√ Kunci Jawaban Halaman 100, 101, 103, 104, 107, 108, 109, 110, 112, 113 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 100, 101, 103, 104, 107, 108, 109, 110, 112, 113 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1

Kunci jawaban Tema 9 Kayanya Negeriku Kelas 4 halaman 100, 101, 103, 104, 107, 108, 109, 110, 112, 113 subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia pembelajaran 1 buku siswa tematik SD/MI K13 revisi berikut ini merupakan alternatif jawaban yang kami sediakan untuk adik-adik yang mungkin tengah sibuk mencari jawaban di internet untuk dimanfaatkan, menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang harus segera dikumpulkan kepada guru kelas. Kami mengerti bahwa sekarang ini memang alternatif jawaban menjadi hal yang cukup penting bagi adik-adik, karena memang dengan adanya alternatif jawaban, adik-adik terbantu dan tidak telat dalam mengumpulkan tugas-tugas sekolah kepada guru.

Kami tahu bahwa sekarang ini mungkin adik-adik tengah disibukan oleh tugas-tugas sekolah. Apalagi dalam situasi pembelajaran seperti saat ini, dimana banyak sekali sekolah yang masih harus menerapkan kegiatan belajar secara daring online. Makah al tersebutpun pastinya akan berdampak juga kepada kegiatan belajar dan siswa. Siswa akan lebih banyak diberikan tugas mandiri atau individu oleh guru untuk nantinya dikerjakan di rumah dan dikumpulkan kembali kepada guru untuk dikoreksi dan diberikan nilai. Banyaknya tugas yang harus dikerjakan oleh adik-adik, tak heran jika akhirnya adik-adik memilih alternatif jawaban, untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Melihat hal itu, kami selalu berupaya untuk terus menyediakan kepada adik-adik sekalian, jawaban-jawaban terbaik yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas adik-adik saat ini. Dan seperti yang sering kami sampaikan kepada adik-adik, bahwa dalam mengerjakan soal-soal pada buku pelajaran, kami sudah berusaha menjawab dengan jawaban terbaik, yang mana jawabannyapun kami cari pada buku pelajaran dan berbagai referensi lainnya yang kami yakini jawaban tersebut dapat menjadi jawaban yang tepat dan benar. Maka dari itu silahkan adik-adik pergunakan dengan bijak setiap jawaban yang kami buat.

Sebelum ini, kamipun telah banyak memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 yang mungkin sebelum in adik-adik sudah sering melihat dan memanfaatkan jawaban tersebut. Jika memang demikian, kami berharap nilai yang adik-adik peroleh bisa maksimal dan bagus, sehingga kami juga tidak sia-sia menyediakan jawaban tersebut kepada adik-adik. Belum lama inipun kami sudah memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 92, 93, 94, 95, 97, 98, 99 yang juga perlu adik-adik lihat, karena jawaban itu adalah jawaban untuk tugas pada kegiatan belajar sebelum ini.

Kunci Jawaban Halaman 100, 101, 103, 104, 107, 108, 109, 110, 112, 113 Tema 9 Kelas 4

Sekarang ini adik-adik tengah mengerjakan tugas pada kegiatan belajar 1 subtema 3 buku tematik tema 9 kelas 4. Dan adik-adik tahu kalau subtema ini menjadi subtema terakhir untuk buku tematik tema 9 kelas 4. Setelah adik-adik menyelesaikan kegiatan belajar pada buku tema 9 ini, artinya adik-adik sudah menyelesaikan semua buku materi untuk semester genap. Selanjutnya, seperti yang adik-adik ketahui, bahwa adik-adik akan mengikuti kegiatan ulangan akhir semester. Dan ulangan akhir semester menjadi hal yang sangat penting bagi adik-adik dalam menentukan nilai untuk kenaikan kelas nantinya.

Sudah tidak ada waktu untuk bersantai dan banyak bermain. Adik-adik sudah harus rajin dalam belajarnya untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan ulangan akhir semester yang tak lama lagi akan dilaksanakan. Serta selain ulangan akhir semester, ada juga kegiatan ulangan harian yang juga perlua adik-adik perhatikan. Untuk bisa mengerjakan atau menjawab soal-soal pada kegiatan ulangan, adik-adik tentunya haruslah paham dengan materi yang ada dan keluar pada soal-soal tersebut. Maka dari itu, mulailah serius dalam belajar dan banyak mengulang materi yang belum adik-adik pahami dengan baik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 100-101

Ayo Mengamati

Amatilah gambar di atas jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

Apa komentar atau pendapatmu melihat gambar-gambar di atas?

Pendapat saya adalah ada beberapa kegiatan manusia yang dapat merugikan dan menguntungkan dalam pelestarian lingkungan sekitar.

