√ Kunci Jawaban Halaman 104, 105, 106, 108, 109, 110, 111 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 2 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 104, 105, 106, 108, 109, 110, 111 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 2

Kunci jawaban Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas 5 halaman 104, 105, 106, 108, 109, 110, 111 subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan pembelajaran 2 buku siswa tematik SD K13 revisi yang kami bagikan dibawah ini merupakan alternatif jawaban yang kami untuk membantu adik-adik dalam menjawab soal-soal yang susah atau sulit bagi adik-adik pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah saat ini. Kami tahu kalau alternatif jawaban seperti yang kami sediakan ini tengah banyak dicari oleh para siswa maupun orang tua yang turut membantu anaknya mengerjakan tugas sekaloh, jawaban ini banyak dimanfaatkan untuk membantu menyelesaikan berbagai tugas sekolah.

Kami memahami jika alternatif jawaban seperti ini menjadi pilihan adik-adik, karena memang pada kenyataannya siswa sekarang ini banyak disibukkan dengn tugas-tugas sekolah. Apalagi dalam situasi seperti sekarang ini, dimana masih banyak sekolah yang harus menerapkan kegiatan belajar secara online atau belajar dari rumah. Dan tentu hal tersebut akan berdampak kepada siswa, salah satunya ialah tugas-tugas sekolah yang banyak diberikan oleh guru kelas maupun guru mata pelajaran kepada siswanya untuk nantinya dikerjakan secara individu, yang kemudian tugas tersebut harus segera dikumpulkan lagi kepada guru.

Melihat hal tersebutlah kenapa kami berkomitmen untuk terus hadir dalam menyediakan alternatif jawaban yang terbaik kepada adik-adik sekalian. Meskipun pada kenyataannya, sekarang ini sudah lumayan banyak situs-situs lainnya yang juga menyediakan alternatif jawaban seperti ini. Namun kami berkomitmen untuk memberikan jawaban terbaik dan jawaban pilihan yang mana dalam menjawab atau membuat jawaban ini, kami tidaklah asal jawab saja. Namun sebelum menjawabnya, kami tentunya sudah memahami soal dan materi yang ada, baru kemudian kami mencari jawaban yang tepat baik dari buku pelajaran, dan berbagai referensi lainnya.

Sebelum inipun kami sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 yang kami yakini adik-adikpun sudah pernah melihat serta memanfaatkan jawaban tersebut. Kami hanya berharap, semoga saja jawaban tersebut benar-benar membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah. Dengan begitu, setidaknya adik-adik bisa meningkatkan nilai tugas harian, yang mana nilai tersebut juga nantinya akan sangat membantu meningkatkan nilai raport adik-adik. Lihat juga Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 97, 98, 99, 101, 102, 103 yang juga sudah kami sediakan beberapa waktu yang lalu pada blog ini.

Kunci Jawaban Halaman 104, 105, 106, 108, 109, 110, 111 Tema 8 Kelas 5

Kami menyadari betapa pentingkan alternatif jawaban yang tepat untuk adik-adik. Agar nantinya dengan jawaban tersebut adik-adik bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Maka dari itu, meskipun kami disini sudah berusaha semaksimal mungkin menyediakan jawaban terbaik, kami tetap menyarankan kepada adik-adik, agar selalu teliti dan mengecek jawaban yang kami buat ini, sebelum nantinya jawaban tersebut adik-adik salin ke buku tugas. Dan kalaupun nantinya masih adik-adik temukan jawaban yang kurang tepat, sehingga membuat adik-adik ragu, maka silahkan cari jawaban yang lain saja.

Kami juga tak henti-hentinya mengingatkan kepada adik-adik agar selalu giat dalam belajarnya. Jikapun sekarang ini adik-adik masih banyak bermain, maka kami berpesan agar adik-adik mulai fokus belajar dan mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan lainnya, seperti ulangan harian, ulangan akhir semester. Perbanyak mempelajari kembali materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik. Dengan begitu kami yakin jika nantinya adik-adik akan punya persiapan yang bagus.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 104-105

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

1. Apa yang terjadi jika kita mencuci baju menggunakan air yang tercampur minyak?

Kita biasa mencuci baju menggunakan sabun atau detergen. Sabun dan detergen dapat mengikat kotoran dan minyak pada baju sehingga baju menjadi bersih. Jika air yang digunakan mencuci pakaian tercampur minyak, kita harus menggunakan sabun atau deterjen yang lebih banyak supaya minyak tidak menempel pada baju yang dicuci. Namun, air bercampur minyak tidak dapat digunakan untuk membilas baju yang dicuci karena minyak akan menempel pada baju.

