√ Kunci Jawaban Halaman 1, 4, 5, 7, 8, 9, 10 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 1, 4, 5, 7, 8, 9, 10 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1

Kunci jawaban Tema 9 Kayanya Negeriku Kelas 4 halaman 1, 4, 5, 7, 8, 9, 10 subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia pembelajaran 1 buku siswa tematik SD/MI K13 revisi yang kami sediakan berikut ini, kami buat dengan sebaik mungkin dengan terlebih dahulu memahami soal-soal pada buku pelajaran, batu kemudian kami berusaha semaksimal mungkin mencari jawaban yang tepat, baik pada buku pelajaran maupun diluar buku pelajaran tersebut. Kami tahu jika alternatif jawaban seperti ini akan sangat membantu adik-adik selaku siswa, dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Memang tak bisa dipungkiri, bahwa soal-soal pada buku tematik kurikulum 2013, semuanya berbentuk soal isian, dan tak sedikit soal-soal tersebut harus dijawab dengan pendapat dan pemahaman pribadi, dan jawabannya tidak ada pada buku pelajaran. Apalagi dalam masa pembelajaran seperti saat ini, dimana masih banyak sekali sekolah yang menerapkan kegiatan belajar secara online, pastinya akan menambah banyaknya tugas yang guru kelas berikan kepada siswanya. Maka tak heran jika alternatif jawaban menjadi pilihan adik-adik, untuk membantu menjawab soal-soal yang sulit yang mungkin belum ditemukan jawabannya.

Melihat hal tersebutlah, kenapa kami berusaha semaksimal mungkin untuk selalu memberikan jawaban terbaik kepada adik-adik sekalian. Karena kami tahu pasti adik-adik juga sangat berharap, dengan jawaban ini adik-adik bisa mendapatkan nilai yang bagus. Dan kami juga sebenarnya sering menyampaikan pada setiap postingan kami, bahwa dalam membuat jawaban atau menjawab soal-soal pada buku pelajaran, kami tentunya tidaklah asal dalam menjawabnya. Namun terlebih dahulu kami sudah memahami soal-soalnya, baru setelah itu mencari jawaban yang terbaik.

Dan sebelum inipun kami telah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 yang kami yakini, adik-adikpun sudah pernah melihat dan memanfaatkannya sebagai jawaban untuk menyelesaikan tugas-tugas pada buku pelajaran tema 8 kemaren. Jika demikian, kami berharap adik-adik bisa meraih nilai-nilai terbaik. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 171, 177, 178, kami merupakan jawaban untuk kegiatan belajar 6 pada buku tema 8 kelas 4. Kami berharap dengan jawaban kami ini, adik-adik benar-benar dapat terbantu dalam menyelesaikan tugas sekolah.

Kunci Jawaban Halaman 1, 4, 5, 7, 8, 9, 10 Tema 9 Kelas 4

Seperti yang adik-adik tahu, jika sekarang ini adik-adik sedang mengerjakan tugas-tugas sekolah untuk kegiatan belajar 1 di buku tema 9 kelas 4. Artinya tugas kali ini merupakan tugas pertama untuk buku tema 9 kelas 4. Dan adik-adikpun tahu kalau buku tema 9 ini merupakan buku materi pelajaran terakhir yang adik-adik pelajari pada semester genap. Setelah menyelesaikan kegiatan belajar dan sudah mengerjakan semua tugas, adik-adik akan melanjutkan kegiatan ulangan akhir semester atau UAS.

Kami sering menyampaikan, agar adik-adik mulai giat dalam belajarnya, karena semester ini merupakan semester penentu bagi adik-adik dalam kenaikan kelas. Maka  untuk bisa naik kelas dengan predikat yang bagus, adik-adik juga harus mulai giat dalam belajarnya. Pelajari kembali materi pelajaran yang memang belum adik-adik pahami dengan baik. Karena dengan begitu kami yakini adik-adik bisa mengerjakan semua soal-soal yang keluar pada saat kegiatan ulangan harian maupun ulangan akhir semester nantinya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 1

Ayo Mengamati

Amatilah gambar di bawah ini, lalu jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Apakah air dan listrik termasuk sumber energi?

Air dan listrik termasuk sumber energi listrik karena gerakan air dapat nenggerakan turbin yang kemudaian diubah menjadi energi listrik.

2. Berapa banyakah sumber energi air di sekitar tempat tinggalmu?

Di sekitar tempat tinggalku hanya terdapat satu sumber air saja yaitu sungai yang mengalir.

3. Seberapa sering kamu menggunakan sumber energi air dan listrik dalam kegiatan sehari-harimu?

Setiap hari saya menggunakan sumber energi listrik karena hampir semua peralatan rumah tangga menggunakan energi listrik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 4

1. Apa fungsi air dalam pembangkit listrik tenaga air itu?

Air berfungsi menggerakan kincir air, gerakan kincir air diubah menjadi energi listrik oleh generator

2. Mengapa untuk menghasilkan listrik perlu dibangun sebuah bendungan?

Bendungan berfungi untuk menaikan ketinggian air sehingga menghasilkan energi gerak yang dapat menggerakan kincir air

3. Adakah pembangkit listrik tenaga air di daerahmu?

Di daerah sekitarku tidak ada pembangkit tenaga listrik

Dengan adanya PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air, ketersediaan energi listrik ke rumah-rumah akan terpenuhi. Kita pun bisa memanfaatkannya untuk menghidupkan berbagai peralatan listrik yang memudahkan kegiatan kita sehari-hari seperti lampu, televisi, dan peralatan lainnya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 5

Ayo Berlatih

Perhatikan lampu yang ada di rumahmu!

