√ Kunci Jawaban Halaman 57, 58, 60 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 57, 58, 60 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1

Kunci jawaban Tema 8 Bumiku Kelas 6 halaman 57, 58, 60 subtema 2 Bumiku dan Musimnya pembelajaran 1 buku siswa tematik kurikulum 2013 revisi berikut ini kami sediakan dengan maksud untuk memudahkan adik-adik yang kesulitan menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang mana soal tersebut menjadi tugas sekolah adik-adik. Kami melihat memang saat ini alternatif jawaban menjadi pencarian yang cukup banyak oleh siswa maupun para orang tua. Memang kami harus akui juga, jika soal-soal pada buku tematik kurikulum 2013 cukup sulit untuk dijawab sendiri oleh adik-adik, dan tak sedikit juga jawabannya tidak ada pada buku.

Apalagi dalam situasi seperti saat ini, dimana kita lihat masih banyak juga sekolah yang harus menerapkan pembelajaran jarak jauh atau dari rumah. Siswa diharuskan bisa belajar sendiri dan mandiri di rumah dan akan lebih banyak diberikan tugas oleh guru kelasnya. Tugas inilah yang terkadang membuat siswa mengeluh, karena terlalu banyaknya tugas sekolah yang harus dikerjakan secara bersamaan dan harus dikumpulkan segera kepada guru kelas.

Maka tak heran jika masih banyak kami menemukan siswa yang lebih memilih memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini untuk membantu menjawab soal-soal dan menyelesaikan tugas sekolah. Melihat hal tersebutlah mengapa kami hadir dan terus berupaya untuk menyediakan jawaban terbaik yang tepat dan benar kepada adik-adik sekalian. Dengan jawaban ini kami berharap tak hanya tugas adik-adik saja yang bisa diselesaikan tepat waktu, namun nilai yang nantinya adik-adik peroleh juga bisa bagus dan tinggi.

Sebelumnyapun kami juga sudah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 yang mungkin saja pada tugas sebelum ini adik-adik sudah memanfaatkan jawaban yang kami sediakan ini. Kami berharap adik-adik bisa mendapatkan hasil yang bagus. Dan terakhir, pada postingan kami sebelumnya, kami sudah memposting Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 50, 52, 53, 54 untuk tugas pada kegiatan belajar 6 di subtema 1.

Kunci Jawaban Halaman 57, 58, 60 Tema 8 Kelas 6

Meskipun kami disini yakin dengan jawaban yang kami buat dan bagikan kepada adik-adik. Namun kami tetap mengingatkan dan menyarankan, agar adik-adik selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Pastikan dulu jawabannya sudah sesuai dengan sola yang ada, baru kemudian adik-adik salin ke buku tugas. Dengan begitu tentunya adik-adik akan lebih maksimal dalam mengerjakan tugas tersebut.

Karena nilai yang bagus atau tinggi sangat diperlukan sekali pada semester ini, karena seperti yang adik-adik tahu jika semester ini merupakan semester penentu bagi adik-adik. Apakah dengan nilai yang adik-adik peroleh bisa mengantarkan adik-adik untuk dapat lulus pada semester ini, atau malah sebaliknya. Namun kami yakin adik-adik bisa lebih serius dan giat dalam belajar sebelum kegiatan ujian akhir semester nantinya dilaksanakan.

Perbanyak mengulang atau mempelajari kembali materi pelajaran yang belum begitu adik-adik pahami dengan baik. Karena untuk bisa menjawab soal-soal pada kegiatan ulangan harian maupun ujian akhir semester nantinya, adik-adik harus punya persiapan dan pemahaman materi yang bagus.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 57

Presentasikan di depan kelas, gagasan utama dan informasi penting dalam setiap paragraf. Sebelum presentasi, tuliskan terlebih dahulu gagasan utama dan informasi penting pada tiap paragraf di peta konsep yang disediakan di bawah ini!

Penjelasan:

Paragraf 1 :
Gagasan Utama :  Faktor-faktor penyebab banjir.

Informasi Penting :

  1. Rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan, penebangan liar, pembangunan permukiman tanpa mengindahkan topografi wilayah merupakan penyebab bencana banjir.
  2. Pendangkalan dan penyempitan badan sungai membuat sungai meluap.
  3. Menjamurnya rumah di bantaran sungai dapat menyebabkan banjir.

Paragraf 2 :

Gagasan Utama : Penyempitan sungai akibat pemukiman liar
Informasi Penting :

  1. Penertiban permukiman liar menjadikesulitan pemerintah daerah
  2. Luapan sungai dapat terjadi hingga ketinggian 1-2 meter.
  3. Permukiman di bantaran sungai sangat berisiko ketika curah hujan tinggi.

Paragraf 3 :

Gagasan Utama : Penyebab banjir akibat pembangunan kota.
Informasi Penting :

  1. Sebagian besar wilayah Manado terdiri atas perbukitan, sementara wilayah daratan dengan permukaan datar sangat terbatas luasnya.
  2. Sejalan dengan bertambahnya penduduk, banyak bukit dan lereng kemudian diubah menjadi perumahan.