Menurutmu, gambar manakah yang menunjukan usaha pelestarian lingkungan alam ?

Menurut saya gambar A dan D menunjukkan usaha pelestarian alam,

Menurutmu, gambar mana sajakah yang menujukkan perilaku merusak lingkungan alam?

Menurut saya gambar B dan C menunjukkan perilaku merusak lingkungan alam

Jelaskan perilaku dan kegiatan manusia bisa berdampak positif maupun negatif terhadap lingkungan!

Penjelasan:

  • Gambar A menunjukkan masyarakat yang sedang bekerja bakti membersihkan saluran air. Saya sangat setuju, dengan kerja bakti tersebut berdampak positif karena kebersihan lingkungan tetap terjaga.
  • Gambar B memperlihatkan seseorang yang sedang menebang pohon secara sembarangan. Saya tidak setuju karena kegiatan tersebut berdampak negatif bagi lingkungan. Lingkungan akan rusak akibat penebangan liar.
  • Gambar C memperlihatkan seseorang yang sedang berburu burung dengan menggunakan senapan. Saya tidak setuju karena perburuan hewan liar berdampak negatif terhadap lingkungan. Perburuan liar dapat mengganggu pelestarian alam.
  • Gambar D memperlihatkan seorang bapak dan anaknya sedang menanam pohon. Saya sangat setuju dengan tindakan ini karena berdampak positif bagi lingkungan. Dengan menanam pohon akan menjaga melestarikan alam.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 103

Ayo Berlatih

Buatlah pertanyaan dari bacaan di atas menggunakan beberapa kata tanya. Tuliskan pertanyaanmu pada Kartu Tanya berikut!

Kartu tanya:

  1. Siapa yang menyebabkan kerusakan lingkungan? (Penyebab kerusakan lingkungan adalah manusia)
  2. Kapan manusia melakukan kerusakan lingkungan?(Manusia melakukan kerusakan lingkungan saat memenuhi kebutuhannya)
  3. Mengapa kegiaan manusia untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan?(Manusia memanfaatkan seluruh bagian alam secara berlebihan tanpa memikirkan akibatnya)
  4. Apa saja bagian-bagian alam yang dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhanya?(Manusia memanfaatkan seluruh bagian alam, baik abiotik (tak hidup) maupun biotik (hidup))
  5. Bagaimana manusia memanfaatkan lingkungan abiotik tanah?(Manusia melakukan penggalian untuk mendapatkan bahan tambang yang berguna untuk berbagai keperluan)
  6. Sebutkan bahan-bahan tambang yang dimanfaatkan manusia!(Bahan tambang yang dimanfaatkan manusia diantaranya emas, perak, nikel, timah, dan bauksit)
  7. Apa bahan tambang apa saja yang paling banyak dicari manusia?(bahan tambang yang paling banyak dicari manusia adalah emas dan perak)
  8. Berapa jenis hewan yang dimanfaatkan manusia? (Ada dua jenis hewan yang dimanfaatkan manusia yaitu hewan peliharaan dan hewan liar)
  9. Di mana hewan liar hidup bebas? (Hewan liar hidup bebas di hutan)
  10. Apa yang dilakukan oleh manusia terhadap hewan-hewan yang tidak dibudidayakan?(Hewan-hewan yang tidak dibudidayakan, dan hidup bebas di hutan seringkali diburu manusia)
  11. Apa bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia?(Ada yang diburu untuk diambil kulitnya, bulunya, atau bagian tubuh lainnya)
  12. Mengapa manusia memburu badak dan gajah?(Manusia memburu badak dan gajah untuk diambil cula dan gadingnya)
  13. Apa akibat dari perburuan yang tak terkendali oleh manusia?(Perburuan manusia yang tidak terkendali menyebabkan menurunnya populasi hewan tersebut secara drastis)
  14. Sebutkan hewan-hewan yang dapat dibudidayakan manusia!(Manusia membudidayakan beberapa jenis hewan seperti ayam, sapi, beberapa jenis ikan, dan lainnya)
  15. Apa manfaat tumbuhan bagi manusia?(Tumbuhan menjadi sumber makanan manusia, obat, dan peralatan rumah tangga)
  16. Sebutkan tumbuhan yang mempunyai nilai ekonomi sangat tinggi!(tumbuhan yang memiliki nilai ekonomi tinggi adalah pohon jati dan pohon cendana)
  17. Mengapa kayu jati sangat disukai oleh para pembuat mebel?(Kayu jati sangat disukai pembuat mebel karena tekstur kayu yang bagus dan kokoh)
  18. Apa kelebihan kayu cendana?(kelebihan kayu cendana adalah memiliki aroma khas)
  19. Mengapa kayu cendana banyak diburu orang?(Kayu cendana diburu banyak orang untuk pembuatan minyak wangi, hiasan, kipas tangan, dan pigura)

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 104

Ayo Mencoba

Menentukan kalimat utama dari setiap paragraf.