Apa yang terjadi saat sakelar lampu ditekan?

Tuliskan pendapatmu pada kolom di bawah ini!

Pendapatku:
Saat sakelar lampu ditekan, energi listrik mengalir ke lampu sehingga arus listrik berubah menjadi cahaya dan panas.

Saat sakelar lampu ditekan, energi listrik mengalir ke lampu sehingga arus listrik berubah menjadi cahaya dan panas. Dari peristiwa tersebut terjadi perubahan bentuk energi. Energi listrik berubah menjadi energi cahaya dan panas.

Tuliskan peralatan di rumahmu yang menggunakan energi listrik dan kegunaannya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 7

Ayo Berlatih

Informasi apa yang dapat kamu peroleh dari bacaan tersebut?

Lengkapi peta pikiran berikut.

Penjelasan:

  • Pengertian lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia, baik langsung maupun tidak langsung.
  • Ada dua jenis lingkungan yaitu Lingkungan biotik adalah lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup. Lingkungan biotik adalah lingkungan yang terdiri atas makhluk tak hidup.
  • Lingkungan tidak hanya bermanfaat bagi manusia, tetapi juga bermanfaat bagi hewan dan tumbuhan.
  • Fungsi lingkungan bagi manusia antara lain : sebagai tempat hidup dan mencari makan, tempat berlangsungnya. aktivitas manusia, dan sebagai tempat tinggal (habitat).
  • Lingkungan bisa memengaruhi lingkungan, karena dalam menjalani kehidupan dan segala bentuk kegiatan dalam pemenuhan kebutuhannya manusia senantiasa beradaptasi atau menyesuaikan dirinya dengan lingkungan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 8

1. Agar lebih memahami bacaan di depan, coba temukan kata-kata yang sulit kamu pahami artinya. Selanjutnya cari tahu artinya dengan berdiskusi, bertanya, atau melalui kamus.

2. Berdasarkan bacaan di depan, buatlah kesimpulan pada kolom berikut!

Lingkungan berfungsi sebagai tempat mencari makan, tempat tinggal, dan tempat bekerja.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 9-10

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca bacaan yang berjudul “Lingkungan”. Sekarang, carilah informasi mengenai manfaat lingkungan dari orang-orang yang ada di sekitarmu. Carilah informasi dengan cara bertanya atau melakukan wawancara.

Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

Ayo Renungkan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Hari ini saya telah belajar tentang hubungan manusia dengan lingkungan dan contoh sumber energi.

2. Manfaat apa yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?

Manfaat dari pembelajaran kali ini adalah saya jadi mengetahui hubungan antara manusia dengan lingkungannya.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Coba kamu perhatikan penggunaan sumber daya air dalam kegiatan seharihari di rumahmu! Catatlah kegiatan-kegiatan yang menggunakan air dan seberapa banyak air yang digunakan. Catat pula usaha-usaha yang sudah dilakukan orang tua dan anggota keluargamu dalam menghemat air!

Penggunaan sumber daya air dalam kehidupan sehari-hari:

  • Mencuci piring
  • Mencuci pakaian
  • Mandi
  • Menyiram tanaman.

Usaha dalam menghemat air:

  • Mematikan keran saat air tidak digunakan lagi
  • Menggunakan air sesuai kebutuhan (tidak membuang2 air)
  • Menyiram tanaman hanya saat sore hari

Sekian ulasan kami untuk Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 1, 4, 5, 7, 8, 9, 10 ini. Dengan mengerjakan tugas-tugas sekolah, artinya adik-adik sudah melaksanakan kewajiban sebagai seorang siswa. Dan nilai yang diperoleh dari tugas harian juga akan sangat membantu adik-adik dalam meningkatkan nilai akhir raport semester. Kami tahu kalau adik-adik pastinya sangat berharap bisa mendapatkan nilai yang bagus dari setiap tugas sekolah yang dikerjakan. Dengan memanfaatkan jawaban yang kami sediakan ini, kami cukup yakin adik-adik bisa meraih nilai yang bagus.

Namun perlu adik-adik ketahui, bahwa tak hanya nilai tugas harian saja yang perlu adik-adik kejar dan raih nilai terbaiknya. Namun ada kegiatan lain yang juga sangat penting untuk adik-adik perhatikan, yaitu kegiatan ulangan harian yang setiap minggunya pasti akan diadakan oleh guru kelas, dan juga ada ulangan akhir semester yang pasti pada akhir semester sekolah adakan. Maka dari itu, selain memanfatkan alternatif jawaban yang kami sediakan ini, adik-adikpun harusnya mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar.

Perbanyak mempelajari kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik. Karena untuk bisa mengerjakan soal-soal pada kegiatan tersebut, adik-adik harus memahami materinya. Dengan memahami materinya, kami yakin adik-adik pasti tidak akan merasa kesulitan dalam mengerjakan soal-soalnya. Bahkan tak menutup kemungkinan, adik-adik bisa meraih nilai terbaik.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 1, 4, 5, 7, 8, 9, 10 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1"