√ Kunci Jawaban Halaman 120, 121, 124, 125, 126, 127, 128, 130, 131 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3 - Pojok Edukasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Halaman 120, 121, 124, 125, 126, 127, 128, 130, 131 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3

Kunci jawaban Tema 9 Kayanya Negeriku Kelas 4 halaman 120, 121, 124, 125, 126, 127, 128, 130, 131 subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia pembelajaran 3 buku siswa tematik SD/MI K13 revisi berikut ini kami buat dan sediakan sebagai jawaban yang bisa adik-adik pergunakan untuk menjawab soal-soal pada buku pelajaran yang sekarang ini menjadi tugas sekolah yang harus dikerjakan segera dan dikumpulkan kepada guru untuk nantinya bisa dikoreksi dan diberikan nilai. Kami memahami kalau sekarang ini banyak siswa yang memanfaatkan alternatif jawaban seperti ini untuk mengerjakan soal-soal yang sulit yang belum ditemukan jawabannya pada buku.

Kalau berbicata tentang tugas sekolah, memang harus kami akui kalau tak semua tugas sekolah bisa dikerjakan dengan mudah. Apalagi kita tahu bahwa soal-soal pada buku pelajaran tematik kurikulum 2013, semuanya adalah soal isian, dan tak sedikit soalnya harus dijawab dengan pendapat sendiri. Dan ada yang jawaban soalnya tidak terdapat pada buku siswa, dan harus dicari diluar buku pelajaran. Maka tak heran jika masih ada kami temukan siswa yang mengeluh karena soal-soalnya cukup sulit. Apalagi ditambah sekarang ini tugas-tugas yang harus adik-adik kerjakan cukup banyak, dan tugas-tugas itu harus segera dikerjakan dan dikumpulkan lagi ke guru.

Kami berupaya untuk selalu memberikan jawaban terbaik kepada adik-adik, agar jawaban yang kami sediakan untuk adik-adik, tak hanya membantu menyelesaikan tugas sekolah saja. Akan tetapi dengan jawaban yang kami buat ini, adik-adik juga bisa mendapatkan nilai yang bagus dan tinggi. Karena nilai yang bagus, walaupun itu hanya dari tugas sekolah, akan sangat membantu adik-adik dalam meningkatkan nilai akhir pada raport semester. Maka dari itu selalu kerjakan dengan sungguh-sungguh setiap tugas yang guru berikan kepada adik-adik. Dan kami dalam membuat jawaban atau menjawab soal-soal pada buku siswa, tentunya sudah berupaya semaksimal mungkin mencari jawaban terbaik.

Dan sebelum ini kami juga telah banyak berbagi Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 yang bisa adik-adik cari dan lihat lagi pada postingan kami yang lalu. Kami berharap sekali, jawaban yang kami sediakan sebelum ini, dapat adik-adik manfaatkan dengan baik, sehingga nilai yang nantinya diperoleh bisa bagus dan maksimal. Belum lama ini juga kami sudah memposting Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 116, 118 yang kami yakini jawaban tersebut bisa menjadi jawaban terbaik, benar dan tepat. Maka dari itu, silahkan adik-adik lihat dan gunakan dengan bijak.

Kunci Jawaban Halaman 120, 121, 124, 125, 126, 127, 128, 130, 131 Tema 9 Kelas 4

Seperti yang sering kami sampaikan kepada adik-adik, bahwa meskipun kami disini berusaha memberikan jawaban terbaik, namun kami selalu mengingatkan dan tetap menyarankan kepada adik-adik, agar tetap berusaha sendiri mencari jawabannya pada buku pelajaran, dan kalaupun ternyata setelah adik-adik berusaha mencari jawabannya, ternyata masih ada soal yang belum terjawab, maka silahkan manfaatkan jawaban yang kami sediakan ini. Dan kami juga menyarankan agar adik-adik tetap teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Kalaupun menurut adik-adik masih ada jawaban yang kurang tepat, maka silahkan adik-adik perbaiki saja.

Selain mengerjakan tugas sekolah, adik-adik juga harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk kegiatan ulangan harian ataupun ulangan akhir semester nantinya. Apalagi adik-adik tahu kalau semester genap ini menjadi semester penentu dalam kenaikan kelas. Maka dari itu mulailah serius dan rajin dalam belajar. Perbanyak mempelajari materi pelajaran yang belum adik-adik pahami dengan baik. Karena dengan begitu kami yakin adik-adik nantinya bisa mengerjakan dan menjawab soal-soal pada kegiatan ulangan harian maupun ulangan akhir semester.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 120-121

Ayo Berdiskusi

Diskusikan bersama dengan teman semejamu hal-hal berikut ini. Apa yang dapat dilakukan ketika sumber energi yang kita gunakan selama ini habis?

Hal yang dapat kita lakukan ketika sumber energi yang kita gunakan selama ini habis adalah dengan mencari sumber energi alternatif untuk menggantikan energi yang telah habis tersebut. Energi yang habis ini umumnya energi yang tidak terbaharukan. Sementara energi alternatif adalah jenis energi pengganti yang terbaharukan

Tulislah yang kamu ketahui tentang energi alternatif!

