√ Kunci Jawaban Halaman 11, 12, 14, 15 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 11, 12, 14, 15 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2

Kunci jawaban Tema 9 Kayanya Negeriku Kelas 4 halaman 11, 12, 14, 15 subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia pembelajaran 2 buku siswa tematik SD/MI K13 revisi berikut ini merupakan jawaban yang kami siapkan buat adik-adik sekolah dasar, khususnya untuk siswa kelas 4 yang saat ini mungkin tengah sibuk-sibuknya mencari jawaban di internet untuk digunakan sebagai jawaban, menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang menjadi tugas sekolah. Kami tahu bahwa alternatif jawaban seperti ini memang tengah banyak dimanfaatkan oleh para siswa untuk membantu menyelesaikan tugas sekolah.

Tugas sekolah memang menjadi bagian dalam kegiatan belajar yang adik-adik lakukan disekolah. Sekarang ini memang siswa tengah disibukan dengan tugas-tugas sekolah. Apalagi dalam situasi seperti saat ini, dimana kita lihat masih banyak sekolah yang menerapkan kegiatan belajar jarak jauh atau dari rumah, pastinya hal tersebut akan berdampak kepada siswa. Siswa pastinya akan lebih banyak diberikan penugasan oleh guru kelas maupun guru mata pelajaran. Yang mana tugas-tugas ini banyak berupa tugas individu yang harus dikerjakan di rumah. Maka tak heran jika kami masih menemukan ada siswa yang mengeluhkan hal ini.

Ditambah dengan soal-soal yang ada pada buku tematik kurikulum 2013, semuanya berbentuk isian. Serta tak sedikit soal-soal tersebut harus dijawab dengan pemahaman dan pendapat sendiri. Serta sebagian jawaban harus dicari diluar buku pelajaran. Maka melihat hal itu, tak heran jika siswa lebih memilih mencari jawaban langsung di internet, ketimbang mencari jawaban pada buku atau menjawab dengan pendapat sendiri. Mungkin juga adik-adik sudah berusaha, dan memang ada beberapa soal yang belum bisa dijawab. Maka adik-adik memilih alternatif jawaban seperti ini.

Sebelum inipun kami sudah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 yang mungkin masih adik-adik butuhkan, jika demikian maka silahkan cari dan lihat pada artikel kami sebelumnya. Kami harap jawaban yang sebelumnya sudah pernah adik-adik manfaatkan, dapat menjadi sebab adik-adik meraih nilai yang bagus dan maksimal. Dan lihat juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 1, 4, 5, 7, 8, 9, 10 yang juga sudah kami sediakan pada blog ini.

Kunci Jawaban Halaman 11, 12, 14, 15 Tema 9 Kelas 4

Kami akan selalu berupaya memberikan jawaban terbaik kepada adik-adik, dengan harapan jawaban ini benar-benar bisa menjadi jawaban pilihan yang tepat dan benar, ketika nantinya guru memeriksa tugas adik-adik. Akan tetapi, meskipun kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini, kami juga tetap menyarankan kepada adik-adik, agar selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Jikapun nantinya masih adik-adik temukan jawaban yang masih kurang tepat, maka jangan digunakan dan cari jawaban yang lebih tepat menurut adik-adik.

Selain itu, kami juga mengingatkan kepada adik-adik untuk selalu giat dalam belajat. Manfaatkan juga alternatif jawaban yang kami sediakan ini sebagai bahan belajar di rumah nantinya. Dan perbanyak mengulang atau mempelajari lagi materi pelajaran yang belum dipahami dengan baik. Karena untuk bisa mengerjakan atau menjawab soal-soal pada kegiatan ulangan, adik-adik harus punya pemahaman sendiri.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 11-12

Ayo Berdiskusi

Menyediakan ruang terbuka hijau yang ditanami pepohonan bertujuan mengikat air hujan sehingga mencegah terjadinya banjir. Tindakan itu merupakan salah satu bentuk kewajiban kita terhadap lingkungan. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan. Sebaliknya, sesuatu yang harus kita terima disebut hak.

Apa hak dan kewajiban kita terhadap lingkungan?

Diskusikan dengan teman-temanmu, kemudian tuliskan hasil diskusimu.

Hak kita terhadap lingkungan:

  1. Menikmati lingkungan segar
  2. Memperoleh air sehat dan bersih
  3. Memperoleh semua kebutuhan yang dibutuhkan
  4. Memperoleh lahan untuk tempat mendirikan sarana dan prasarana
  5. Bebas dari pencemaran lingkungan

Kewajiban kita terhadap lingkungan:

  1. Membersihkan lingkungan dari sampah.
  2. Menjaga kebersihan lingkungan
  3. Mengurangi penyebab pencemaran lingkungan
  4. Memperindah lingkungan dengan tanaman hijaua
  5. Menjaga kelestarian lingkungan

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 14-15

Ayo Renungkan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Hari ini saya telah belajar tentang memahami hak dan kewajiban terhadap lingkungan serta nada dan tempo

2. Manfaat apa yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?

Manfaat pembelajaran kali ini adalah saya dapat mengetahui kewajiban dan hak saya terhadap lingkungan seta nada dan tempo pada sebuah lagu

3. Keterampilan apa saja dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Hari ini saya telah belajar keterampilan bernyanyi dan berdiskusi.

4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Setelah memalui pembelajaran kali ini saya ingin lebih meningkatkan kepedulian saya terhadap lingkungan sekitar

Kerja Sama dengan Orang Tua

Nyanyikan lagu “Alam Bebas” di hadapan orang tuamu. Selesai bernyanyi, mintalah pendapat dari orang tuamu.

Demikianlah postingan kami kali ini yang membahas mengenai Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 11, 12, 14, 15. Bisa mendapatkan nilai yang bagus dan tinggi dari setiap tugas sekolah yang dikerjakan dan dikumpulkan kepada guru kelas memang menjadi harapan semua siswa. Kami disini hadir untuk membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah, serta dengan harapan juga jawaban yang kami sediakan ini bisa mengantarkan adik-adik untuk meraih nilai yang bagus dan maksimal.

Kami juga mengingatkan adik-adik, agar tidak selalu berfokus pada tugas sekolah saja, karena tentunya ada hal lain yang juga harusnya adik-adik persiapkan juga, yaitu persiapan untuk mengikuti kegiatan ulangan harian dan juga ulangan akhir semester. Mungkin untuk tugas sekolah, adik-adik bisa sedikit mengandalkan alternatif jawaban seperti ini, akan tetapi untuk kegiatan ulangan, adik-adik harus memiliki pemahaman sendiri terkait materi yang keluar.

Maka dari itu kami selalu mengingatkan, untuk adik-adik giat dalam belajarnya. Apalagi semester ini merupakan semester akhir dan penentu dalam kenaikan kelas nantinya. Maka perbanyak mempelajari materi pelajaran yang belum adik-adik kuasai dengan baik, karena dengan begitu setidakya adik-adik akan lebih siap dalam menghadapi ulangan harian maupun ulangan akhir semester.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 11, 12, 14, 15 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 2"