukan percobaan, renungan dan tugas rumah. Kami sudah menyediakan atau menyiapkan jawaban terabik buat adik-adik. Semoga dengan jawaban ini tugas yang masih belum adik-adik selesaikan bisa terselesaikan tepat waktu.

Bisa mendapatkan nilai yang bagus atau tinggi pada setiap tugas yang diberikan oleh guru merupakan suatu hal yang sangat bagus sekali. Karena semua nilai yang nantinya adik-adik peroleh dari kegiatan yang diadakan oleh guru maupun sekolah, akan dihitung pada akhir semester dan dimasukan ke raport. Maka dari itu, jangan anggap mudah tugas-tugas sekolah, kerjakan dengan sungguh-sungguh, dan raih nilai terbaiknya.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 2-3

Ayo Mengamati

Ayo, kita cari informasi lebih terperinci tentang terjadinya siang dan malam!

Perhatikan judul dan gambar sampul buklet. Dapatkah kamu memperkirakan informasi-informasi penting apa saja yang ada di buklet tersebut?

Tuliskanlah di sini!

Menurut perkiraan saya buklet tersebut berisi tentang bagaimana terjadinya siang dan malam, kapan terjadinya siang dan malam, penyebab terjadinya siang dan malam dan apa perbedaan siang dan malam

Tuliskan hal-hal yang telah kamu ketahui dan ingin kamu ketahui tentang siang dan malam (misalnya: waktu terjadinya, penyebab, dan perbedaan yang teramati). Gunakan format di bawah ini!

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 6

Ikuti langkah kegiatan di bawah ini!

Alat dan Bahan yang diperlukan: Senter, globe.

Langkah Kegiatan :

  1. 1Peganglah senter dan satu temanmu memegang globe.
  2. Arahkan senter (jangan dinyalakan) sehingga menghadap globe. Amati globe.
  3. Nyalakan senter. Amati globe.
  4. Adakah perbedaan pada globe, antara sebelum dan sesudah senter dinyalakan? Tuliskan hasil pengamatanmu!

Ketika senter belum dinyalakan, keadaan globe sama-sama gelap dari berbagai sisi. Ketika senter dinyalakan bagian yang menghadap senter menjadi terang, sedang  globe yang lain tetap gelap karena tidak terkena cahaya senter.

5. Tetap nyalakan senter, lalu putarlah globe perlahan-lahan berlawanan arah jarum jam. Apa yang teramati pada globe? Tuliskan hasil pengamatanmu!

Setelah diamati, terjadi perubahan keadaan pada globe. Globe yang berputar dan bidang permukaan yang awalnya terang, berlahan-lahan menjadi gelap. Sementara sisi globe yang semula gelap berlahan-lahan menjadi terang secara bertahap sesuai dengan putaran ketika menerima cahaya dari senter.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 7

Ayo Mengamati

Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan kegiatan yang sudah kamu lakukan!

1. Andaikan senter adalah Matahari dan globe adalah Bumi.

a. Kapan kita mengalami siang?

Ketika Bumi menerima sinar dari  Matahari

b. Kapan kita mengalami malam?

Ketika bagian bumi tidak menerima sinar dari Matahari

c. Bagaimana posisi Matahari selama pengamatan (diam/bergerak)?

Posisi Matahari tetap diam

d. Bagaimana posisi Bumi selama pengamatan (diam/bergerak)?

Posisi Bumi bergerak

2. Bagaimana arah gerak Bumi dibandingkan dengan arah gerak jarum jam?

Gerak bumi berlawanan arah dengan arah gerak jarum jam

3. Apa yang dimaksud dengan rotasi Bumi?

Gerakan bumi berputar pada porosnya

4. Mengapa ada daerah di Bumi yang terang?

Bagian bumi ada yang terang karena mendapat sinar Matahari

5. Mengapa ada daerah di Bumi yang gelap?

Daerah bumi ada yang gelap karena tidak mendapat sinar Matahari

6. Apa akibat rotasi Bumi dilihat dari diterimanya cahaya Matahari ke Bumi?

Terjadi gerakan bumi yang mengakibatkan permukaan bumi ada yang menerima sinar matahari dan ada yang tidak menerima

7. Bumi atau Mataharikah yang sesungguhnya bergerak?

Bumi yang bergerak

8. Apa yang kamu ketahui tentang gerak semu harian Matahari?

Gerak semu harian matahari adalah fenomena bergeraknya matahari dari timur ke barat saat tampak dari bumi.

9. Kegiatan apa yang biasa dilakukan oleh masyarakat di daerahmu ketika siang hari?

Masyarakat melakukan aktivitas dan bekerja dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidupnya

10. Kegiatan apa yang biasa dilakukan oleh masyarakat di daerahmu ketika malam hari?

Kebanyakan masyarakat beristirahat dari aktivitas sehari-hari

Kesimpulan:

Rotasi Bumi adalah perputaran bumi pada porosnya.
Rotasi Bumi menyebabkan terjadinya siang dan malam

Ayo Renungkan

Kamu telah belajar tentang rotasi Bumi dan akibatnya. Sungguh, Tuhan Yang Maha Esa begitu luar biasa telah membuat Bumi ini selalu berputar dengan waktu yang sangat teratur.

Apa yang mungkin terjadi jika Matahari berputar dan Bumi tidak? Coba jelaskan.

Jika Bumi berhenti berputar, maka setengah bagiannya menghadap ke Matahari dan cuacanya panas terik dan tidak ada malam hari. Sedangkan di belahan lain akan diselimuti cuaca dingin, tidak ada secercah sinar mentari dan tidak ada siang.

Hikmah apa yang dapat kamu pelajari dari kegiatan hari ini?

Salah satu manfaat dari rotasi bumi adalah adanya pergantian siang dan malam. Dengan adanya malam dan siang hari maka manusia bisa melakukan berbagai macam aktivitas dan beristirahat dengan porsi yang sangat cukup

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 8

Kerja Sama dengan Orang Tua

Diskusikan dengan orang tuamu tentang kegiatan yang dilakukan masyarakat berkaitan dengan waktu. Misalnya, kegiatan yang selalu dilakukan menjelang Matahari terbit.

Kegiatan yang dilakukan masyarakat:

  • Olagraga
  • Belanja kepasar
  • Pergi kesekolah
  • Bertani

Nah adik-adik, itulah ulsan yang bisa kami sampaikan terkait dengan Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 2, 3, 6, 7, 8 ini. Bisa mendapatkan nilai yang bagus tentu menjadi harapan adik-adik pasa setiap tugas yang dikumpulkan kepada guru kelas. Seperti yang sering kami sampaikan, bahwa kami akan terus berupaya menyediakan jawaban terbaik yang tepat dan benar, sehingga dengan jawaban tersebut adik-adik bisa menyelesaikan tugas dan bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Semester ini merupakan semester akhir yang akan sangat menentukan kelulusan adik-adik. Adik-adik pastinya berharap bisa lulus dengan nilai yang bagus. Namun seperti yang adik-adik tahu jika ingin mendapatkan hasil yang bagus tentunya harus berjuang. Berjuang belajar yang giat di rumah dan kurangi waktu bermainnya.

Apalagi adik-adik sudah kelas 6, dan semester ini merupakan semester akhir yang sangat menentukan sekali. Perbanyak mengulang kembali materi pelajaran yang belum dipahami dengan baik, sehingga adik-adik bisa dengan mudah mengerjakan soal-soal pada kegiatan ulangan harian maupun ulangan akhir semester nantinya. 

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 2, 3, 6, 7, 8 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1"