Energi alternatif adalah semua sumber energi yang dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar fosil dengan tanpa dampak negatif dari bahan bakar fosil.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 124

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan bacaan di atas !

1. Apakah yang dimaksud biogas kotoran sapi?

Biogas kotoran sapi adalah gas yang dihasilkan oleh fermentasi dari kotoran sapi.

2. Mengapa kompor biogas kotoran sapi ramah lingkungan?

Kompor biogas kotoran sapi ramah lingkungan karena menggunakan bahan bakar biogas. Biogas merupakan energi yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan asap.

3, Lebih hemat manakah antara menggunakan gas elpiji dibandingkan dengan biogas kotoran sapi?

Lebih hemat biogas kotoran sapi. Karena kotoran sapi tidak perlu membeli, sedangkan gas elpiji harus membayar setiap pemakaiannya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 125

Ayo Mencoba

Buatlah bacaan mengenai penggunaan energi alternatif dengan memilih tema berikut ini.

  1. Energi alternatif sinar matahari.
  2. Energi alternatif air.
  3. Energi alternatif angin.

Untuk memudahkan penulisan, kamu dapat mencari informasi melalui buku, artikel, atau koran dan majalah. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut dan bacakan di depan teman-teman dan gurumu.

Berikut ini contoh bacaan mengenai penggunaan energi alternatif :

1. Energi alternatif sinar matahari.

Pemanfaatan energi matahari sebagai sumber energi alternatif untuk mengatasi krisis energi, khususnya minyak bumi. Di samping jumlahnya yang tidak terbatas, pemanfaatannya juga tidak menimbulkan polusi yang dapat merusak lingkungan. Cahaya atau sinar matahari dapat diubah menjadi listrik dengan menggunakan teknologi sel surya.

Salah satu keunggulan dalam pengolahan listrik tenaga surya adalah sifat ramah lingkungan. Karena proses pengolahan ini tidak menghasilkan polusi yang berisiko mengganggu ekosistem. Itulah sebabnya pengolahan listrik tenaga surya merupaka potensi besar yang harus dikembangkan semaksimal mungkin di tanah air.

Di antara sumber energi, energi matahari adalah yang terpenting karena energi matahari merupakan sumber energi yang benar-benar terbarukan. Energi matahari tersedia setiap hari. Kita tidak akan kehabisan energi matahari, tidak seperti beberapa sumber energi lainnya. Energi matahari akan dapat diakses selama matahari masih bersinar.

2. Energi alternatif air.

Energi alternatif air adalah satu sumber terbesar energi terbarukan. Energi ini dapat dimanfaatkan dan diubah menjadi listrik dan pembangkit listrik tenaga air tanpa meninggalkan dampak negatif seperti yang dihasilkan oleh pembangkit listrik yang menggunakan energi fosil. Energi yang dihasilkan pun ramah lingkungan karena tidak meninggalkan limbah.

Berbeda dengan sumber energi terbarukan lainnya air akan terus menghasilkan tenaga  dan ketersediaannya terus dihasilkan oleh adanya siklus air. Tidak hanya di sungai, arus dari air laut pun bisa digunakan sebagai sumber energi.

Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dihasilkan dari energi potensial air yang diubah menjadi energi mekanik oleh turbin dan energi tersebut yang selanjutnya diubah untuk menjadi energi listrik oleh generator dengan memanfaatkan ketinggian dan kecepatan air.

3. Energi alternatif angin.

Energi alternatif angin dihasilkan dari hembusan angin yang diolah dan dikumpulkan menjadi suatu energi yang besar. Biasanya energi ini dihasilkan dengan menggunakan kincir angin. Cara kerja kincir angin ini memang sering kali terlihat gerakan lambat. Meskipun begitu kincir angin ini mampu menghasilkan energi yang sangat besar.

Energi angin tersebut bisa digunakan sebagai energi listrik setelah disambungkan dengan generator. Energi listrik ini bisa digunakan dalam aktivitas sehari-hari manusia. Bahkan energi dengan kekuatan angin ini lebih ramah lingkungan dibandingkan energi alternatif lain, karena sama sekali tidak menimbulkan limbah.

Angin merupakan salah satu energi yang terbarukan atau tidak akan pernah habis seperti minyak bumi. Energi angin merupakan energi yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan dampak negatif.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 126

Ayo Berlatih

Carilah informasi dan data dari berbagai sumber referensi (buku, majalah, koran, artikel) mengenai pencemaran yang mengakibatkan perubahan alam. Analisislah penyebab (perilaku dan benda) serta akibatnya. Tulislah hasilnya pada kolom berikut! Pemakaian benda atau zat yang dapat mengakibatkan perubahan pada alam.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 127

Ayo Mengamati

1. Identifikasilah kegiatan-kegiatan masyarakat di sekitar tempat tinggalmu yang dapat memengaruhi keseimbangan lingkungan.

2. Coba amati gambar di bawah ini dengan saksama.

Jelaskan keterkaitan antara perilaku orang pada gambar dengan keseimbangan alam!

