√ Kunci Jawaban Halaman 29, 31, 32, 33, 35, 36, 38, 39 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 4 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 29, 31, 32, 33, 35, 36, 38, 39 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 4

Kunci jawaban Tema 8 Bumiku Kelas 6 halaman 29, 31, 32, 33, 35, 36, 38, 39 subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya pembelajaran 4 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami buat sebagai alternatif jawaban yang mana nantinya dapat adik-adik manfaatkan untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang soal-soal tersebut sulit untuk dijawab atau belum adik-adik temukan jawabannya. Kami melihat bahwa akhir-akhir ini pencarian terkait alternatif jawaban untuk soal-soal pada buku siswa memang cukup banyak dicari dan dimanfaatkan oleh para siswa untuk membantu menjawab soal-soal yang sulit yang menjadi tugas sekolah adik-adik saat ini.

Apalagi kita tahu, bahwa sekarang ini belum semua sekolah yang menerapkan kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah. Masih banyak sekali sekolah yang melaksanakan pembelajaran dari jarak jauh atau belajar dari rumah. Siswa dituntut untuk bisa belajar mandiri di rumah dan guru akan lebih banyak diberikan tugas oleh guru kelasnya. Dan tak sedikit kami mendengar keluhan para siswa karena terlalu banyak diberikan tugas oleh gurunya. Namun siswa tidak bisa menolak untuk tidak mengerjakan tugas tersebut. Karena dari tugas tersebutlah guru kelas bisa mengambil nilai tugas harian dari siswanya yang nanti bisa dimasukan ke raport sekolah.

Kami sering menyampaikan kepada adik-adik, terkait dengan jawaban yang kami sediakan ini. Bahwa dalam menjawab soal-soal pada buku pelajaran, tentunya kami tidaklah asal dalam menjawabnya. Terlebih dahulu kami sudah mempelajari materi dan soal-soal pada buku siswa. Baru setelahnya, kami mencari jawaban yang sesuai dan tepat untuk menjawab soal-soal tersebut, baik dari buku pelajaran, referensi dari blog lainnya, maupun pemahaman kami sendiri. Maka dari itu kami cukup yakin dengan jawbaan yang kami sediakan ini.

Akan tetapi, meskipun begitu kami tentu tidak bisa menjamin semua jawaban yang kami sediakan ini pasti benar semuanya. Mungkin saja masih ada sebagian jawaban yang kurang tepat, menurut guru kelas adik-adik ketika mengoreksi tugas tersebut. Maka dari itu, selalu teliti dalam mengerjakan tugasnya, cek terlebih dahulu jawabannya sebelum menyalin ke buku tugas. Dan sebelumnyapun kami sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 yang mungkin masih adik-adik perlukan. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 22, 23, 25, 26, 27, 28 yang belum lama ini juga telah kami bagikan di blog ini.

Kunci Jawaban Halaman 29, 31, 32, 33, 35, 36, 38, 39 Tema 8 Kelas 6

Adik-adik tentunya akan sangat terbantu dengan kami menyediakan jawaban ini. Namun kami tetap menganjurkan kepada adik-adik, agar terlebih dahulu tetap berusaha sendir mencari jawabannya pada buku siswa. Karena dengan begitu adik-adik bisa tetap belajar dan memahami materinya. Serta tidak sepenuhnya bergantung dengan alternatif jawaban. Namun jika memang nyatanya adik-adik sudah berusaha mencari sendiri jawabannya pada buku pelajaran, namun masih tidak menemukan jawaban yang tepat, maka silahkan manfaatkan dengan bijak jawaban yang kami sediakan ini.

Semester ini merupakan semester penentu bagi adik-adik, apakah nantinya bisa lulus dengan nilai bagus atau malah sebaliknya. Untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus tentu harus dengan perjuangan belajar dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan berbagai kegaitan yang diadakan oleh guru maupun sekolah, seperti tugas sekolah, tugas praktek, ulangan harian dan ujian akhir semester. Serta persiapkan diri dengan memperbanyak belajar dan mengulang materi yang belum dipahami dengan baik.

Supaya adik-adik punya persiapan yang bagus untuk mengikuti kegiatan ulangan harian maupun ujian akhir semester. Adik-adik harus pahaman dengan materi untuk bisa menjawab dan mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 29

Ayo Membaca

Sore itu, Alan sedang membaca berita tentang sebuah sekolah untuk anak jalanan.

Berita tersebut disajikan setelah halaman ini.

  1. Bacalah judul berita tersebut. Perkirakan informasi yang akan kamu dapatkan.
  2. Sajikan perkiraan informasi tersebut dalam format seperti di bawah ini.

