√ Kunci Jawaban Halaman 61, 62, 65, 66, 69, 70 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 61, 62, 65, 66, 69, 70 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2

Kunci jawaban Tema 8 Bumiku Kelas 6 halaman 61, 62, 65, 66, 69, 70 subtema 2 Bumiku dan Musimnya pembelajaran 2 buku siswa tematik k13 revisi yang kami posting dan bagikan kepada adik-adik kali ini, dapat dipergunakan sebagai jawaban untuk menjawab soal-soal yang ada pada buku tugas. Dan soal-soal tersebut mungkin sulit bagi adik-adik dalam menjawabnya, nah jawaban ini bisa menjadi solusi dalam menyelesaikan tugas adik-adik kali ini. Kami tahu kalau saat ini adik-adik tengah sibuk mengerjakan tugas sekolah dan sibuk juga mencari jawaban di internet untuk menjawab soal-soalnya.

Dan kami juga tahu jika yang saat ini sibuk tak hanya siswa saja, namun tak sedikit juga dari orang tua yang turut membantu anaknya mencari jawaban untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas anaknya. Nah dari hal tersebut, kami sadar akan kebutuhan adik-adik sekarang ini, yang sangat terbantu dengan adanya alternatif jawaban seperti ini. Maka dari itu kami selalu berupaya untuk memberikan jawaban terbaik yang kami bisa. Dengan jawaban ini kami berharap masalah adik-adik dalam menjawab soal-soal tersebut dapat terselesaiakan dan tugas bisa segera dikumpulkan kepada guru kelas.

Seperti yang sering kami sampaikan, bahwa dalam menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas adik-adik saat ini, kami tak serta merta menjawab begitu saja tanpa memahami materi dan soalnya. Namun kami terlebih dahulu sudah membaca soal dan memahami materi yang ada, baru kemudian mencari jawaban yang tepat, baik pada buku pelajaran maupun referensi lainnya. Dan kami tentunya cukup yakin dengan jawaban yang kami buat ini, nantinya bisa membantu adik-adik dalam menyelesaikan semua tugas sekolah.

Dan sebelum inipun kami sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 yang kami yakin juga adik-adik telah memanfaatkan jawaban tersebut untuk mengerjakan tugas pada kegiatan belajar sebelum ini. Kami harap jawaban tersebut bermanfaat untuka adik-adik. Dan lihat pula Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 57, 58, 60 yang beberapa waktu lalu juga telah kami sediakan pada blog ini, kami harap adik-adik juga melihatnya dan memanfaatkan jawaban tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 61, 62, 65, 66, 69, 70 Tema 8 Kelas 6

Meskipun adik-adik terbantu dengan kami berbagi jawaban seperti ini, namun kami tetap menyarankan kepada adik-adik, jika memang memungkinkan, lebih baik adik-adik berusaha sendiri mencari jawabannya pada buku pelajaran, sebelum memanfaatkan jawaban yang kami sediakan ini. Dengan begitu adik-adik bisa sekalian belajar dan memahami materinya. Namun jika memang belum juga menemukan jawaban yang tepat, maka silahkan manfaatkan jawaban ini.

Akan tetapi adik-adik juga harus tahu, bahwa kami disini hanya berusaha semampu kami dalam menyajikan jawaban terbaik kepada adik-adik. Meskipun kami cukup yakin dengan jawaban yang kami buat ini, tetap saja kami tidak bisa menjamin semua jawaban yang kami bagikan ini pasti benar dan tepat. Untuk itu selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Jikapun menurut adik-adik masih ada jawaban yang kurang tepat, maka silahkan adik-adik perbaiki dan ganti dengan jawaban yang tepat.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 61

Ayo Mengamati

Pada siang hari, suhu udara panas. Akibatnya, kaca jendela memuai. Namun, pada malam hari, suhu menurun. Perubahan suhu membuat kaca jendela menyusut. Karena itulah, ukuran bingkai lebih besar daripada ukuran kaca. Ada cukup ruang tersedia saat kaca memuai sehingga kaca tidak pecah. Saat musim kemarau, malam hari tampak cerah. Cobalah pergi keluar teras rumahmu saat bulan purnama. Pandangilah Bulan.

  1. Bagaimana bentuk Bulan? (Bulan tampak bulat ketika purnama)
  2. Apakah Bulan bergerak? (Bulan bergerak pada porosnya dan juga bergerak mengelilingi bumi)
  3. Apakah Bulan memiliki cahaya sendiri? (Bulan tidak memiliki cahaya sendiri dan hanya memantulkan cahaya matahari)
  4. Apakah Bulan berputar? (Bulan berputar pada porosnya)
  5. Apa yang dikelilingi Bulan? (Bulan mengelilingi bumi)

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 62

Amati gambar berikut!

Apa yang dapat kamu simpulkan dari gerak Bulan?

Bulan melakukan tiga gerakan putaran sekaligus : bulan berputar pada porosnya (Rotasi), bulan berputar mengitari bumi ( Revolusi ), dan bulan bersama bumi mengitari matahari.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 65

Ayo Berdiskusi

Setelah melakukan percobaan, diskusikan pertanyaan berikut bersama dengan kelompokmu.

1. Apa yang kamu lihat ketika mengintip melalui lubang-lubang tersebut?

Terjadi perbedaan-perbedaan cahaya yang diterima oleh bola styrofoam yang merupakan perwujudan bentuk dari fase-fase bulan

2. Matikan lampu senter. Apa yang terjadi?

Ketika lampu senter dimatikan bola styrofoam tidak terlihat

3. Melalui lubang mana kamu dapat melihat bentuk yang sama dengan bentuk Bulan baru?

Lubang pada posisi miring yang lebih rendah dari lampu senter

4. Ada berapa banyak fase Bulan? Apa saja bentuknya? Jelaskan!

Fase bulan adalah bentuk bulan yang selalu berubah-ubah jika dilihat dari bumi. Fase bulan itu tergantung pada kedudukan bulan terhadap matahari jika dilihat dari bumi.

