√ Kunci Jawaban Halaman 83, 84, 85, 86, 89 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 83, 84, 85, 86, 89 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5

Kunci jawaban Tema 8 Bumiku Kelas 6 halaman 83, 84, 85, 86, 89 subtema 2 Bumiku dan Musimnya pembelajaran 5 buku siswa tematik k13 revisi yang kami ulas pada artikel ini bisa adik-adik pergunakan sebagai jawaban untuk mengisi dan menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang sekarang ini soal-soal tersebut menjadi tugas sekolah adik-adik. Kami yakin adik-adik akan sangat terbantu dengan adanya jawaban ini. Jawaban yang kami sediakan ini lengkap untuk semua soal yang ada pada buku siswa, adik-adik bisa memilih jawaban yang masih diperlukan. Dan kami harap dengan jawaban ini, adik-adik bisa secepatnya menyelesaikan tugas sekolah dan mengumpulkannya ke guru kelas.

Kami memahami kesulitan adik-adik saat ini, dimana dimasa pembelajaran seperti saat ini, akan sangat menuntut adik-adik untuk bisa mandiri dan aktif dalam belajar dan mengerjakan tugas-tugas sekolah. Apalagi bagi adik-adik yang masih melaksanakan kegiatan belajar jarak jauh atau dari rumah, pastinya tugas yang diberikan oleh guru juga akan lebih banyak. Dan sedikit kami melihat, ada sebagian siswa yang mengeluhkan hal ini. Ditambah lagi soal-soal pada buku tematik yang hanya ada isian tidak ada pilihan ganda dan mengharus siswa lebih aktif berpendapat sendiri dalam menjawab soal-soalnya.

Kami hadir untuk memberikan jawaban terbaik yang mana jawaban ini kami buat berdasarkan pemahaman kami terkait materi dan soal yang ada pada buku pelajaran adik-adik. Sebelum menjawab soalnya, terlebih dahulu kami membaca soal dan memahami materi pelajaran, baru kemudian kami mencari jawaban yang tepat, baik pada buku pelajaran, referensi lainnya, ataupun dari pemahaman kami sendiri. Maka kami ingin sampaikan, bahwa adik-adk tidak usah ragu, silahkan manfaatkan dengan bijak semua jawaban yang kami sediakan ini.

Sebelum inipun kami telah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 yang mungkin saja sudah pernah adik-adik cari dan lihat pada artikel kami sebelumnya. Kami yakin adik-adik pasti terbantu dengan jawaban tersebut, dan tidak menutup kemungkinan, adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus. Serta lihat juga Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 77, 78, 79, 80, 81 yang juga sudah kami posting beberapa waktu lalu pada blog ini, silahkan dilihat dan pergunakan dengan baik jawaban tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 83, 84, 85, 86, 89 Tema 8 Kelas 6

Seperti yang adik-adik tahu jika sekarang ini adik-adik sedang mengerjakan tugas pada kegiatan belajar 5 di subtema 2 buku siswa tema 8 kelas 6. Sama seperti tugas pada kegiatan belajar sebelumnya, tugas kali inipun adik-adik akan mengerjakan berbagi soal isian yang harus dicari jawabannya baik pada buku pelajaran maupun diluar buku pelajaran. Kami tahu jika soal-soal pada buku tematik ini semuanya isian dan cukup sulitu untuk dijawab oleh sebagian siswa. Serta tak sedikit soal yang harus dijawab dengan pendapat sendiri.

Namun meskipun begitu tetap saja menjadi tanggung jawab adik-adik untuk menyelesaikan semua tugas sekolah yang ditugaskan guru . Dengan jawaban yang kami sediakan ini, kami yakin adik-adik bisa dengan mudah menyelesaiakn tugas sekolah. Namun meskipun begitu, kami tetap menyarankan adik-adik agar selalu teliti dalam mengerjkan soal-soalnya. Dan kami juga disini tidak bisa menjamin semua jawaban yang kami buat ini semuanya pasti benar, karena mungkin saja ada sebagian jawaban yang kurang tepat.