Berdasarkan gagasan utama dan informasi penting yang kamu temukan, buatlah sebuah ringkasan singkat tentang bacaan “Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam”.

Ringkasan bacaan “Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam”

Banjir menjadi ancaman diberbagai wilayah Indonesia. Faktor-faktor penyebab banjir antara lain rendahnya kesadaran masyarakat, pendangkalan dan penyempitan badan sungai, serta menjamurnya rumah di bantaran sungai.

Tumbuhnya permukiman liar di bantaran sungai mendorong penyempitan badan sungai. Penertiban permukiman liar menjadi kesulitan pemerintah daerah. Luapan sungai dapat terjadi hingga ketinggian 1-2 meter. Permukiman di bantaran sungai sangat berisiko ketika curah hujan tinggi.

Di Manado rawan banjir dan longsor terjadi akibat pembangunan kota. Sebagian besar wilayah Manado terdiri atas perbukitan, sementara wilayah daratan dengan permukaan datar sangat terbatas luasnya. Banyak bukit dan lereng kemudian diubah menjadi perumahan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 58

Ayo Mencoba

Perhatikan artikel di bawah. Mintalah temanmu membacakan artikel tersebut untukmu! Catatlah kata kunci dan informasi penting yang kamu dapatkan dari artikel yang dibacakan oleh temanmu tersebut. Lakukan kegiatan tersebut secara bergantian.

Bacaan dapat dilihat pada buku siswa halaman 58.

Kata Kunci Akibat Banjir

Informasi Penting :

  1. Lumpuhnya kegiatan aktivitas belajar-mengajar di Kecamatan Mojoanyar.
  2. Siswa SMP Negeri 2 Mojoanyar diliburkan karena banjir
  3. Banjir merupakan genangan paling tinggi dibandingkan sebelumnya.
  4. Banjir ini kiriman dari luberan kali
  5. Aktivitas belajar-mengajar juga diliburkan di SDN Gebangmalang 1 dan 2 .
  6. Banjir di Mojokerto disebabkan hujan deras.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 60

Gagasan utama yang aku dapatkan dari bacaan yang dibacakan oleh temanku:

  • Paragraf 1 : Penyebab 4 musim di negara subtropis
  • Paragraf 2 : Kemiringan di daerah poros bumi
  • Paragraf 3 : Angin terjadi karena perbedaan tekanan udara

Gagasan utama yang aku dapatkan setelah membaca bacaan dalam hati:

  • Paragraf 1; Perbedaan musim di negara trpois dan subtropis
  • Paragraf 2 : Pengaruh arah dan kecepatan angin terhadap musim
  • Pargraf 3 : Muka bumi memiliki ciri khas masing-masing

Berdasarkan teks bacaan “Ada Dua, Ada Empat“, jelaskan penyebab terjadinya perbedaan musin di Bumi!

Penyebab perbedaan musim di dunia akibat kemiringan poros bumi

Ayo Renungkan

Apa saja yang telah kamu pahami pada kegiatan hari ini? Sebutkan.

Yang sudah saya pahami pada kegiatan belajar hari ini adalah tentang mencari kata kunci dan informasi penting dalam sebuah bacaan.

Kegiatan apa yang paling kamu sukai?

Kegiatan yang saya sukai yaitu mencari kata kunci dan informasi penting pada suatu bacaan.

Tuliskan rencanamu agar kamu dapat lebih memahami semua kegiatan yang telah kamu ikuti!

Rencana saya adalah mempelajari kembali materi pelajaran yang sudah saya pelajari sebelum di rumah. Dengan sering mengulang materi pelajaran yang belum dipahami dengan baik, saya akan lebih cepat untuk memahaminya.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan kembali pembagian musim di Indonesia kepada orang tuamu.

Adik-adik menceritakan kembali tentang pembagian musim di Indonesia kepada orang tua.

Demikian postingan kami untuk Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 57, 58, 60 ini. Seperti yang pernah kami sampaikan pada postingan kami sebelumnya, bahwa untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus, adik-adik tentunay harus mengerjakan tugas sekolah dengan maksimal. Meskipun kami disini menyediakan alternatif jawaban, tak lantas adik-adik menyalin jawabannya begitu saja. Namun kami juga selalu menyarankan adik-adik, untuk selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Pastikan jawaban sudah sesuai dengan soal, baru kemudian adik-adik salin ke buku tugas.

Semester genap ini merupakan semester penentu bagi adik-adik dalam kelulusan nantinya. Tentunya adik-adik sangat berharap bisa lulus semester ini dengan nilai yang bagus. Kamipun berharap semikian. Namun adik-adik juga haruslah berjuang dengan cara lebih giat lagi dalam belajarnya. Perbanyak mengulang materi pelajaran yang belum dipahami dengan baik.

Karena untuk bisa mengikuti kegiatan ulangan harian maupun ulangan akhir semester, adik-adik haruslah punya persiapan yang bagus, agar bisa mengerakan soal-soal dengan mudah. Dengan persiapan yang bagus, kami cukup yakin jika nantinya adik-adik bisa meraih nilai terbaik, baik pada kegiatan ulangan harian, maupun ujian akhir semester.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 57, 58, 60 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1"