Bacalah kembali bacaan tersebut. Bersama teman sebangkumu carilah kalimat utama dan ide pokok dari setiap paragraf di depan. Tuliskan kalimat utama dan ide pokok paragraf tersebut dalam tabel berikut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 107

Ayo Berlatih

Kamu telah membaca bacaan “Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem”. Temukan informasi-informasi penting pada bacaan tersebut. Selanjutnya, lakukan latihan berikut.

Lengkapilah peta pikiran berikut.

Manusia dan Lingkungan

  • Kegiatan yang dilakukan manusia bisa berdampak pada lingkungan. Apa maksudnya?Semua aktivitas, pekerjaan, usaha dari manusia berpengaruh pada lingkungan
  • Apa saja kegiatan manusia yang bisa merusak ekosistem lingkungan? Penebangan & pembakaran hutan, Penggunaan bahan kimia secara berlebihan, Eksploitasi sumber daya laut, Perpindahan penduduk, Penggunaan kendaraan bermotor, Perburuan liar, dan Perusakan terumbu karang
  • Apa arti penting lingkungan bagi manusia? Lingkungan sangat penting bagi manusia karena lingkungan tempat berlangsungnya kehidupan, sebagai tempat tinggal, dan tempat mencari makan bagi manusia

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 108

Ayo Berlatih

Sekarang ini banyak perilaku dan kegiatan orang-orang di sekitar kita yang justru merusak lingkungan alam. Apa saja perilaku dan kegiatan yang merusak lingkungan tersebut? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.

Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.

LAPORAN HASIL WAWANCARA

Nama : Siti
Pertanyaan yang diajukan: Apa saja perilaku dan kegiatan orang-orang di sekitar tempat tinggalmu yang dapat merusak lingkungan?
Hasil Wawancara:

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 109-110

Ayo Mencoba

Salah satu cara untuk melakukan penghematan energi adalah memanfaatkan kembali barang-barang bekas. Ayo kita manfaatkan bersama barang-barang bekas.

Sekarang kamu akan berkreasi dengan barang-barang bekas. Hal itu digunakan untuk memanfaatkan barang bekas atau yang sudah tidak terpakai sehingga mempunyai nilai jual lebih tinggi. Kamu dapat membuat pigura foto dari kardus, lampion dari botol plastik bekas, bunga dari sedotan, atau hiasan dari kain perca! Banyak sekali idenya, bukan?

Poster dari bahan bekas

  1. Buatlah poster hemat energi dari bahan bekas. 
  2. Tulislah slogan hemat energi pada kertas kardus bekas.
  3. Buatlah yang menarik.

Bingkai Poster dari bahan bekas

Cobalah membuat bingkai foto dengan mengikuti langkah–langkah berikut! Prosedur dalam pembuatan bingkai foto sebagai berikut.

Bahan:

  • Kardus bekas

Peralatan:

  1. Gunting
  2. Penggaris
  3. Pensil
  4. Lem
  5. Plastik mika
  6. Kertas kado bekas atau kertas lain sesuai selera.

Cara membuat:

  1. Buatlah pola bingkai foto sesuai ukuran foto yang diinginkan.
  2. Gunting kardus sesuai pola yang telah dibuat.
  3. Lapisi kardus dengan kertas kado. Gunakan lem untuk menempelkannya.
  4. Pasang plastik mika sesuai ukuran pola bingkai foto.
  5. Gabungkan kedua lembar kardus bagian depan dan bagian belakang dengan lem.
  6. Pasangkan penyangga foto di bagian belakang bingkai.

Setelah selesai, pajang hasil karyamu di kelas. Kemudian, tuliskan refleksi kegiatan yang telah kamu lakukan hari ini.

Contoh Poster:

Ayo Berlatih

Lengkapilah tabel tentang aturan hemat energi di rumah. Berikan tanda (✓) apabila kamu melakukannya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 112

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut: Jelaskan hubungan sepeda motor dengan lingkungan!

Sepeda motor digerakkan dengan mesin yang berbahan bakar berupa bensin. Penggunaan bahan bakar bensin yang tidak terkendali menyebabkan polusi udara dan bisa memicu pemanasan global.  Jika terjadi polusi udara dan pemanasan global maka udara tidak lagi sehat dan bersih, iklim tidak menentu, dan meningkatnya suhu bumi.

Bacalah bacaan di atas dengan saksama! Buatlah beberapa pertanyaan dengan menggunakan kata tanya yang sesuai, lalu tuliskanlah pada Kartu Tanya di bawah ini!