Fase:

  • Fase bulan mati juga disebut dengan bulan baru. Pada fase ini permukaan bulan yang mendapat cahaya matahari membelakangi bumi sehingga bulan tidak terlihat dari bumi dengan mata telanjang.(Hari ke-1).
  • Fase bulan sabit mulai terlihat dari bumi dengan mata telanjang dan bentuknya menyerupai bentuk sabit.(Hari ke-4 dan 25)
  • Pada fase bulan separuh, separuh permukaan bulan yang memantulkan cahaya matahari menghadap ke bumi.(Hari ke-8 dan 21)
  • Fase bulan bungkuk (cembung). Pada fase ini bulan terlihat cembung atau hampir penuh.(Hari ke-11 dan 17)
  • Fase bulan purnama. Pada fase ini semua permukaan bulan yang mendapat dan memantulkan cahaya matahari menghadap ke bumi. dari bumi bulan terlihat satu lingkaran penuh. (hari ke-14) Setelah fase purnama bulan terus mengecil dan kembali menjadi fase bulan separuh, fase bulan sabit dan fase bulan mati atau fase bulan baru lagi.

Presentasikan hasilnya di depan kelas!

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 66

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan kembali gagasan utama dari bacaan dan informasi penting yang mendukung gagasan utama tersebut.

Gagasan Utama : Bulan adalah satelit alami Bumi
Informasi penting :
  1. Bulan satelit terbesar kelima dalam tata surya
  2. Permukaan Bulan sebenarnya gelap
  3. Bulan berpengaruh terhadap budaya manusia
  4. Gravitasi Bulan menyebabkan pasang surut di lautan

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 69

Berdasarkan informasi yang kamu peroleh tentang contoh-contoh tarian yang ditarikan secara berkelompok, buatlah kartu informasi yang berisi tentang informasi dari tari-tarian tersebut.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 70

Ayo Renungkan

Buatlah catatan seperti buku harian, tulislah hal hal penting yang telah kamu pelajari hari ini. Tuliskan juga hal-hal yg menurutmu paling menarik dan mengapa hal tersebut menarik bagimu.

Belajar macam-macam tarian dan fase-fase bulan, mencatat, tugas rumah dan latihan macam-macam percobaan sains. Paling menarik adalah mencatat macam-macam fase bulan yang sangat indah dan bersyukur atas semua karunia dari tuhan yang maha esa.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ingatlah kembali tentang percobaan yang kamu lakukan hari ini. Ceritakan kepada orang tuamu secara runut. Lakukan kembali percobaan tersebut bersama dengan orang tuamu.

Percobaan Menguji Kenampakan Bulan Purnama

Pada awalnya kita siapkan alat dan bahan sebagai berikut:

  1. Kotak sepatu besar 
  2. Kertas hitam 
  3. Bola plastik busa/styrofoam dengan ukuran diameter 5 cm. 
  4. Lampu senter kecil dengan cahaya yang kuat, isolasi kertas, dan benang hitam. 

Lalu kita lakukkan langkah percobaan :

  1. Lapisi permukaan kotak sepatu bagian dalam dengan kertas hitam. 
  2. Gantungkan bola styrofoam pada seutas benang hitam sepanjang 5 cm dan tempelkan ujung benang tepat di pertengahan penutup kotak.
  3. Buatlah 1 lubang yang sama besarnya dengan diameter lampu senter pada ujung kotak dan tutup rapat celah di antara lampu senter dan kotak dengan menggunakan isolasi kertas. 
  4. Buatlah 5 lubang intip pada sisi-sisi kotak. 4 lubang pada tiap sisi memanjang dan 1 lubang pada posisi miring yang lebih rendah dari lampu senter.
  5. Pasang penutup kotak bersama bola yang tergantung padanya di atas kotak dan rapatkan tepi-tepinya dengan menggunakan selotip kertas.

Nah adik-adik, itulah Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 61, 62, 65, 66, 69, 70. Kami yakin dengan menggunakan jawaban yang kami buat ini, adik-adik dapat segera menyelesaikan tugas-tugas sekolah dan mengumpulkan tugas tersebut kepada guru kelas untuk dikoreksi dan diberi nilai. Dan yang lebih penting lagi, dengan jawaban yang kami bagikan ini, kami cukup yakin kalau nantinya adik-adik bisa mendapatkan hasil yang bagus.

Kami tak hentinya untuk mengingatkan adik-adik agar selalu giat dalam belajarnya, apalagi semester ini merupakan semester akhir bagi adik-adik. Dan merupakan penentuan, apakah pada semester ini adik-adik bisa lulus dari sekolah saat ini, atau malah tidak lulus. Kami berharap tentunya jawaban yang kami buat ini bisa turut andil dalam meningkatkan nilai tugas adik-adik. Setidaknya nilai tugas yang bagus bisa turut serta berkontribusi untuk meningkatkan nilai akhir raport.

Dalam mengikuti kegiatan ulangan harian maupun ulangan akhir semester, adik-adik haruslah punya persiapan yang bagus. Persiapan ini tentunya dengan memperbanyak belajar di rumah. Serta lebih sering mengulang materi pelajaran yang sulit yang belum adik-adik pahami dengan baik materi tersebut. Dengan begitu adik-adik akan lebih siap dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 61, 62, 65, 66, 69, 70 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2"