√ Kunci Jawaban Halaman 96, 97, 98, 99, 100 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 96, 97, 98, 99, 100 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1

Kunci jawaban Tema 8 Bumiku Kelas 6 halaman 96, 97, 98, 99, 100 subtema 3 Bumi, Matahari, dan Bulan pembelajaran 1 buku siswa tematik k13 edisi revisi yang pada kesempatan ini kami bagikan kepada adik-adik, dapat dijadikan sebagai jawaban untuk menjawab soal-soal yang ada pada buku siswa yang sekarang ini menjadi tugas sekolah adik-adik. Kami mengerti akan kebutuhan adik-adik saat ini, dimana sekarang ini cukup banyak siswa yang mencari jawaban seperti ini di internet untuk dimanfaatkan sebagai jawaban dalam menyelesaikan tugas sekolah. Dan tak hanya siswa saja, namun kami juga melihat, bahwa ternyata tak sedikit juga para orang tua terlibat dalam membantu anaknya menyelesaikan tugas sekolah.

Kami akan terus berupaya menyediakan jawaban terbaik untuk adik-adik. Dimana sering kami sampaikan, bahwa dalam membuat jawaban atau menjawab soal-soal pada buku pelajaran, kami terlebih dahulu sudah membaca soal dan mempelajari materi pada buku. Baru setelah itu kami berusaha mencari jawaban terbaik, baik pada buku siswa, internet maupun pemahaman kami sendiri terkait soal tersebut. Kami cukup yakin dengan apa yang kami sediakan ini akan bisa membantu adik-adik dalam menyelesaiakn tugas yang masih belum selesai sampai saat ini.

Akan tetapi, meskipun kami disini berusaha menyediakan jawaban terbaik buat adik-adik, kami selalu menyarankan agar adik-adik sebelumnya bisa berusaha sendiri mencari jawabannya pada buku pelajaran. Hal tersebut kami sarankan supaya adik-adik bisa sekalian membaca dan memahami materi pada buku. Namun jika memang adik-adik sudah berusaha, namun belum juga menemukan jawaban yang tepat, maka silahkan saja manfaatkan dengan bijak jawaban yang sudah kami siapkan ini. Diharapkan dengan jawaban ini, adik-adik bisa segera menyelesaikan tugas dan mengumpulkannya kepada guru kelas.

Jika adik-adik sebelumnya sudah pernah berkunjung ke blog ini, tentu tahu jika sebelumnya kami sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 yang mungkin juga sudah pernah adik-adik manfaatkan sebagai jawaban untuk menjawab dan menyelesaikan tugas pada kegiatan belajar sebelum ini. Kami berharap nilai yang adik-adik peroleh juga bisa bagus dan tinggi. Serta lihat juga Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 92, 93 yang juga sudah kami posting pada blog ini beberapa waktu lalu.

Kunci Jawaban Halaman 96, 97, 98, 99, 100 Tema 8 Kelas 6

Adik-adik harus mulai sadar dan giat lagi dalam belajarnya, karena semester ini merupakan semester penentu bagi adik-adik dalam kelulusan. Kerjakan dengan maksimal setiap tugas yang diberikan guru. Karena nilai yang adik-adik peroleh dari tugas harian juga akan sangat membantu dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester. Serta persiapkan juga diri adik-adik dengan rajin belajar, untuk mengikuti kegiatan ulangan harian maupun ujian akhir semester.

Perbanyak mempelajari materi pelajaran sebelumnya yang belum adik-adik pahami dengan baik. Karena dengan begitu kami yakin adik-adik akan siap dalam mengikuti kegiatan ulangan harian maupun ujian akhir semester. Dan juga kami mengajak adik-adik untuk saling berbagi kunci jawaban ini kepada teman sekelas lainnya yang memerlukan.

Semoga dengan jawaban ini, menjadi sebab adik-adik bisa meraih nilai-nilai terbaik pada setiap tugas sekolah yang adik-adik kerjakan. Dengan begitu, orang tua adik-adik juga akan sangat senang dengan prestasi tersebut.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 96

Berdasarkan informasi yang kamu peroleh dari bacaan, buatlah kartu informasi yang memuat informasi-informasi penting tentang gerhana matahari. Buatlah tiga kartu informasi yang menjelaskan tiga hal berikut.

1. Kapan gerhana matahari terjadi?

Gerhana matahari terjadi pada siang hari ketika bulan baru atau bulan mati. Gerhana matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus.

2. Apa yang menyebabkan gerhana matahari?

Kedudukan Bulan berada di antara Bumi dan Matahari sehingga cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan.

3. Apa saja jenis-jenis gerhana matahari dan apa perbedaanya?

Ada tiga jenis gerhana matahari, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin.