Kartu Tanya

  1. Apa alat transportasi yang banyak digunakan oleh manusia di seluruh penjuru dunia? (Sepeda motor)
  2. Mengapa motor lebih banyak digunakan dibandingkan dengan alat atau moda transportasi lainnya? (Motor memiliki harga yang murah dan praktis)
  3. Apa manfaat sepeda motor? (Sepeda motor dapat digunakan untuk bepergian dan mengirimkan barang ke tempat lain)
  4. Kapan orang menggunakan sepeda motor? (Orang menggunakan sepeda motor saat bepergian dan mengirimkan barang)
  5. Di mana sepeda motor banyak digunakan oleh manusia? (Sepeda motor banyak digunakan oleh manusia di seluruh penjuru dunia)
  6. Ke mana orang mengirimkan barang menggunakan sepeda motor? (Dengan sepeda motor, orang melakukan pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain)
  7. Bagaimana sepeda motor dapat bergerak? (Sepeda motor digerakkan dengan mesin yang berbahan bakar minyak, yakni berupa bensin)
  8. Bagaimana cara menghasilkan bensin? (Bensin diperoleh dengan pengolahan minyak bumi melalui proses pengeboran dan pemurnian)
  9. Berapa jumlah bensin yang dibutuhkan jika orang di dunia ini memakai sepeda motor setiap harinya dan menempuh jarak jauh?(Sangat banyak kebutuhan bensinnya)
  10. Siapa yang terpengaruh oleh polusi udara dan pemanasan global?(Manusia)
  11. Apa akibat penggunaan bahan bakar minyak seperti sepeda motor yang tidak terkendali? (Menyebabkan polusi udara dan bisa memicu pemanasan global)
  12. Apa saja akibat yang ditimbulkan oleh polusi udara dan pemanasan global?(Udara tidak lagi sehat dan bersih, iklim tidak menentu, dan meningkatnya suhu bumi)

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 113

Ayo Renungkan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Hari ini saya telah belajat tentang sumber-sumber energi alternatif

2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?

Melalui pembelajaran ini saya lebih mengerti mengenai penggunaan energi dalam kehidupan sehari-hari

3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Keterampilan yang saya kuasai diantaranya adalah membuat peta pikiran, melakukan wawancara.

4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Setelah pembelajaran hari ini saya akan lebih berhemat dalam menggunakan energi yang ada.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tua atau anggota keluargamu lain, amatilah benda-benda elektronik di rumahmu. Catatlah dan urutkan benda-benda yang paling banyak menggunakan energi listrik (wattnya paling besar hingga kecil) dan alat-alat .

Tuliskan hasilnya pada kolom berikut dan mintalah tanda tangan orang tua atau anggota keluargamu yang lain yang telah berkolaborasi denganmu!

Hasil pekerjaan :

  • Kipas Angin : 100 watt/220 volt
  • Mixer : 150 watt/220 volt
  • Microwave : 350/220 volt
  • Setrika : 350 watt/220 volt

Demikian ulasan kami kali ini tentang Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 100, 101, 103, 104, 107, 108, 109, 110, 112, 113. Kami mengerti akan penting alternatif jawaban seperti in bagi adik-adik yang memang kesulitan dalam menyelesaikan tugas sekolah. Dengan adanya alternatif jawaban seperti ini pastinya adik-adik akan sangat terbantu dalam menyelesaikan tugas sekolah. Selain itu adik-adikpun pastinya berharap nilai yang nantinya diperoleh bisa maksimal dan bagus. Dan kami cukup yakin adik-adik bisa meraih nilai yang bagus, asalkan adik-adik selalu teliti dan maksimal dalam mengerjakan tugasnya.

Semester genap ini menjadi semester penentu dalam kenaikan kelas nantinya. Adik-adik pastinya sangat berharap nilai yang diperoleh dari setiap kegiatan yang diadakan oleh guru dan sekolah bisa bagus, sehingga nilai-nilai tersebut dapat membantu adik-adik dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester, sehingga bisa menjadi sebab adik-adik naik kelas. Namun tentunya tak cukup jika adik-adik hanya mengandalkan nilai yang didapat dari kegiatan tugas sekolah. Adik-adik juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari berbagai kegiatan lainnya.

Ada kegiatan ulangan harian, tugas praktek, dan ulangan akhir semester yang harus adik-adik ikuti. Dan untuk bisa mengerjakan atau menjawab soal-soalnya, adik-adik harus memahami materi yang keluar pada soal-soal tersebut. Untuk itulah kami selalu mengingatkan adik-adik, dan menyarankan supaya giat dalam belajarnya. Perbanyak mempelajari kembali materi  yang belum adik-adik pahami dengan baik, karena dengan begitu kami yakin adik-adik bisa mengerjakan semua soal-soalnya.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 100, 101, 103, 104, 107, 108, 109, 110, 112, 113 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 1"