Maka dari itu pastikan adik-adik untuk selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Dan perbanyak belajar di rumah serta ulang kembali atau pelajari kembali materi pelajaran yang belum dipahami dengan baik, agar adik-adik lebih paham dan punya persiapan yang bagus dalam mengikuti kegiatan ulangan akhir semester maupun ulangan harian nantinya.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 83

Buatlah kartu informasi yang memuat informasi tentang gerakan bulan dan gerhana bulan!

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 84

Ayo Mencoba

Laporan Kegiatan Percobaan Peristiwa Gerhana Bulan

Kelompok : Kelompok 3
Tujuan Percobaan :
Memahami proses terjadinya gerhana bulan dan penyebabnya.

Alat dan bahan:

  • Senter
  • Bola sepak
  • Bola tenis.
Langkah-langkah Percobaan:
  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan!
  2. Bagilah peran untuk tiap anggota kelompok: 1 orang sebagai Matahari (memegang senter), 1 orang sebagai Bumi (memegang bola), 1 orang sebagai Bulan (memegang bola tenis), 1 orang sebagai pengarah, dan 1 orang sebagai pengamat dan pencatat.
  3. Lakukan kegiatan di dalam ruangan gelap atau sedikit cahaya.
  4. Posisikan Matahari, Bumi, dan Bulan dalam satu garis lurus. Nyalakan senter yang diibaratkan sebagai Matahari.
  5. Anggota kelompok yang berperan sebagai pengamat melakukan pengamatan pada bola tenis dari sisi bola sepak yang tidak terkena cahaya.
  6. Amati peristiwa yang terjadi pada kegiatan percobaa tersebut.
Hasil Percobaan :
1. Tampilan Bulan dari sisi bola sepak yang gelap adalah bulan (bola tenis) tampak gelap
2. Gambar posisi Matahari, Bumi, dan Bulan saat terjadi gerhana bulan adalah sebagai berikut

3. Kapan terjadi peristiwa gerhana bulan? Gerhana bulan terjadi pada malam hari, ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus. Kedudukan Bumi berada di antara Bulan dan Matahari.
4. Apakah semua daerah di Bumi dapat menyaksikan gerhana bulan?Tidak semua daerah di Bumi dapat menyaksikan gerhana bulan, hal ini dikarenakan letak yang berbeda-beda.
5. Apa yang akan terjadi pada bagian Bumi yang mengalami gerhana bulan? Bagian bumi yang mengalami gerhana bulan akan menjadi gelap

Kesimpulan :
Dari pengamatan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa gerhana bulan terjadi pada malam hari ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus, dan Bumi berada di antara Bulan dan Matahari. Tidak semua daerah di Bumi dapat menyaksikan gerhana bulan, hal ini dikarenakan letak yang berbeda-beda. Bagian bumi yang mengalami gerhana bulan akan menjadi gelap.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 85

Ayo Mengamati

Perhatikan peta pikiran di atas.
Jelaskan informasi yang kamu dapatkan dari peta pikiran di atas secara tertulis.

Informasi yang saya dapatkan adalah :
Bumi melakukan gerak rotasi dan gerak revolus. Gerak rotasi bumi menyebabkan terjadinya siang dan malam dan pembagian daerah waktu. Sedangkan Gerak revolusi bumi menyebabkan adanya sistem kalender masehi, gerhana bulan, gerhana matahari, dan terjadinya perbedaan musim. Bumi memiliki satelit, yaitu bulan. Bulan melakukan gerakan rotasi dan revolusi. Gerak revolusi bulan ada dua yaitu gerak mengitari bumi dan gerak bulan mengitari matahari bersama bumi.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 86

Berdasarkan informasi yang kamu dapatkan dari bacaan, lengkapilah peta pikiran di bawah ini dengan penjelasannya!