  • Gerhana matahari total hanya terjadi di permukaan bumi yang terkena bayangan umbra Bulan. Gerhana matahari total selalu diawali dan diakhiri oleh gerhana matahari sebagian.
  • Gerhana matahari sebagian terjadi di permukaan Bumi yang terkena bayangan penumbra Bulan.
  • Gerhana matahari cincin terjadi di permukaan Bumi yang terkena lanjutan bayang-bayang inti. Hal itu terjadi karena Bulan berada pada titik terjauhnya dari Bumi.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 97

Percobaan A

Laporan Kegiatan Percobaan Peristiwa Gerhana Matahari (A)

Kelompok : Kelompok 3
Tujuan Percobaan : Memahami proses terjadinya gerhana matahari dan penyebabnya.

Alat dan bahan :

  • Senter (model Matahari)
  • Bola plastik ukuran kecil/bola tenis (model Bulan)
  • Bola plastik ukuran besar/globe (model Bumi)
Langkah-langkah Percobaan:
  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan!
  2. Bagilah tanggung jawab dalam kelompokmu. 1 orang memegang senter (Matahari), 1 orang memegang bola plastik kecil (Bulan), 1 orang memegang bola plastik besar (Bumi), 1 orang memberikan instruksi untuk menyalakan/mematikan senter, dan memastikan bahwa kedudukan senter, bola kecil, dan bola besar mengikuti garis lurus. 1 orang mengamati dan mencatat Buat posisi seperti pada gambar!
  3. Nyalakan senter dan amati apa yang terjadi.
  4. Usahakan kamu melakukan kegiatan ini di ruang gelap.
  5. Perhatikan posisi Bulan. Apakah menurutmu Bulan menerima cahaya dari Matahari? Apakah Bumi menerima cahaya dari Matahari?

Hasil Percobaan :
Ketika senter dinyalakan, cahaya yang terpancar dari senter ke bola plastik besar (Bumi) tertutup oleh bola tennis (Bulan). Akibatnya, ada bagian dari bola plastik besar (Bumi) yang tertutup oleh bayangan bola tennis. Saat bola tenis digerakkan ke kiri dan ke kanan, bentuk bayangan yang ada pada bola plastik besar(Bumi) akan tampak berubah-ubah.

  • Bulan menerima cahaya matahari pada bagian yang menghadap matahari, sedangkan bagian yang menghadap bumi tidak menerima cahaya matahari.
  • Bumi menerima cahaya matahari, namun sebagian permukaan bumi ada yang tertutup oleh bayangan bulan.
Kesimpulan :
Dari pengamatan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa gerhana matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus. Bulan berada di antara Bumi dan Matahari sehingga cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan. Bulan menerma cahaya matahari pada bagian yang menghadap matahari saja, sedangkan bagian yang menghadap bumi tidak menerima cahaya matahari. Bumi menerima cahaya matahari, namun ada sebagian permukaan bumi yang tertutup oleh bayangan bulan.

Percobaan B

Laporan Kegiatan Percobaan Peristiwa Gerhana Matahari (B)

Kelompok : Kelompok 3
Tujuan Percobaan : Memahami proses terjadinya gerhana matahari dan penyebabnya.

Alat dan bahan :

  • Senter
  • Benang
  • Globe/bola ukuran besar
  • Bola tenis
  • Dudukan bola

Langkah-langkah Percobaan:

  1. Letakkan globe/bola besar di atas meja.
  2. Ikatlah bola tenis dengan tali, kemudian gantungkan pada dudukan bola.
  3. Letakkan bola tenis di depan globe.
  4. Nyalakan senter, kemudian arahkan cahaya pada bola tenis sehingga membentuk garis lurus.
  5. Amati dan catatlah apa yang kamu lihat.
  6. Usahakan kamu melakukan kegiatan ini di ruang yang gelap.
  7. Amati peristiwa yang terjadi pada percobaan yang dilakukan.

Hasil Percobaan :
Ketika senter dinyalakan, cahaya yang terpancar dari senter ke globe tertutup oleh bola tennis (Bulan). Akibatnya, ada bagian dari globe yang tertutup oleh bayangan bola tennis. Saat bola tenis digerakkan ke kiri dan ke kanan, bentuk bayangan yang ada pada globe akan tampak berubah-ubah.

  1. Bulan menerima cahaya matahari pada bagian yang menghadap matahari, sedangkan bagian yang menghadap bumi tidak menerima cahaya matahari.
  2. Bumi menerima cahaya matahari, namun sebagian permukaan bumi ada yang tertutup oleh bayangan bulan.

Kesimpulan :
Dari pengamatan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa gerhana matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus. Bulan berada di antara Bumi dan Matahari sehingga cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan. Bulan menerma cahaya matahari pada bagian yang menghadap matahari saja, sedangkan bagian yang menghadap bumi tidak menerima cahaya matahari. Bumi menerima cahaya matahari, namun ada sebagain permukaan bumi yang tertutup oleh bayangan bulan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 98

Catatlah percobaan dan hasil pengamatanmu, kemudian sajikan dalam bentuk laporan. Gunakan format laporan pengamatan yang pernah kamu gunakan di pembelajaran sebelumnya.

Presentasikan laporan percobaan dan pengamatan yang kamu lakukan.