Perkiraan informasi yang akan aku dapatkan dari artikel koran berjudul “Sekolah Anak Jalanan “

Perkiraan fakta-fakta yang akan aku dapatkan dari artikel:

  • Tentang kehidupan anak jalanan
  • Tentang kesulitan yang dihadapi anak jalanan
  • Tentang peran serta individu/masyarakat/organisasi dalam memecahkan masalah anak jalanan

Pertanyaan-pertanyaan yang aku miliki terkait dengan judul artikel:

  • Apa masalah yang dihadapi anak jalanan?
  • Apa peran serta masyarakat dan pemerintah dalam mengatasi masalah anak jalanan?
  • Bagaimana pelaksanaan sekolah anak jalanan?

Pelajaran yang kira-kira akan aku dapatkan dari artikel yang kubaca:

  • Masalah sosial yang ada di masyarakat
  • Memperoleh pendidikan adalah hak setiap warga negara Indonesia
  • Kewajiban pemerintah dan semua warga negara dalam mengatasi masalah pendidikan

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 31

Setelah membaca artikel koran yang berjudul “ Sekolah Anak Jalanan”, lengkapi format di bawah ini dan bandingkan dengan format yang sebelumnya kamu isi sebelum membaca artikel. Apakah ada perbedaan? Jelaskan jawabanmu!

Perkiraan informasi yang akan aku dapatkan dari artikel koran berjudul “Sekolah Anak Jalanan “

Fakta-fakta yang aku dapatkan dari artikel:

  • Banyak anak jalanan yang menjadi peminta-minta
  • Di kawasan Plumpang, Jakarta Utara, anak-anak jalanan bersekolah
  • Yayasan Himmata merupakan lembaga  yang bersifat independen dan nirlaba.
  • PKBM Himmata sangat peduli pada pendidikan anak jalanan
  • Pengajar mau mengajar karena tuntutan hati nurani

Hal-hal baru yang aku dapatkan dari informasi di artikel:

  • Kehidupan yang dihadapi anak jalanan
  • Peran serta masyarakat dalam pendidikan bagi anak jalanan

Pelajaran yang aku dapatkan dari artikel yang kubaca:

  • Kita harus bersyukur karena lebih beruntung dari anak jalanan
  • Pendidikan adalah hak semua warga negara

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 32-33

Ayo Berlatih

Dari cerita tentang Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Himmata, kita menjadi tahu bahwa ada orang yang rela bekerja keras agar setiap anak Indonesia memperoleh pendidikan. Hampir setiap hari, kamu dan teman-temanmu pergi ke sekolah untuk belajar. Bagi beberapa anak Indonesia, kesempatan untuk bersekolah tidak mudah didapat.

Supaya kegiatan bersekolah memberi manfaat bagi kehidupanmu kelak, kewajiban-kewajiban apa yang perlu kamu laksanakan?

Buatlah kelompok yang terdiri atas tiga atau empat orang. Diskusikan lima kewajiban yang harus dilakukan sebagai seorang pelajar. Tuliskan hasil diskusi kelompok dan sajikan dalam bentuk karya seperti berikut.

Ayo Berdiskusi

Berdiskusilah dengan teman sebangkumu dan jawablah pertanyaan di bawah ini!

Anggaplah kewajiban yang kamu tulis pada kegiatan di atas sebagai janji yang harus dipenuhi.

1. Jelaskan mengapa kamu memilih janji tersebut? Apakah janji itu akan memberi manfaat bagi keberhasilan pendidikanmu?

Saya memilih janji tersebut karena janji tersebut diyakini dapat bermanfaat bagi keberhasilan pendidikanmu di masa yang akan datang. Rajin belajar, menjaga kebersihan, nama baik sekolah menghormati bapak/ibu guru, dan mematuhi aturan sekolah akan bermanfaat bagi keberhasilan pendidikanku.

2. Apakah kewajiban yang kamu tulis merupakan hal yang harus kamu lakukan? Jelaskan jawabanmu!

Kewajiban yang saya tulis harus saya lakukan agar saya berhasil dalam pendidikan di masa yang akan datang

3. Apakah melaksanakan kewajiban akan memberikan manfaat bagimu? Mengapa?

Ya, karena dengan melaksanakan kewajiban kita akan menjadi orang yang bertanggung jawab dan sikap bertanggung jawab salah satu jalan menuju kesuksesan

4. Apa yang bisa kamu simpulkan dari kegiatan ini? Nilai-nilai apa yang kamu peroleh dari kegiatan tersebut?

Kewajiban utama seorang pelajar adalah belajar dengan tekun. Nilai yang saya peroleh dari kegiatang tersebut adalah mandiri dan tanggung jawab.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 35

Dari informasi yang kamu dapatkan dari teks di atas, buatlah peta pikiran yang berisi informasi-informasi penting tentang Thailand. Kamu dapat menambahkan informasi dari sumber-sumber yang lain.