Gerakan Bulan

Revolusi mengelilingi matahari:

  • Bulan bergerak mengelilingi matahari
  • Waktu yang dibutuhkan bulan mengelilingi matahari sama dengan waktu bumi mengelilingi matahari
  • Dalam 1 tahun bulan sekali mengelilingi matahari dan 12 kali mengelilingi bumi

Revolusi mengelilingi bumi:

  • Bulan bergerak mengelilingi bumi
  • Perubahan ketampakan bulan disebut fase bulan
  • Fase bulan dipengaruhi posisi bulan terhadap bumi dan matahari

Rotasi:

  • Bulan berputar pada porosnya atau berotasi
  • Periode rotasi bulan sama dengan periode revolusinya
  • Permukaan bulan yang menghadap bumi akan terlihat selalu sama

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 89

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari hari ini?

Belajar tentang fase bulan, rotasi, revolusi bulan bumi dan matahari. dengan mempelajari itu kita semakin bersyukur dengan semua ciptaanya dari yang mahakuasa.

Apa yang masih belum kamu pahami?

Proses terjadinya gerhana bulan secara langsung.

Apakah dampak gerhana bulan bagi kehidupan?

Gerhana bulan merupakan fenomena alam yang lumrah dan sering terjadi (2-4 kali dalam setahun). Pada ketika ini, bulan tidak bisa memantulkan cahaya dari matahari karna terhalang oleh bumi.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Mintalah orang tuamu bercerita tentang pengalaman mereka saat terjadi gerhana bulan!

Tanggal 31 Januari menjadi momentum langka untuk tiga peristiwa lunar yang terjadi secara bersamaan. NASA mengidentifikasi tiga fenomena itu berupa supermoon,blue moon, dan gerhana bulan total. Peristiwa ini dinanti semua orang di seluruh dunia karena menjanjikan penampakan bulan yang indah.

Bulan pada pagi hari tanggal 31 Januari ini akan menjadi supermoon.Peristiwa ini untuk menyebut Bulan yang tengah berada di perigee, titik paling dekat dengan Bumi. Artinya, bulan akan sekitar 14 persen lebih terang dari biasanya, demikian menurut NASA, seperti dilansir Huffington Post.

Supermoon ini lantas disebut jugablue moon. Mengapa? Sebab,supermoon hari ini merupakan bulan purnama yang kedua kalinya di Januari.

Nah adik-adik, itulah ulasan yang bisa kami sampaikan pada artikel kali ini yang membahas tentang Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 83, 84, 85, 86, 89. Kami harap adik-adik bisa menggunakan jawaban ini dengan baik dan selalu mengerjakan soal-soalnya dengan teliti. Sebelum menyalin jawaban ke buku tugas pastikan adik-adik selalu mengecek dan memastikan jawaban sudah sesuai dengan soalnya, baru setelah itu adik-adik salin ke buku tugas.

Tentunya kami berharap dengan jawaban yang kami sediakan ini, adik-adik bisa meraih nilai yang bagus pada setiap tugas yang dikerjakan dan dikumpulkan kepada guru kelas. Karena nilai yang bagus atau tinggi sangat diperlukan sekali bagi adik-adik, karena kita tahu bahwa semester ini menjadi semester penentu bagi adik-adik dalam kelulusan. Tentunya adik-adik pasti berharap bisa lulus dengan nilai yang bagus.

Untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus, tak cukup hanya mengandalkan alternatif jawaban yang kami bagikan ini saja, namun adik-adik juga harus lebih giat dalam belajarnya dan banyak mengulang materi pelajaran yang belum dipahami dengan baik. Karena selain tugas sekolah, ada kegiatan lain juga yang perlu adik-adik persiapkan, yaitu kegiatan ulangan harian dan ulangan akhir semester yang pasti akan adik-adik ikuti.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 83, 84, 85, 86, 89 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 5"