Perhatikan presentasi kelompok lain yang melakukan kegiatan berbeda dengan kelompokmu. Bandingkan laporanmu dengan laporan kelompok tersebut.

Apakah kamu menemukan hal yang sama?

Ya, bola tenis yang menghadap bola besar adalah gelap

Apakah kamu menemukan hal yang berbeda?

Tuliskan hasil perbandinganmu di kotak yang disediakan.

Persamaan yang aku temukan dari laporan kelompokku dengan laporan kelompok temanku

Bola tenis yang menghadap bola besar adalah gelap

Perbedaan yang aku temukan dari laporan kelompokku dengan laporan kelompok temanku

Tidak ada yang berbeda

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 99

Ayo Berlatih

Buatlah sebuah buklet yang berisi informasi dan gambar tentang gerhana matahari. Sebelum membuat buklet, kumpulkan informasi-informasi yang akan kamu cantumkan dalam bukletmu nanti.

  1. Informasi tentang pengertian gerhana matahari.
  2. Informasi tentang jenis-jenis gerhana matahari.
  3. Informasi tentang apa yang tidak boleh dilakukan ketika gerhana matahari.
  4. Informasi tentang alternatif kegiatan yang dapat dilakukan untuk melakukan simulasi gerhana matahari.

Penjelasan:

1. Informasi tentang pengertian gerhana matahari.
Gerhana matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus. Kedudukan Bulan berada di antara Bumi dan Matahari. Kedudukan tersebut menyebabkan cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan.

2. Informasi tentang jenis-jenis gerhana matahari.

  • Gerhana Matahari total
  • Gerhana Matahari sebagian
  • Gerhana Matahari cincin 

3. Informasi tentang apa yang tidak boleh dilakukan ketika gerhana matahari.

  • Jangan melihat langsung saat proses terjadinya gerhana matahari
  • Jangan terlalu lama melihat gerhana matahari
  • Jangan sekadar gunakan kacamata hitam, tapi gunakanlah kacamata hitam khusus.
4. Informasi tentang alternatif kegiatan yang dapat dilakukan untuk melakukan simulasi gerhana matahari.
Kegiatan yang dapat dilakukan untuk melakukan simulasi gerhana matahari dengan menggunakan senter (model Matahari), Bola plastik ukuran kecil/bola tenis (model Bulan), Bola plastik ukuran besar/globe (model Bumi)

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 100

Ayo Renungkan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Belajara bersyukur dan belajar informasi mengenai gerhana matahari dan berbagai jenisnya.

2. Apa yang masih belum kamu pahami?

Cara melihat dan berapa lama gerhan matahari terjadi.

3. Apa dampak gerhana matahari bagi kehidupan?

Menurut para ahli astronomi, gerhana matahari tidak akan menimbulkan dampak yang serius bagi kehidupan manusia maupun kehidupan sosial. Gerhana matahari cuma akan meningkatkan gaya gravitasi bumi.
Selain itu, matahari yang biasanya menurunkan sinarnya ke bumi sehingga tercipta temperature di bumi, selama gerhana matahari akan mengalami penurunan temperature, dikarenakan sinar matahari yang tidak masuk ke bumi.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan kembali kegiatan pembelajaran yang kamu lakukan hari ini kepada orang tuamu!

Tanyakan kepada mereka apakah mereka mempunyai pengalaman menarik ketika gerhana matahari! Dengarkanlah pengalaman tersebut, tuliskan, dan berbagilah dengan temanmu.

Untuk tugas bersam dengan orang tua ini, silahkan adik-adik lakukan sesuai petunjuk diatas, catat hal-hal yang disampaikan oleh orang tua adik-adik.

Demikian postingan kami kali ini untuk Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 96, 97, 98, 99, 100. Seperti yang sering kami utarakan kepada adik-adik, agar adik-adik selalu maksimal dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, meskipun kami disini sudah menyediakan jawaban terbaik, namun kami juga tetap menyarankan kepada adik-adik, agar sebelum menyalin jawaban ini, adik-adik terlebih dahulu memeriksa dan memastikan bahwa tidak ada kekeliruan pada jawabannya.

Hal tersebut tentunya kami anjurkan agar adik-adik lebih maksimal lagi dalam mengerjakan soal-soalnya. Karena seperti yang adik-adik ketahui, jika semester ini merupakan semester penentu bagi adik-adik, dan nilai yang diperoleh haruslah maksimal, sehingga nantinya bisa membantu ningkatkan nilai akhir di raport semester. Serta adik-adik harus mulai giat dalam belajar, dan mempersiapkan diri untuk kegiatan ulangan harian dan ujian akhir semester.

Perbanyak mempelajari materi pelajaran yang  belum adik-adik kuasai dengan baik, dengan begitu tentunya pemahaman adik-adik akan semakin bertambah. Karena untuk bisa menjawab atau mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut, adik-adik harus punya pengetahuan yang bagus dan pemahaman tentang materi yang keluar pada soal tersebut.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 96, 97, 98, 99, 100 Tema 8 Kelas 6 Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1"