Peta Pikiran tentang Thailand

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 36

Informasi apa yang kamu dapatkan dari teks informasi di atas? Buatlah peta pikiran yang berisi informasi-informasi penting tentang Vietnam. Kamu dapat menambahkan informasi dari sumber-sumber lain.

Peta Pikiran tentang Vietnam

Ayo Berlatih

Bandingkan kondisi alam Thailand dan Vietnam. Carilah persamaan dan perbedaannya. Sajikan informasi tersebut dalam bentuk tulisan dua paragraf. Paragraf pertama berisi informasi tentang persamaan dan paragraf kedua berisi tentang perbedaan. Tentukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari tiap paragraf.

Negara Thailand dan Vietnam terletak di Benua yang sama yaitu benua Asia dan kedua negara juga sama - sama tergabung organisasi ASEAN. Kedua negara memiliki iklim yang sama, yaitu iklim Tropis dengan 2 musim. Keadaan sosial dan kebudayaan kedua negara juga relatif hampir sama. Keadaan mayarakat kedua negara sebagian besar bekerja  di bidang pertanian karena kedua negara memiliki tanah yang subur. Kekayaan bahan tambang utama kedua negara jugg sama yaitu minyak dan batu bara.

Selain persamaan kedua negara juga memiliki perbedaan. Misalnya saja Thailand pemerintahnya berbentuk kerajaan sedangkan Vietnam pemerintahannya berbentuk Republik Sosialis. Thailand dan Vietnam juga memiliki bahasa Nasional yang berbeda Thailand memiliki bahasa Thai sementara Vietnam memiliki bahasa Vietnam. Thailanda dan vietnam memiliki kepala negara yang berbeda, Thailand dipimpin oleh seorang raja sementara vietnam dipimpin oleh seorang presiden. Letak secara geografis maupun astronomis kedua negara juga berbeda. Thailand dan Vietnam memiliki mata uang yang berbeda Thailand dengan mata uang Baht, sementara Vietnam memiliki mata uang Dong.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 38-39

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, temukan informasi penting terkait dengan jenis-jenis kerja sama ASEAN. Sajikan kembali informasi tersebut dalam bentuk kartu informasi seperti gambar berikut. Buatlah satu kartu informasi untuk setiap bidang kerja sama dan presentasikan kartu informasimu di depan kelas.

Ayo Renungkan

1. Hal-hal penting apa yang kamu pelajari hari ini?

Belajar tentang profil negara negara seperti thailand, vietnam dan singapura. belajar tentang negara yang masuk zona asia tenggara dan juga asean.

2. Apakah menurutmu organisasi ASEAN penting bagi Indonesia?

Ya,karena organisasi ASEAN merupakan sarana bagi Indonesia untuk berkembang serta untuk memenuhi kebutuhan negaranya.

3. Pengalaman organisasi apa yang pernah kamu ikuti?

Organisasi siswa, pramuka, serta organisasi sosial di dalam dan luar sekolah.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Diskusilah dengan orang tuamu, seandainya keluargamu diberi kesempatan untuk mengunjungi salah satu negara tetangga. Negara mana yang akan keluargamu pilih? Jelaskan alasannya!

Silahkan adik-adik berdiskusi dengan orang tua, dan tuliskan hasil diskusinya!

Cukup sekian ulasan kami untuk Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 29, 31, 32, 33, 35, 36, 38, 39 ini. Sering kami sampaikan kepada adik-adik, bahwa bisa mendapatkan nilai yang bagus pada tugas sekolah seperti ini merupakan hal yang harus adik-adik raih. Dan kami yakin jika adik-adik selalu teliti dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas sekolah, nilai yang nantinya adik-adik peroleh juga akan maksimal. Meskipun kami disini sudah menyediakan jawaban terbaik, namun kami tetap menyarankan kepada adik-adik, agar memeriksan dan memastikan jawabannya sudah sesuai dengan soal, baru kemudian adik-adik salin ke buku tugas.

Dengan begitu adik-adik akan lebih teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Dan jika adik-adik masih menemukan jawaban yang kurang tepat atau keliru, maka silahkan diperbaiki dan ganti dengan jawaban lain saja. Atau jika adik-adik tidak keberatan, silahkan sampaikan kepada kami melalui komentar, kami akan senang dan segera melihat jawaban tersebut, apakah salah dan perlu perbaiki.

Kami juga tak henti-hentinya untuk selalu mengingatkan adik-adik agar selalu giat dalam belajarnya dan mulai rajin mengulangi atau mempelajari materi pelajaran yang sulit yang masih belum adik-adik pahami dengan baik. Karena untuk bisa mengikuti kegiatan ulangan harian dan ujian akhir semester, adik-adik perlu sekali pemahaman terkait materi pada semester ini. Dengan pemahaman yang baik, kami yakin adik-adik bisa mengerjakan soalnya dengan mudah.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 29, 31, 32, 33, 35, 36, 38, 39 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 4"