Penjelasan:

  • Gambar1 : Perburuan liar dapat mengakibatkan keseimbangan alam terganggu karena akan mengakibatkan kepunahan fauna yang berperan penting dalam ekosistem.
  • Gambar 2 : Penebangan hutan secara liar dapat menimbulkan kerusakan pada tempat hidup tumbuhan dan habitat hewan. Akibatnya banyak jenis tumbuhan yang menjadi berkurang dan lama-lama menjadi langka

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 128

Ayo Berlatih

Salah satu kewajiban manusia adalah menjaga lingkungan alam. Apa yang terjadi jika manusia tidak melaksanakan kewajiban tersebut? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu Guru, atau orang-orang lain di sekitarmu. Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.

LAPORAN HASIL WAWANCARA

Nama : Dayu
Pertanyaan yang diajukan: Apa akibatnya jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam?
Hasil Wawancara:

Kesimpulan :

Jika manusia tidak melaksanakan kewajibannya terhadap alam maka kehidupan manusia akan terganggu.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 130

Ayo Mencoba

Salah satu cara untuk menjaga kelestarian alam adalah memanfaatkan kembali barang-barang bekas. Ayo, kita manfaatkan bersama barang-barang bekas. Sekarang kamu akan berkreasi dengan barang-barang bekas. Hal itu digunakan untuk memanfaatkan barang bekas atau yang sudah tidak terpakai sehingga mempunyai nilai jual lebih tinggi. Kamu dapat membuat pigura foto dari kardus, lampion dari botol plastik bekas, bunga dari sedotan, atau hiasan dari kain perca. Banyak sekali idenya, bukan?

Poster dari bahan bekas

  1. Buatlah poster usaha pelestarian sumber daya alam dari bahan bekas.
  2. Tulislah kampanye hemat energi pada kertas kardus bekas.
  3. Buatlah yang menarik. Bingkai poster dari bahan bekas

Cobalah membuat bingkai foto dengan mengikuti langkah-langkah berikut! Prosedur pembuatan bingkai foto, berikut.

Bahan: Kardus bekas

Peralatan:

  • Gunting
  • Penggaris
  • Pensil
  • Lem
  • Plastik mika
  • Kertas kado bekas atau kertas lain sesuai selera

Cara membuat:

  1. Buatlah pola bingkai foto sesuai dengan ukuran foto yang diinginkan.
  2. Gunting kardus sesuai pola yang telah dibuat.
  3. Lapisi kardus dengan kertas kado dan gunakan lem untuk menempelkannya.
  4. Pasang plastik mika sesuai ukuran pola bingkai foto.
  5. Gabungkan kedua lembar kardus bagian depan dan bagian belakang dengan lem.
  6. Pasangkan penyangga foto di bagian belakang bingkai.

Contoh poster:

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 131

Ayo Renungkan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Hari ini saya belajar tentang memahami usaha pelestarian lingkungan alam

2. Nilai apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?

Nilai yang saya pelajari adalah percaya diri, peduli, tanggung jawab

3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Keterampilan yang saya kuasai adalah keterampilan melakukan wawancara.

4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Setelah melalaui pembelajaran hari ini saya akan lebih peduli terhadap pelestarian lingkungan

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ajaklah orang tuamu untuk merencanakan kerja bakti membersihkan lingkungan rumah.

Demikian postingan kami kali ini yang mengulas Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 120, 121, 124, 125, 126, 127, 128, 130, 131. Kami berharap alyternatif jawaban yang kami buat serta sediakan pada blog ini dapat membantu adik-adik dalam menjawab soal-soal yang sulit yang belum terjawab oleh adik-adik. Dengan begitu adik-adik bisa segera menyelesaikan tugas-tugas sekolah dan tidak terlambat dalam mengumpulkannya kepada guru kelas. Dan pastinya kamipun sangat berharap, nilai yang nantinya adik-adik peroleh dari tugas tersebut bisa maksimal dan bagus.

Selain mengerjakan tugas sekolah dan berusaha mendapatkan nilai terbaik, adik-adik juga harusnya sadar untuk mulai mempersiapkan diri mengikuti kegiatan ulangan harian dan juga ulangan akhir semester yang nantinya pasti akan adik-adik ikuti. Karena untuk bisa naik kelas tak cukup jika hanya mengandalkan nilai dari tugas sekolah, meskipun nilainya bagus. Adik-adikpun harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari kegiatan ulangan harian dan ulangan akhir semester.

Maka dari itu, mulailah serius dan giat dalam belajarnya. Persiapkan diri adik-adik sebaik mungkin untuk mengikuti kegiatan ulangan nantinya. Dengan persiapan yang bagus kami yakin adik-adik bisa dengan mudah mengerjakan semua soal-soal pada kegiatan ulangan nantinya. Dan tak menutup kemungkinan adik-adik bisa meraih nilai yang bagus pada kegiatan tersebut.

Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas IV

Post a Comment for "Kunci Jawaban Halaman 120, 121, 124, 125, 126, 127, 128, 130, 131 Tema 9 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Pembelajaran 3"