2. Apa yang terjadi jika kita minum air yang tercemar kuman?

Jika kita minum air tercemar kuman, kita akan sakit perut. Oleh karena itu, sebaiknya kita minum air yang sudah dimasak sampai mendidih dan disimpan dalam wadah tertutup.

3. Apa yang terjadi pada ikan-ikan di sungai yang menjadi tempat pembuangan limbah cair dari industri?

Limbah cari dari industri mengandung zat-zat kimia berbahaya. Jika limbah ini dibuang ke dalam sungai, kehidupan sungai akan terganggu. Ikan dan tumbuhan sungai akan mati.

4. Apa yang dapat kalian simpulkan dari jawaban pertanyaan-pertanyaan di atas?

Kesimpulannya adalah kualitas air memengaruhi kehidupan di bumi, baik bagi manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 106

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan teks “Hari Air Sedunia” di atas, lengkapilah tabel berikut.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 108

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

1. Apakah gambar tersebut mendukung cerita?

Ya gambar tersebut mendukung cerita.

2. Jika jawabanmu “ya”, apa alasanmu? Jika jawabanmu “tidak”, apa pula alasanmu?

Gambar tersebut memudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau cerita.

Karya gambar cerita banyak kita temui pada buku cerita, terutama buku cerita bergambar atau komik.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 109

Ayo Menulis

Kamu telah melihat contoh karya gambar cerita. Apa ciri-ciri karya gambar cerita? Tulislah dalam kotak berikut.

Ciri-ciri karya gambar cerita:

  • Memudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau cerita.
  • Memberikan gambaran singkat isi tulisan atau cerita yang disampaikan.
  • Menambah nilai keindahan sajian sebuah tulisan atau cerita.

Ayo Mencoba

Tentukan satu tema yang kamu pilih untuk membuat gambar cerita. Kamu dapat mengingat-ingat pengalamanmu yang paling berkesan atau kamu dapat mengambil beberapa contoh tema berikut.

  1. Lingkunganku sehat airku bersih.
  2. Aku menjaga sungaiku bersih.
  3. Indonesia beragam, Indonesia kaya.

Tema gambar cerita yang akan saya buat:

Lingkunganku sehat airku bersih

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 110-111

Ayo Renungkan

Hari ini saya belajar tentang:

Beberapa hal yang saya pelajarai yaitu:

  • Sikap cermat dan percaya diri
  • Pengetahuan tentang pengaruh kualitas air terhadap kehidupan manusia, pengertian dan ciri-ciri gambar cerita
  • Keterampilan mempresentasikan hasil diskusi

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bersama orang tuamu, identifikasikan pengaruh kualitas air bagi keluargamu.

Pengaruh kualitas air bagi keluargaku:

  • Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh
  • Menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh
  • Membersihkan badan dari kotoran
  • Membersihkan bahan makanan dan masak
  • Membantu pekerjaan sehari-hari
  • Menjaga kelestarian lingkungan sekitar
  • Menghemat pengeluaran biaya pengobatan
  • Menghindarkan dari berbagai macam penyakit
  • Tanaman sehat dan subur
  • Perabotan rumah menjadi lebih awet

Nah adik-adik, itulah ulasan kami untuk Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 104, 105, 106, 108, 109, 110, 111 ini. Kami tahu pastinya adik-adik sangat berharap sekali tugas yang dikerjaan ini bisa mendapatkan hasil yang bagus. Kami yakin bahwa dengan jawaban yang kami sediakan ini adik-adik bisa mewujudkan harapan tersebut. Karena memang seperti yang sering kami sampaikan pada setiap postingan kami terkait jawaban yang kami buat ini, bahwa kami membuat jawaban ini tentu sudah berdasarkan pemahaman kami terkait soal dan materi yang ada pada buku pelajaran.

Maka dari itulah kai cukup yakin dengan apa yang kami sediakan buat adik-adik ini. Hanya alternatif jawaban inilah yang dapat kami sediakan buat adik-adik untuk membantu adik-adik dalam menyelesaikan berbagai tugas sekolah. Dan dengan jawaban ini adik-adik dapat meningkatkan nilai tugas sekolah. Namun kami tetap mengingatkan kepada adik-adik agar selalu giat dalam belajarnya, karena tak lama lagi adik-adik akan melaksanakan ulangan akhir semester.

Dan semester genap ini merupakan semester penentu bagi adik-adik dalam kenaikan kelas. Adik-adik harus mulai serius dalam belajarnya dan memperbanyak mengulang dan mempelajari materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya yang belum adik-adik pahami dengan baik. Karena seperti yang adik-adik tahu bahwa semua materi yang adik-adik pelajari pada semester genap ini akan keluar pada soal ujian akhir semester nantinya.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas V

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 104, 105, 106, 108, 109, 110, 111 Tema 8 Kelas 5 Buku Siswa Tematik SD Pembelajaran 2"